Mau Wisata Kuliner di Gresik? Yuk, Coba 10 Makanan Khas Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Gresik merupakan kabupaten yang dikenal sebagai tempat pabrik semen pertama di Indonesia berada: Semen Indonesia. Selain sebagai “rumah” bagi Semen Indonesia, Gresik juga menjadi “rumah” bagi sejumlah makanan khas. Jadi, tak ada salahnya bila kamu berwisata kuliner di Gresik.

Kalau kamu tertarik berwisata kuliner di sana, kamu sedang membaca artikel yang tepat. Di sini, ada sejumlah rekomendasi makanan khas Gresik yang bisa kamu santap nanti. Sejumlah rekomendasi itu adalah di bawah ini:

1. Nasi Krawu

Nasi Krawu (Copy)

Nasi Krawu adalah makanan khas Gresik yang cukup ternama. Sajian nasi ini dibuat dari nasi pulen yang disajikan di atas daun pisang. Nasi pulen itu nantinya ditemani dengan sejumlah lauk. Misalnya daging sapi, jeroan sapi, semur daging, serundeng dan sambal terasi.

Adanya sambal terasi pada makanan ini membuat cita rasanya cukup pedas. Usut punya usut, sajian ini sebetulnya bukan berasal dari Gresik tetapi berasal dari para pendatang Madura yang datang ke Gresik di masa lalu.

Ada beberapa tempat yang menjual Nasi Krawu, salah satunya adalah Nasi Krawu Bu Tiban yang ada di Jalan KH. Abdul Karim Trate, Trate, Gresik.

2. Sego Rumo

Sego Rumo (Copy)

Sumber: https://www.instagram.com/oleholehgresik/

Selain Nasi Krawu, masih ada sajian nasi lainnya yang harus kamu santap yaitu Sego Rumo. Sajian nasi ini memiliki tampilan yang unik. Sajian nasi ini bagian luarnya terlihat seperti bubur berwarna jingga yang tersaji di atas daun pisang.

Sajian ini dibuat dari nasi yang dicampur bubur udang. Bubur udang merupakan bumbu yang terbuat dari udang dan campuran tepung, dan berwarna jingga. Bubur inilah yang membuat tampilan Sego Rumo seperti bubur berwarna jingga. Agar makin lezat, sajian ini diberi tambahan lauk seperti lontong, sayur, sambal merah, dan kerupuk.

3. Sego Karak

Sego Karak (Copy)

Masih ada sajian nasi khas Gresik lainnya yang mesti kamu coba, namanya Sego Karak. Ini adalah sajian nasi berwarna merah yang dicampur dengan parutan kelapa, serundeng, dan tempe. Di Gresik, sajian nasi lazim disantap sebagai menu sarapan.

Walaupun nasi pada sajian ini berwarna merah, namun nasi pada sajian ini tidak dibuat dari beras merah betulan. Beras yang dipakai adalah beras putih yang diberi campuran ketan hitam dan garam. Setelah itu, barulah dimasukkan ke dalam daun pandan.

4. Bonggolan

Bonggolan (Copy)

Bonggolan merupakan makanan berbentuk lonjong yang berbahan dasar ikan. Bahan dasar itu nantinya dibalut dengan tepung kanji lalu dicampur garam dan bawang putih. Setelah itu, barulah dibungkus daun pisang dan lantas dibungkus.

Di Gresik, makanan ini biasa dijumpai di wilayah utara daerah ini. Salah satunya adalah Kuliner Bonggolan Sidayu yang ada di Sidayu. Tepatnya, di Gang Mriyunan 1, Sidayu, Gresik. Di sana, Bonggalan dijual dengan harga relatif terjangkau: sekitar Rp6.000 –Rp8.000.

5. Kerang Hijau

Kerang Hijau (Copy)

* sumber: resepfavorit1.blogspot.com

Suka masakan laut? Bila ya, kamu mesti mencoba olahan laut ini. Gresik sendiri kebetulan merupakan penghasil dari jenis kerang ini. Selain enak, jenis kerang ini memiliki kandungan gizi yang tidak sedikit. Mulai dari karbohidrat hingga protein, ada dalam jenis kerang ini.

Di Gresik, kamu bisa menyantap kerang ini dalam keadaan telah direbus. Bila ingin merasakan cita rasa yang berbeda, kamu bisa mencicipi kerang hijau yang sudah diolah lagi menjadi sajian lezat lainnya. Sambel Goreng Kerang Hijau adalah salah satunya.

Ini adalah sajian berabahan kerang hijau yang dicampur dengan bahan-bahan khas sambal goreng. Kalau kamu tertarik menyantap makanan ini, kamu bisa datang ke Desa Ngawen yang ada di Sidayu, Gresik.

6. Otak-Otak Bandeng Gresik

Otak-Otak Bandeng Gresik (Copy)

* sumber: bisnisukm.com

Selain Sidoarjo, Otak-otak Bandeng juga bisa kamu temukan saat di Gresik nanti. Berbeda dengan Otak-otak Bandeng Sidoarjo, Otak-otak Bandeng khas Gresik tak memakai isian kelapa sangrai kering di bagian dalamnya.

Sebenarnya, Otak-otak Bandeng Gresik pun juga memakai isian kelapa di dalamnya. Hanya saja kelapa tersebut tidak disangrai tapi diblender bersama dengan kelapa, cabai, bawang putih, garam, bumbu penyedap, dan daging bandeng.

Otak-otak bandeng khas Gresik sendiri bisa kamu beli di toko Otak-Otak Bandeng Mak Cah yang ada di Jalan Sindujoyo Gang IX No. 51, Kebungson, Gresik.

7. Martabak Usus

Martabak Usus (Copy)

* sumber: www.ajarmasak.com

Ingin mencoba martabak yang tidak biasa? Coba saja martabak usus! Sesuai namanya, ini adalah sajian martabak khas Gresik yang dibuat dari bahan dasar usus, utamanya usus ayam. Agar menjadi martabak usus yang lezat, usus itu lantas diolah bersama bahan-bahan lainnya.

Bahan-bahan yang dimaksud adalah kubis, wortel, telur, bawang, tepung terigu, garam, penyedap rasa, seledri dan lemak dari nasi krawu. Tertarik buat mencobanya? Sila datang ke Martabak Usus Bu Mus yang ada di Jalan Akim Kayat No. 7, Pekauman, Karangpoh, Gresik.

8. Bakso Giman

Bakso Giman (Copy)

* sumber: bukanbocahbiasa.com

Bagi kamu pecinta bakso, ada kabar baik untukmu. Di Gresik ada satu bakso enak yang pantas kamu coba yaitu Bakso Giman. Di sini, ada beragam jenis bakso yang bisa kamu coba. Mulai dari bakso kasar yang besar yaitu bakso halus yang kecil hingga bakso tahu dan siomay.

Kelebihan bakso satu ini adalah tidak adanya lemak di dalam baksonya. Bagian tahunya pun juga unik, berbeda dengan tahu pada bakso umumnya, tahu pada bakso ini justru dibungkus dengan daging bakso, lalu bagian dalam tahunya diberi isian tepung kanji.

Bakso Giman bisa kamu cicipi di kedai resminya yang ada di Jalan Jawa No. 74, Yosowilangung, Kecamatan Manyar, Gresik.

9. Jubung

Jubung (Copy)

* sumber: putratravel.net

Kalau ingin makanan yang lebih ringan, maka Jubung patut kamu icip. Jubung adalah kudapan khas Gresik berbahan dasar ketan hitam. Ketan hitam pada makanan ini lalu ditaburi wijen di bagian atasnya, lantas dibungkus dengan kulit pohon pinang.

Di Gresik, kulit pohon pinang yang dipakai pada makanan ini disebut dengan nama jubung. Maka tak heran, mengapa makanan ini dinamakan demikian. Di Gresik, makanan ini lazim dijadikan jajanan pasar yang bisa kamu temukan di sejumlah pasar tradisional ataupun toko kue.

10. Pudak

Pudak (Copy)

Pundak adalah makanan ringan lainnya yang bisa kamu cicip di Gresik nanti. Bila Jubung dibuat dari ketan hitam, maka makanan bernama lain ope ini dibuat dari tepung beras. Tepung beras pada kudapan ini diolah bersama dengan gula jawa dan santan kelapa, lantas dibungkus dengan daun pinang serta dikukus hingga matang.

Pudak rupanya tak hanya berbahan dasar tepung beras. Ada pula pudak berbahan dasar sagu yang disebut dengan pudak sagu. Seperti halnya Jubung, makanan ini juga lazim dijadikan sebagai jajanan pasar di Gresik.

Itulah beberapa rekomendasi makanan khas Gresik yang patut kamu coba. Bagaimana, tertarik berwisata kuliner di Gresik? Kalau ya, selamat berwisata kuliner di sana, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *