11 Kuliner Malam di Surabaya yang Paling Recommended

Ditulis oleh Linda

PERHATIAN

Product Placement Posisi 1 Sate Lisidu Permanen

Surabaya.. Surabaya oh Surabaya.. Penggalan lagu tersebut tentu mengingatkan Anda pada kota terbesar kedua di Indonesia ini. Kota Surabaya mungkin tidak segemerlap si kota metropolitan, Jakarta. Namun, dalam hal wisata kuliner, Surabaya siap bersaing dengan kota dan daerah lain yang ada di Indonesia.

Jika berkunjung ke Surabaya, sempatkan waktu Anda untuk mengunjungi berbagai tempat makan enak di sana. Salah satu yang wajib anda coba adalah kuliner malamnya.

Karena ini merupakan kuliner malam, tempat-tempat makan yang akan di review oleh Keluyuran ini hanya buka setelah petang. Bahkan, beberapa di antaranya hanya buka pada saat tengah malam.

Penasaran apa sajakah kuliner malam yang wajib dikunjungi ketika Anda berkunjung ke ibukota Provinsi Jawa Timur ini? Nah, Berikut adalah 11 tempat kuliner malam di Surabaya yang paling recommended.

1. Sate Ayam Lisidu

Menu Lengkap Sate Ayam Lisidu

Sangat mudah untuk menemukan kedai atau restoran yang menjual sate di Surabaya, tetapi ada sebuah rumah makan spesialis sate ayam yang sangat legendaris di Surabaya, yakni Sate Ayam Lisidu. Bahkan, Sate Ayam Lisidu ini pernah beberapa kali dipilih untuk menyajikan hidangan pada jamuan di Istana Kepresidenan setiap HUT Proklamasi Kemerdekaan.

Lantas, apa yang membuat Sate Ayam Lisidu ini spesial dan melegenda? Pertama, sate ini terbuat dari daging ayam kampung berkualitas. Hal ini sangat kontras dengan kedai atau restoran sate ayam lainnya yang cenderung menggunakan daging ayam negeri.

Tekstur daging ayam kampung yang diolah menjadi sate ini akan terasa sangat empuk, tetapi tidak terlalu lembek. Selain itu, kita juga bisa memilih hendak menyantap sate ayam bagian dada, paha, ampela, hati, atau kulit.

Sate Ayam Lisidu Sate Kulit Sate Jeroan

Sate Ayam Lisidu ini disajikan dengan bumbu kacang yang terpisah. Bahkan, ada anglo berisi arang di setiap meja yang berguna untuk menghangatkan sate. Jadi, kita bisa menyantap sate dalam keadaan hangat. Di samping itu, sate ini juga dibakar secara pas dan tidak terlalu gosong, sehingga sate ini lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi.

Selain itu, keistimewaan Sate Ayam Lisidu ini juga terdapat pada bumbu kacangnya. Ya, bumbu kacang sebagai pelengkap sate ayam ini memiliki tekstur dan rasa yang pas. Tekstur kacangnya tidak terlalu kasar, tapi juga tidak terlalu halus. Sementara itu, rasa bumbu kacangnya juga manis dan gurih. Hal tersebut disebabkan bumbu kacang ini terbuat dari kacang asli Tuban yang memiliki kualitas terbaik.

Bumbu Kacang Sate Ayam Lisidu

Untuk melengkapi santap malam Anda, jangan lupa untuk memesan salah satu menu andalan di tempat ini, yakni Garang Asem. Ini adalah potongan ayam kampung yang dimasak dengan kuah santan, potongan cabai, dan belimbing sayur. Kemudian, hidangan ini dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga daging ayamnya terasa empuk.


Kuah Garang Asem ini terasa segar dengan rasa asam dan pedas yang nendang. Hidangan ini sangat cocok untuk dinikmati bersama sepiring nasi putih hangat.

Bingung mencari kuliner malam di Surabaya? Atau Anda penasaran dengan citarasa sate ayam legendaris yang terkenal di kota pahlawan ini?? Nah, Anda bisa segera melipir ke salah satu tempat makan di Wonokromo yaitu Sate Ayam Lisidu di Jalan Kutai No. 53-C, Darmo, Wonokromo, Surabaya.

2. Sop Buntut Gelora Pancasila

Sop Buntut Gelora Pancasila

Ketika Anda berada di Surabaya dan ingin mengisi perut pada saat larut malam, datang saja ke depot Sop Buntut Gelora Pancasila yang buka 24 jam. Ini adalah salah satu tempat makan yang menjual sop buntut paling enak di Surabaya. Anda pun dapat menikmati buntut bakar yang juga merupakan menu andalan dari depot ini.

Jika tidak ingin makan buntut, Anda bisa memesan sop iga atau iga bakar. Potongan buntut atau iga sapi yang dijual di depot ini cukup besar. Jadi, harga dan porsinya memang sangat worth. Sop Buntut Gelora Pancasila berada di Jalan Mayjen Sungkono No. 94B, Surabaya.

3. Soto Madura Wawan

Soto Madura Wawan

Salah satu depot soto legendaris di Surabaya adalah Soto Madura Wawan. Depot ini termasuk sebagai salah satu kuliner malam di Surabaya karena buka selama 24 jam penuh. Letaknya pun tidak jauh dari Sop Buntut Gelora Pancasila.

Yang membuat soto di sini terasa begitu spesial adalah pengunjung boleh memilih lauknya sendiri, seperti daging sapi, babat, paru, atau hati. Depot Soto Madura Wawan tidak pernah sepi pengunjung baik saat siang maupun malam hari. Ingin mecicipi kelezatan Soto Madura Wawan? Datang saja ke depotnya di Jalan Mayjen Sungkono No. 86, Surabaya.

4. Sego Sambel Mak Yeye

kuliner malam di surabaya Sego Sambel Mak Yeye

Sego sambel adalah nasi putih yang dihidangkan dengan sambel pedas dan aneka lauk. Di Surabaya sangat mudah menemukan warung yang menjual menu sego sambel. Namun, Sego Sambel Mak Yeye adalah warung yang paling terkenal.

Banyak orang yang rela mengantri panjang demi menikmati sepiring nasi putih yang disajikan dengan ikan pari (iwak pe), telur dadar, tempe goreng, dan sambal.

Hal yang membuat Sego Sambel Mak Yeye digemari banyak orang adalah rasa sambelnya yang super pedas dan khas. Jangan mengaku penggemar pedas jika belum mencoba Sego Sambel Mak Yeye.

Warung yang buka jam 10 malam ini terletak di Jalan Jagir Wonokromo Wetan nomor 12 dan berada di sebelah utara pusat perbelanjaan Darmo Trade Center (DTC).

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram