10 Lembah Terindah di Dunia dengan Berbagai Keunikannya

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 24 Agustus 2021

Keindahan alam sepertinya tak akan pernah habis untuk digali. Ada sungai, pantai, gunung, danau, air terjun dan juga lembah. Fitur alam yang terakhir ini, lembah, bisa dijumpai di dalam pegunungan, di antara hutan, di sepanjang pantai juga bisa tersembunyi dibalik rimbunnya pepohonan yang usianya sudah ratusan tahun.

Banyak lembah-lembah terindah di dunia yang mungkin belum kamu kenali. Untuk lebih mengenal lagi fitur alam yang satu ini, berikut adalah deretan lembah-lembah di dunia yang tak diragukan lagi keindahannya. Yuk, kita jelajahi!

1. Lembah Thorsmörk, Islandia

1, Lembah Thorsmörk, Islandia
  • Lokasi: Dataran Tinggi Selatan Islandia antara gletser Gunung Tindfjallajökull dan Eyjafjallajökull

Nama lembah ini merupakan nama dari dewa Nordik, yaitu Thor. Lembah Thórsmörk berada di wilayah di Islandia selatan. Fitur alam ini terbentuk dari gletser jutaan tahun yang lalu. Keindahan Lembah Thorsmörk yang tandus membentang di antara sungai Krossa, Markarfijot, dan Pronga.

Lembah ini merupakan daerah tujuan hiking yang paling banyak dikunjungi di Islandia. Di sini kamu bisa berjalan di antara bebatuan selama berjam-jam. Kamu pasti akan merasa seperti berada di planet yang berbeda ketika ada di sini.

Jika kamu berencana untuk mengunjungi Islandia, cobalah wisata hiking dan trekking yang tersedia di negara ini. Kamu bisa memilih untuk melakukan pendakian gletser lima jam sampai perjalanan lima hari agar bisa menjelajahi seluruh wilayah.

2. Lembah Jiuzhaigou, Tiongkok

Lembah Jiuzhaigou, Tiongkok_
  • Lokasi: Provinsi Sichuan, Tiongkok

Lembah Jiuzhaigou merupakan cagar alam serta taman nasional yang berada di Provinsi Sichuan, Tiongkok. Luas lembah ini mencapai 720 km2 dan wilayah yang menakjubkan ini terkenal dengan danau dan mata airnya yang banyak.

Menurut legenda lokal untuk menciptakan danau yang banyak sekali jumlahnya di lembah ini, Dewi Semo menjatuhkan cermin yang terbuat dari angin serta awan yang pecah.

Wisatawan dari seluruh negeri datang untuk berkunjung ke taman setiap hari, khususnya untuk melihat fitur utamanya misalnya Danau Lima Bunga, Danau Cermin, Danau Panda, Danau Harimau, Danau Badak serta Air Terjun Pearl Shoal.

Di kalangan para pengunjung lembah ini, pendakian harian bersama pemandu merupakan pilihan yang paling populer. Namun ada juga yang mencoba berkemah di sini selama beberapa hari untuk merasakan suasana Lembah Jiuzhaigou yang sesungguhnya. Lembah Jiuzhaigou juga adalah tempat untuk banyak hewan yang terancam punah, seperti panda raksasa serta Sichuan takin.

3. Lembah Kaghan

Lembah Kaghan
  • Lokasi: Distrik Mansehra di Khyber Pakhtunkhwa, Pakistan

Terbentang sepanjang sekitar 160 kilometer dan mencapai 4170 meter di Babusar Pass, Lembah Kaghan merupakan lembah yang indah. Di sini terdapat danau yang berkilau serta aliran sungai kecil  yang berputar-putar. Air Sungai Kunhar yang berkelok-kelok mengalir melalui Lembah Kaghan.

Sungai tersebut dipenuhi ikan trout. Terdapat beberapa kota yang terletak di antara hutan pinus, termasuk kota Naran yang banyak dikunjungi turis. Pengunjung akan menyaksikan penduduk setempat yang berjalan memimpin ternak mereka menuju padang rumput yang lebih tinggi ketika mereka menjelajahi Lembah Kaghan.

4. Lembah Barun

 Lembah Barun
  • Lokasi: di dasar Gunung Makalu di Distrik Sankhuwasabha, Nepal

Berada di Pegunungan Himalaya di Negara Nepal, letak Lembah Barun berada di kaki Gunung Makalu. Ini adalah gunung kelima tertinggi di dunia yang memiliki beberapa ekosistem terakhir yang belum tersentuh di dunia. Di antara ekosistem tersebut yaitu air terjun, hutan, dan anggrek liar. Ada juga hewan langka di antaranya rusa kesturi dan macan tutul salju yang terancam punah.

Karena kemistisan surga di dunia ini, dalam cerita rakyat Buddha lembah ini dikenal sebagai tempat di mana tak ada yang menua. Lembah Barun menurut literatur agama kuno akan jadi salah satu dari tujuh tempat yang tersisa di dunia di mana kehidupan bisa berkembang sesudah peristiwa bencana global.

Lembah Barun merupakan salah satu tempat paling indah tak hanya di Asia tapi juga di dunia. Lereng hijau merupakan rumah bagi air terjun yang memancar, spesies burung dan hewan langka, dan bunga berwarna-warni.

5. Lembah Danum

Lembah Danum
  • Lokasi: Lahad Datu, Sabah, Malaysia
  • Telepon: +60 88-486 168

Lembah Danum merupakan wilayah konservasi di daerah Sabah, Malaysia. Hampir tak tersentuh oleh tangan manusia, lembah dengan luas sekitar 438 kilometer persegi ini sebagian besarnya adalah hutan hujan tropis. Tempat ini sangat berkabut sehingga terlihat agak menyeramkan.

Lembah Danum merupakan rumah bagi beberapa makhluk paling menakjubkan di dunia, seperti badak Sumatera Timur, gajah kerdil, siamang serta kancil. Di sini pengunjung diberikan kesempatan untuk melakukan perjalanan di antara lebatnya hutan atau berenang di banyak sungainya.

Terdapat lebih dari 300 spesies burung di lembah ini sehingga menjadikannya tempat yang luar biasa untuk mengamati burung. Berbagai usaha sudah dilakukan untuk menjadikan lembah ini masuk dalam nominasi Situs Warisan Dunia UNESCO.

6. Lembah Ten Peaks, Kanada

Lembah Ten Peaks, Kanada
  • Lokasi: Taman Nasional Banff di Provinsi Alberta, Kanada

Lembah Ten Peaks di Kanada dilingkupi oleh lengkungan sepuluh puncak dan diselimuti hutan homogen lebat yang penuh dengan pohon pinus. Ini adalah rumah bagi Danau Moraine yang ternama. Danau Moraine merupakan daya tarik utama dari Lembah Ten Peaks karena memiliki warna biru yang khas serta pantulan yang memukau dari puncak gunung berlapis salju.

Dari permukaan tebing terlihat gletser yang menggantung dan banyak beragam spesies hewan yang bersembunyi di bayang-bayang cabang pohon yang lebat membuat lembah ini menjadi tempat yang sangat spektakuler untuk dikunjungi.

7. Lembah Yosemite, Amerika Serikat

Lembah Yosemite, Amerika Serikat_
  • Lokasi: di Taman Nasional Yosemite di Sierra Nevada Barat

Lembah Yosemite berada di Pegunungan Sierra Nevada California. Tempat ini dipenuhi dengan hutan pinus yang lebat serta aliran sungai yang sejuk. Terkenal karena memiliki puncak granit yang banyak seperti Half Dome yang mengelilingi Yosemite, lembah ini membentang sampai sekitar 12 kilometer.

Daya tarik utama dari lembah ini yaitu Air Terjun Yosemite yang indah di samping permukaan berbatu El Capitan yang banyak dinikmati oleh pemanjat tebing. Air terjun tersebut merupakan yang tertinggi di benua ini.

Jalur pendakian lembah merupakan hal yang tak boleh dilewatkan oleh para penggemar petualangan. Ketika mendaki melalui Lembah Yosemite, kamu akan melewati hutan lebat, padang rumput hijau serta banyak sungai juga air terjun yang mengalir ke Sungai Merced.

8. Lembah Lauterbrunnen, Swiss

Lembah Lauterbrunnen, Swiss
  • Lokasi: Pegunungan Alpen, Swiss

Lembah Lauterbrunnen yang berada jauh di Pegunungan Alpen Swiss merupakan salah satu kawasan konservasi alam terbesar di negara ini. Arti nama dari lembah yang dikenal memiliki 72 air terjun ini adalah “banyak air mancur”. Dari banyaknya air terjun tersebut, yang sangat terkenal yaitu Air Terjun Staubbach dengan ketinggian sekitar 300 meter.

Air terjun ini adalah salah satu air terjun free-fall yang tertinggi di Eropa. Para turis yang datang bisa berjalan melalui padang rumput liar serta gugusan pohon dengan pemandangan pegunungan yang tertutup salju. Mereka juga bisa menghirup udara lembah yang segar. Lembah Lauterbrunnen adalah daerah ski yang terkenal di musim dingin.

Tahukah kamu, kalau penulis Lord of the Rings J.R.R. Tolkien terinspirasi dari Lembah Lauterbrunnen untuk menggambarkan Kerajaan Elf Rivendell? Ada lagi yang begitu terpesona dengan keindahan lembah ini, yaitu Wolfgang von Goethe. Padang rumput Alpen yang hijau serta pegunungan yang menjulang tinggi membuatnya menulis puisinya yang terkenal, yaitu Spirit Song Over the Waters.

Bagi penggemar olahraga petualangan dan terjun payung, Lauterbrunnen ini merupakan tempat favorit untuk aktivitas tersebut. Pada musim panas yang cerah jangan lewatkan untuk berkunjung ke Air Terjun Trümmelbach di Gunung Black Monk.

9. Lembah Bunga, India

 Lembah Bunga, India
  • Lokasi: Uttarakhand 246443, India
  • Telepon: +91 135 255 9898

Lembah Bunga di daerah India ini memiliki padang rumput yang penuh dengan bunga endemi. Ini merupakan salah satu tempat paling indah di India. Lokasinya berada di Uttarackhan. Lembah ini merupakan rumah untuk beragam hewan yang terancam punah misalnya, beruang coklat, rusa kesturi, dan bharal, yang dikenal dengan blue sheep.

Lembah Bunga yang terletak di antara pegunungan Zanskar dengan Himalaya ini berdiri menjulang tinggi, menghasilkan semburan warna di lanskap yang terdiri dari bebatuan abu-abu yang kasar. Untuk memulai perjalanan ke Lembah Bunga, tempat terbaik adalah dari Ghangaria. Sebelum masuk ke lembah, kamu akan melewati ladang bunga, tanaman, dan stroberi liar.

10. Lembah Harau, Indonesia

Lembah Harau, Indonesia
  • Lokasi: Harau, Kab. Lima Puluh Kota, Sumatera Barat
  • Jam buka: 24 jam
  • Telepon: 0831-6787-3747

Disebut juga dengan nama Lembah Arau, Lembah Harau yang berada di Provinsi Sumatera Barat ini diapit oleh perbukitan berbatu terjal yang memiliki ketinggian sekitar 150 meter. Lembah ini juga dikelilingi batu pasir curam yang berwarna-warni yang memiliki ketinggian 100 sampai 500 meter.

Di lembah ini terdapat persawahan hijau subur dan disekelilingnya berdiri tebing-tebing granit besar. Selain itu, ada juga puluhan air terjun yang airnya jatuh dari ketinggian 80 sampai 300 meter menuju lembah di bawahnya. Maka tak mengherankan kalau lembah ini juga dikenal dengan sebutan Yosemite-nya Indonesia.

Itulah deretan lembah-lembah terindah di dunia, salah satunya adalah Lembah Harau yang berada di Provinsi Sumatera Barat. Indonesia juga masih memiliki lembah cantik lainnya. Kalau kamu penyuka petualangan, pastinya ingin berkunjung ke lembah-lembah tersebut.

Tiap lembah memiliki keunikannya tersendiri dan itulah yang menjadi daya tariknya. Kalau kamu tertarik untuk berkunjung ke lembah mana?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram