Inilah 10 Kuliner Malam Jogja yang Lezat dan Populer

Ditulis oleh Siti Hasanah

Selain terkenal sebagai salah satu kota tujuan wisata keraton, kota Jogja atau Yogyakarta juga terkenal dengan kulinernya. Wisata kuliner malam Jogja adalah salah satu destinasi menarik di sini. Kota Jogja menawarkan bermacam kuliner yang akan memanjakan lidah penikmatnya. Sebagai kota tujuan wisata terkenal, keramaian malam hari di Jogja merupakan daya tarik tersendiri.

Terdapat banyak jenis makanan yang bisa dinikmati saat wisata kuliner malam Jogja. Wisata kuliner ini bahkan populer sekali di kalangan para pencinta kuliner malam.

Untuk kamu yang senang menghabiskan malam di Jogja, wisata kuliner malam bisa jadi pilihan. Tempat-tempat yang menjajakan makanan ini buka dari sore hingga dini hari. Yuk, kita intip apa saja makanannya!

Baca juga: 10 Kuliner Legendaris di Jogja yang Wajib Kamu Icip-icip!

1.  Nasi Teri Gejayan Pak Dul

  • Alamat: Jl. Affandi No.5, Klitren, Kec. Gondokusuman, Yogyakarta
  • Jam operasional: 21.00 - 04.00
  • Harga: Sekitar Rp8.000

Kalau kamu kelaparan tengah malam saat jalan-jalan di Jogja, ada sebuah warung sederhana yang bisa menghilangkan laparmu, warung ini menjual nasi teri. Seperti namanya, makanan khas warung ini yaitu adalah ikan teri dengan rasa asin dan gurih serta dipadukan dengan sambal lombok hijau dan oseng-oseng serta yang akan membuat kamu jadi ketagihan. 

Dalam satu porsi nasi teri, kamu akan mendapatkan nasi juga teri yang diolah menggunakan santan, lalu tempe kering, sayuran, serta telur. Rasa ikan teri yang disajikan pada nasi ini cukup pedas.

Kamu juga bisa memilih lauk lainnya, seperti ikan goreng, telur mata sapi goreng, ayam balado, telur balado, tempe garit, tahu goreng, bakwan jagung dan lain-lain.

Nasi Teri Gejayan Pak Dul sudah ada lebih dari 40 tahun. Semua menu masakan di warung ini dimasak dengan tungku arang. Oleh karena itu cita rasa makanannya sangat khas. Warung buka mulai dari pukul 21.00 - 04.00 WIB, jadi pas untuk kamu yang “kelaparan” malam-malam.

2. Sate Klathak Pak Bari

  • Alamat: Pasar Wonokromo, Jl. Imogiri Timur No.5, Wonokromo, Kec. Pleret, Bantul, DIY
  • Jam operasional: 18.30 – 01.00
  • Telepon: 0813-2880-0165
  • Harga: Sekitar Rp20.000

Salah satu jenis sate yang terkenal di Jogja adalah sate klathak. Sate ini dibuat dari olahan daging kambing dengan bentuk penyajiannya yang unik. Bisa umumnya sate ditusuk menggunakan bambu, sate klathak ditusuk menggunakan tusukan yang terbuat dari besi.

Penamaan sate klathak ini berasal dari ide pemiliknya yaitu Pak Subari. Dia menempelkan biji melinjo pada daging kambing yang dibakar. Di Imogiri daging melinjo sering disebut klathak, karena itulah nama satenya jadi sate klathak.

Potongan daging satenya tebal dan empuk berpadu dengan bumbu sate khas Pak Bari membuat penikmatnya ketagihan. Dalam satu porsi sate klathak ada dua tusuk sate dan sepiring nasi.


Suguhan lainnya yaitu sepiring kuah gulai yang terkenal terkenal gurih serta kental. Sate klathak Pak Bari berlokasi di Pasar Jejeran, Wonokromo. Kamu bisa datang untuk mencicipi satenya mulai pukul 18.30.

3. Angkringan Pak Jabrik/Angkringan KR

  • Alamat: Jl. P. Mangkubumi, Gowongan, Kec. Jetis, Yogyakarta
  • Jam operasional: 20.30 – 04.30
  • Telepon: -
  • Harga: Rp3.000 – Rp12.000

Salah satu tujuan kuliner malam Jogja yang tak boleh dilewatkan adalah angkringan. Angkringan merupakan jenis kuliner yang dijual menggunakan sebuah gerobak dorong di pinggir jalan dan di gerobak tersebut tersedia berbagai jenis makanan serta minuman.

Kalau ingin mencicipi angkringan Jogja yang terkenal, kamu bisa coba datang ke Angkringan Pak Jabrik yang kerap disebut juga dengan angkringan KR. Lokasi angkringan ini ada di Jalan P. Mangkubumi, Gowongan, Jetis. Angkringan ini tepatnya berada di depan kantor Kedaulatan Rakyat.

Kamu bisa mencicipi nasi kucing ditambah menu lombok ijo, rica rica, seng usus, oseng seri, nasi mercon kikil, suwir ayam, sambel tongkol, dan nasi uduk. Selain itu ada juga beragam jenis sate, minuman es dan hangat juga gorengan. Harga makannya mulai dari Rp1.000. Angkringan KR sudah mulai melayani pelanggan dari pukul 20.30 sampai 04.30 dini hari.

4. Gudeg Bromo Bu Tekluk

  • Alamat: Jl. Affandi No.2-A, Santren, Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman, DIY
  • Jam operasional: 23.00 – 05.00
  • Telepon: (0274) 545547
  • Harga: Sekitar Rp14.000an

Gudeg merupakan salah satu kuliner khas Kota Yogyakarta yang juga menjadi menu khas pada wisata kuliner malam Jogja. Menu ini cukup ikonik dan selalu jadi buruan bagi mereka yang berwisata ke kota ini. 

Tak sulit kalau mencari gudeg di Jogja karena banyak sekali yang menjualnya. Salah satu tempat jualan gudeg yang terkenal adalah Gudeg Bromo Bu Tekluk yang sudah ada semenjak tahun 1984.

Di sini disajikan gudeg basah yang disiram dengan areh gurih ditambah dengan sambal krecek pedas serta bermacam lauk tambahan lainnya seperti telur bacem, ayam suwir, tempe, tahu, ceker sampai kepala ayam. Satu lagi yang menjadi khas Gudeg Bromo adalah sambal krecek. Umumnya sambal krecek berbahan daging sapi, tapi di Gudeg Bromo bahannya adalah daging kerbau.

Lokasi Gudeg Bromo berada di Jl. Affandi No. 2A, tepat berada di sebelah Ciao Gelato dan buka mulai pukul 23.00 – 05.00 pagi. Kalau mau mencicipi gudeg ini, kamu harus siap-siap antre karena pembelinya banyak sekali.

5. Oseng-Oseng Mercon Bu Narti

  • Alamat: Jl. KH. Ahmad Dahlan No.107, Notoprajan, Ngampilan, Yogyakarta
  • Jam operasional: 15.00 - 23.00
  • Telepon: 0878-3998-1903
  • Harga: sekitar Rp20.000

Oseng-oseng adalah semacam masakan yang diproses dengan cara ditumis. Bahan yang dimasaknya bisa bermacam-macam, seperti sayuran, tempe, tahu, maupun aneka daging. Adapun oseng-oseng mercon merupakan olahan daging yang dimasak dengan ditambah cabai ulek dan rasanya pedas sekali sehingga di mulut terasa meledak-ledak seperti mercon atau petasan.

Salah satu kuliner malam Jogja yang terkenal adalah oseng-oseng Mercon Bu Narti. Oseng-osengnya terkenal pedas dan dibuat dari kikil sapi yang ditambah dengan gajih sapi, kulit, serta tulang muda ayam. Paling mantap oseng-oseng mercon ini dinikmati dengan nasi hangat.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram