10 Tempat Menarik yang Jadi Lokasi Drama Record of Youth

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 23 Maret 2021

Drama Record of Youth merupakan drama terbaru dari Park Bo-gum sebelum dia pamit untuk melaksanakan wajib militer. Selain Bo-gum, ada juga Park So-dam, Kwon Soo-hyun dan Byeon Woo-seok. Record of Youth menceritakan kehidupan anak muda yang berjuang untuk meraih mimpi mereka. Tokoh utama Sa Hae-joon berjuang untuk mewujudkan impiannya menjadi seorang aktor.

Drama Record of Youth mengambil beragam lokasi dari mulai tempat suci hingga perpustakaan yang terkenal yang berada di COEX Mall. Tentunya tempat-tempat ini akan menjadi objek wisata yang banyak dikunjungi para penggemar drama Korea. Dimana saja lokasi syutingnya? Cek di artikel berikut ini ya!

1. Namsamgol Hanok Village

Namsamgol Hanok Village

* sumber: tiptoeingworld.com

  • Alamat: 28 Toegye-ro 34-gil, Jung-gu, Seoul 
  • Jam operasional: Senin tutup, Selasa – Minggu pukul 09.00 - 18.00
  • Telepon: +82 2-2261-0517
  • HTM: Gratis

Dalam episode terakhir 16 Record of Youth diceritakan Sa Hye-Jun (Park Bo-gum) sedang syuting drama romantis berjudul "Love Comes With the Rain". Lokasi dramanya sesudah keluar dari militer tersebut berada di Namsangol Hanok village. 

Namsangol Hanok Village yang mulai beroperasi pada  tahun 1998 ini berada di Namsan, Seoul. Tempat yang populer sebagai lokasi untuk pengambilan foto pernikahan ini memiliki lima hanok kelas atas yang telah dipugar dari era Joseon, serta taman tradisional dengan paviliun. 

Pada tahun 1994 untuk memperingati ulang tahun ke-600 Seoul sebuah kapsul waktu berisi barang-barang sehari-hari dikuburkan di sini. Kapsul tersebut akan dibuka pada tahun 2394, pada peringatan 1000 tahun kota tersebut.

2. Rosary Hill

Rosary Hill

  • Alamat: 1704 Namyang-dong, Hwaseong-si, Gyeonggi-do
  • Telepon: +82 31-356-5880

Di ceritakan di episode 8 Ahn Jeong-ha (Park So-dam) dan Sa Hye-joon (Park Bo-gum) datang ke Rosary Hill ketika menguji coba mobil. Hujan mulai turun dan mereka terlihat menari di tempat penampungan luar ruangan di tempat ini.

Dulu disebut dengan Jeoldusan Martyrs’ Shrine termasuk Yongdubong dan Jamdubong, tapi pada tahun 2000 diganti namanya. Jeoldusan Martyrs’ Shrine merupakan situs Penganiayaan Byeonin tahun 1866, tempat banyak umat Katolik Roma dibunuh secara brutal. 

Situs ini dibangun sebagai peringatan 100 tahun Penganiayaan Byeonin dan untuk mengingat semangat kemartiran di Jeoldusan. Paus Yohanes Paulus mengunjungi situs itu pada 1984 dan Bunda Teresa berkunjung pada 1985.

3. Mayfield Hotel Seoul

Mayfield Hotel Seoul

* sumber: www.timeout.com

  • Alamat: 94 Banghwa-daero, Oebalsan-dong, Gangseo-gu, Seoul, Korea Selatan
  • Telepon: +82 2-2660-9000

Pada episode 12 Sa Hye-joon melakukan wawancara di hotel ini untuk mempromosikan film terbarunya 'The First Human' untuk acara Memory Talk Talk. Mayfield Hotel Seoul merupakan hotel bintang 5 bergaya Eropa yang dibuka pada tahun 2003.

Di situs web-nya dituliskan bahwa hotel tersebut dibangun di atas area hijau yang telah diolah selama 40 tahun dengan kecintaan pada alam. Hotel ini, selain menawarkan kamar dan suite reguler bergaya barat, juga menawarkan kamar ondol tradisional bergaya Korea. 

Hotel ini juga mempunyai 8 restoran, kafe dan bar, yang menghidangkan berbagai masakan mulai dari Korea, Cina, juga Italia. Lokasi hotel ini ada di lingkungan Seoul Balsan di distrik Gangseo.

4. Subway, Cabang Jongno

Subway, Cabang Jongno

  • Alamat: 155 Songwol-gil, Jongno-gu, Seoul 
  • Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00-10.00
  • Telepon: +82 2-730-8255

Di restoran Subway cabang Jongno ini  Hye-joon bekerja paruh waktu. Adegannya muncul di episode 1 dan episode 6. Hye-joon sangat populer di kalangan pelanggan dan kebanyakan pelanggan perempuan datang ke sini untuk meminta dirinya untuk membuatkan makan siang bagi mereka.

Subway di cabang Independent Gate Jongno merupakan waralaba restoran Amerika Serikat yang didirikan pada tahun 1965 oleh Fred DeLuca dan Peter Buck. Pada awal 1990-an waralaba ini memasuki pasar Korea Selatan. 

5. Dokseodang Children’s Park

Dokseodang Children’s Park

* sumber: m.blog.naver.com

  • Alamat: 1-32 UN Village-gil, Hannam-dong, Yongsan-gu, Seoul

Pada episode 1 diceritakan sesudah jogging malam, Sa Hye-joon (Park Bo-gum), Kim Jin-woo (Kwon Soo-hyun) dan Won Hae-hyo (Byeon Woo-seok) nongkrong di taman ini. Dokseodang Children’s Park merupakan taman bermain di dalam UN Village terletak di sepanjang UN Village-gil.

Lokasi taman ini ada di lingkungan Seoul, Hannam, di Distrik Yongsan. Ini adalah distrik perumahan mewah di Seoul. Dan ngomong-ngomong, seperti yang diketahui, Baekhyun (EXO) bernyanyi tentang distrik ini dalam lagunya "UN Village".

6. Starfield Library COEX Mall

Starfield Library COEX Mall

* sumber: www.architonic.com

  • Alamat: 955-9 Daechi-dong, Gangnam-gu, Seoul
  • Jam operasional: Setiap hari pukul 10.00 – 22.00
  • Telepon: +82 2-6002-3031

Pada episode 3 Sa Hye-joon dan An Jeong-ha bertemu di Starfield Library dan Hye-joon menceritakan bahwa ini adalah salah satu tempat yang dia kunjungi saat dia merasa sedih. Berlokasi di tengah COEX Mall, Perpustakaan Starfield merupakan ruang publik terbuka

Siapapun bisa dengan bebas datang untuk duduk, istirahat, dan menenggelamkan diri dalam buku bersama dengan bibliofil lainnya.  Beragam pilihan buku dengan berbagai genre seperti humaniora, ekonomi, hobi, dan lain-lain tersedia di sini. 

Perpustakaan ini didedikasikan untuk buku-buku berbahasa asing dan penulis terkenal. iPad bisa digunakan untuk membaca e-book. Kurang lebih 600 majalah, dalam dan luar negeri, tersedia untuk dijelajahi. Kualitas inilah yang membedakan Starfield Library dari perpustakaan biasa lainnya.

7. Herbal Village

Herbal Village

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=8YaSdxsJMbk

  • Alamat: 222 Buksam-ri, Wangjing-myeon, Yeoncheon-gun, Gyeonggi-do
  • Jam operasional: Setiap hari musim panas (April-November) 09.00 - 22.00 dan musim dingin (Desember-Maret) 09.00 – 20.00
  • Telepon: +82 31-833-5100
  • HTM: Dewasa (siswa sekolah menengah atau orang tua) 7.000 won, Anak-anak (usia 3 sampai siswa sekolah dasar) 4.000 won

Dalam episode 12 kebun yang dipenuhi tanaman lavender ini muncul sebagai lokasi syuting Record of Youth. Diceritakan Sa Hye-jun melakukan syuting drama di Herb Village. Pacarnya, Jeong-ha, tiba di lokasi bersama sahabatnya Hye-hyo yang berperan sebagai aktor pendukung.

Herbal Village Yeoncheon merupakan sebuah objek wisata yang menawarkan pemandangan Sungai Imjingang yang menakjubkan. Wisatawan bisa berjalan-jalan santai menuruni bukit saat menuju sungai dan mencium aroma rempah segar di sepanjang jalan. 

Lahan lavendernya yang luas paling baik dilihat di tengah musim semi dan musim panas selama Festival Lavender tahunan. Pengunjung bisa berjalan di antara ladang ini dan mengambil foto indah di tengah lautan lavender yang cantik. 

8. Hyosung Village

Hyosung Village

  • Alamat: Hannam-dong, Yongsan-gu, Seoul

Di episode 1 Sa Hye-joon menipu temannya Kim Jin-woo untuk jogging malam dan mereka bergabung dengan Won Hae-hyo saat melewati gedung yang tinggal di lingkungan ini. Hyosung village merupakan sebuah apartemen di lingkungan Hannam-Dong di Seoul. 

Hyosung Village berbeda dari tempat lain di UN Village karena bangunan ini baru selesai Agustus tahun 2000. Meskipun unit apartemen ini kecil tapi memiliki pengamanan dan keamanan yang baik. Gedung 6 lantai ini hanya dihuni oleh 26 keluarga saja. 

9. Art Platz – Tingklu

Art Platz – Tingklu

* sumber: herlittleguiltypleasures.blogspot.com

  • Alamat: 257-5 Yeonnam-dong, Mapo-gu, Seoul
  • Jam operasional: Setiap hari pukul 12.00 – 21.00
  • Telepon: +82 10-3928-5564

Di episode 5 Sa Hye-jun dan An Jeong-ha melewati toko yang bernama Tingklu ketika dia mengantarnya pulang pada malam hari. Ketika berada di daerah ini tiba-tiba mulai hujan dan Sa Hye-jun mengaku bahwa dia menyukai Ah Jeong-ha.

Secara harfiah Art Platz diterjemahkan menjadi 'Tempat untuk seni' dan Bengkel Pembuatan Gelang. Kedua toko ini terletak bersebelahan di Seongmisan-ro 26-gil. Kedua bagian depan toko dicat dengan warna pelangi sehingga keduanya terdaftar bersama di sini. Keduanya sering terlihat di drama Korea.

10. Baegot Haneul Park

Baegot Haneul Park

  • Alamat:106, Baegot 2-ro Jeongwang-3-dong, Siheung, Gyeonggi-do 15011 
  • Jam Operasional: Sel, Rab, Kam, Sab, Sun (per 2019) 10.00 – 17.00, tutup hari Senin, Jumat

Di taman ini Ahn Jeong-ha dan Sa Hye-joon melakukan kencan malam di episode 6 dan 7. Oh iya, di sini mereka melakukan ciuman pertama mereka di piano yang ada taman ini. Pada episode 7, Hye-joon mengetahui bahwa perannya ditolak, kakeknya di rumah sakit dan ayah menamparnya. 

Baegot Hanul Park dibuka pada tahun 2018 sesudah 6 tahun direncanakan. Taman ramah lingkungan dengan jalan setapak dihiasi alang-alang, kolam air laut, dan tempat berkemah luar ruangan. Baegot Hanul Park mendapatkan penghargaan Korea Land Research Institute

Itulah deretan tempat-tempat yang menjadi lokasi syuting drama Record of Youth yang dibintangi oleh Park Bo-gum sebelum dia pergi wajib militer. Seperti yang dijelaskan di artikel ini, tempat yang menjadi lokasi syuting ini beragam, dari mulai taman sampai hotel. 

Kesuksesan drama Korea bisa memberikan dampak positif untuk pariwisatanya karena pasti para penggemar drama tersebut akan datang berkunjung. Apakah kamu penggemar drama Record of Youth? Tertarikkah kamu untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram