10 Kue Khas Bengkulu yang Masih Ada Hingga Sekarang

Ditulis oleh Siti Hasanah

Bengkulu yang merupakan sebuah provinsi yang berada di barat daya Pulau Sumatera. Berada di pesisir laut, kota ini memiliki makanan yang berbahan dasar ikan. Namun ada juga kuliner dari Bengkulu yang tak berbahan dasar ikan, seperti kue-kue khas Bengkulu.

Seperti halnya daerah lain, Bengkulu pun punya kue khas. Beberapa kue ini hanya bisa ditemukan saat hari-hari besar. Ingin tahu kue khas Bengkulu? Untuk selengkapnya, simak ulasannya berikut ini ya!

1. Bolu Koja

Bolu Koja

Pada jajaran pertama kue khas Bengkulu yang akan kita bahasa dalah bolu koja. Kue ini dilihat dari tampilan juga namanya hampir sama dengan kue asal Palembang yaitu bolu kojo. Yang membedakan adalah tambahan agar-agar putih pada bolu koja Bengkulu supaya kue terasa lebih gurih.

Soal tekstur juga cita rasa kue bolu koja khas Bengkulu ini memiliki tekstur seperti kue brownies, sangat lembut dan rasanya tentu saja sangat nikmat. Kelembutan bolu koja ini begitu terasa di lidah karena penggunaan agar-agar.

Bolu koja yang menjadi kue khas Bengkulu ini warnanya didominasi oleh warna hijau yang berasal dari penggunaan daun pandan dan daun suji. Sebagian para pembuat kue bolu koja membuat modifikasi supaya menambah daya tarik untuk kuenya dengan memberikan tambahan, contohnya diberi topping.

2. Bay Tat

Bay Tat

Kue lain yang menjadi kue khas Bengkulu adalah Bay Tat. Kue ini memiliki bentuk segi empat layaknya kue tart tetapi tampilannya mengadopsi kue pie. Di atasnya diberi topping keju atau nanas. Menurut masyarakat Bengkulu, dahulu bay tat dahulu adalah makanan khas para raja Bengkulu.

Saat ini kue bay tat bisa dikonsumsi oleh siapa saja tanpa terpengaruh oleh status sosial. Umumnya kue bay tat ditemukan dijual di pusat oleh-oleh Bengkulu. Nama bay tat sendiri memiliki arti. “Bay” artinya induk sedangkan “tat” artinya kue tart. Jadi bisa dikatakan bay tat adalah kue tart-nya Bengkulu.

Di tiap daerah di Provinsi Bengkulu, kue ini ternyata mempunyai banyak nama julukan seperti joda tat di Suku Lembak, serta Juada Tat di Bengkulu Selatan. Walaupun memiliki kata “tart” yang terdengar layaknya nama kue dari luar negeri tapi kue ini merupakan kue asli khas Bengkulu.

Kue bay tat dibuat dari gabungan bahan berupa tepung gandum, mentega, telur ayam, dan gula pasir. Tekstur kue khas Bengkulu ini lembut berpadu dengan rasa manis topping yang membuat kue ini banyak disukai orang-orang.

Agar keberadaan kue tradisional ini tetap terjaga, maka orang Bengkulu lalu mencari jalan keluar dengan menjual kue ini pada para wisatawan untuk menjadi oleh-oleh. Untuk yang tertarik dengan kue ini, bisa mendatangi sentra pembuatan kue ini yang berada di dekat Simpang Lima Bengkulu.


3. Perut Punai

Perut Punai

Perut Punai adalah salah satu kue khas Bengkulu yang mempunyai dua variasi rasa yaitu rasa original juga rasa manis. Kue ini diberi nama perut punai karena bentuk dari kue asal Bengkulu ini terlihat lucu mirip dengan perut burung punai.

Rasa kue ini sangat khas juga enak sehingga orang yang menyantapnya jadi ketagihan dan tak tambah dan tambah lagi. Kue dari Bengkulu ini bisa kamu dapatkan di pusat oleh-oleh yang menjual kue kering ini atau bisa langsung mendatangi Perut Punai Hijrah yang berada di Jalan Dp Negara No 20.

Untuk kamu yang berkunjung ke Bengkulu, kue yang satu ini tak boleh kamu lewatkan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Kamu juga bisa memilih rasa yang sesuai dengan varian yang ada. Harga kue ini pun cukup terjangkau.

4. Lepek Binti

Lepek Binti

Untuk kamu yang belum pernah ke Bengkulu, nama kue khas Bengkulu ini mungkin masih asing di telingamu. Namanya kue lepetk binti. Kue ini merupakan jajanan tradisional yang menjadi kue khas Bengkulu dengan rasa yang gurih dan bertekstur kenyal.

Kue ini dibuat dari bahan berupa tepung ketan dan dicampur dengan santan. Lalu kue ini diisi dengan daging giling yang sebelumnya telah diberi bumbu dan dimasak. Untuk mematangkannya, adonan dibungkus daung pisang lalu dikukus hingga matang.

Jika kamu ingin mencicipi enaknya kue lepek binti kamu bisa datang ke penjual kue lepek binti  yang berada di Kelurahan lempuing, Bengkulu yaitu rumah Nenek Sita.

5. Kembang Goyang

Kembang Goyang

Kue yang menjadi camilan khas Bengkulu ini mungkin pernah kamu dengar sebelumnya. Namanya kembang goyang. Makanan ini menjadi camilan favorit masyarakat Bengkulu. Bentuk makanan ini unik mirip dengan bunga.

Kue ini dinamakan gue kembang goyang karena dalam proses pembuatannya ada gerakan digoyang. Jadi ketika digoreng, adonan kue ini harus digoyang maka kue ini dinamakan sebagai kue kembang goyang. Rasa makanan dari Bengkulu ini bermacam-macam, yakni ada yang tawar ada juga yang manis.

6. Kue Tat

Kue Tat

Zaman dahulunya kue tat di beberapa wilayah di kenal dengan nama Juada Gendum, yaitu kue dari tepung terigu. Dalam bahasa suku Serawai, juada berarti kue. Pada awalnya sepertinya juada gendum lebih banyak ditemukan di masyarakat suku serawai.

Kue ini merupakan kue yang banyak dijumpai saat  hajatan atau peristiwa-peristiwa penting seperti pernikahan, hari raya, dan hajatan lain. Umumnya dulu kue ini dibuat dengan menggunakan beras, beras putih juga beras ketan. Sekarang ini kue ini bisa dijumpai di semua penduduk asli Bengkulu, dan lain-lain.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram