9 Makanan Halal di Vietnam yang Wajib untuk Dicicipi

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 6 November 2019

Asia Tenggara terdiri dari beberapa negara, di antaranya ada Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Timor Leste, Laos, Kamboja, Brunei, dan Vietnam. Nah, Vietnam adalah salah satu negara yang wajib kamu kunjungi jika hendak tur di kawasan Asia Tenggara. Selain mengunjungi tempat wisata menarik dan berbelanja oleh-oleh, kamu juga wajib untuk mencicipi kuliner khas Vietnam yang terkenal lezat.

Bingung memilih makanan yang halal saat berada di Vietnam? Tenang, Keluyuran akan memberikan rekomendasi makanan khas Vietnam yang halal. Yuk, simak informasinya berikut ini!

1. Pho

Pho

* sumber: www.simplyrecipes.com

Dari sekian banyak makanan khas Vietnam, pho adalah makanan yang paling terkenal. Saking terkenalnya, ada sejumlah restoran Vietnam di Australia, Amerika, maupun negara-negara Eropa yang menjual pho sebagai menu utamanya.

Pho adalah sajian mie khas Vietnam. Mienya terbuat dari beras dan kuahnya yang gurih berasal dari kaldu sapi atau ayam. Untuk menambah aromanya, kuah pho turut ditambahkan dengan daun jeruk. Sebagai pelengkap, tak lupa ada beberapa irisan daging sapi atau daging ayam yang diletakkan di atas pho.

Makanan ini termasuk halal karena menggunakan daging sapi atau ayam. Namun, Keluyuran lebih menyarankanmu untuk memesan pho dengan daging sapi karena rasanya lebih mantap.

2. Goi Cuon

Goi Cuon

Dikenal dengan nama goi cuon atau Vietnamese Spring Rolls, ini merupakan kudapan yang mirip dengan lumpia basah. Namun, hanya tampilannya saja yang mirip lumpia karena bahan pembungkus dan isinya benar-benar berbeda.

Goi cuon terdiri dari daging udang segar yang direbus, lalu ditambahkan beberapa macam sayur. Kemudian, bahan-bahan ini akan dibungkus dengan kulit lumpia bening khas Vietnam. Biasanya goi cuon ini akan disajikan bersama dengan saus bumbu kacang yang semakin menambah kelezatannya.

3. Bo Luc Lac

Bo Luc Lac

Daging babi adalah bahan yang biasa dipakai oleh masyarakat Vietnam saat mengolah makanan khas. Namun, tak sedikit juga makanan yang tidak mengandung babi, salah satunya adalah bo luc lac. Hidangan ini murni terbuat dari daging sapi.

Bo luc lac adalah daging sapi yang dipotong dadu dan dimasak dengan menggunakan kecap asin dan lada. Makanan ini akan disajikan bersama dengan irisan tomat, mentimun, dan bawang merah.

Tampilan bo luc lac mirip dengan daging sapi lada hitam atau daging masak kecap yang biasa kita jumpai di Indonesia. Kamu bisa menyantap hidangan yang lezat ini bersama dengan sepiring nasi putih hangat, lho.

4. Banh Khot

Banh Khot

* sumber: vietspices.blogspot.com

Satu lagi jajanan halal yang bisa kamu nikmati saat berada di Vietnam, namanya banh khot. Kamu tak perlu khawatir saat menyantap makanan ini karena bahan dasarnya adalah tepung dan udang.

Banh khot merupakan “takoyaki”-nya orang Vietnam. Bahan dasarnya pun sederhana, yakni tepung beras, santan, udang, dan beberapa bahan tambahan lain seperti kecap ikan, kunyit, dll. Makanan ini akan terasa renyah dan gurih saat dimakan. Namun, banh khot lebih cocok dijadikan kudapan saja ketimbang dijadikan lauk.

5. Ca Kho To

Ca Kho To

* sumber: worldfood.guide

Cari makanan halal di Vietnam? Nikmati saja ca kho to yang berbahan dasar ikan ini. Jenis ikan yang dipakai untuk memasak hidangan ini adalah snakehead fish atau ikan sejenis lele. Ikan yang sudah dipotong menjadi beberapa bagian akan dimasak bersama dengan kecap ikan dan bahan-bahan halal lainnya.

Ca kho to memiliki tampilan yang mirip dengan ikan yang dimasak dengan kecap dan tauco. Kuah ca kho to ini tidak terlalu banyak karena dimasak hingga airnya meresap ke dalam daging ikannya. Hidangan yang satu ini bakal cocok banget dijadikan lauk untuk bersantap dengan nasi putih.

6. Chao Ga

Chao Ga

* sumber: kathynle.com

Another halal food dari Vietnam adalah chao ga. Dari gambarnya saja kamu pasti bisa menebak bahwa hidangan ini merupakan bubur ayam. Namun, cita rasa bubur ayam khas Vietnam ini sudah pasti berbeda dengan bubur ayam yang biasa kita makan di tanah air, ya!

Chao ga mempunyai rasa yang lebih kuat karena banyak menggunakan rempah-rempah, seperti jahe, bawang putih, bubuk kaldu ayam, dan rau ram (ketumbar Vietnam). Ayam yang dipakai untuk membuat bubur ini harus ayam kampung yang sudah direbus dengan air garam.

Taburan lada hitam dan ketumbar Vietnam di atas chao ga akan menambah kenikmatan saat kamu menyantap bubur ayam khas Vietnam ini.

7. Banh Cam

Banh Cam

Apa yang terbayang dalam benakmu ketika melihat banh cam? Ya, makanan Vietnam yang satu ini memang serupa dengan onde-onde yang biasa kita nikmati di Indonesia. Bahkan, isiannya pun sama-sama menggunakan kacang hijau, lho. Lantas, apa yang membuat banh cam ini berbeda dari onde-onde sehingga kita perlu mencobanya?

Banh cam dari Vietnam selatan memiliki aroma yang lebih harum dibanding onde-onde. Pasalnya, adonan kacang hijau di dalamnya diberi sedikit ekstrak vanilla. Sementara bahn ran – makan serupa dari Vietnam Utara – tidak dibalut dengan biji wijen seperti onde-onde. Pokoknya, kamu wajib mencoba kudapan manis ini saat berada di Vietnam.

8. Xoi La Dua

Xoi La Dua

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=cqTxLD24g0I

Kalau Thailand punya mango sticky rice, Vietnam juga punya dessert yang tak kalah lezat, namanya adalah xoi la dua. Dessert yang satu ini juga dikenal dengan nama pandan sticky rice. Penampilannya yang berwarna hijau serta aromanya yang harum membuat makanan ini menarik untuk dicicipi.

Xoi la dua adalah beras ketan yang dimasak dengan pandan dan diberi pewarna makanan berwarna hijau. Di atas nasi ketan pulen yang sudah dimasak dengan bumbu-bumbu lainnya ini akan diberi potongan daging kelapa yang manis dan gurih. Wah, membayangkannya saja sudah bikin kita tak sabar untuk mencobanya, ya!

9. Com Rang (Nasi Goreng)

Com Rang

* sumber: starpress.vn

Siapa yang tidak kenal dengan menu yang satu ini? Com rang atau nasi goreng adalah hidangan yang tentu saja sudah akrab dengan lidah kita, masyarakat Indonesia. Ini merupakan nasi goreng khas Vietnam dengan rempah-rempah yang menambah kesedapan rasanya.

Namun, hati-hati dalam memesan com rang karena beberapa tempat makan menggunakan daging babi sebagai topping nasi goreng ini. Agar lebih aman, tanyakan dulu pada penjualnya mengenai kehalalan makanannya. Bila perlu, pilih nasi goreng daging ayam atau seafood saja.

Itulah beberapa rekomendasi makanan halal dari Vietnam. Untuk memastikan kehalalan makanan yang hendak dipesan sebaiknya tanyakan kembali kepada penjualnya.

Opsi lain untuk menemukan makanan yang halal saat berwisata di Vietnam adalah dengan mengunjungi tempat makan yang menjual hidangan Malaysia, Indonesia, atau Timur Tengah. Beberapa restoran cepat saji di Vietnam, seperti McDonald’s atau KFC juga menawarkan menu-menu halal sama seperti di Indonesia. Jadi, kamu tak perlu pusing mencari makanan halal saat berada di negara tersebut.

Nah, lengkapi juga perjalananmu ke Vietnam dengan mengunjungi tempat-tempat menarik yang kami bahas dalam artikel tempat wisata di Vietnam ini, ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram