Inilah 10 Kota dengan Street Art yang Keren di Amerika

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 13 Desember 2021

Jika berbicara tentang street art terutama mural, maka tidak akan bisa lepas dari negara Amerika yang menjadi tempat kelahirannya. Di Amerika, street art berkembang dengan pesat bahkan memberikan kehidupan baru pada kota-kota yang mengalami keterpurukan.

Street art di Amerika tak sekadar vandalisme tetapi sebuah seni kontemporer yang menjadikan dinding kotanya menjadi canvas. Di kota yang dipenuhi dengan lukisan mural, kamu serasa sedang berjalan-jalan di sebuah galeri seni terbuka yang memamerkan hasil karya dari para seniman jalan ternama.

Berikut ini adalah beberapa kota di Amerika dengan karya street art-nya yang menakjubkan untuk kamu kunjungi dan menyaksikan karya seni dengan ukurannya yang luar biasa besar dan juga keren.

Baca juga: Yuk, Kunjungi 9 Kota dengan Street Art yang Keren di Italia!

1. Miami – Florida

Miami – Florida

Miami merupakan kota yang dapat dikatakan sebagai kota dengan banyak distrik seni. Di Miami kamu tak perlu mencari tempat-tempat street art karena kemanapun kamu pergi kamu akan menemuinya. Di Kota ini, street art merupakan seni yang dianggap serius bahkan mereka pernah menjadi tuan rumah untuk acara kompetisi mural, yang diadakan di Distrik Wynwood Arts.

Pameran street art ini dapat kamu nikmati dengan gratis dan kamu dapat menikmatinya dengan menyusuri jalanan sendiri atau juga mengikuti tur yang diadakan oleh seniman lokal. Tur yang dapat kamu ikuti adalah tur Wynwood wall serta mengikuti pelajaran membuat grafiti bagi pemula. Miami juga mengadakan pameran seni yang terkenal di dunia yaitu Miami Beach Art Basel.

2. Philadelphia - Pennsylvania

Philadelphia - Pennsylvania

Philadelphia dapat dikatakan sebagai ibu kota mural di Amerika. Kota ini memiliki banyak sekali mural jika dibandingkan dengan kota-kota lainnya. Mural Arts Program and Philadelphia’s Office of Arts and Culture pada tahun 1984 yang menjadi katalis booming-nya street art di kota Philadelphia hingga kini.

Orang yang datang ke Philadelphia dapat mengunduh aplikasi untuk mengetahui lokasi mural berada. Jelajahilah kota Philadelphia dengan aplikasi The Mural Mile Map sehingga kau dapat menyusuri jalan-jalan di kota Philadelpia sendiri untuk melihat mural-mural tersebut.

Daerah yang mungkin terkenal dengan muralnya di Philadelphia di antaranya adalah Fishtown dan juga Philly. Saat mengunjungi Philadelphia kamu serasa berada di sebuah galeri seni outdoor.

3. New York

New York – New York

Saat berbicara tentang street art tidak mungkin melewatkan kota New York, tempat street art yang telah mengakar dan menjadikannya sebagai satu kota dengan street art terbaik di dunia. New York mungkin dapat dikatakan sebagai pionir dari berkembangnya tren street art saat ini. Tren ini mulai berkembang berawal dari sekitar tahun 1960 hingga 1970 an.

Street art dapat lihat di mana saja di Kota New York. Kemana pun kamu arahkan pandanganmu, matamu akan menemukannya. Semua jenis mural akan kamu temukan di New York, dari yang masih amatiran hingga dari para street artist ternama. Tetapi jika kamu ingin melihat yang terbaik kamu dapat melihatnya di sekitar Brooklyn, Bronx, Astoria, dan juga Queen.

4. Los Angeles - California

Los Angeles - California

Los Angeles juga merupakan satu kota dengan street art terbaik di dunia untuk kamu kunjungi. Street art di kota ini dapat ditemukan hampir di mana saja, di seluruh kota. Los Angeles sebelumnya pernah mengalami pelarangan mural di ruang publik, sampai akhirnya pada tahun 2013 pelarangan itu hapuskan. Dan kini kamu dapat menemukan banyak mural menghiasi kota Los Angeles.

Kini Mural Conservancy of Los Angeles berupa melacak dan juga melestarikan mural-mural yang telah ada selain dari karya-karya baru yang tetap perlu dicari. Tempat untuk kamu melihat mural-mural di Los Angeles kamu dapat memulainya di The Art District dan DTLA atau Down Town Los Angeles. Di sini kamu dapat menemukan banyak sekali mural menghiasi dinding bangunannya.

5. Detroit - Michigan

Detroit - Michigan

Detroit pernah menjadi tuan rumah dari festival mural di dunia. Festival ini menarik ratusan muralis dari luar negeri dan muralis lokal untuk berpartisipasi pada ajang Mural in the Market.

Pada festival ini pengunjung dapat langsung mendukung para artis dengan membeli hasil print dari mural mereka. Mural di Detroit mampu mengembalikan geliat kota setelah kebangkrutannya pada tahun 2013. Para seniman mural ini membantu merevitalisasi lingkungan yang bobrok dengan karya-karya mereka.

The Heidelberg Project merupakan satu proyek yang merubah wajah kota Detroit dengan karyanya  yang biasa disebut dengan “The Ghetto Guggenheim“ yang diciptakan oleh Tyree Guyton. Kini, mural-mural yang menghiasi dinding-dinding kota Detroit menjadi destinasi wisata baru dari kota ini. 

6. Reno - Nevada

Reno - Nevada

Reno merupakan kota kecil yang dulu sering dibayangi oleh kota Las Vegas yang glamor dan juga mewah. Tetapi kini telah tumbuh menjadi kota yang cantik dan berseni dengan banyaknya street art yang terpampang di ruang publik. Mural-mural yang keren dan juga instalasi seni telah merubah wajah kotanya menjadi lebih menarik dan juga layak untuk disinggahi.

Jika kamu ingin melihat mural yang terpampang di kota Reno, maka kamu dapat menggunakan sebuah peta interaktif untuk mengetahui di mana saja lokasi grafiti itu berada.

Perubahan dari wajah kota Reno yang lebih hidup dan bersinar karena para artis dan juga para pebisnis yang mau bekerja sama dengan memberikan izin gedung para seniman mendekorasi gedung mereka.  

7. Honolulu – Hawaii

Honolulu – Hawaii

Saat mendengar kata Honolulu Hawaii maka yang terbayang adalah keindahan pantai yang dihiasi sinar matahari. Street art mungkin bukanlah hal yang pertama terlintas saat mendengar kata Honolulu.

Sesungguhnya Honolulu merupakan kota dengan karya street art-nya yang luar biasa cantik. POW POW merupakan satu festival yang menarik para seniman dalam kegiatan seni, budaya dan juga musik.

Bagi yang ingin melihat karya mural pada festival POW WOW pada situs mereka untuk melihat peta lokasi mural itu berada. Ada banyak karya para seniman mural dari luar negeri dan juga seniman lokal yang berpartisipasi di ajang ini. Kamu dapat melihat karya-karya mereka di Distrik Kaka’ako, yang juga menjadi rumah dari Honolulu Museum of Art.

8. Atlanta - Georgia

Atlanta - Georgia

Atlanta merupakan satu kota yang memiliki street art terbaik. Hal itu disebabkan komunitas di kotanya berperan aktif dalam pembangunan seni di kotanya. Para seniman melakukan konferensi tahunan dalam proyek untuk merevitalisasi lingkungannya.

Aktivitasnya yaitu dengan mengubah bangunan kosong menjadi sebuah ruang pameran terbuka dengan melukisnya bersama pemilik bangunannya. Atlanta bagaikan sebuah kanvas besar yang seluruhnya diisi dengan lukisan yang dapat kamu saksikan saat berjalan-jalan di kotanya.

Ada beberapa tempat yang dapat kamu singgahi di Atlanta yang memiliki street art terbaik. Satu contoh adalah Jalur BeltLine’s Eastside trail ,yaitu jalur khusus pejalan kaki yang membentang dari Midtown hingga menuju ke Reynoldstowney.

9. Denver - Colorado

Denver - Colorado

Denver adalah kota yang memiliki beberapa distrik seni yang dapat kamu nikmati dengan berjalan kaki ataupun dengan bersepeda. Kota Denver juga memiliki program Denver Chalk Art Festival yang diadakan setiap musim panas. Pada program ini para seniman akan mengikuti kegiatan street art yang dilakukan di jalan-jalan yang kota Denver.

Jika kamu ingin melihat street art yang terdapat di kota Denver, ada tiga distrik seni yang dapat kamu kunjungi yaitu Distrik seni di Santa Fe, Golden Triangle Creative District, dan juga river North Art District.

Di antara ketiganya Nort Art District merupakan distrik seni yang paling berwarna. Distrik ini bagaikan sebuah galeri seni yang mesti kamu kunjungi saat singgah di Kota Denver.

10. Cincinnati - Ohio

Cincinnati - Ohio

Cincinnati mungkin tak seperti kota lainnya yang hampir di seluruh kotanya kamu dapat melihat street art. Tetapi kota ini memiliki mural dengan ukuran yang cukup besar dan terasa amat hidup. Tema mural yang terdapat di kota Cincinnati kebanyakan menggambarkan kotanya sendiri dan juga tokoh-tokoh yang dikenal atau juga berasal dari Cincinnati.

Satu mural yang cukup terkenal adalah “The Nati” yang menggambarkan kota Cincinnati yang kaya akan sejarah mainan. Selain itu ada juga mural yang banyak disukai banyak orang yaitu karya dari Amanda Checco yang dapat kamu temukan di daerah “Over-The-Rhine”. Saat ini ada lebih dari 180 mural yang terdapat di ruang publik yang menghiasi seluruh kotanya.

Itulah beberapa kota di Amerika yang terkenal akan keindahan karya seni street art-nya. Street art yang berupa seni mural dan juga seni instalasi, tak lagi dianggap sebagai vandalisme. Street art kini menjadi bagian dari cara yang dapat dilakukan untuk merevitalisasi sebuah kota.

Street art juga memberikan ruang pada para seniman muda untuk berkarya, sehingga talenta mereka pun dapat berkembang dan juga dikenal banyak orang walau tanpa harus dipajang dalam sebuah galeri seni.

Mural yang mengagumkan ini sekarang terpajang hampir di seluruh kota bahkan sebagian kota memiliki distrik seninya tersendiri. Kota manakah yang ingin kamu kunjungi?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram