9 Kuliner Malam Dekat Malioboro yang Jadi Obat Kala Lapar

Ditulis oleh Siti Hasanah

Saat liburan ke Yogyakarta, para wisatawan pastinya tidak akan pernah melewatkan kesempatan untuk menikmati kulinernya, termasuk kuliner malamnya.

Berbicara mengenai kuliner di Yogyakarta, orang pasti akan langsung teringat dengan daerah Malioboro. Daerah ini memang terkenal akan wisata kulinernya.

Namun selain di daerah tersebut, kuliner malam dekat Malioboro pun patut untuk dicoba. Banyak menu makanan yang dijajakan, mulai dari gudeg hingga nasi goreng.

Mau tahu di mana saja kamu bisa menikmati kuliner malam dekat Malioboro? Yuk, intip daftarnya berikut ini!

Baca juga: 10 Rekomendasi Tempat Wisata Dekat Malioboro yang Seru

1. Gudeg Bu Sastro

Gudeg Bu SastroSumber: brisik.id
  • Alamat: Jl.margomulyo, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta
  • Jam buka: 22.00 s/d 03.00
  • Telepon: 0813-2886-2389
  • Harga: sekitar Rp15.000 s/d Rp20.000

Nama warung gudeg ini diambil dari nama pemiliknya sendiri, yaitu Bu Sastro. Hingga saat ini lokasinya tidak pernah berubah, tetap di Jalan Margomulyo, Ngupasan.

Sajian gudeg di sini dibuat tiap hari. Itu karena gudeg basah yang dihidangkan dengan kuah santan hanya dapat bertahan sampai siang hari, sedangkan gudeg kering bisa bertahan sampai tiga hari.

Jenis menu yang disajikan di sini adalah nasi gudeg, ceker, ayam goreng, dan telur. Harga satu porsi nasi gudeg lengkap dengan menu lainnya sekitar Rp15.000 s/d Rp20.000.

Pilihan minuman yang tersedia yaitu jeruk, teh, dan tape. Gudegnya selalu hangat karena tiap masakan diletakkan di atas tungku dengan bahan bakar arang secara bergantian. Untuk penyuka pedas bisa ditambah cabai rawit.

2. Angkringan Kopi Jos Lik Man

Angkringan Kopi Jos Lik ManSumber: idntimes.com
  • Alamat: Pasar Kranggan, Jl. Poncowinatan No.7, Jetis, Yogyakarta
  • Jam operasional: 16:00 s/d 01.00
  • Telepon: 0882-1670-6744
  • Harga: Rp500 s/d Rp3.500

Tak hanya dikenal sebagai kota gudeg, daerah Yogyakarta terkenal juga sebagai kota angkringan. Hal itu karena keberadaan angkringan yang bisa ditemui di hampir tiap sudut kota ini.

Salah satu angkringan yang direkomendasikan untuk kuliner malam dekat Malioboro adalah Angkringan Kopi Jos Lik Man. Beragam menu dihidangkan di sini, seperti nasi kucing, aneka sate, gorengan, susu, wedang jahe, dan tentunya kopi jos.

Ini adalah minuman andalan tempat ini yang berupa kopi hitam panas yang ditambahkan arang hingga mengeluarkan bunyi jos. Karena itulah minuman ini disebut kopi jos.

3. Nasi Goreng Padmanaba/ Nasi Goreng Padasuka 4

Nasi Goreng Padmanaba
  • Alamat: Jl. Yos Sudarso, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Yogyakarta
  • Jam buka: 18.00 s/d 24.00           
  • Harga: Rp17.000 s/d Rp18.000

Ketika mencari nama Nasi Goreng Padmanaba di Google Maps yang akan muncul adalah Nasi Goreng Padasuka 4. Namun sebenarnya itu tempat yang sama.


Orang-orang memang lebih mengenalnya sebagai Nasi Goreng Padmanaba karena memang terletak dekat SMAN 3 Yogyakarta Padmanaba.

Tak sulit mencari kuliner malam dekat Malioboro ini karena selalu ramai oleh antrean orang-orang, khususnya saat malam hari. Bagi mereka yang kelaparan tengah malam, Nasi Goreng Padmanaba ini memang jadi incaran.

Nasi gorengnya dibuat tidak per pesanan tapi langsung dibuat untuk 100 porsi. Menunya pun hanya satu, yaitu nasi goreng daging sapi.

Yang membedakan adalah porsinya, yaitu porsi biasa dan jumbo. Nasi goreng akan ditambah dengan telur ceplok. Untuk minuman hanya tersedia teh panas dan es teh.

4. Oseng Mercon Bu Narti

Oseng Mercon Bu Narti
  • Alamat: Jl. KH. Ahmad Dahlan No.107, Notoprajan, Ngampilan, Yogyakarta
  • Jam operasional: 15.00 - 23.00
  • Telepon: 0878-3998-1903
  • Harga: sekitar Rp25.000

Penyuka makanan pedas wajib banget mampir ke Oseng-oseng Mercon Bu Narti. Kata ‘mercon’ merujuk pada makanan yang disajikannya yang rasanya sangat pedas.

Oseng-oseng mercon Bu Narti dibuat dari daging, kikil, dan jeroan yang dimasak dengan ulekan cabai dalam jumlah yang banyak. Kabarnya jumlah cabai yang digunakan bisa sampai puluhan kilogram.

Meskipun rasanya sangat pedas, daging sapi yang dihidangkan empuk dan gurih. Rasa pedas cabainya akan bikin kamu ketagihan. Harga seporsi oseng-oseng mercon ini sekitar Rp25.000.

5. Lesehan Terang Bulan

Lesehan Terang BulanSumber: sonora.id
  • Alamat: Jl. Margo Mulyo, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Yogyakarta
  • Jam buka: 21.00 s/d 02.00
  • Telepon: 0812-2715-674
  • Harga: mulai dari Rp3.000 s/d Rp40.000

Lesehan Terang Bulan namanya sudah sangat familiar di kalangan para penyuka kuliner malam dekat Malioboro. Kuliner ini merupakan salah satu kuliner yang populer di sosial media.

Artis pun ada yang bersantap di sini, seperti Syahrini. Lesehan Terang Bulan menyajikan kuliner khas Jogja berupa nasi gudeg. Menu lainnya, yaitu bebek goreng, ayam goreng sampai burung dara goreng.

Seperti nama tempat makan ini, pengunjung yang datang akan menyantap makanannya dengan cara lesehan. Letak Lesehan Terang Bulan di depan Toko Batik Terang Bulan dan mulai buka dari pukul 21.00 s/d 02.00.

6. Soto Sampah Kranggan

  • Alamat: Jl. Kranggan No. 2, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Yogyakarta
  • Jam operasional: 08.00 – 03.00
  • Telepon: 0818-0404-9686
  • Harga: mulai dari Rp8.000

Disebut Soto Sampah karena soto ini kuahnya menggunakan banyak rempah, seperti kayu manis, Kapulaga, daun salam, serai, lengkuas, daun jeruk, juga jahe.

Karena itu ketika disajikan, sotonya terlihat seperti sampah. Kabarnya, tempat kuliner malam dekat Malioboro ini sudah ada semenjak tahun 1970.

Berbeda dari warung soto lainnya, soto di sini dihidangkan menggunakan piring. Tambahan untuk sotonya bervariasi dari babat, ayam, lemak hingga daging.

Jenis lauk pelengkap yang bisa ditambahkan di antaranya telur, bakwan, tempe, sate usus, perkedel, dan ceker ayam goreng. Seporsi soto ini seharga kira-kira Rp8.000 s/d Rp10.000. Warung soto ini buka hingga pukul 03.30 dini hari.

7. Bakmi Shibishu

Bakmi Shibishu
  • Alamat: Jl. Bantul No.111, Gedongkiwo, Kecamatan Mantrijeron, Kota Yogyakarta
  • Jam buka: 18.00 s/d 01.00
  • Telepon: 087700090477
  • Harga: sekitar Rp17.000/porsi

Mendengar namanya mungkin orang berpikir ini adalah makanan khas Jepang. Namun olahan mi ini adalah makanan dari Yogya asli.

Ternyata nama itu digunakan karena pelayan yang membawakan pesanan kepada pelanggan adalah seorang tuna wicara atau bisu. Mereka yang bertugas memasak semuanya juga tak banyak bicara jadilah namanya Shibisu.

Untuk memasak mi pesanan pelanggan, warung ini memakai anglo dengan bahan bakar arang. Bakmi di sini dibuat dari dua jenis mi, yaitu mi kuning dan bihun.

Tambahannya adalah potongan daging ayam serta seledri. Bagi yang ingin mi pedas, disediakan cabai rawit. Warung mie ini banyak sekali dikunjungi oleh pembeli.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram