10 Lembah di India dengan Pemandangan yang Memesona

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 10 Agustus 2021

Jika India sering sekali menggunakan latar alam dalam film-filmnya di saat tokoh utamanya menyanyi dan menari, maka kamu akan takjub dengan pemandangan yang ditawarkan oleh lembah-lembah yang menjadi bagian dari bentang alam di India. Lembah-lembahnya terlihat fotogenik dan juga cantik untuk dijadikan latar dalam sebuah film.

Keindahannya tak kalah dengan keindahan alam yang terdapat di Eropa. Keindahan dari bentang alam yang hijau nan asri dari padang rumput atau yang atau yang putih tertutup salju. Berikut ini beberapa keindahan lembah di India yang menarik untuk kamu kunjungi untuk sejenak keluar dari bisingnya dunia.

1. Lembah Bunga, Uttarakhand

Lembah Bunga, Uttarakhand

Lembah berbunga di daerah Uttarakand ini ditemukan tidak sengaja oleh seorang pendaki gunung asal Inggris yang bernama Frank S. Smith ditahun tahun 1931. Frank yang tersesat menemukan tempat ini setelah hendak kembali dari ekspedisinya dari Gunung Kemat. Saat ini taman ini telah menjadi bagian dari sebuah Taman Nasional Nanda Devi.

Selain telah dideklarasikan menjadi sebuah taman nasional, lembah berbunga ini juga masuk ke dalam Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Lembah ini telah masuk ke dalam taman nasional sehingga kamu perlu membayar tiket untuk menikmati keindahan lembah ini. Tiket yang dibayarkan sekitar 600 INR untuk turis asing, dengan jam operasional dari jam 7.00 – 17.00.

2. Lembah Spiti, Himachal Pradesh

Lembah Spiti, Himachal Pradesh

Lembah Spiti tampak begitu menawan dengan lembah gurun dinginnya yang megah dan memikat. Tempatnya dihiasi oleh hutan pinus. Tempat ini cocok untuk orang yang mencari ketenangan dari bisingnya perkotaan. Keindahan panorama lembahnya dapat  dinikmati dengan menyusuri jejak alam.

Sepanjang perjalanan menuju Lembah Spiti kamu juga dapat bertemu dengan dengan hewan-hewan yang mendiami lembah. Lembah ini letaknya menjadi pemisah dari Tibet dengan India. Selain itu kamu juga dapat menyaksikan  pegunungan Himalaya yang tampak seperti pembatas.

Lembah Spiti merupakan tempat yang pas untuk orang yang senang dengan kegiatan trekking ataupun hiking. Di sekitar lembah ini terdapat beberapa tempat yang dapat kamu kunjungi dari, biara-biara hingga keindahan danau serta kibaran bendera yang menghiasi langitnya. Perlu diingat suhu di lembah ini sepanjang musim dingin menjadi sangat ekstrem.

3. Lembah Nubra, Jammu-Kashmir

3. Lembah Nubra, Jammu-Kashmir

Lembah Nubra terletak 150 km dari Kota Leh. Lembah ini sering dianggap sebagai lembah yang fotogenik dan juga populer di kalangan wisatawan. Lembah Nubra menjadi pemisah dari pegunungan Karakoram dan Pegunungan Ladakh serta dialiri oleh dua sungai yaitu Sungai Shyok dan Siachen.

Keindahan Lembah Nubra memikat siapa pun yang datang mengunjunginya. Panoramanya yang luar biasa dipadu dengan tempat wisatanya yang menarik untuk kamu kunjungi. Kamu dapat mengunjungi biara tertua dengan patung Buddha Maritreyanya. Ada juga di pintu masuk desa sebuah danau yang disucikan yaitu Danau Yarab Tso.

Jika kamu berminat mengunjungi lembah Nubra, kamu perlu mengurus perizinan untuk dapat masuk ke lembah ini. Hal ini karena Lembah Nubra berada dekat dengan basecamp Siachen, tempat yang sering terjadi pertempuran, sehingga membuat lembah Nubra ini berada di bawah pengawasan militer.

4. Lembah Yumthang, Sikkim Utara

Lembah Yumthang, Sikkim Utara

Pesona keindahan alam dari lembah Yumhtang merupakan sebuah keajaiban  yang disuguhkan oleh alam. Satu keindahan yang ditawarkan oleh Lembah Yumthang adalah sebuah lembah yang dipenuhi bunga. Tempatnya ini merupakan cagar alam untuk spesies bunga Rhododendron Shingba yang memiliki 24 Spesies bunga yang mekar di akhir Februari hingga pertengahan Juni.

Wisatawan yang ingin menikmati keindahan Lembah Yumthang dapat kamu kunjungi di bulan April hingga November. Pada bulan Desember hingga Maret lembah ini ditutup karena salju yang cukup tebal. Tetapi di musim lain kamu dapat melihat padang indah nan hijau serta hutan pinus dan pohon cemara perak. Selain itu ada juga sungai dan air terjun yang mengalirinya.

Keindahan lembah Yumthang ini terletak dekat dengan berbatasan dengan Negara Tiongkok. Hal ini membuat seluruh area berada dalam kontrol militer. Jika kamu ingin menikmati cantiknya Lembah Yumthang, kamu harus memiliki izin yang dapat kamu peroleh dari Kantor Turisme Gangtok. Tetapi biasanya penyedia tur dapat membantu pengurusan izinnya.

5. Lembah Dzukou, Kohima

Lembah Dzukou, Kohima

Lembah Dzukou terletak di timur laut India yang membentang antara perbatasan Nagaland dan Manipur. Lembah yang menghijau di musim panas ini berada di ketinggian 2.452 mdpl. Di lembah terlihat rerumputan yang bergoyang ditiup semilir angin. Bunga-bunga berwarna cerah tumbuh di antara hijaunya rerumputan.

Tetapi di saat musim salju hamparan hijau di lembah akan digantikan putihnya salju yang turun. Jika ingin melihat indahnya bunga-bunga datanglah di awal Bulan Juli. Jika tidak sempat melihat indahnya bunga-bunga, kamu tetap dapat mendaki gunung dengan dikelilingi pemandangan yang menawan hati.

Saat mengunjungi Lembah Dzukuou ,ada baiknya kamu membawa jaket tebal. Suhu lembah di saat malam hari biasanya turun hingga 10 derajat. Kamu juga harus membawa cukup bekal karena tak ada fasilitas yang menyediakan makanan selama kamu berjalan di lembah.

6. Lembah Lidder, Jammu-Kashmir

Lembah Lidder, Jammu-Kashmir

Lembah Lidder berasal dari nama sungai yang mengalir di lembah tersebut. Lembah ini sendiri berada di distrik Anantnag di Negara Bagian Jaamu dan Kashmir. Sungai Lidder yang membelah pegunungan Himalaya selama jutaan tahun ini  yang menyebabkan terbentuknya Lembah Lidder ini.

Lembah lidder merupakan rute yang dapat kamu lewati saat ingin menuju ke Glasier Kolahoi. Di lembah menyuguhkan pemandangan yang hijau dari hutan-hutan pinus dan juga padang rumput yang hijau. Lembah ini juga ditinggali masyarakat nomaden dari suku Gujjar yang menggembalakan domba-dombanya di sana.

7. Lembah Zanskar, Ladakh

 Lembah Zanskar, Ladakh

Lembah Zanskar atau juga dikenal dengan nama Zahar merupakan sebuah tempat yang semi gurun yang kental dengan atmosfer religius dari agama Buddha. Tempat ini pas untuk orang yang menyenangi dengan kegiatan petualangan. Lembah Zanskar terkenal akan salju yang menutupi bagian puncak dari pegunungannya.

Pesona pemandangan dari lembah Zanskar memikat orang untuk datang ke tempat terpencil ini. Daerahnya yang semi gurun dihiasi dengan salju yang cantik di puncak pegunungan. Selain itu terdapat biara-biara Budha yang dapat kamu kunjungi seperti Biara Puhgtal.

Tempatnya nyaman untuk kamu kunjungi terutama dengan jernihnya air yang mengalir di sungainya. Lembah ini populer sebagai tempat untuk kegiatan berpetualang seperti Chadar Trek, ekspedisi di air sungai yang membeku. jIka kamu berminat mengunjunginya, sebaiknya datang di Bulan Juni hingga September di saat cuaca lebih bersahabat.

8. Lembah Suru, Kargil

Lembah Suru, Kargil

Lembah Suru  juga merupakan satu lembah yang memiliki panorama yang cantik memikat. Lembah ini memiliki pemandangan sekelilingnya berupa salju yang tampak di puncak pegunungan. Sedangkan pada bagian bawah lembahnya kamu dapat melihat sekelilingnya ditumbuhi tanaman  hijau.

Pemandangan yang indah di Lembah Suru dapat dijadikan spot untuk kegiatan fotografi. Tempat-tempat yang indah ini dapat kamu nikmati sambil berjalan kaki. Lembah Suru juga tampak menawan di saat bunga dan aprikot dan apel bermekaran. Jika kamu berminat untuk berkunjung, sebaiknya datang di saat Juli hingga September.

9. Lembah Warwan, Kashmir

Lembah Warwan, Kashmir

Lembah Warwan merupakan lembah yang akan menawarkan perjalanan yang indah. Pemandangan seluruh lembah yang hijau benar-benar memukau orang yang melihatnya. Di perjalanan menuju Lembah Warwan, kamu akan disuguhi beragam pemandangan alam dari yang tandus, sungai, hingga padang rumput hijau yang berbunga. Sebuah lembah cantik yang tak banyak orang tahu.

Perjalanan menuju Lembah Warwan yang hijau menjadi sangat terasa luar biasa indahnya setelah perjalanan yang melewati pegunungan gurun. Perjalanannya menuju Lembah Warwan cukup sulit, sehingga lembah ini sangat pas untuk orang-orang yang senang dengan tantangan.

Lembah Warwan selain menawarkan keindahan alam di sekitarnya, juga menawarkan keindahan dari desa tempat tinggal penduduknya. Desa tempat tinggal penduduknya pun tampak cantik. Pepohonan willow tumbuh di luar rumah.  Bukit di sekitar desa dipenuhi dengan padang bunga. Sungai yang membelah desa dengan airnya yang jernih. Semuanya seperti desa dalam sebuah komik.

10. Lembah Ziro, Arunachal Pradesh

Lembah Ziro, Arunachal Pradesh

Lembah Ziro mungkin lebih terkenal dengan kebudayaan masyarakatnya, yaitu kebudayaan dari suku Apatani yang mendiami Lembah Ziro. Lembah ini terlihat hijau sejauh mata memandang yang berasal dari tanaman padi yang mereka tanam. Selain dari tanaman padi lembah ini dihiasi juga oleh perbukitan yang ditumbuhi tanaman hijau.

Lembah ini dihuni oleh suku Apatani yang memiliki keunikan tersendiri mereka dikenal sebagai masyarakat yang bertani dengan sistem yang tetap menjaga lingkungan secara berkelanjutan. Selain itu suku dari Lembah Ziro memiliki festival yang diadakan setiap juli berupa festival agrikultur serta festival musiknya.

Pada masa pandemi seperti ini sebagian dari lemah-lembah itu ada yang ditutup sementara. Tetapi ada juga yang telah dibuka kembali. Lembah-lembah yang cantik ini menunjukan betapa indahnya dan menakjubkannya lembah-lembah di India. Setiap lembah memiliki karakter masing-masing yang menjadikannya unik.

Pemandangan di setiap lembah benar-benar memanjakan mata. Lembah-lembah cantik ini sangat pas untuk orang-orang dengan kegiatan trekking ataupun kegiatan yang menantang lainnya. Dari lembah-lembah di India yang disebutkan di atas ini manakah yang ingin sekali kamu kunjungi? Manakah lembah yang paling memesona buatmu?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram