10 Makanan Khas Arab yang Paling Enak dan Terkenal

Ditulis oleh Anggie Warsito

Kaya bumbu, berbahan dasar daging kambing atau tepung terigu, adalah sejumlah ciri khas dari makanan Arab. Makanan Arab sendiri jumlahnya banyak, dan beberapa di antaranya sudah dikenal oleh khalayak umum. Lalu, apa saja sih makanan khas Arab yang terkenal saat ini? Kalau kamu mau tahu, simak list-nya di bawah ini!

1. Roti Maryam

Roti Maryam

* sumber: www.jualrotimaryam.com

Roti satu ini merupakan roti khas Arab yang terkenal dan banyak peminatnya. Di Indonesia sendiri, sudah banyak outlet atau kios yang menjual roti satu ini. Roti yang bentuknya mirip roti canai ini dibuat dengan tepung terigu yang dicampur dengan mentega beserta telur.

Selain tiga bahan dasar di atas, roti ini juga punya bahan tambahan lain sesuai dengan rasa Roti Maryam yang diinginkan, mulai dari cokelat hingga daging, semua bisa dimasukkan sebagai tambahan bahan untuk roti ini.

2. Nasi Kebuli

Nasi Kebuli

*

Selain Roti Maryam, masakan khas Arab ini juga jamak ditemui di Indonesia. Banyak restoran atau kafe di Indonesia yang menyediakan makanan satu ini. Nasi Kebuli sendiri dibuat dengan campuran nasi dan daging kambing yang kemudian dicampur dengan kaldu dan susu kambing. Sejumlah rempah khusus pun turut dicampurkan ke dalam makanan ini.

Tak ayal, hal itu membuat makanan ini begitu lezat dan kaya akan rasa rempah di dalamnya. Agar lebih nikmat saat disantap, makanan ini biasanya ditambahkan dengan pelbagai pelengkap. Sambal, acar, atau kismis adalah pelengkap yang lazim ditambahkan.

3. Shawarma

Shawarma

* sumber: surabaya.tribunnews.com

Di Indonesia, makanan satu ini populer dengan sebutan kebab. Di Arab sana, masakan ini dibuat dengan cara memasukkan daging ke dalam sebuah besi panjang, dan kemudian dipanggang dengan cara diputar selama seharian penuh. Lalu, daging tersebut dipotong dan dimasukkan ke dalam roti Arab bersama dengan sejumlah topping tertentu.

Daging yang dipakai pada makanan ini beragam. Mulai dari daging kambing, domba, ayam, hingga kalkun, bisa dipakai sebagai daging makanan satu ini.

4. Lafa & Hummus

Lafa & Hummus

* sumber: cooking.nytimes.com

Salah satu ciri khas makanan Arab adalah selalu memakai bahan dasar roti. Lafa adalah salah satu makanan khas Arab yang memakai bahan dasar tersebut. Lafa merupakan roti Arab yang dipanggang dan dibentuk layaknya pita. Lafa sendiri lazimnya dipakai sebagai cocolan untuk tandem makanan ini, yaitu Hummus.

Adapun Hummus sendiri adalah sebuah saus kacang yang berbahan dasar wijen giling, kedelai, lentini, garam, minyak zaitun, bawang putih, dan air lemon. Agar lebih menarik dan bercita rasa, makanan ini biasanya akan ditambahi dengan bawang putih yang lebih banyak, tomat, tortilla, dan/atau chickpea.

Hummus lazimnya memang sering dipasangkan dengan Lafa. Namun, seringkali juga ditandemkan dengan makanan lain, seperti kentang ataupun sayuran.

5. Nasi Mandi

Nasi Mandi

* sumber: food.detik.com

Selain Nasi Kebuli, Nasi Mandi adalah makanan khas Arab lainnya yang berbahan dasar nasi. Nasi satu ini dibuat dengan cara mencampurkan nasi, daging, dan rempah-rempah khusus yang nantinya dimasak dengan cara ditanur. Tempat proses tanur makanan ini sendiri biasanya berupa sebuah lubang yang ada di bawah tanah.


Salah satu rempah yang dipakai pada makanan ini adalah apron. Rempah khas Arab ini membuat makanan satu ini berwarna kekuningan dan enak rasanya. Sementara itu, daging yang dipakai biasanya adalah daging kambing, daging yang lazim dipakai pada masakan Arab.

Selain punya khas dari segi warna, nasi ini juga punya ciri khas dari teksturnya yang agak lembab. Tekstur tersebut terbentuk akibat dari proses pengolahan masakan satu ini.

6. Nasi Biryani

Nasi Biryani

* sumber: lifestyle.okezone.com

Makanan satu ini sering disamakan dengan Nasi Mandi. Hal ini tak lepas dari warna nasinya yang mirip Nasi Mandi. Adapun pembeda antara nasi ini dengan Nasi Mandi adalah rasanya yang lebih pedas. Selain dari segi rasa, cara memasak nasi ini juga berbeda dari Nasi Mandi. Cara memasak nasi ini adalah dengan cara diaron dan disirami dengan bumbu yang ada di dalam alat khusus penyiram bumbu nasi ini.

Rasa pedas yang akan kamu dapat pada nasi ini berbeda dengan rasa pedas pada umumnya. Saat kamu memakan nasi ini, kamu akan merasakan sensasi pedas yang menimbulkan hangat di mulut dan perutmu. Mirip dengan cita rasa pedas ala masakan India.

7. Kushari

Kushari

* sumber: lifestyle.okezone.com

ini adalah menu khas Arab lainnya yang berbahan dasar nasi. Makanan ini dibuat dengan cara mencampurkan nasi dengan makaroni dan lentil. Kemudian, campuran nasi dengan lentil dan makaroni tersebut diberi potongan spageti, kacang Arab, bawang goreng, saus tomat, dan cuka.

Ada satu fakta unik di balik makanan satu ini. Konon, makanan yang berasal dari Mesir ini dulunya adalah makanan untuk para pekerja dan buruh. Di masa itu, makanan ini biasanya dibuat dari sisa-sisa makanan. Berkat kelezatan yang ada di dalamnya, makanan ini pun perlahan mulai dikenal luas, dan kini menjadi makanan yang bisa dikonsumsi siapa saja.

8. Mutabaq

Mutabaq

* sumber: manu2wanu.blogspot.com

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram