10 Kue Khas Manado yang Wajib untuk Dicicipi Para Wisatawan

Ditulis oleh Anggie Warsito

Selain kaya tempat wisata, Manado juga kaya akan penganan kuenya. Kue-kue khas Manado memiliki bentuk dan cita rasa yang khas. Kamu pasti bakal suka dan ketagihan bila nanti mencoba kue-kue dari ibu kota Sulawesi Utara ini. Di artikel ini, kami rekomendasikan beberapa kue Manado yang laik dicicipi. Sejumlah kue tersebut bisa disimak sebagaimana berikut ini.

1. Klappertaart

Klappertaart

Ini adalah kue khas Manado yang paling populer. Kamu pun pasti pernah mendengar atau mungkin mencicipinya. Kalau ingin mencicipi cita rasa khasnya, ada baiknya kamu mencobanya langsung di tempatnya berasal (Manado).

Nama kue ini diadopsi dari bahasa Belanda yang berarti “kue kelapa”. Penamaan tersebut tak lepas dari bahan dasar kue ini yang memang berupa kelapa. Dalam kue ini, kelapa selaku bahan dasar akan dicampur dengan susu, mentega, telur, dan tepung terigu.

Cara memasak kue ini cukup beragam. Namun, yang paling umum dilakukan adalah dengan cara dipanggang. Tekstur kue ini begitu lembut laiknya custard. Bila adonannya dicampur dengan roti, maka teksturnya akan jauh lebih padat. Selain menjadi kue Manado terpopuler, Klappertaart juga telah menjadi ikon Sulawesi Utara, khususnya Manado.

2. Nasi Jaha

Nasi Jaha

Nasi Jaha merupakan kue khas Manado berbahan dasar nasi atau beras ketan. Dalam kue ini, bahan dasar tersebut lantas dicampur dengan jahe, lalu diendapkan ke dalam perasan santan kelapa. Seusai diendapkan, adonan bakal dibungkus daun pisang dan dimasukkan ke dalam bambu. Barulah setelah itu dibakar di bara api hingga matang.

Sekilas, cara pengolahan dan bahan kue ini mirip dengan lemang. Bedanya, Nasi Jaha memiliki tekstur hangat yang berasal dari salah satu bahannya, jahe. Di Manado, kue ini lazim disajikan selagi hangat, lalu dipotong sepanjang 8 sampai 10 centimeter perpotong. Agar makin nikmat, Nasi Jaha biasanya bakal ditemani daging sapi, rusa, atau abon cakalang.

Kue ini tergolong populer dan bisa ditemukan di mana saja, entah itu di pasar atau rumah makan. Jadi, kamu tak bakal kesulitan untuk menemukan kue khas Manado ini.

3. Pia Amurang

Pia Amurang

Selain Bali, pia ternyata juga ada di Manado. Di Manado (dan Sulawesi Utara pada umumnya), pia biasanya diproduksi di daerah Amurang. Maka tak heran, bila kue ini dinamai dengan Pia Amurang. Konon, kue ini merupakan bentuk akulturasi antara budaya Tionghoa dan budaya setempat.

Pia Amurang sendiri dibuat dari kacang hijau yang dicampur gula, dibungkus adonan tepung, dan kemudian dipanggang. Di beberapa tempat, adonan kue ini juga ditambahkan sedikit cita rasa jeruk. Dari segi tekstur, kue ini memiliki tekstur renyah di luar dan bagian dalamnya begitu lembut.

Kue ini sangat cocok sebagai kudapan di petang hari, dengan teh atau kopi sebagai teman. Pia Amurang pun juga bisa dibawa sebagai buah tangan. Pia ini bisa bertahan hingga 3 bulan. Jadi, jangan takut untuk membawanya sebagai buah tangan, ya.

4. Kue Lampu-Lampu

Kue Lampu-Lampu

Kue Lampu-Lampu merupakan kue berbahan dasar tepung terigu, gula merah, dan santan. Ketiganya dicampur menjadi satu dan lantas dibungkus daun pandan. Setelah itu, barulah dikukus hingga matang dan harum aromanya.

Sebelum disantap, warga Manado bakal menyimpan kue ini dulu di dalam kulkas. Cara ini dilakukan agar Kue Lampu-Lampu lebih dingin, sehingga membuat cita rasanya makin lezat. Selain dimakan langsung, kue ini juga bisa dimakan bareng kolak kacang hijau.

Orang Manado lazim sekali menjadikan kue ini sebagai takjil di bulan Ramadan. Konon, kue ini bisa membuat daya tahan tubuh kita kuat. Hal ini tak lepas dari adanya gula merah pada kue ini. Gula merah sendiri memang dipercaya bisa memperkuat daya tahan tubuh. Selama bulan Ramadan, kue Lampu-Lampu banyak sekali penjualnya.

5. Lalampa

Lalampa

Bila Bobengka adalah browniesnya Manado, maka Lalampa adalah lemper a la Manado. Tampilan dan cara pembuatan kue ini memang serupa lemper. Bedanya, Lalampa memiliki isian berupa abon ikan cakalang ataupun ikan tongkol.

Cara memasaknya pun tergolong berbeda dengan lemper. Lalampa lazimnya bakal dimasak dengan cara diolesi dengan minyak sayur dan kemudian dibakar di pembakaran.

6. Binyolos

Binyolos

Kue ini merupakan salah satu kue Minahasa yang terkenal di Manado. Kue ini memiliki bentuk bulat dan dibuat dari campuran ubi, tepung terigu, dan mentega. Bagian dalam kue ini nantinya bakal diisi gula merah cair, sehingga menggugah selera bagi siapa pun yang menyicipinya. Sudah pernah mencoba kue ini?

7. Bobengka

Bobengka

Bisa dibilang kalau ini adalah kue browniesnya kota Manado. Ini tak lepas dari bentuknya yang mirip-mirip brownies. Kue Bobengka sendiri berbahan dasar tepung terigu, santan, telur, gula merah, dan kelapa parut.

Cara memasak kue ini adalah dipanggang di dalam oven. Bobengka memiliki tekstur yang lembut, serta memiliki cita rasa yang gurih. Selain sebagai santapan lezat, kue ini juga cocok sebagai buah tanganmu nanti. Seperti halnya Pia Amurang, Bobengka bisa kamu dapatkan di toko oleh-oleh Manado yang berada di Grand Merciful Building.

8. Koyabu

Koyabu

Koyabu merupakan kue basa khas Minahasa yang juga populer di Manado. Kue ini terbuat dari ketan putih yang dicampur parutan kelapa. Di bagian dalamnya, kue ini bakal diberi isian gula merah. Setelah diisi, kue ini pun lantas dibungkus daun pandan dan dikukus. Untuk menikmati kue ini, kamu bisa datang ke pasar tradisional di Manado atau di Minahasa.

9. Cucur

Kue Cucur

Siapa bilang cucur hanya ada di Pulau Jawa? Kue tradisional ini ternyata ada juga di Manado. Secara tampilan, Kue Cucur Manado sama dengan kue cucur di Jawa. Letak perbedaannya hanya terletak pada penggunaan kayu manis di dalam adonan Kue Cucur Manado. Kue ini bisa kamu jumpai di pasar tradisional atau toko kue di Manado.

10. Apang Coe

Apang Coe

Kue khas Manado yang terakhir ini merupakan kue mangkok a la Manado. Ini tak lepas dari bentuknya yang mirip kue Manado. Adapun yang menjadi pembeda adalah pembungkusnya yang terbuat dari daun pandan atau daun pisang. Penggunaan daun tersebut dilakukan guna menambah aroma kue ini. Sama seperti kue-kue sebelumnya, kue ini bisa kamu dapatkan di toko kue atau pasar tradisional Manado.

Demikianlah beberapa kue khas Manado yang bisa kamu cicipi nanti. Nah, dari kesepuluh kue di atas, kira-kira mana yang akan kamu cobain pertama kali, nih? Atau kamu penasaran dengan oleh-oleh khas Manado? Kalau begitu bisa cek di artikel 10 Oleh-oleh Khas Manado ini.

Kategori:
Tag:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram