Keluyuran / Pizza / 10 Macam Topping Pizza Paling Favorit di Indonesia

10 Macam Topping Pizza Paling Favorit di Indonesia

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 Oktober 2019

Pizza selalu menjadi ‘teman’ ketika kita membutuhkan makanan yang praktis dan cepat. Apalagi saat ini hampir sebagian besar restoran pizza di Indonesia menyediakan jasa layan antar. Kita hanya perlu menelepon call center restoran atau memesannya dari aplikasi maupun website resmi restoran pizza tersebut.

Selain jenis pizza-nya, saat ini variasi topping-nya juga sangat beragam. Variasi topping ini berguna agar konsumen tidak bosan dengan topping pizza yang itu-itu saja. Namun, meskipun pilihan topping semakin banyak, nyatanya ada sejumlah topping favorit yang tidak lekang oleh waktu. Penasaran dengan topping pizza terfavorit di Indonesia? Keluyuran sudah merangkum informasinya untukmu, nih!

1. Daging Sapi

Daging Sapi

* sumber: www.masiaartesana.com

Tak hanya di Indonesia saja, sejatinya daging sapi juga menjadi topping pizza favorit di berbagai negara lain. Hanya saja, popularitas daging sapi masih kalah dengan pepperoni yang merupakan topping pizza terfavorit di negara-negara Eropa maupun Amerika Serikat.

Potongan kecil daging sapi adalah jenis topping yang nampaknya ‘wajib’ ada di setiap menu pizza di Indonesia. Bahkan, rasa pizza akan terasa kurang lengkap jika tidak ada topping daging sapi di atasnya. Meskipun beberapa restoran pizza menyediakan topping daging ayam, tapi popularitas daging sapi sebagai taburan di atas pizza memang tak akan tergantikan.

2. Keju

Keju

* sumber: time.com

Hampir sebagian besar pizza pasti menggunakan keju di atasnya. Keju sudah menjadi topping mutlak untuk setiap menu pizza. Namun, perlu kamu ketahui bahwa keju yang digunakan di atas pizza bukan keju cheddar biasa, lho. Keju yang dipakai sebagai topping pizza adalah keju mozarella. Jenis keju inilah yang membuat tekstur ‘molor’ ketika potongan pizza ditarik dari loyangnya.

Saking populernya, beberapa restoran pizza di Indonesia menyediakan pizza dengan topping keju saja di atasnya. Jadi, kalau kamu adalah pecinta keju dan tidak suka topping yang terlalu banyak, kamu dapat mempertimbangkan untuk memesan pizza dengan topping keju saja.

Kamu bakal merasakan keju mozarella yang creamy terasa meleleh di dalam mulutmu. Apalagi jika rasa keju yang cenderung asin gurih ini berpadu dengan rasa saus tomat yang manis dan sedikit asam, hmm tentunya kamu bakal ketagihan banget, nih!

3. Sosis

Sosis

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=OyOEeWb7FS8

Di Indonesia, popularitas pepperoni masih cenderung kalah dibanding sosis. Ya, sosis sudah menjadi salah satu topping yang paling digemari di Indonesia. Mulai dari kedai pizza kaki lima sampai dengan restoran pizza mewah pasti menyediakan menu pizza yang ditaburi dengan potongan sosis.

Jenis sosis yang dipakai untuk topping pizza adalah sosis sapi. Namun, ada juga beberapa restoran yang menggunakan sosis ayam sebagai topping pizza-nya. Keduanya sama-sama enak, tapi kembali lagi pada selera masing-masing karena penikmat sosis ayam belum tentu juga menyukai sosis sapi, bukan?

4. Jamur

Jamur

* sumber: www.seriouseats.com

Selain sosis dan keju, jamur juga merupakan topping pizza yang paling diminati di Indonesia. Bahkan, orang yang tidak mengonsumsi daging-dagingan bisa tetap menikmati pizza yang di atasnya terdapat taburan jamur.

Boleh dibilang jamur adalah topping yang bersifat netral. Rasa jamur yang plain dengan sedikit rasa segar membuat kita jadi tidak eneg saat menyantapnya. Jika kamu sudah merasa bosan menyantap pizza dengan topping daging maupun keju yang terlalu banyak, pesan saja pizza yang di atasnya terdapat taburan jamur. Dijamin kamu pasti akan menyukainya, lho!

5. Bawang Bombai

Bawang Bombai

* sumber: scibosnian.com

Bawang termasuk salah satu rempah wajib untuk semua makanan khas Indonesia. Jenis bawang yang biasa dipakai untuk mengolah hidangan khas nusantara adalah bawang merah dan bawang putih. Namun, bukan hanya makanan khas tanah air saja yang menggunakan bawang, pizza pun memakai bawang sebagai topping-nya.

Jenis bawang yang selalu dipakai sebagai topping pizza adalah bawang bombai. Bawang bombai bisa diiris berbentuk lingkaran tipis atau dicincang kasar lalu ditaburkan di atas pizza yang hendak dipanggang.

Bawang bombai akan menciptakan tekstur yang gurih dan renyah. Apalagi aroma bawang bombai memang tidak sepekat bawang merah atau bawang putih sehingga tidak mengganggu aroma dan cita rasa pizza yang kamu santap.

6. Pepperoni

Pepperoni

* sumber: www.eater.com

Walaupun popularitas pepperoni masih tergolong kalah dengan sosis, tapi pepperoni tetap menjadi topping yang lumayan favorit di Indonesia. Pepperoni sendiri merupakan olahan daging sapi yang hampir sama dengan sosis. Ketika dijadikan topping pizza, pepperoni akan diiris setipis mungkin lalu diletakkan di atas pizza yang akan dipanggang.

Sejumlah restoran pizza ternama di Indonesia, seperti Pizza Hut dan Domino’s Pizza, menyediakan pizza dengan topping pepperoni. Jika sampai saat ini kamu belum mencoba pizza ber-topping pepperoni, mungkin inilah saatnya kamu mencoba pizza pepperoni.

7. Paprika

Paprika

* sumber: whiteoakfrozenfoods.com

Sama seperti bawang bombai, paprika bukan topping mutlak yang harus ada di setiap jenis pizza. Hanya saja, pizza yang menggunakan topping paprika ini cukup disukai di Indonesia Sebagai contoh, salah satu menu best seller di Pizza Hut, yakni Super Supreme, menggunakan paprika merah dan hijau sebagai topping-nya.

Boleh dikatakan bahwa keberadaan paprika di atas pizza bisa menetralisir rasa eneg. Jadi, kalau kamu ingin menikmati pizza ber-topping paprika, pilih saja menu yang menawarkan salah satu topping paprika. Akan tetapi, perlu kamu ingat bahwa tidak semua restoran pizza menyediakan paprika sebagai taburannya.

8. Zaitun Hitam

Zaitun Hitam

* sumber: www.papamurphysme.com

Black olive alias zaitun hitam juga termasuk sebagai topping yang cukup diminati di Indonesia. Pada umumnya, hanya restoran-restoran yang menjual pizza dengan cita rasa Italia authentic lah yang menyediakan pizza dengan topping zaitun hitam.

Buah zaitun hitam diiris tipis sehingga tampilannya mirip seperti kancing. Kemudian, zaitun hitam ini nantinya ditaburkan di atas pizza dengan jumlah secukupnya. Zaitun hitam ini akan menciptakan rasa gurih sekaligus bisa menjadi penghilang rasa eneg pada pizza-mu.

9. Tomat

Tomat

* sumber: www.simplyrecipes.com

Sudah pakai saus tomat tetap diberi topping irisan tomat segar? Ya, beberapa restoran pizza di tanah air memang menawarkan tomat sebagai topping pizza. Walaupun tidak begitu favorit, tapi masyarakat Indonesia tetap dapat menikmati pizza yang di atasnya terdapat potongan tomat.

Tomat yang akan dijadikan topping umumnya diiris tidak terlalu tipis dan tidak terlalu tebal atau bisa juga dicincang kasar. Selain menawarkan rasa manis, tomat juga menjadi penyeimbang untuk rasa pizza yang cenderung asin.

10. Jagung

Jagung

* sumber: www.laurainthekitchen.com

Di negara-negara barat, penikmat pizza kurang begitu suka dengan pizza yang menggunakan jagung sebagai topping-nya. Mereka cenderung memilih pizza dengan topping basil ketimbang jamur. Akan tetapi, di Indonesia masyarakatnya justru menyukai taburan jagung di atas pizza yang mereka pisang.

Jagung memberikan efek renyah dan manis ketika kamu menggigit potongan pizza yang bertabur jagung. Pada umumnya, potongan kecil jagung ini terasa sangat cocok jika dikombinasikan dengan topping sosis.

Demikian 10 topping pizza yang paling favorit di Indonesia. Lalu, manakah jenis topping pizza yang kamu sukai? Jika ada jenis topping lainnya yang belum disebutkan di sini, silakan tambahkan di kolom komentar, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar