Little Wings, Kafe Bernuansa Homey yang Instagramable Banget

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 11 April 2020

Kota Bandung memang tidak pernah kehabisan tempat makan yang oke. Selain karena makanan dan minumannya, biasanya orang-orang berdatangan ke Bandung karena ingin foto di tempat makan tersebut, terus di-upload ke Instagram.

Ada satu tempat yang tidak boleh kamu lewatkan kalau sedang mencari kafe yang Instagramable di Bandung, namanya adalah Little Wings Cafe and Library. Kafe ini bernuansa seperti rumah sendiri, tapi mungkin lebih aesthetic daripada rumah biasa.

Kafe ini mengusung tema vintage, mulai dari bentuk bangunan, pemilihan meja dan kursinya, semuanya jadul. Jadi, kalau kamu main ke Little Wings mungkin akan berasa sedang main ke rumah nenek. Lalu, karena kafe ini sekaligus perpustakaan juga, jadinya kamu bisa makan minum cantik sambil baca-baca buku. Untuk koleksi buku di Little Wings cukup banyak dan dari berbagai genre, fiksi dan non-fiksi semuanya ada.

Waktu itu author main ke Little Wings untuk foto-foto. Ternyata kalau mau foto di sana pakai kamera sungguhan (bukan kamera handphone), kita bakal dikenai biaya sebesar Rp 30.000. Tapi, waktu fotonya tidak terbatas, selama kamu nongkrong di Little Wings, kamu bebas foto-foto. Dan, spot foto di Little Wings tuh banyak banget, loh!

Tempat

little wings

Little Wings berlokasi di daerah tinggi, sehingga udaranya sangat sejuk (cenderung agak dingin ketika hujan turun). Ini foto jalan masuk ke Little Wings. Mirip rumah biasa, ya?

little wings

* sumber: www.larasatinesa.com

Di atas ini adalah penampakan depan gedung Little Wings Cafe and Library. Gedungnya tingkat tiga, terus dari pemilihan warna gedungnya sangat eye catchy, jadi kamu tidak akan kesulitan mencari tempat ini.

Little Wings

Lalu, ini adalah penampakan gedung utamanya. Foto ini diambil dari samping. Bagaimana, tempatnya besar dan vintage banget, kan?

little wings

Di samping gedung utama ada semacam dapur mini dan tempat duduk juga. So, selain di dalam, kamu bisa juga duduk-duduk di sini.

little wings

Lalu, di sebelah kiri gedung utama Little Wings ada semacam art gallery. Di gedung bagian ini tersedia meja dan kursi juga, jadi kamu bisa makan dan minum sambil menikmati karya seni yang ada di sana.

little wings

Seperti yang sudah author katakan di atas, kalau Little Wings ini merupakan kafe vintage yang sangat Instagramable banget. Jadi, author sarankan dari awal kamera kamu harus sudah dalam keadaan stand by. Soalnya, dari ujung ke ujung tempat ini bagus banget buat di-snap sama kamera.

little wings

Lalu, karena kafe ini merangkap perpustakaan juga, tentunya kamu akan menemukan rak-rak yang penuh dengan buku! Book worms pasti betah banget berlama-lama di kafe ini.

little wings

* sumber: www.larasatinesa.com

Di atas tadi adalah spot foto di lantai satu. Sebelum naik ke lantai atas, mari kita nikmati tangga menuju lantai 2 yang aesthetic banget ini:

Little Wings

* sumber: www.larasatinesa.com

Sekarang, mari kita naik ke lantai dua. Di lantai yang ke-2 ini tempatnya agak hektik, mungkin karena adanya tangga yang cukup lebar, pilihan meja yang besar, serta adanya dapur-dapuran, sehingga ruangan di lantai 2 terkesan sempit.

little wings

Di lantai dua hanya tersedia kursi kayu saja. Dan di sini cenderung lebih sepi daripada lantai satu. Jadi, lantai dua ini cocok buat kamu-kamu yang mau kerja kelompok atau mau belajar bareng teman tanpa gangguan.

little wings

Nah, ini dia spot foto "dapur-dapuran" Little Wings. Mirip dapur banget, ya? Air kerannya juga hidup, kok (author iseng nyobain, hihi). Dapurnya berkonsep vintage, terus ada jendela yang menghadap ke taman. Dapur idaman banget, deh, pokoknya! BTW, tampilan dapurnya sering berganti-ganti setiap beberapa bulan. So, saat kamu datang ke sana mungkin tampilan dapurnya tidak persis seperti ini.

little wings

* sumber: www.larasatinesa.com

Lalu, naik ke lantai tiga. Di sini tempatnya cenderung "sepi" dari hiasan. Hanya ada kursi-kursi rotan, lampu jadul, meja panjang buat keperluan meeting (plus ada TV juga di depan meja panjangnya), dan meja buat lesehan. Yang unik, di lantai tiga ada semacam single bed.

little wings

Tentunya kamu tidak boleh tidur di sana, kasur itu cuma untuk property saja. Lantai tiga (indoor) ini vibe-nya rumah banget. Kamu bakal merasa sedang main di rumah teman daripada sedang ngafe.

Di lantai tiga ada pintu untuk menuju balkon juga. Author iseng ke sana dan ternyata ada satu meja berpayung seperti yang ada di pantai-pantai. Seru juga nongkrong di luar sambil ditemani angin sepoi-sepoi dan rindangnya pepohonan.

Menu

Karena sewaktu kunjungan tujuan author untuk foto-foto, jadinya author tidak pesan makanan (hehe!). Menu minuman spesial di Little Wings adalah kopi! Little Wings punya menu terpisah khusus untuk kopi, menandakan kalau kopi di sini serius, bukan kopi abal-abal. Ini dia menunya:

Little Wings

Untuk menu kopi di Little Wings terbagi tiga, yaitu Manual Brew, Espresso, dan Origin. Waktu itu author memesan Mandhiling, Affogato, dan Vietnam Drip. Ini dia penampakannya:

little wings

Ini dia wujud dari Kopi Mandhiling! Author pesan kopinya yang dingin, supaya seger di tenggorokkan. Soalnya author datang ke Little Wings-nya pas jam buka (jam 1 siang), jadi lumayan gerah.

little wings

Kalau yang satu ini adalah Affogato! Model affogato di sini es krim dan kopinya langsung disatukan. Sangat disayangkan, karena saat datang ke meja author, es krimnya sudah banyak yang meleleh.

little wings

Lalu, yang terakhir adalah Vietnam Drip. Dari penampilan tidak ada yang spesial, seperti Vietnam Drip di kafe-kafe lain, sangat sederhana. Tapi, rasa kopi di Little Wings oke punya, loh! Tidak abal-abal!

Sepertinya untuk menu makanan di Little Wings termasuk lengkap, karena variannya banyak sekali. Berikut adalah menunya:

little wings

Bagaimana, banyak sekali pilihan menunya, kan? Untuk appetizer, kamu bisa memesan aneka salad dan sup, seperti Mushroom Salad dan Pumpkin Soup. Lalu, buat main course-nya ada Beef Barbeque, Chicken Cordon Blue, aneka pasta, Nasi Iga, Nasi Ayam Goreng, Nasi Goreng, mie instan, hingga Tumpeng!

Buat camilannya, kamu bisa memilih aneka roti, Cireng, Tahu Crispu, Risoles, Samosa, kentang goreng, dan aneka pancake. Mau dessert? Ada, kok. Pilihannya adalah aneka es krim dan Marshmallow Fondue. Mau minum-minum saja tapi tidak mau kopi? Ada aneka teh, milk shake, dan minuman lainnya juga banyak.

Harga

Harga makanan dan minuman di Little Wings author katakan sebagai "standar kafe". Untuk makanan besarnya ada di sekitar 20 - 50 ribuan. Lalu, untuk camilannya ada di 10 - 20 ribuan. Begitu pula untuk minumannya, harganya rata-rata sama dengan kafe kebanyakan, yaitu mulai dari 5 ribu (teh) hingga 27 ribu (aneka espresso). Tapi, buat harga minuman agak lebih murah daripada kafe-kafe sekitar, sih.

Alamat

Little Wings Cafe & Library terletak di Jalan Cigadung Raya Barat No. 2 (daerah Dago Atas). Setiap harinya Little Wings beroperasi dari jam 12 siang - 9 malam (weekdays) dan sampai jam 11 malam kalau weekends. JANGAN datang ke Little Wings pada hari Senin, karena kafenya tutup pada hari itu.

Kalau kamu mau booking kafe ini untuk pesta, kamu bisa telepon terlebih dahulu di nomor 022 - 82522652. Kalau kamu mau foto-foto pra wedding juga bisa, tapi dikenai Rp 500.000. Untuk info selengkapnya, kamu bisa follow Little Wings di Twitter @littlewingsBDG dan Instagram @littlewingsBDG.

Itu dia cerita singkat mengenai pengalaman author Keluyuran main ke Little Wings. Kamu pernah ke sana juga? Menu apa yang recommended menurut kamu?

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram