13 Lokasi Syuting Drama Korea It’s Okay to Not Be Okay

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 18 Januari 2021

Salah satu drama Korea terbaik yang banyak digemari adalah It's Okay to Not Be Okay. Meski sudah selesai beberapa bulan yang lalu, para penggemar drakor masih tetap membahas drama ini, salah satunya adalah lokasi syutingnya. Di mana sih tempatnya? Inilah daftar lokasi syuting It’s Okay to Not Be Okay yang dibintangi oleh Kim Soo-hyun dan Seo Ye-ji.  

1. Rumah Moon Nam Ju-ri dan Gang-tae 

Rumah Moon Nam Ju-ri dan Gang-tae 

* sumber: koreandramaland.com

  • Alamat: 14 Deungdae-gil, Geojin-ri, Geojin-eup, Goseong-gun, Gangwon-do, Korea Selatan 

Rumah pribadi ini berada di desa Geojin di Geojin-eup di daerah Goseong. Geojin merupakan kota nelayan di Laut Timur, 28km utara Sokcho. Teras atap rumah ini sering tampil dalam banyak episode yang memperlihatkan adegan makan dan minum dalam It’s Okay to Not Be Okay.

Dari atap rumah tampak pemandangan langsung ke Pelabuhan Geojin hingga Pantai Geojin. Lokasi film lain yang berdekatan adalah Pantai Geojin dan rumah ayah Gang-soo, keduanya merupakan lokasi dari Strongest Deliveryman. 

2. Wolmido Culture Street

Wolmido Culture Street

* sumber: berrypetite.blogspot.com

  • Alamat: 47 Wolmimunhwa-ro, Jung-gu, Incheon, South Korea

Tempat ini muncul dalam episode 11 It’s Okay to Not Be Okay saat Moon-young (Seo Ye-ji) mengaku pada Moon Sang-tae (Oh Jung-se) bahwa dia menginginkan seorang kakak laki-laki. Jalan yang didirikan pada tahun 1987 ini merupakan jalan setapak di Wolmimunhwa-ro tepat di sebelah laut.

Titik ujung jalan ini adalah Wolmido Lighthouse. Jalan ini berbatasan juga di beberapa bagian Wolmi Theme Park. Karena dekat dengan Seoul, tempat ini merupakan tujuan akhir pekan yang populer. Nama Wolmido konon diambil dari bentuknya yang menyerupai ekor bulan sabit. 

Sebelum menjadi tujuan akhir pekan yang populer, Wolmido merupakan kawasan militer setelah menjadi benteng Operasi Pendaratan Incheon selama Perang Korea tahun 1950. Pada tahun 2019, Pulau Wolmido dipilih sebagai salah satu dari '100 Tempat yang Harus Dikunjungi di Korea' untuk 2019-2020. 

3. Incheon Art Platform

Incheon Art Platform

* sumber: koreandramaland.com

  • Alamat: 3 Jemullyang-ro 218beon-gil, Jung-gu, Incheon, Korea Selatan
  • Jam buka: 24 jam
  • Telepon: +82 32-760-1000

Lokasi syuting It’s Okay to Not Be Okay ini muncul di episode 11. Incheon Art Platform (IAP), sebelumnya bernama Jung-gu Arts and Cultural Center, terdiri dari 13 bangunan bata merah dari tahun 1930-an dan 1940-an yang berisi antara lain studio, ruang pameran dan pertunjukan, serta perpustakaan. 

Bangunan ini dibuat dan dikembangkan oleh Kota Metropolitan Incheon. Lokasinya terletak di lingkungan Incheon Sinpo-dong, di Distrik Jung. Halte bus 'Jung-gu Office' menggunakan nomor 35159 dan melayani bus 15,28 dan 307 dan terletak tepat di depan Incheon Art Platform. 

4. Hangang Bridge

Hangang Bridge

* sumber: www.yayimages.com

  • Alamat: Di sekitar Ichon-dong Seoul di Distrik Yongsan

Dalam episode 1 dari It's Okay to Not Be Okay teman baik Moon Gang-tae (Kim Soo-hyun), Jo Jae-soo (Kang Ki-doong) memberinya tumpangan pulang naik sepeda motornya. Sayangnya, di Jembatan Hangang motornya rusak dan kedua pria itu harus mendorongnya sampai pulang.

Dalam perjalanan pulang, mereka melewati papan iklan yang mengiklankan drama mereka sendiri. Jembatan Hangang merupakan jembatan pertama yang dibangun untuk menyeberangi Sungai Hangang. Selesai pada tahun 1917, pada bulan Oktober 2017 merayakan ulang tahunnya yang ke 100. 

5. IK Light House

IK Light House

* sumber: m.blog.naver.com

  • Alamat: 8-1 Chamoejeon-ro 174beon-gil, Dongincheon-dong, Jung-gu, Incheon
  • Jam buka: 11.30 – 21.30, Senin tutup 
  • Telepon: +82 32-765-1962

Di kafe inilah Moon-Young yang seorang penulis buku anak-anak didekati oleh pasangan ibu-anak yang ingin meminta tanda tangan ketika dia makan sendirian di sini. Kamu bisa menyaksikannya di episode 1 It's Okay to Not Be Okay

IK Light House, yang jadi lokasi syuting drama Korea terbaru Kim Soo Hyun seusai dia wamil, dibuka pada November 2018. Tempat ini merupakan sebuah kafe dan ruang pamer yang dibuat oleh perusahaan bola lampu Ilkwang Lightings. 

IK Lighthouse didesain untuk memungkinkan pelanggan bisa merasakan pengalaman menggunakan merek serta produk-produknya melalui fitur-fitur seperti mesin pembuat bola yang aktif, lampu gantung besar, dan bola cermin yang menerangi ruang. 

Untuk kerja kerasnya merenovasi gedung obstetri berusia 60 tahun menjadi kafe ini, Ilkwang Lightings berhasil mendapatkan Good Design Award 2019 untuk kategori 'Construction/space design for commercial use'.

6. Sogeumsan Suspension Bridge

Sogeumsan Suspension Bridge

* sumber: peakd.com

  • Alamat: 12 Sogeumsan-gil, Jijeong-myeon, Kota Wonju, Provinsi Gangwon

Moon Kang-tae nampak membawa Moon-young ke jembatan gantung ini dalam drama di episode 9. Jembatan Gantung Sogeumsan dibuka pada 11 Januari 2018 dan dikenal juga dengan nama 'Jembatan Goyang Wonju' atau 'Jembatan Goyang Ganhyeon'.

Jembatan ini adalah jembatan pejalan kaki terbesar dan terpanjang di Korea Selatan. Panjangnya hingga 200 meter dan tingginya 100 meter di atas tanah. Jembatan ini berada di desa Ganhyeon, Jijeong Wonju. 

7. Forest of Wisdom

Forest of Wisdom

  • Alamat: 145 Hoedong-gil, Paju-si, Gyeonggi-do
  • Jam buka: 09.00 – 20.00 setiap hari
  • Telepon: +82 31-955-0082

Lokasi syuting It's Okay Not to Be Okay yang jadi tempat peluncuran buku Moon-young ini adalah perpustakaan yang terkenal yang memiliki rak buku mulai dari lantai sampai ke langit-langit. Perpustakaan ini berada di kawasan Paju di Munbal-dong, bagian dari wilayah administratifnya Gyoha. 

Letaknya tepat di seberang Hesse Boulangerie 152 serta Bookcafe Noon. Perpustakaan ini juga ada di dalam What's Wrong with Secretary Kim. Dalam drama WWWSK perpustakaan ini adalah bagian dari pusat seni yang dibuat oleh perusahaan milik Lee Young-joon (Park Seo-joon). 

8. Triple Street Shopping Mall

Triple Street Shopping Mall

* sumber: masonkorea.gmu.edu

  • Alamat: 33-1 Songdogwahak-ro 16-beon-gil, Songdo-dong, Yeonsu-gu, Incheon

Lokasi syuting It's Okay to Not Be Okay ini muncul di episode 2. Triple Street Shopping Mall dibuka pada 2017 saat musim semi. Tempat ini adalah sebuah jalan perbelanjaan dengan 3 konsep dan atraksi atau fasilitas diantaranya plaza hiburan, halaman rumput, lapangan olahraga, dan sebuah observatorium.

Diceritakan Sang-tae (Oh Jung Se) menikmati momen ketika dia dalam perjalanan ke acara tanda penggemar buku Mun-yeong.  Jalan ini diberi tag sebagai "jalan setapak terindah di Korea”. Letak jalan ini menghadap ke Songdo Skyline. 

9. Juncheon Seopdali Bridge

Juncheon Seopdali Bridge

  • Alamat: 2141 Songhakjucheon-ro, Panun-ri, Jucheon-myeon, Yeongwol-gun, Gangwon-do

Jembatan yang menjadi lokasi syuting It's Okay to Not Be Okay muncul di episode 2. Lokasi syuting ini merupakan jembatan kayu yang terletak di seberang Sungai Jucheon di sebuah desa bernama Panun. Desa ini termasuk ke dalam wilayah kota Jucheon, di Yeongwol. 

Jembatan ini dibuat dari batang kayu, daun pinus serta tanah. Tiap tahun di awal musim dingin, jembatan ini dibangun kembali dan hanya digunakan sampai musim hujan saat musim panas mulai. 

10. Gaehangro Chicken Restaurant

Gaehangro Chicken Restaurant

* sumber: www.incheonilbo.com

  • Alamat: 94-5 Gyeong-dong, Jung-gu, Incheon
  • Jam buka: Selasa – Minggu 18.00 – 24.00, Senin tutup
  • Telepon: 032-772-9292

Tempat lain yang jadi lokasi syuting It's Okay Not to Be Okay yaitu Gaehangro Chicken Restaurant. Di dunia nyatanya, restoran ini merupakan sebuah restoran yang terkenal karena olahan ayam yang jadi andalan mereka. 

Dalam drama ini restoran tersebut tetap menjadi sebuah restoran yang menjual ayam, tapi namanya diganti jadi Jaesoo Chicken Restaurant. Restoran ayam ini diceritakan dimiliki oleh teman Gang-tae, Jae-soo.

11. Harimgak Chinese Restaurant

Harimgak Chinese Restaurant

* sumber: m.blog.naver.com

  • Alamat: 1142-2 Jucheon-ri, Jucheon-myeon, Yeongwol-gun, Gangwon-do, Korea Selatan
  • Jam: 10.00 – 20.30 setiap hari
  • Telepon: +82 33-372-0466

Di episode 8 diperlihatkan adegan Ketika Gang Tae dan Sang Tae pergi makan champong, mie Cina di restoran ini. Sang Tae suka sekali makan di tempat ini. Dia selalu jadi teringat akan ibunya. Selain kakaknya, Gang Tae juga mengajak Moon Young ke sini. 

Restoran yang jadi tempat makan mereka bertiga ini bernama Harimgak Chinese Restaurant. Lokasi syuting It’s Okay to Not Be Okay ini berada di Provinsi Gangwon. 

12. Sanida

Sanida

Sumber: https://twitter.com/8l7l5l2l000/status/1278847444814446592

  • Alamat: 109-128 Chilbong-ro, Hojeo-myeon, Wonju-si, Gangwon-do, Korea Selatan
  • Jam buka: 10.00 – 22.00 setiap hari
  • Telepon: +82 70-7776-4422

Ingat kastil terkutuk yang terlihat begitu menyeramkan? Ya, kastil yang diceritakan sebagai tempat tinggal Moon-young ini sebenarnya bukan tempat terkutuk sama sekali. Lokasi syuting It’s Okay to Not Be Okay ini ternyata adalah sebuah kafe.

Nama kafe ini adalah Sanida. Tempat ini merupakan sebuah kafe kuno yang terletak di atas gunung dengan atap yang memanjakan para tamu dengan pemandangan pegunungan sekitarnya yang subur. Semua yang mengerikan di rumah itu adalah hasil dari CGI. 

13. Secret Blue  

Secret Blue  

Sumber: https://twitter.com/kdramasnail/status/1279382846247800832

Mungkin penonton drama It’s Okay to Not Be Okay berpikir bahwa rumah sakit OK Psychiatric Hospital memang sebuah rumah sakit. Lokasi syuting drama ini nampak begitu cantik dengan interiornya yang klasik, taman yang terawat dengan baik, serta pemandangan pantai yang menawan.

Ternyata tempat ini bukanlah sebuah rumah sakit melainkan sebuah kafe. Untuk drama ini, kafe pun disulap menjadi sebuah rumah sakit. Kafe yang menghadap ke laut ini merupakan tempat yang cukup asyik untuk menikmati kue dengan secangkir kopi atau teh.

Ternyata beberapa tempat yang menjadi lokasi syuting It’s Okay to Not Be Okay ini ada yang disulap untuk kepentingan pengambilan gambar, seperti kafe Secret Blue dan Sanida. Kesuksesan drama ini membuat beberapa penggemar drama It’s Okay to Not Be Okay rela mencari-cari tempat tersebut. Hebat, ya?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram