10 Lembah Indah di Indonesia yang Memanjakan Matamu

Ditulis oleh Anggie Warsito - Diperbaharui 25 November 2019

Indonesia tak hanya kaya akan laut dan gunung semata. Negara kita tercinta ini juga punya sejumlah lembah yang indah untuk dipandang. Sangat cocok untuk kamu yang hendak berwisata sekaligus memanjakan matamu.

Di artikel ini, Keluyuran bakal merekomendasikan beberapa lembah indah yang ada di Indonesia. Siapa tahu nanti kamu berminat untuk mengunjungi lembah-lembah indah di Indonesia. Adapun sejumlah rekomendasi lembah tersebut adalah sebagai berikut:

1. Lembah Baliem

Lembah Baliem (Copy)

* sumber: phinemo.com

Lembah pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Lembah Baliem. Lembah yang sempat dijadikan salah satu judul lagu Slank ini letaknya persis di area Pegunungan Jayawijaya. Di lembah ini, kamu bisa melihat pemandangan bukit dan pepohonan yang hijau lagi indah.

Bila kamu mendatangi lembah ini di bulan Agustus, kamu bakal menemukan sebuah festival menarik yang diselenggarakan di lembah ini. Festival Lembah Baliem adalah nama festival tersebut. Pada festival tersebut, kamu bakal menyaksikan pertunjukan perang antarsuku, serta pertunjukan seni dan budaya lainnya. Kalau kamu tertarik ke lembah ini, sila datang saja ke alamat berikut:

  • Alamat : Desa Wosilimo, Wamena, Papua.
  • Jam buka : Setiap hari selama 24 jam.

2. Lembah Ramma

Lembah Ramma (Copy)

* sumber: travelingyuk.com

Di kaki gunung Bawakaraeng, ada satu lembah yang patut kamu kunjungi. Lembah Ramma adalah lembah tersebut. Lembah ini sering sekali dijadikan alternatif wisata, lantaran mudahnya akses menuju lembah ini.

Selain mengandung panorama yang indah, lembah ini juga punya udara yang sejuk. Tak hanya sekadar disambangi, lembah satu ini juga cocok untuk dijadikan tempatmu berkemah. Kalau tertarik ke lembah ini, langsung saja datang ke alamat berikut:

  • Alamat : Bonto Lerung, Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan 92174.
  • Jam buka : Setiap hari selama 24 jam.

3. Lembah Kidang

Lembah Kidang (Copy)

* sumber: travelingyuk.com

Kalau lembah satu ini letaknya ada di kaki gunung Arjuno. Selain memiliki panorama yang indah, lembah ini juga punya sumber mata air yang jernih. Sumber air tersebut lazim dipakai minum oleh para pendaki gunung Arjuno yang tengah istirahat di lembah ini.

Kamu bisa bersantai sejenak selama di lembah ini. Udaranya yang masih sejuk dan lembahnya yang masih sepi adalah alasan mengapa kamu bisa melakukan hal tersebut. Lembah ini bisa kamu kunjungi di alamat berikut:

  • Alamat : Mager Sari, Pecalukan, Kecamatan Prigen, Pasuruan, Jawa Timur 67157.
  • Jam buka : Setiap hari selama 24 jam.

4. Ngarai Sianok

Ngarai Sianok (Copy)

* sumber: pesona.travel

Bisa dibilang kalau ini merupakan salah satu lembah yang curam di Indonesia. Kendati curam, panorama lembah ini amat sayang bila tidak kamu simak. Lembah sepanjang 15 km ini memiliki dinding curam yang berwarna kehijauan.

Di bagian tengahnya, terdapat sungai jernih yang dikenal dengan sebutan Batang Sianok. Kamu bisa mengarungi sungai tersebut dengan kano jika kamu mau. Tertarik ke lembah ini? Yuk, datang saja ke alamat di bawah ini:

  • Alamat : Jalan Panorama Bukit Cangang Kayu Ramang, Kecamatan Guguk Panjang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat 26138.
  • Jam buka : Sabtu s.d. Kamis pukul 09.30 – 17.30.

5. Lembah Bukit Pangonan Dieng

Lembah Bukit Pangonan Dieng (Copy)

* sumber: travel.kompas.com

Bila kamu tengah berlibur di Dieng, pastikan untuk tidak melewatkan lembah satu ini. Lembah yang tergolong luas ini memiliki bentuk yang agak cekung. Konon, bentuk yang cekung itu terbentuk lantaran lembah ini dulunya adalah danau yang kini mengering.

Di sepanjang lembah ini, kamu bakal menemukan barisan rumput ilalang yang membentuk padang sabana hijau yang enak dilihat. Bila ingin menikmati hijaunya rumput ilalang di lembah ini, pastikan untuk datang di kala musim hujan tiba. Lembah satu ini bisa kamu kunjungi di alamat berikut:

  • Alamat : Karangsari, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah 53456.
  • No. Telepon : 0822-4234-5553

6. Lembah Bada

Lembah Bada (Copy)

* sumber: www.goodnewsfromindonesia.id

Kamu tak hanya akan melihat pemandangan alam yang indah di lembah ini. Kamu juga bakal melihat puluhan patung megalitik bila kamu berkunjung ke lembah yang ada di Poso ini. Puluhan patung diperkirakan sudah ada sejak abad ke-14 silam.

Belum diketahui pasti apa tujuan dibuatnya patung-patung tersebut. Warga di sekitar lembah sendiri meyakini kalau patung-patung itu dulunya dipakai sebagai simbol pemujaan tehadap leluhur. Kalau mau melihat patung-patung tersebut, sila datang ke alamat di bawah ini:

  • Alamat : Poso, Sulawesi Tengah.
  • Jam buka : Setiap hari selama 24 jam.

7. Lembah Pantunan

Lembah Pantunan (Copy)

* sumber: www.trepelin.com

Bali tak hanya memiliki sejumlah pantai yang indah. Bali pun juga punya satu lembah yang tak kalah indah. Lembah Pantunan adalah lembah yang dimaksud. Di lembah ini, kamu bakal melihat hamparan sawah yang indah.

Tak hanya sawah, lembah ini juga memiliki beberapa buah mata air. Sejumlah mata air tersebut memiliki keindahan dan fungsinya tersendiri. Salah satunya adalah untuk pembersihan diri bagi masyarakat di sekitar lembah. Lembah Pantunan bisa kamu datangi di alamat berikut:

  • Alamat : Bangbang, Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali 80671.
  • No. Telepon : 0857-3858-1522.
  • Jam buka : Setiap hari selama 24 jam.

8. Lembah Sindoro

Lembah Sindoro (Copy)

* sumber: travelingyuk.com

Selain Lembah Bukit Pangonan Dieng, Jawa Tengah masih punya satu lembah indah lainnya. Lembah SIndoro adalah lembah yang kami maksud. Kelebihan lembah ini adalah udaranya yang sejuk, serta keindahan panorama di sekitarnya.

Datanglah ke lembah ini pagi-pagi sekali. Di waktu tersebut, kamu bakal menyaksikan panorama sunrise yang indah dari lembah satu ini. Jikalau tertarik menikmati udara dan keindahan di sekitar lembah ini, sila datang ke alamat berikut:

  • Alamat : Area Sawah, Tlahap, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah 56264.
  • No. Telepon : 0858-6888-8068.
  • Jam buka : Setiap hari pukul 04.00 – 16.30.

9. Lembah Anai

Lembah Anai (Copy)

* sumber: www.indonesiakaya.com

Serupa dengan Ngarai Sianok, lembah satu ini juga terletak di Sumatera Barat. Salah satu daya tarik yang dimiliki lembah ini adalah air terjunnya. Air terjun di lembah ini berasal dari aliran Sungai Batang Lurah, sebuah sungai yang juga merupakan anak sungai Batang Anai.

Kala disinari cahaya matahari, air terjun tersebut bakal menghasilkan gugusan indah berwarna-warni. Disarankan untuk tidak datang ke air terjin tersebut di kala musim hujan. Soalnya, debit air terjun ini akan meningka di musim hujan dan dapat menimbulkan banjir di sekitarnya. Bila ingin mengunjungi air terjun di Lembah Anai, langsung saja datang ke alamat berikut:

  • Alamat : Singgalang, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat 27282.
  • HTM : Rp1.500/orang (HTM air terjun).

10. Lembah Harau

Lembah Harau (Copy)

* sumber: travel.kompas.com

Ada satu lembah lainnya yang ada di Sumatera Barat. Lembah Harau adalah lembah tersebut. Lembah ini letaknya persis di tengah dua bukit cadas setinggi 150 meter. Di sekitaran lembah ini, kamu bakal melihat tebing-tebing granit yang berbentuk unik.

Ada pula air terjun di lembah ini. Di dekat air terjun itu, kamu bakal menemukan satu monument peninggalan zaman penjajahan Belanda. Monumen tersebut merupaka simbol bahwa lembah ini sudah dikunjungi masyarakat sejak masih zaman penjajahan Belanda. Lembah satu ini bisa kamu sambangi di alamat berikut:

  • Alamat : Nagari Harau, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat 26271.
  • Jam buka : Setiap hari selama 24 jam.

Indonesia punya banyak lembah yang indah. Sepuluh di antaranya sudah Keluyuran sebutkan di atas. Sepuluh lembah tersebut bisa kamu jadikan alternatif tempat wisata saat piknik nanti. Di antara 10 lembah indah di atas, mana yang menarik untuk kamu kunjungi? Yuk, kasih tahu kami via kolom komentar!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram