keluyuran web banner

Lawangwangi Creative Space, Tempat Menikmati Seni & Kuliner

Ditulis oleh Riastri Herliana - Diperbaharui 16 November 2020

Kota Bandung dikenal sebagai tempatnya anak-anak muda berjiwa seni tinggi yang aktif dan kreatif. Terdapat beberapa tempat untuk melihat secara langsung kesenian karya anak muda Bandung, salah satunya di Lawangwangi Creative Space yang letaknya berada di ketinggian, tepatnya di daerah Dago Giri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Tempat yang satu ini memiliki bentuk bangunan yang modern, minimalis, dan futuristik. Bangunan ini lekat akan unsur estetika yang unik dan dapat membuat pengunjung merasa betah. Lawangwangi Creative Space menampilkan beragam karya seni kontemporer mulai dari lukisan, hingga patung yang sarat akan makna.

Tidak hanya sekadar menampilkan hasil karya seni saja, tempat ini juga kerap dijadikan sebagai tempat kegiatan pameran seni, dan rutin menyelenggarakan acara tahunan Bandung Contemporary Art Award. Berikut informasi lengkap seputar Lawangwangi Creative Space.

Spot Menarik di Lawangwangi Creative Space

lawangwangi 2

Saat bertandang ke Lawangwangi Creative Space, pengunjung bisa menikmati dua keindahan sekaligus, yaitu keindahan alam dari Lembang yang masih asri, dan keindahan karya seni yang bernilai tinggi. Lawangwangi Creative Space memiliki beberapa spot populer yang menarik untuk dikunjungi. Simak ulasannya, ya!

1. Art Gallery Lawangwangi

lawangwangi 1

Salah satu spot menarik yang ada di Lawangwangi Creative Space adalah art gallery-nya. Di tempat inilah pameran seninya biasa digelar. Nah, saat kami berkunjung ke sini, sedang ada pameran yang bertajuk A Decade Encounters with Eddy Susanto yang digelar mulai tanggal 18 September hingga 18 Oktober 2020. Pameran ini menampilkan banyak lukisan indah dan juga karya seni lain yang dibuat oleh seniman asal Indonesia, Eddy Susanto.

Sekadar info, selama berada di art gallery, pengunjung akan ditemani kurator yang siap menjelaskan detil dari karya seni yang dipamerkan. Lokasi dari art gallery-nya berada di lantai dasar, tak jauh dari pintu masuk utama gedung Lawangwangi Creative Space.

2. Lawangwangi Design Space

Design Space Lawangwangi

* sumber: hardrockfm.com

Selain art gallery, di sini juga ada Lawangwangi Design Space. Dikutip dari laman resminya, Lawangwangi Design Space berfungsi sebagai tempat bagi para seniman yang ingin menuangkan ide brilian mereka menjadi sebuah karya seni. Letak dari Lawangwangi Design Space-nya ini menyatu dengan cafe yang ada di sini, jadi pengunjung bisa melihat-lihat ragam jenis karya seni sembari mencicipi menu makanan yang dipesan.

3. Halaman Belakang

lawangwangi 5

Halaman belakang dari Lawangwangi Creative Space juga merupakan spot menarik yang tak boleh kita lewatkan kala berkunjung ke sini. Di halaman belakang yang dihiasi rumput hijau serta pepohonan, terdapat beberapa kursi dan meja yang dapat ditempati. Di tempat ini juga ada sebuah patung yang bertajuk Ia Ada Dengan Ketiadaannya. Patung ini merupakan karya dari seniman Amrizal Salayan.

Fasilitas di Lawangwangi Creative Space

LAWANGWANGI CREATIVE SPACE

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Lawangwangi Creative Space tidak hanya menyuguhkan pameran karya seni berkelas, atau wadah bagi para seniman untuk membuat karya saja. Di sini juga terdapat beberapa fasilitas untuk pengunjung. Berikut daftarnya.

1. Colaborea Cafe

Salah satu fasilitas yang ada di Lawangwangi Creative Space adalah cafe. Ya, cafe yang kini berganti nama menjadi Colaborea Food & Culture ini menjadi salah satu daya tarik dari tempat ini. Letak cafe-nya sendiri berada di lantai dua bangunan. Hadirnya jendela-jendela dengan ukuran besar dan tinggi membuat siapa saja yang berkunjung kemari dapat menikmati pemandangan alam sekitar yang luar biasa cantiknya.

Karena suasana yang sangat nyaman inilah, tak sedikit pengunjung yang menghabiskan waktu yang cukup lama untuk nongkrong atau bahkan menuntaskan pekerjaan mereka di area cafe ini.

Bukan cuma menawarkan suasana yang nyaman, cafe ini pun menyediakan ragam jenis menu makanan yang menggugah selera. Di sini, pengunjung bisa mencicipi menu masakan Asia, Western hingga masakan tradisional Indonesia.

Pilihan menu minumannya pun tidak kalah menarik. Ada aneka jus, kopi, teh dan masih banyak lagi. For your information, menu dan konsep dari cafe-nya ini berganti selama enam bulan sekali. Unik banget, kan? Oh iya, di cafe ini pengunjung juga bisa mengadakan acara seperti arisan, ulangtahun dan candle light dinner, lho.

2. Spot Foto

Tak ketinggalan, Lawangwangi Creative Space juga memberikan fasilitas spot foto yang menarik. Mulai dari foto di dalam area art gallery, hingga di area café. Ada juga spot berupa area anjungan yang banyak diminati pengunjung. Bahkan, area taman atau halaman belakang pun terbilang oke untuk dijadikan spot berfoto.

3. Toilet dan Musholla 

Selain dua fasilitas diatas, ada pula fasilitas umum lain seperti toilet yang nyaman. Di sini tersedia juga musholla yang bisa digunakan oleh pengunjung, lho.

4. Tempat Parkir

Di Lawangwangi Creative Space, tersedia juga lahan parkir yang dapat digunakan pengunjung. Lahan parkirnya berada tak jauh dari area taman atau halaman belakang.

Tiket Masuk & Jam Operasional Lawangwangi Creative Space

Lawangwangi Creative Space, Tempat Menikmati Seni & Kuliner 1

Lawangwangi Creative Space tidak membebankan biaya tiket masuk untuk bisa menikmati karya seni yang ditampilkan di sini. Pengunjung hanya perlu memesan makanan dan minuman yang disediakan di café. Harga makanan dan minuman di cafe-nya berkisar antara Rp10.000 – Rp100.000. per porsi/gelasnya.

Jam Operasional Lawangwangi:

Selasa – Jumat: 10.00 – 22.00 WIB

Sabtu: 11.00 – 23.00 WIB

Minggu: 09.00 – 21.00 WIB

Libur setiap hari Senin.

Kontak: 0815-6016-666

Alamat & Akses Transportasi ke Lawangwangi Creative Space

Alamat & Akses Transportasi ke Lawangwangi Creative Space

  • Alamat : Dago Giri No.99, Mekarwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat

Terletak di Dago Giri, atau biasa disebut dengan Dago Atas, Lawangwangi Creative Space hanya bisa diakses menggunakan kendaraan pribadi, baik itu mobil maupun motor. Lokasinya dekat dari Dago Dreampark. Berikut ini rute dari Bandung kota dan dari Lembang menuju Lawangwangi Creative Space.

  • Mobil / Motor dari Lembang

Pengunjung yang datang dari arah Lembang, tidak perlu melewati Jalan Setiabudi dan Bandung kota. Wisatawan bisa melewati Jl. Maribaya, dan mengarah ke Dago melewati Jalan Dago Giri. Lalu sampailah di Lawangwangi Creative Space.

  • Mobil / Motor dari Bandung

Pengunjung yang datang dari arah Bandung kota, bisa melewati Jalan Ir. H. Juanda, kemudian setelah melewati Terminal Dago, dilanjutkan ke Jalan Dago Giri. Sampai di Lawangwangi Creative Space.

  • Transportasi Umum

Tidak ada transportasi umum seperti angkutan kota yang melewati kawasan ini. Namun kamu tetap bisa berkunjung meski tidak menggunakan kendaraan pribadi dengan cara naik angkutan kota sampai Terminal Dago, dilanjutkan dengan ojek konvensional maupun ojek online sampai ke Lawangwangi Creative Space.

Hotel di Sekitar Lawangwangi Creative Space

Lawangwangi Creative Space, Tempat Menikmati Seni & Kuliner 2

Bagi wisatawan dari luar kota Bandung dan berencana menginap di sekitar Lawangwangi Creative Space, maka bisa memilih di antara beberapa pilihan penginapan yang lokasinya tak jauh dari Lawangwangi. Berikut daftarnya.

1. Villa Dago Giri

Jl. Dago Giri No.96, Mekarwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat

Kontak : 0818-0808-1875

2. VillaTel Salse

Jl. Sukanagara No.88, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat

Kontak : (022) 2504 105

3. Wangie Villa

Jl. Umaia No.1, Ciumbuleuit, Cidadap, Kota Bandung

Kontak : 0813-9508-3525

4. Dulang Resort & Resto

Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat

Kontak : (022) 2785 020

Nah, itulah pembahasan dari Keluyuran tentang Lawangwangi Creative Space. Bagaimana, tertarik untuk berkunjung guna menyaksikan pameran karya seni dan mencoba menu makanan lezat di cafe-nya? Yuk, kunjungi Lawangwangi Creative Space sekarang!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram