10 Lokasi Syuting Drama Reply 1988 dari Sekolah Hingga Bioskop

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 23 Maret 2021

Meskipun drama ini telah lama usai, Reply 1988 tetap banyak dibicarakan dan masih ditonton oleh para penyuka drama Korea. Reply 1988 merupakan drama yang dibintangi oleh Park Bo-gum, Ryu Joon-yeol, Hyeri, Go Kyung-pyo and Lee Dong-hwi. Drama ini bercerita tentang kehidupan 5 sekawan yang tinggal di daerah Ssamundong. 

Reply 1988 sukses meraih rating tertinggi.  Oh iya, Reply 1988 mengambil lokasi syuting di beberapa tempat, selain di Seoul ada juga di Incheon. Nah, kalau kamu penasaran dengan lokasi syuting drama Reply 1988, cek nama-nama tempatnya di artikel berikut ini yuk!

1. England Tonkatsu

England Tonkatsu

* sumber: m.blog.naver.com

  • Alamat: 2F, 7 Uhyeon-ro 90-beongil, Jung-gu, Incheon
  • Jam operasional: Setiap hari, 11.30 - 21.00
  • Telepon: +82 32-772-7266

Diceritakan di episode 4, keluarga Jung-hwan (Ryu Joon-yeol) pergi ke restoran ini untuk merayakan ulang tahun ibunya. Ayahnya tampak bersemangat sekali mengajak keluarganya untuk merayakan ulang tahun istrinya tersebut tapi Jung-hwan dan kakaknya, Jung-bong tampak biasa-biasa saja.

England Tonkatsu atau England King Pork Cutlet didirikan tahun 1981. Restoran ini merupakan restoran bergaya barat yang terkenal dengan 'king tonkatsu', yaitu potongan daging babi yang dilapisi tepung roti. Restoran masih mempertahankan interior retro dan estetikanya.

2. Yalgaki Tteokbokki

Yalgaki Tteokbokki

* sumber: m.blog.naver.com

  • Alamat: 22-2 Eupseongmaeul 4-gil, Haemi-myeon, Seosan-si, Chungcheongnam-do, Korea Selatan
  • Jam operasional: Setiap hari, 11.00–18.00
  • Telepon: +82 41-688-8327

Inilah tempat favorit Deok-sun (Hyeri), Mi-ok (Lee Min-ji) dan Wang Ja-hyun (Lee Se-young) untuk makan. Mereka terlihat di kedai ini di episode 3. Dalam drama tersebut  kedai ini bernama Tteokbokki Brasil. Grup Deok-sun bertemu dengan Sun-woo (Go Kyung-pyo) dan teman-temannya di sini.

Di tempat inilah Deok-sun diberi tahu temannya jika Sun-woo suka padanya meskipun ternyata dia menyukai kakaknya. Yalgaki Tteokbokki merupakan sebuah kedai yang terletak di Desa Eupnae, bagian dari kota Seosan. Jaraknya sekitar 2,5 jam dari Selatan Seoul dengan kendaraan umum.

3. Bioskop Dongducheon Munhwa

Bioskop Dongducheon Munhwa

  • Alamat: 616 Jungang-dong, Dongducheon-si, Gyeonggi-do, Korea Selatan
  • Telepon: +82 31-863-3000

Pada episode 2 diceritakan Jung-hwan (Ryu Joon-yeol), Sun-woo (Go Kyung-pyo) and Dong-ryong (Lee Dong-hwi) hendak menonton film dewasa setelah pulang sekolah di bioskop yang dalam drama disebut “Samyang Theater”. Namun mereka terpaksa berbalik arah karena ada polisi yang berpatroli.

Bioskop Dongducheon Munhwa merupakan bioskop fungsional dengan 2 ruang bioskop dengan 291 kursi. Kemungkinan bioskop ini dibangun pada tahun 70-an atau 80-an. Lokasinya berada di lingkungan Dongducheon Jungang.

Menurut sebuah artikel yang ditulis oleh Yayasan Budaya GyeongGi, bioskop ini melanjutkan gaya old-school-nya, seperti pemilihan kursi 'siapa cepat dia dapat' dan popcorn buatan sendiri. Konon, tiket pemutaran film di bioskop juga bisa dibeli secara online.

4. Green Hill Training Center

Green Hill Training Center

* sumber: twitter.com

  • Alamat: 69 Pulmugol-ro 110beon-gil, Dongtan-myeon, Hwaseong-si, Gyeonggi-do, Korea Selatan
  • Telepon: +82 31-375-5785

Deok-sun yang kakinya terbungkus perban merasa kesal karena dia tak bisa berakhir pekan. Kemudian Dong-ryong mampir untuk memastikan dia tidak apa-apa. Dong-ryong mengatakan dia akan pergi bermain sepak bola dengan anak-anak lain. Deok-sun meminta Dong-ryong untuk menggendongnya. 

Di episode 17 itu diceritakan Dong-ryong, Jung-hwan, Taek, dan Sun-woo bermain sepak bola. Lokasinya berada di Green Hill Training Center. Tempat ini didirikan oleh Korean Social Service Society pada tahun 1988 dan digunakan untuk beberapa kegiatan dan juga program pelatihan perusahaan.

5. Restoran Daechang Banjeom 

Restoran Daechang Banjeom 

  • Alamat: 29-4 Seollin-dong, Jung-gu, Incheon, Korea Selatan
  • Jam operasional: Setiap hari, 11.00 - 21.00
  • Telepon: +82 32-772-0937

Duk Seon pernah diceritakan menemani Choi Taek (Park Bo-gum) ketika dia mengikuti pertandingan baduk di Cina di episode 9. Karena tahu Taek susah makan, Duk Seon berinisiatif untuk membelikan makanan yang Taek sukai. Dia rela mengantri di depan sebuah restoran terkenal selama 1 jam.

Restoran terkenal itu berada Guangzhou. Ternyata episode itu diambil di daerah Chinatown yang berada di kota Incheon. Nama restoran tersebut yaitu Daechang Banjeom dan restoran itu merupakan sebuah restoran Cina yang menjual Hayan Jjamppong, Gochu Uni Jajang, dan Jeongabok.

6. Hyehwa Kalguksu

Hyehwa Kalguksu

  • Alamat: 13 Changgyeonggung-ro 35-gil, Hyehwa-dong, Jongno-gu, Seoul, Korea Selatan
  • Jam operasional: Setiap hari 11.00 – 22.00
  • Telepon: 02-743-8212

Setelah pergi ke sekolah Deok-sun untuk pertemuan orang tua-guru di episode 4, Sung Dong-il dan Lee Il-hwa berhenti di sini untuk makan malam. Tempat yang mereka singgahi tersebut adalah sebuah restoran yang menjual mie kalguksu.

Nama restoran yang jadi tempat syuting Reply 1988 itu adalah Hyehwa Kalguksu. Ini merupakan restoran mie kalguksu tradisional Korea yang didirikan pada 1980-an. Berlokasi di jalan yang sama dengan House In Mind, JCC Art Center, dan JCC Creative Center.

7. Shinmyung Girls’ High School

Shinmyung Girls’ High School

* sumber: koreandramaland.com

  • Alamat: 42 Yongcheon-ro 205beon-gil, Ganseok 3 (sam) -dong, Namdong-gu, Incheon
  • Telepon: +82 32-422-0330

Diceritakan kalau Deok-sun dan teman-temannya yang laki-laki bersekolah di tempat yang berbeda. Nama sekolah Deok-sun adalah Ssangmun Girls ’High School. Namun nama asli sekolah itu berbeda dari yang disebutkan di dalam drama.

Sekolah Deok-sun itu aslinya bernama Shinmyung Girls’ High School, yaitu sekolah khusus untuk perempuan yang berada di lingkungan Ganseok di Incheon di distrik Namdong. Di Korea Selatan merupakan hal yang umum sekolah laki-laki dan perempuan dibedakan.

8. Bioskop Donggwang 

Bioskop Donggwang 

  • Alamat: 828 Jungang-dong, Dongducheon-si, Gyeonggi-do, Korea Selatan
  • Telepon: +82 31-867-3030

Dalam drama Reply 1988 episode 18 diceritakan Dong-ryong dan Jung-hwan pergi menonton di bioskop ini tanpa ditemani Sun-woo yang tiba-tiba membatalkan ikut. Di tempat ini Jung-hwan dan Dong-ryong melihat pria yang akan berkencan dengan Deok-sun datang bersama perempuan lain.

Bioskop Donggwang adalah bioskop yang jadi lokasi syuting Reply 1988 itu. Bioskop ini memiliki sejarah yang berumur lebih dari 60 tahun dan dianggap sebagai yang tertua di seluruh Korea Selatan. Lokasinya berada di daerah Dongducheon, Saengyeon.

Di sekitar tahun 60-an dan 70-an, upacara kelulusan sekolah diadakan di bioskop yang mempunyai 1 gedung dengan 283 kursi ini. Selain beberapa renovasi yang dilakukan pada beberapa kesempatan sejak 1986. 

Namun bioskop ini sebagian besar mempertahankan atmosfer nostalgia 70-an/80-an. Dalam sentuhan modernitas, tiket untuk pemutaran film di sini bisa dibeli secara online.

9. Uijeongbu Arts Center

Uijeongbu Arts Center

  • Alamat: 1 Uijeong-ro, Uijeongbu 2-dong, Uijeongbu, Gyeonggi-do
  • Telepon: +82 31-828-5841

Masih inget salah satu adegan yang memperlihatkan ambyarnya hati Jung-hwan ketika telat menemui Deok-sun? Jung-hwan berhasil disalip oleh Taek yang datang beberapa detik lebih awal dari dirinya. Adegan ini ada di episode 18 dan tempatnya di sebuah pusat seni bernama Uijeongbu Arts Center.

Uijeongbu Arts Center merupakan tempat seni serbaguna dengan teater dan ruang pameran. Pusat seni ini berada di Uijeongbu, jaraknya sekitar satu jam perjalanan dari Seoul.

10. Yeorumul-ro 126beon-gil

Yeorumul-ro 126beon-gil

* sumber: m.blog.naver.com

  • Alamat: 62 Yeorumul-ro 126beon-gil, Bupyeong-gu, Incheon

Di desa mural ini, sebuah adegan dari Reply 1988 difilmkan di jalan ini. Dalam episode 2, Deok-sun terlihat berlari di jalan ini dalam perjalanan pulang dari sekolah. Dia terburu-buru agar dia bisa mengembalikan jaket denim yang dia pinjam dari kakak, Bo-ra (Ryu Hye-young).

Yeorumul-ro 126beon-gil berada di Desa Mural Yeorulmul yang berlokasi di daerah Incheon, Sipjeong, di Distrik Bupyeong. Tak jauh dari situ ada Restaurant Hope Meal.

Lokasi syuting drama Reply 1988 banyak dikunjungi oleh para penggemar drama ini karena saking sukanya mereka dengan drama tersebut. Beberapa tempat ini merupakan bangunan yang benar-benar lama. Tempatnya bermacam-macam, dari sekolah hingga bioskop yang bersejarah.

Kalau kamu juga penggemar drama Reply 1988, tentunya kamu juga tertarik untuk singgah di tempat-tempat yang disebutkan di atas tadi. Rasakan pengalaman menghidupkan kembali adegan dalam drama yang dibintangi oleh Park Bo-gum dan kawan-kawan.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram