Keluyuran / Kuliner Thailand / Inilah 10 Makanan Ekstrem di Thailand, Berani Nyicipin?

Inilah 10 Makanan Ekstrem di Thailand, Berani Nyicipin?

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 Juni 2019

Selain kaya akan masakan lezatnya, Thailand juga punya banyak makanan ekstrim di dalamnya. Sejumlah makanan ekstrem tersebut patut kamu coba saat di Thailand nanti. Apalagi, jika kamu betulan suka akan makanan yang tak lazim.

Bila nanti kamu mau mencoba makanan ekstrim di Thailand, maka simaklah artikel ini hingga selesai. Soalnya, Keluyuran akan memberimu sejumlah rekomendasi makanan ekstrem di Thailand. Mau tahu apa saja rekomendasi tersebut? Yuk, langsung saja simak di bawah ini!

1. Fried Worms

Fried Worms

Dari namanya, kamu pasti bisa menyimpulkan kalau ini adalah cacing yang digoreng. Bila kamu mengira begitu, maka jawabanmu tepat sekali! Di Thailand, makanan ini sudah menjadi kudapan sehari-hari masyarakatnya.

Fried Worms dibuat dengan bahan yang amat sederhana. Bawang goreng, gula, garam, sedikit sayuran, dan cacing itu sendiri adalah bahan utama makanan ekstrem ini. Tak sulit menemukan sajian ekstrem ini, karena sejumlah bar dan restoran di Thailand amat lazim menyediakan menu ini.

2. Goong Ten

Goong Ten

Dalam bahasa Thailand, Goong Ten memiliki arti udang menari. Penamaan ini tak lepas dari bahan utama makanan ini, yaitu udang yang masih hidup. Pada makanan ini, udang hidup diolah dengan bahan-bahan salad yang telah diberi perasan lemon. Penggunaan perasan lemon pada makanan ini membuat bau amis pada udang dan saladnya tidak tercium. Jadi, kamu pun bisa menyantap udang yang menari di atas salad tersebut dengan lahap.

3. Sadow Leaves

Sadow Leaves

Sesuai namanya, bahan utama dari makanan unik ini adalah daun Sadow. Daun Sadow merupakan daun khas Thailand yang kaya akan fosfor, seng, dan zat besi. Rasa daun ini begitu pahit, melebihi pahitnya daun pepaya. Kalau kamu tak tahan akan rasa pahit, maka makanan ekstrem ini sebaiknya jangan dicoba. Tapi, kalau kamu penasaran, ya silakan saja kamu coba sendiri!

4. Larb Leuat Neua

Larb Leuat Neua

Di beberapa tempat makan di Bangkok, kamu akan menemukan makanan ekstrem satu ini. Larb Leuat Neua sendiri merupakan menu ekstrem khas Thailand yang berbahan dasar daging sapi. Daging sapi yang dipakai bukan daging sapi biasa, melainkan daging sapi mentah yang masih segar.

Sapi mentah yang digunakan tersebut lalu disiram dengan saus berwarna kemerahan. Usut punya usut, saus yang dipakai ternyata bukan saus biasa. Tetapi, darah daging sapi yang sudah diolah sedemikian rupa. Wah, ekstrem juga, ya!

Agar lebih mantap, olahan ekstrem ini lalu dibubuhi daun mint di atasnya. Sensasi daging sapi mentah yang segar, darah saus daging yang unik, dan daun mint menyegarkan akan kamu rasakan kala menyantap makanan satu ini.

5. Fried Bugs

Serangga Goreng

Bisa dibilang, makanan ekstrem ini begitu populer di mata wisatawan. Sesuai namanya, ini adalah penganan berbahan dasar serangga yang digoreng garing a la keripik. Serangga yang digoreng sendiri beragam. Ada ulat, cacing, lebah, kumbang air, dan bahkan kalajengking.

Makanan ekstrem ini bisa kamu temukan di Saturday Night Market (Weekend Walking Street) yang ada di 100 Wua Lai Road, Tambon Hai Ya, Amphoe Mueang Chiang Mai, Chang Wat Chaing Mai, Thailand. Bila tidak, kamu bisa menemukan makanan ini di Khao San Road yang ada di Khwaeng Talat Yot, Khet Phra Nakhon, Krung Thep Maha Nakhon, Thailand.

6. Kai Yiew Ma

Kai Yiew Ma

Bila Filipina mempunyai Balut, maka Thailand mempunyai Kai Yiew Ma. Sama seperti Balut, Kai Yiew Ma merupakan telur bebek yang berisi embrio bebek. Kai Yiew Ma sendiri dibuat dengan cara mengawetkan telur bebek ke dalam campuran tanah liat, abu, garam, kapur, dan sekam padi. Warga Thailand amat menyukai makanan ekstrem satu ini.

Makanan ini bisa kamu santap langsung dari cangkangnya. Atau, bisa juga disantap dengan mengolahnya bersama dengan bumbu salad. Makanan ekstrem ini bisa kamu temukan di warorot Market yang beralamat di Banpu, 79 Kaewnawarat Roat Chiang Mai, Thailand.

7. Som Tam Hoy Dong

Som Tam Hoy Dong

Berbeda dengan Som Tam Thailand pada umumnya, Som Tam ini punya bahan dasar yang ekstrem, yakni tiram yang telah difermentasi. Bahan utama tersebut lalu direndam ke dalam saus berwarna merah darah. Setelah itu, diberi beberapa bahan utama Som Tam, misalnya irisan pepaya mentah.

Dibanding makanan ekstrem lainnya, makanan unik sendiri sangat jarang disantap warga Thailand. Ini tak lepas dari efek samping sehabis menyantap menu ini, membuat perut terserang diare.

Adapun orang yang lazim menyantap menu ini adalah mereka yang sudah terbiasa menyantap kerang atau tiram fermentasi sejak kecil. Kalau kamu termasuk salah satu orang tersebut, maka makanan unik di Thailand ini layak untuk dicoba.

8. Mok Huak

Mok Huak

Seperti halnya Larb Leuat Neua, makanan satu ini juga lazim ditemukan di Bangkok. Bahan dasar utama makanan ini tergolong ekstrim, yaitu kecebong. Selain bahannya, cara penyajiannya pun juga lumayan ekstrem dengan menaruh puluhan kecebong sekaligus di atas satu piring penuh.

Kecebong yang dipakai tentu tidak disajikan mentah-mentah. Tetapi, digoreng terlebih dahulu hingga matang. Agar tidak terlihat jijik, kecebong goreng tersebut lalu dicampur dengan sambal. Selain tak bikin jijik, penambahan bahan tersebut membuat menu ekstrem ini punya cita rasa yang pedas.

Konon, kecebong memiliki kandungan protein yang amat tinggi. Itu mengapa hewan tersebut menjadi bahan utama buat menu satu ini.

9. Larb Mote Daeng

Larb Mote Daeng

Ini adalah makanan ekstrem Thailand lainnya yang tergolong cukup ramah di lidah. Larb Mote Daeng sendiri dibuat dari semut merah yang digoreng hingga garing. Di Thailand, makanan ini disantap bersama dengan irisan mangga dan racikan bawang beserta cabai. Selain lezat, makanan ini juga bermanfaat bagi tubuh. Ini tak lepas dari kandungan protein yang ada pada bahan utama makanan unik ini (semut merah).

10. Ant eggs

Ant eggs

Seperti makanan ekstrem sebelumnya, makanan ini juga berbahan dasar semut. Bedanya, makanan tidak memakai daging semut sebagai bahan utamanya, melainkan dari telur semut. Telur semut dipercaya kaya akan kandungan protein, vitamin B1, dan vitamin B2.

Ant Eggs biasanya dibuat dengan cara disalad atau dibuat sup. Di beberapa masakan Thailand, Ant Eggs biasanya diolah menjadi pengganti cuka atau jus lemon. Ini tak lepas dari kandungan asam asetat pada makanan unik tersebut.

Menyantap makanan ekstrem ini mungkin akan membuatmu jijik pada mulanya. Namun, kalau kamu pecinta makanan ekstrem sejati, mungkin saja kamu bakal ketagihan untuk menyantapnya lagi.

Selain kaya akan makanan lezatnya, Thailand ternyata juga kaya akan masakan ekstrimnya. Sejumlah makanan tersebut dianggap ekstrim karena bahan dasarnya yang memang tak biasa. Bahkan, mungkin tak layak dikonsumsi.

Kalau kamu pecinta makanan ekstrem, maka hal tersebut adalah kabar baik untukmu. Dan bila kamu tertarik untuk mencoba, maka rekomendasi makanan ekstrim Thailand di atas bisa menjadi rekomendasi yang pas buatmu. Tapi, kalau ingin makanan normal-normal saja, bisa cicipi 10 Makanan Khas Thailand ini. Selamat kulineran, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar