Loko Coffee, Tempat Ngopi sambil Nunggu Kereta Api

Ditulis oleh - Diperbaharui 27 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kalau kamu sering bepergian di pulau Jawa pake transportasi kereta api, kamu pasti udah nggak asing lagi sama tempat ngopi satu ini. Loko Coffee Shop atau yang hangat disapa Loko Cafe konon dibuat untuk meningkatkan kenyamanan para calon penumpang kereta api.

Benar, cafe ini masih berada di bawah naungan PT Reksa Multi Usaha yang mana merupakan anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia.

Loko Cafe merupakan salah satu bukti bahwa PT Kereta Api Indonesia sangat serius ingin membuat calon penumpangnya merasa nyaman bahkan ketika menunggu kedatangan kereta api yang seringnya membuat kita kesal. Benar, kan?

Selain ditujukkan untuk para calon penumpang kereta api yang sedang menunggu jadwal keberangkatan, cafe ini juga bisa kok dijadikan pilihan tempat bagi kamu yang mau sekedar nongkrong bareng teman, ataupun nge-date sama si dia. Ingin tahu ada apa aja di tempat ngopi satu ini? Simak terus ulasan berikut!

Menu

Walau nama resminya “coffee shop” tempat ngopi ini nggak cuma menyajikan kopi saja, lho. Ada juga makanan berat, light meals, dan tentu saja minuman non-coffee seperti speciality tea dan mojito. Kisaran menu yang ditawarkan juga beragam dan masih relatif terjangkau.

review loko coffee shop_menu 2 (Copy)

review loko coffee shop_menu (Copy)

review loko coffee shop_menu 3 (Copy)

Nah, menu-menu yang kami pesan di Loko Cafe ini disebut-sebut sebagai menu paling recommended. Dari line makanan berat, kami direkomendasikan untuk mencoba Nasi Goreng Cumi Asap, Bebek Mayor dan Mi Godog Jogja. Ketiganya punya cita rasa yang gurih dan nikmat, apalagi Bebek Mayor yang dagingnya empuk banget.

review loko coffee shop_makanan (Copy)

Kami juga tidak ketinggalan mencicipi light meals alias makanan ringan. Light meals ini sangat cocok untuk menemani kamu yang nongkrong bareng teman-teman karena bisa dimakan bareng-bareng.

Menu yang kami coba dari line light meals adalah Singkong Goreng Keju yang merupakan singkong goreng dengan taburan keju dan disajikan dengan sambal terpisah. Kemudian ada juga tahu pedas, tahu dengan baluran tepung yang digoreng dan diberi taburan cabai kering di atasnya.

review loko coffee shop_makanan dan minuman 3 (Copy)

Tidak lengkap rasanya kalau mengulas tempat ngopi tapi tidak mencoba menu kopi maupun non-kopi yang tersedia. Loko Cafe merekomendasikan kami untuk mencoba signature drink andalan mereka yaitu Es Kopi Pandan. Kami juga memesan menu kopi lain yaitu Iced Cappucino Latte.

Dua-duanya memiliki cita rasa kopi yang tidak hilang, terutama pada Es Kopi Pandan. Minuman satu ini terasa sangat unik karena memadukan kopi dengan sirup pandan yang manis dan harum. Rasa yang unik, autentik, namun terasa tetap menyegarkan di tiap tegukannya.

review loko coffee shop_makanan dan minuman (Copy)

Terakhir, ada juga menu non-kopi yang kami coba yaitu Iced Green Tea latte dan Chilli Ginger Lemon. Jujur, line minuman non-coffee ini juga patut kami apresiasi karena keduanya terasa nikmat saat kami coba.

Ice Green Tea Latte yang punya rasa manis lembut dan Classic Mojito dengan rasa unik karena memadukan rasa asam, manis, dan pedas dengan sensasi soda dalam satu minuman. Keduanya tak kalah spesial dengan line kopi-nya.

Nah, jadi kalau kamu non-coffee person, kamu tetep bisa nongkrong di Loko Cafe ini tanpa perlu khawatir line non-coffee nya akan mengecewakan. Pokoknya recommended baget!

Tempat dan Suasana

Awalnya kami mengira Loko Coffee Shop hanya mengambil tema modern cafe. Namun ternyata kafe ini juga mengadaptasi tema kereta api, lho, terutama pada bangku di area outdoor.

review loko coffee shop_tempat (Copy)

Kalau kamu cermati, terdapat bangku kayu yang sebenarnya diambil dari bantalan rel kereta api yang sudah tidak digunakan lagi. Katanya, bantalan rel ini diambil dari sisa bantalan rel pada zaman Belanda. Unik, bukan? Tentu saja cafe ini tidak mau memudarkan ciri khas kereta api dari perusahaan yang menaunginya.

Loko Cafe memiliki dua area yaitu indoor dan outdoor. Area indoor terdiri dari dua lantai dengan balkon tambahan yang letaknya di lantai dua. Dari area balkon ini kamu bisa menikmati pemandangan sekitar stasiun Bandung. Kalau building area indoor-nya dipenuhi dengan kaca, sehingga kamu tidak perlu khawatir akan penerangan pada siang hari.

review loko coffee shop_suasana 2 (Copy)

review loko coffee shop_balkon (Copy)

Ketika kamu masuk ke dalam building area indoor, kamu akan langsung disambut oleh pelayan yang sudah berdiri di dekat pintu masuk untuk menawarkan list menu. Kamu juga akan langsung menemukan lokasi kasir dan tea bar disana. Jadi kamu bisa langsung memesan pada kasir.

review loko cofee shop_indoor area (Copy)

Oh iya, Loko Coffee Shop juga memiliki sistem pemesanan menu online, lho, atau yang disebut Pay on Table. Jadi bila kamu ingin memesan menu tanpa ada kontak langsung, kamu bisa menggunakan layanan ini.

Caranya juga cukup mudah. Ketika kamu masuk ke dalam cafe, kamu cukup meminta barcode pada pelayan atau kasir di sana. Lalu kamu bisa langsung mengambil tempat duduk.

Setelah itu, kamu akan disuruh untuk mendownload aplikasi LOKOMART di Play Store dan menginstalnya. Lalu, kamu tinggal membuka aplikasi yang telah terinstal, membuat akun, dan melakukan scanning barcode yang tadi sudah diberikan oleh pelayan. Tinggal pesan deh!

Lokasi

Loko cafee_outdoor (Copy)

Kamu akan sangat mudah menemukan lokasi Loko Cafe, karena tempat ngopi ini sudah banyak tersebar di dekat stasiun-stasiun kereta api di pulau Jawa.

Di Bandung sendiri, tempat ngopi ini berlokasi di Jalan Kebon Kawung No. 43, tepat di sebelah Stasiun Bandung. Sedangkan beberapa lokasi lain Loko Coffee Shop yang tersebar di pulau jawa adalah sebagai berikut.

  1. Stasiun Tugu di Yogyakarta
  2. Stasiun Poncol di Semarang
  3. Stasiun Gubeng di Surabaya
  4. Stasiun Purwokerto di Purwokerto
  5. Stasiun Manggarai di Jakarta
  6. Stasiun Kejaksan di Cirebon

Area parkir motor maupun mobil yang tersedia lumayan luas, mengingat kafe ini bersebelahan dengan stasiun kereta api. Loko Coffee Shop Bandung juga memiliki akses transportasi umum yang mudah.

Kamu akan menjumpai berbagai angkot yang melewatinya. Kalau kamu kebingungan menjelaskan lokasi kafe ini kamu cukup menanyakan arah menuju stasiun Bandung saja.

Kafe ini mulai beroperasi di mulai pukul 8 pagi- 9 malam. Loko Coffee Shop juga cukup ramai pengunjung terutama pada jam-jam makan siang. Akan terasa sekali padatnya. Tapi meski cukup padat, kamu tetap bisa kebagian tempat kok di sini. Jangan khawatir, ya!

Gimana? Tempat ngopi satu ini cocok banget bukan buat tempat plesiran kamu sambil nunggu kereta api? Daripada bete mundar-mandir, lebih baik kamu nongkrong sambil menikmati makanan dan minuman yang enak dari Loko Coffee Shop ini.

Dijamin penantianmu nggak akan terasa! Kalau kamu punya pengalaman yang menarik tentang Loko Coffee Shop, jangan ragu untuk berbagi di kolom komentar ya!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *