10 Kota Kecil dan Desa yang Cantik untuk Liburan di Irlandia

Irlandia memiliki kota kecil dan juga desa yang sangat cantik dan menarik untuk dikunjungi. Alam Irlandia juga menakjubkan, mulai dari gunung, tebing, hingga pantainya. Selain itu sejarah dari setiap kotanya juga telah ada sejak dahulu kala, dari sekitar ribuan tahun lalu dan telah menjadi daya tarik tersendiri untuk kotanya.

Berikut ini adalah beberapa kota dan juga desa yang indah di Irlandia yang harus kamu kunjungi. Semua tempatnya memiliki lanskap yang memukau dan menyegarkan mata setiap orang yang melihatnya. Kota-kota kecilnya menarik untuk dikunjungi tak kalah dari kota-kota besar yang sering jadi tujuan berwisata banyak orang.

Baca juga: 10 Kastil di Irlandia dengan Bangunan Indah dan Bersejarah

1. Kinsale (Cionn tSáile)

Kinsale (Cionn tSáile)
  • Lokasi: Kinsale, County Cork, Munster, Irlandia

Kinsale merupakan sebuah kota yang memukau dengan kecantikannya yang akan membuat hari-harimu penuh warna. Kinsale sendiri awalnya merupakan sebuah kota pemancingan pada abad pertengahan.

Tetapi kini kota ini terlihat cantik dengan bangunan toko, galeri, dan juga rumah hunian yang dicat dengan warna yang mencolok yang memberikan kesan segar pada kotanya.

Selain menikmati jalanannya yang penuh warna nan segar, kamu tidak boleh melewatkan untuk mencicipi kuliner dari daerah ini yang berupa hidangan seafood. Kota ini juga memiliki bangunan bersejarah dari abad ke-17 berupa benteng James, yang memiliki bentuk seperti bintang

2. Birr (Biorra)

Birr (Biorra)
  • Lokasi: Birr, County Offaly, Leinster, Irlandia

Birr merupakan sebuah kota kecil atau lebih tepatnya sebuah desa Georgia yang dibangun pada awal tahun 1700an, yang masih terjaga dengan baik. Desa ini memiliki bangunan megah, satu di antaranya adalah sebuah kastil bergaya gotik yaitu Kasti Birr Demesne.

Desa Birr ini terlihat menawan dengan semua letak bangunannya seolah-olah ada yang menatanya dengan sangat apik. Kastil Birr ini telah menjadi rumah dari keluarga Parson selama 14 generasi yang dikenal juga sebagai Earl of Rosse.

Kastil yang merupakan hunian pribadi ini, tak semuanya dapat dikunjungi, tetapi kamu dapat menyaksikan teleskop terbesar di dunia di area tamannya. Selain teleskop, ada juga kamera dan juga foto yang berasal dari tahun 1800an di museum yang terdapat di kastilnya.

3. Dingle (Daingean Uí Chúis)

Dingle (Daingean Uí Chúis)
  • Lokasi: Dingle, County Kerry, Munster, Irlandia

Dingle merupakan sebuah kota yang terletak di pantai barat daya Irlandia, tepatnya berada disebuah semenajung Dingle. Kota ini merupakan sebuah daerah yang memiliki bahasa lokal yang disebut dengan bahasa Gaelik.

Kota ini biasanya penuh dengan pengunjung di saat akhir pekan di musim panas, karena kotanya memiliki pantai yang berpasir yang indah untuk berlibur.

Selain pantainya, kota ini juga terlihat cantik dengan kotanya yang tampak berwarna, dan juga pemandangan dari semenanjungnya yang luar biasa memukau. Pemandangan dari bukit yang hijau berpadu dengan birunya laut. Dingle juga merupakan kota yang dikenal memiliki banyak pub, yang biasanya juga menggelar pertunjukan musik tradisional Irlandia.

4. Adare (Áth Dara)

Adare (Áth Dara)
  • Lokasi: Adare, County Limerick, Munster, Irlandia

Adare merupakan satu desa yang dikenal sebagai desa yang cantik  yang telah memiliki status resmi sebagai Desa Warisan dari Pemerintah Irlandia. Bentuk dari atap rumahnya merupakan hal yang paling menonjol di desa ini. Bentuk huniannya tampak seperti sebuah cottage.

Desa ini sendiri ditemukan sekitar abad ke-13an, sedangkan cottage-nya  dibangun pada pertengahan tahun1800an. Desa Adare merupakan desa yang tenang, sebuah desa yang benar-benar terawat dari rumput dan juga pepohonan yang terpangkas dengan sangat rapi, memberikan suasana yang relaks dan juga santai.

Adere sebagai desa warisan juga memiliki bangunan- bersejarah di desanya, seperti tiga biara yaitu Augustinian Priory, Franciscan Friary, dan juga Trinitarian Abbey.

5. Westport (Cathair na Mart)

Westport (Cathair na Mart)
  • Lokasi: County Mayo, connacht, Irlandia

Westport merupakan kota yang pernah mendapat juara dalam hal kebersihan dalam acara Tidy Town Award. Westport memenangkan penghargaan ini selama tiga kali berturut-turut.

Kotanya dibangun dengan perencanaan yang matang, dan memberikan contoh bagaimana sebuah kota yang dibangun dengan gaya arsitektur Georgian. Pusat kotanya didesain oleh seorang arsitek bernama James Wyatt.

Desain yang dibuat oleh James Wyatt sangatlah apik dengan menjadikan sungai menjadi bagian tak terpisahkan dari kotanya. Ia mendesain  jembatan-jembatan di sungainya dihiasi bunga-bunga, yang menjadikan kotanya terlihat cantik, lalu ada juga lajur pejalan kaki yang dihiasi dengan pepohonan yang tampak asri. Ia juga menampilkan jalanan kuno pada desain kota Westport tersebut.

6. Carlingford (Cairlinn)

Carlingford (Cairlinn)
  • Lokasi: Carlingford, County Louth, Leinster, Irlandia

Carlingford merupakan kota dengan warisan sejarah, satu di antaranya adalah sebuah kastil yang bernama Kastil King John. Bangunan ini menjadi bangunan pertama dengan struktur batu yang dibangun di kota ini.

Kastil ini dibangun pada sekitar tahun 1210, yang adalah peninggalan dari abad pertengahan lainnya yang masih berdiri, satu di antaranya adalah gerbang kotanya.

Peninggalan sejarah abad pertengahan dari bangsa Viking hingga Norman, masih dilestarikan di kota ini, dari gereja, alun-alun, serta pasarnya, akibatnya mereka tidak dapat menarik industri modern untuk masuk. Carlingford juga dikenal sebagai tempat untuk memancing, bahkan mereka memiliki Festival Tiram Tahunan.

7. Kilkenny (Cill Chainnigh)

Kilkenny (Cill Chainnigh)
  • Lokasi: Killkenny, Leinster, Irlandia

Killkenny merupakan sebuah kota kecil yang dapat dikatakan mampu menarik para wisatawan datang ke kota dengan banyaknya bangunan bersejarah di kotanya. Beberapa destinasi wisata di kota ini adalah Kastil Killkenny, Katedral St. Canice dengan Menara bulatnya, Black Abbey, dan masih banyak lagi yang lainnya, termasuk beragam festival yang diselenggarakan di kota ini.

Di kota kecil ini para pengunjung akan dibawa  menyusuri jalanan dan juga gang-gang yang seperti sebuah maze petualangan di sebuah kota abad pertengahan.

Killkenny yang penuh dengan sejarah dan juga kota yang cantik ini merupakan tempat yang cocok untuk bersantai dan juga menikmati keindahan alamnya dengan beragam kegiatan outdoor seperti bersepeda.

8. Donegal (Dún na nGall)

Donegal (Dún na nGall)
  • Lokasi: County Donegal, Ulster, Irlandia

Donegal sebelumnya dikenal dengan nama County Tyrconell yang digunakan sebagai nama resminya dari tahun 1922 – 1927. Selain itu Donegal juga merupakan asal dari sebuah klan besar, yang sub klannya dikenal dengan nama Dinasti  O’Donnell, yang merupakan keluarga asli Irlandia yang terkaya dan berkuasa. Satu kastil yang berada di Donegal merupakan kediaman dari dinasti O’Donnell ini.

Donegal juga dikenal sebagai tempat yang paling asyik dengan keindahan alamnya yang berupa tebing laut yang tinggi, yang puncaknya dapat kamu daki. Selain tebing, gunung dan pantainya juga asyik untuk dijelajahi. Peninggalan sejarah pra-celtic-nya, biara dan juga kastilnya pun menarik untuk dikunjungi karena lanskap sekelilingnya benar-benar memukau.

9. Enniskerry (Áth na Sceire)

Enniskerry (Áth na Sceire)
  • Lokasi: Enniskerry, County Wicklow, Leinster, Irlandia

Enniskerry merupakan kota yang terletak di kaki gunung Wicklow di aliran sungai Glencullen. Kota ini dikenal karena sebuah hunian yang dikenal dengan nama Powerscourt Estate yang amat luas dari tamannya hingga 19 hektar. Keindahan taman dari tempat ini tentunya menarik banyak turis untuk berkunjung kemari. Tamannya yang asri benar-benar memanjakan mata.

Keindahan alam dari Enniskerry dengan taman Powerscourt Estate-nya tidak lengkap jika tidak mengunjungi tempat bersejarah yaitu kastilnya yang menjadi bagian dari tamannya. Kastil merupakan kastil dari abad ke-13 yang kemudian pada abad ke-18 diperluas menjadi sebuah rumah hunian. Selain itu desanya yang berhutan, cocok untuk dijadikan tempat refreshing dengan berjalan-jalan.

10. Lismore (Lios Mór)

Lismore (Lios Mór)
  • Lokasi: Lismore, County Waterford, Munster, Irlandia

Lismore merupakan kota yang kaya kan sejarah dari bangsa Viking, Norsemen, kota ini dipercaya ditemukan pada abad ke-7, yang menjadikan kota ini sebagai kota yang cukup tua di Irlandia. 

Kastil Lismore juga merupakan tempat yang mesti kunjungi, walaupun tidak semua tempatnya dapat kamu masuki karena kastilnya merupakan milik pribadi, kediaman dari Keluarga Cavendish dari 1753.

Bagian taman dari kastilnya dapat kamu nikmati dengan bebas. Kota ini dikelilingi oleh daerah  pedesaan yang dapat kamu kunjungi  untuk menikmati kegiatan di luar ruangan dengan berjalan kaki atau berperahu di sepanjang Sungai Blackwater. Jika kamu senang bersepeda, kamu dapat mencoba jalur sepeda melewati lembah Blackwater dan juga Gunung Knockmealdown

Itulah beberapa kota kecil yang dapat kamu jadikan tempat liburan di Irlandia. keindahan dari alam yang berupa gunung, tebing, dan juga pantai dapat dijadikan tempat untuk bersantai dan merasakan suasana yang baru. Kotanya yang segar penuh warna juga menawarkan budaya Irlandia yang kental. Udara segar juga akan kamu temukan di kota-kota kecilnya ini.

Selain alam yang menawarkan pemandangan yang menawan dan juga kesegaran udaranya, kota-kota kecil ini juga kaya akan warisan sejarah masa lalunya, dari peninggalannya berupa kastil atau pun reruntuhan bangunannya, dari bangsa Viking atau juga bangsa Norsemen. Irlandia merupakan tempat yang asyik untuk  berlibur. Kota kecil manakah yang menarik untuk dikunjungi saat liburan?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram