6 Makanan Aneh di Bandung yang Viral dan Terkenal Lezat

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 22 Agustus 2021

Kabarnya Kota Bandung adalah kota kreatif yang punya segudang ide untuk membuat inovasi terbaru mengenai sesuatu, termasuk dalam hal makanan. Di Kota Kembang ini kamu akan melihat kreativitas warga Bandung menciptakan satu produksi pangan yang tidak pernah dibayangkan oleh orang lain alias aneh, mulai dari komposisi bahan, pengemasan, penyajian dan cara menikmatinya.

Dalam artikel ini kamu akan menemukan 6 daftar makanan aneh di Bandung yang akan menggelitik rasa penasaranmu. Meskipun tergolong aneh dan unik, rasanya pun tidak kalah lezat. Nah, kita cari tahu beberapa tempat dengan makanan aneh yang tersebar di pelosok Bandung.

Penasaran dengan perkembangan makanan di Bandung yang aneh? Mari kita simak beberapa makanan yang aneh dan unik yang ada di Bandung berikut ini!

1. Bathing Kit dan Peanut Butter Soap – 56 Degrees Café

Berbicara tentang makanan aneh atau unik, biasanya akan memunculkan dua respon, yaitu positif dan negatif. Respon positif berarti orang akan menyambut hal tersebut sebagai bentuk kreativitas unik yang patut diapresiasi.

Namun, tak sedikit orang menganggap inovasi tersebut adalah sebuah tindakan ngadi-ngadi yang tidak perlu dilakukan. Pada dasarnya harus kita akui bahwa makanan aneh selalu menarik. Pasalnya tidak semua orang mampu menciptakan ide aneh dan unik.

Sebagai buktinya, coba deh kamu kunjungi sebuah café di Jalan Pasirkaliki No. 69 Bandung. Semua hal tentang café ini adalah aneh, tapi dalam konteks positif tentunya. Yang paling akan membuatmu tercengang adalah Peanut Butter Soap.

Penyajian menu yang mengusung tema peralatan kamar mandi inilah yang menjadikan menu makanan di 56 Degrees Café dianggap aneh. Peanut Butter Soap adalah kudapan manis yang disajikan dalam bentuk kotak sabun batang lengkap dengan busa sabunnya.

Tampilannya seperti sabun batang yang habis dipakai dan masih menyisakan busa sabun di sekelilingnya. Tapi itu bukan busa sabun beneran lho. Busa sabun tersebut adalah busa yang bisa dimakan. Lalu, ada Bathing Kit yang terdiri dari bolu gulung yang dibentuk menyerupai handuk, lalu ada shampoo berwarna biru. Cairan berwarna biru yang merupakan curacau itu disiramkan ke atas ‘handuk’ bolu gulung.

Masing-masing menu ini dibanderol sekitar Rp27.500 dan Rp45.000. Nikmati sajian aneh lainnya di café dengan ambience nyaman yang bikin betah.

2. Nasi Goreng Gentayangan

Nasi Goreng Gentayangan menyajikan sajian yang akan mengingatkanmu akan kematian. Sajian di kedai nasi goreng yang terletak di Jalan Ir. Hj. Djuanda No. 138 Dago ini menggunakan peti mati berbagai ukuran dengan harga menu mulai dari Rp18.000++.

Pemilik kedai nasi goreng ini mengemas peti mati sebagai wadah sajian menu mereka. Peti mati berbagai bentuk dan ukuran serta desain bisa kamu lihat di sini.

Selain di Jalan Ir. Hj. DJuanda, ada juga Kedai Nasi Goreng Gentayang lain yang terletak di jalan Sulanjana No. 5. Tak hanya peti mati yang akan mengingatkanmu pada kematian, namun sajian di kedai nasi goreng ini pun berbau horror.

Di dalam daftar menu makannya, kamu akan menemukan deretan menu dengan nama-nama makhluk astral yang ada di Indonesia. Hidangannya pun dibuat dari komposisi yang akan mengingatkanmu pada makhluk-makhluk tersebut.

3. Hidangan Ular - Naya Chinese and Snake Dish Pasteur

Tak jauh dari rumah Sakit Hermina Pasteur, ada sebuah resto yang mempunyai menu aneh dan cenderung ekstrem. Resto yang menyajikan masakan Cina ini mempunyai menu lain yang menggunakan daging ular.

Sajian ular, mulai dari ular goreng, ular bakar, sup ular dan tumis ular tersedia di restoran yang terkenal dengan sajian daging ularnya yang paling sedap di Bandung. Oh, ya, Nasi goreng ular pun ada di sini.

Sebetulnya ular sering dikonsumsi oleh masyarakat sebagai obat penyakit tertentu. Namun, perlu kamu ingat bahwa tidak semua ular berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit. Hanya ular tertentu yang bisa.

Ular sanca dan ular kobra, misalnya. Kedua jenis ular yang mematikan ini sering diburu untuk diambil bagian empedu, daging dan darah. Darah ular kabarnya berkhasiat untuk meningkatkan stamina pria. Sedangkan empedu berkhasiat untuk mengobati penyakit kusta.

Nah, apabila kebetulan kamu tengah mencari kuliner ular untuk obat atau sekadar untuk melepas rasa penasaran, kamu bisa kunjungi Naya Pasteur Chinese Food and Snake Dishes di Jl Djunjunan No. 109 Bandung. Semua menu di resto ini harganya sekitar Rp7.500 – Rp85.000.

4. Bakso Istighfar – Kedai Bakso Pasteur

Bakso Istighfar – Kedai Bakso PasteurSumber: infobdg.com

Bakso adalah hidangan yang sangat popular di Jawa Barat. Saking membudayanya, di wilayah Priangan ini ada istilah ‘Ngabaso’ untuk menyebutkan kegiatan ngemil yang bisa jadi tidak selalu berbentuk makan bakso.

Bakso biasanya disajikan dalam mangkuk berukuran sedang dan dihidangkan dengan sayuran, daun bawang, bawang goreng serta mie. Namun, di daerah Jl. Sukawarna No. 21 Pasteur, bakso yang dihidangkan bukanlah bakso biasa yang sering kamu jumpai di kedai bakso keliling atau kedai bakso elit lainnya.

Di sini, kamu akan menemukan bakso yang membuat orang terkejut sampai berucap istighfar melihat ukurannya yang super besar. Bakso Istighfar terbuat dari daging sapi biasa, namun karena ukurannya yang tidak biasa, makanan ini dianggap aneh.

keanehannya didapat dari berat dan ukurannya yang super. Bakso Istighfar mempunyai bobot 2 kg. Ada tantangan dari penjual Bakso Istighfar bagi mereka yang berhasil menghabiskan bakso tersebut. Bagi mereka yang sanggup menghabiskan semua baksonya, ia tidak akan dipungut biaya alias makan gratis.

5. Mie Bakso Green Tea – MamaYu Bakso

Apa yang kamu ketahui dari green tea? Bahan yang bisa dibuat aneka minuman yang kaya akan nutrisi? Bisa dibuat latte? Diseduh tubruk? Nah, kedai MamaYu Bakso yang terletak di Jalan Pasundan No. 66 Bandung mempunyai menu green tea juga lho tapi untuk menu baksonya. Aneh ya?

Bahan green tea yang ditambahkan pada olahan mie ini menarik perhatian para pecinta kuliner di kota Bandung. Mie yang berwarna kehijauan menjadi sajian yang aneh dan membuat penasaran. Apalagi setelah tahu bahwa bahan bakunya green tea. Pasti penasaran dengan rasanya.

Pasalnya green tea dengan sajian bercita rasa asin adalah hal yang baru dan belum banyak digunakan. Nah, mie bakso Green Tea harganya sekitar Rp16.000 – Rp22.000.

Dan ternyata kedai MamaYu Bakso tidak hanya menyajikan menu green tea saja lho. Ada lagi sajian aneh lainnya yang tidak kalah menarik. misalnya saja mie ulang tahun, mie charcoal yang berwarna hitam dan lain-lain.

6. Es Krim Teh Poci dan Bunga Mawar – Cremeria Di Dee

Nah, tak kalah aneh dari makanan di resto dan café yang lainnya di atas, Cremeria Di Dee juga punya dua menu yang sama-sama tidak lazim. Kedai gelato yang viral karena sajiannya yang nikmat di kota Bandung ini mempunyai menu gelato rasa bunga mawar dan teh poci.

Bunga mawar dan teh poci memang bukanlah bahan baru dalam dunia kuliner. Namun, jika disajikan dalam bentuk gelato, tentu itu adalah sebuah ide yang aneh. Lebih aneh lagi jika ternyata rasa yang dihasilkannya lezat.

Bunga mawar memang punya banyak khasiat dan kegunaan. Misalnya saja untuk menghaluskan kulit, membuat tubuh wangi dan segar. Nah, ternyata bunga mawar punya kegunaan lain, yakni sebagai salah satu bahan utama dalam sajian menu gelato di Cremeria Di Dee.

Varian gelato rasa teh poci juga tidak kalah menarik perhatian. Bahkan gelato dengan rasa khas teh poci menjadi primadona di kedai ini. Kabarnya varian satu ini disukai sebab aroma teh poci yang sedap memberikan sensasi rasa dan aroma tipis yang bikin penasaran.

Nah, gelato d kedai yang terletak di Rancabentang, Ciumbuleuit ini harganya kurang lebih Rp30.000++. Ayo temukan varian aneh lainnya yang ada di café mungil dengan spot-spot cantiknya ini.

Itulah 6 makanan aneh di Bandung yang menjadi viral. Kreativitas dan inovasi dalam makanan di kota Bandung tidak pernah habis. Selalu saja ada yang baru dan tak kalah seru yang bisa menambah kekayaan kuliner kota Bandung. Selain itu, makanan-makanan tersebut menjadi daya tarik tersendiri yang membuat tempat makannya banyak dikunjungi pelanggan.

Nah, makanan selain tempat wisata, kota Bandung adalah gudangnya makanan aneh dan unik. Jadi, kalau mampir ke Bandung, jangan lupa untuk mencicipi juga aneka makanan-makanan aneh tersebut.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram