Yuk, Coba Kuliner Malam di Kawasan Dipati Ukur Bandung!

Ditulis oleh Jihan Fauziah - Diperbaharui 24 Juni 2021

Selain tersohor sebagai kota dengan banyak tempat wisata keluarga maupun wisata alam, Kota Bandung juga menjadi destinasi wisata kuliner yang mampu menarik banyak wisatawan, baik dari dalam maupun luar kota.

Ya, di Kota Kembang terdapat banyak spot untuk destinasi wisata kuliner yang menawarkan ragam makanan menggugah selera. Salah satu di antaranya adalah kawasan Jalan Dipati Ukur dan sekitarnya. 

Ya, setelah sebelumnya keluyuran ke Sudirman Street dan kawasan Jalan Cibadak, sekarang kami mau mengajak kamu untuk berwisata kuliner ke kawasan Jalan Dipati Ukur dan sekitarnya, untuk mencari tempat-tempat makan yang jadi hidden gem di kawasan ini. 

Tentang Kawasan Dipati Ukur Bandung

kuliner malam kawasan dipati ukur 2

Sekadar info, kawasan Dipati Ukur yang biasa disingkat DU ini nyaris selalu ramai oleh para pembeli yang memadati tempat-tempat makan di sini. Oh iya, di kawasan ini berdiri beberapa kampus dari universitas swasta maupun universitas negeri seperti Unikom, ITHB dan Universitas Padjadjaran alias Unpad.

Makanya, tak heran kalau di sini ada banyak sekali tempat makan yang menawarkan menu makanan enak dengan harga yang bersahabat buat kantong mahasiswa.

Beberapa kuliner yang terkenal di kawasan Dipati Ukur Bandung adalah Ayam Geprek Bebas, Gado-gado Teuku Angkasa, Steak Ranjang, Bakmi Jowo dan masih banyak lagi.

Kuliner Malam Dipati Ukur

kuliner malam kawasan dipati ukur 3

Saat malam tiba, keramaian di kawasan Dipati Ukur makin menjadi, apalagi dengan banyaknya tenda dari pedagang kaki lima yang digelar di sini. Meskipun rata-rata tempat makannya sederhana, kawasan Dipati Ukur ini tetap asyik buat dijadikan tempat nongkrong.

Kalau kamu mampir ke sini di malam hari, akan ada banyak sekali penjual makanan. Kawasan kuliner malamnya terpusat di sekitar kampus Universitas Padjadjaran dan Monumen Perjuangan Jawa Barat (Monju).

Ada dua kawasan utama yang bisa kamu kunjungi buat kulineran malam. Yang pertama adalah di dalam area Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat atau Monju, yakni di kawasan Jalan Japati dan Haur Pancuh.

Di sini ada beberapa destinasi wisata kuliner yang cukup terkenal seperti Ayam Penyet Bu Erte, Bakso Kadeudeuh, Bakso Aci Ganteng, angkringan dan masih banyak lagi. 

Kawasan selanjutnya ada di Jalan utama Dipati Ukur-nya sendiri. Tak kalah variatif dari dua lokasi sebelumnya, di sini ada banyak sekali makanan yang dijajakan. 

Beberapa tempat yang sangat populer di kawasan ini adalah Bebek Ali Borme, Bebeke Om Aris, Sate Padang Serasi, Sambal Mangga Cak Kohar, Soto Padang Uda Ujang dan aneka Dim Sum.

Review

kuliner malam kawasan dipati ukur 4

Nah, sekarang kami akan mengajak kamu semua untuk mencari tahu bagaimana cita rasa dari ragam kuliner yang dijajakan di Jalan Dipati Ukur dan sekitarnya. Berikut beberapa rekomendasi tempat makan yang kami coba:

1. Bebeke Om Aris

kuliner malam kawasan dipati ukur 10

Yang pertama, kami mampir ke salah satu tenda makanan yang cukup terkenal, yakni Bebeke Om Aris. Tempat ini selalu ramai dan nyaris tidak pernah sepi dari pelanggan yang mengantre.

Bebeke Om Aris menyajikan aneka menu makanan seperti bebek dan ayam dengan nama yang unik. Ada BeHa (Bebek goreng paha), BeDa (Bebek goreng dada), APa (Ayam goreng paha) dan ADa (Ayam goreng dada). Semua menu di sini disajikan dengan nasi uduk hangat yang ditaburi bawang goreng, sambal dan lalapan.

Cita rasa menu ayam dan bebek di sini sangat lezat. Bebeknya tidak alot dan amis, ayamnya juga enak. Apalagi jika dipadukan dengan sambal yang pedas, manis nan lezat, hidangan yang disajikan di sini jadi semakin menggugah selera. 

Kamu bisa mencicipi menu makanan di Bebeke Om Aris dengan harga yang cukup murah, yakni Rp20.000 sampai dengan Rp29.000 per porsi.

2. Soto Padang Uda Ujang

kuliner malam kawasan dipati ukur 11

Setelah mencoba Bebeke Om Aris, kami melipir ke tenda Soto Padang Uda Ujang untuk mencicipi hidangan andalannya. Di sini, kamu bisa mencoba soto daging, paru dan urat yang disajikan dengan kuah yang enak.

Sama seperti Bebeke Om Aris, Soto Padang Uda Ujang juga menawarkan menu soto dengan harga yang terjangkau, yakni Rp23.000 untuk satu porsi sotonya. 

3. Bebek Ali Borme

kuliner malam kawasan dipati ukur 12

Selanjutnya, kita coba Bebek Ali Borme. Tempat makan satu ini tergolong legendaris di Bandung, lho. Bebek Ali Borme yang letaknya ada di Jalan Teuku Umar No.6, Kota Bandung ini selalu dipadati pelanggan setiap hari. 

Tak heran, karena cita rasa sajian bebek dan ayamnya juga begitu nikmat. Seporsi bebek dan ayam yang disajikan dengan nasi dan sambal tomat yang manis namun juga pedas, bisa kamu cicipi dengan harga di bawah Rp50.000 saja.

4. Dewa Dim Sum

kuliner malam kawasan dipati ukur 6

Belum puas dengan hidangan-hidangan yang sudah kami coba, kami mampir lagi ke salah satu tempat makan dim sum yang terkenal di kawasan Dipati Ukur, yakni Dewa Dim Sum. Kedai dim sum ini juga selalu ramai dipadati pelanggan yang didominasi oleh anak muda. 

Lokasi dari kedai dim sum ini tak begitu jauh dari Bebek Ali Borme. Di sini, kamu bisa mencoba aneka menu dim sum seperti Siomay Ayam, Siomay Udang, Lumpia Udang Kulit Tahu, Ekkado, Kumis Naga, Hisit Kau, Hakau dan lain sebagainya. Satu porsi dim sum di sini dibanderol dengan kisaran harga di bawah Rp20.000, lho.

5. Roti Bakar Panjo

Yuk, Coba Kuliner Malam di Kawasan Dipati Ukur Bandung! 1

Selanjutnya, ada Roti Bakar Panjo. Kedai roti ini menyediakan roti bakar dengan aneka rasa. Roti bakar di sini spesial, lain dari yang lain, lho. Tekstur rotinya lebih lembut dan isian selainya juga melimpah.

Varian rasa selainya macam-macam. Ada cokelat, keju, cokelat kacang, nanas, stroberi, abon dan masih banyak lagi. Satu kotak Roti Bakar Panjo dibanderol dengan harga di bawah Rp50.000 saja.

6. Susu Murni Lembang

Yuk, Coba Kuliner Malam di Kawasan Dipati Ukur Bandung! 2

Sebagai pelengkap roti bakar tadi, kami mencoba juga segelas susu murni khas Lembang di kedai susu murni yang sudah lama mejeng di kawasan Dipati Ukur Bandung.

Di sini, kami mencoba tiga rasa susu murni yang berbeda, yakni susu murni melon, stroberi dan original. Satu gelasnya dibanderol dengan harga yang terjangkau, yakni Rp9.000.

7. Sate Seafood

Yuk, Coba Kuliner Malam di Kawasan Dipati Ukur Bandung! 3

Sebagai penutup, kami mencoba sate seafood dari kedai Guri-Guri Yang membuat kedai sate ini unik adalah cara penyajian hidangannya yang dilakukan langsung di depan pelanggan. 

Dari semua pilihan sate di sini, kami mencoba salah satunya, yakni sate cumi jumbo. Sate cumi jumbonya ini disajikan dengan sambal taichan dan saus barbekyu.

Selain Jalan Dipati Ukur, masih banyak kawasan kuliner lain di Kota Bandung. Jalan Dipatiukur dan sekitarnya hanya satu dari sekian banyak destinasi wisata kuliner yang ada di Bandung.

Informasi Akses Transportasi Menuju Jalan Dipati Ukur Bandung

Yuk, Coba Kuliner Malam di Kawasan Dipati Ukur Bandung! 4

Tak ketinggalan, kami juga akan membagikan informasi akses untuk kamu yang ingin mencoba kulineran di kawasan Dipati Ukur. Berikut daftarnya:

  • Kendaraan Umum

Untuk kamu yang berasal dari luar Kota Bandung, ada rute kendaraan umum menuju kawasan Dipati Ukur, yakni Kalapa Dago, Riung - Dago, Cicaheum-Ciroyom dan Panghegar - Dago.

  • Kendaraan Pribadi

Untuk kamu yang menggunakan kendaraan pribadi, anggaplah kamu berada di kawasan Stasiun Bandung dan akan menuju Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM). Silakan ambil rute menuju kawasan Dipati Ukur melalui Jalan Ir. H. Djuanda (Dago).

Sekian pembahasan tentang kuliner malam Jalan Dipati Ukur Bandung. Jika kamu punya pengalaman menarik seputar kulineran di Kota Bandung, silakan sampaikan kisahmu melalui kolom komentar.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram