Ini Dia 10 Makanan Khas Australia Favorit Para Turis

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 14 April 2020

Saat ini, sudah banyak wisatawan dari Indonesia yang tertarik mengunjungi negeri kanguru. Walaupun biaya yang dibutuhkan lebih besar ketimbang berlibur ke negara-negara di Asia Tenggara, tapi Australia memiliki sejumlah objek wisata yang worth untuk dikunjungi.

Bukan hanya objek wisata saja yang menarik dikunjungi, makanan khas Australia juga wajib kamu coba ketika kamu sudah berlibur di sana. Buat kamu yang belum pernah mencoba makanan khas negeri kanguru dan tertarik untuk mencobanya, simak rekomendasi dari Keluyuran ini, yuk!

1. Pavlova

Pavlova

* sumber: www.delish.com

Hidangan penutup yang satu ini sering disangka sebagai makanan khas Jerman. Namun, pavlova adalah salah satu makanan dari Australia. Dulu, makanan ini dibuat oleh seorang chef bernama Herbert Sasche. Chef ini membuat dessert ini pada tahun 1920 dan namanya terinspirasi dari seorang balerina asal Rusia bernama Anna Pavlova.

Pavlova mirip dengan kue meringue. Kue yang satu ini memiliki tekstur yang ringan dan lembut di bagian dalamnya. Sementara untuk bagian luarnya dilapisi oleh krim dan diberi topping berupa buah-buaha, seperti buah beri, kiwi, dan markisa.

Kalau kamu pecinta makanan manis, kamu wajib mampir ke toko kue yang ada di Australia untuk mencicipi kelezatan Pavlova yang melegenda ini!

2. Chicken Parmigiana

Chicken Parmigiana

* sumber: www.thesimplyluxuriouslife.com

Parmigiana adalah hidangan yang berasal dari Italia. Masyarakat di Australia membuat menu dengan bumbu yang sama, tetapi bahan utamanya diganti. Parmigiana dari Italia terbuat dari terong, sedangkan Australia memakai daging ayam sebagai bahan utamanya.

Proses pembuatan makanan ini terbilang mudah, di mana daging ayam akan diuleni dengan tepung roti, lalu digoreng sampai teksturnya terasa renyah saat digigit. Kemudian, di bagian atas daging ayam yang sudah digoreng akan dituang lelehan keju parmesan, lalu ditambahkan dengan saus tomat segar.

Wah, rasa chicken parmigiana ini dijamin akan membuatmu ketagihan! Penyuka keju juga pasti akan gemar menyantap makanan ini.

3. The Lot

The Lot

* sumber: www.australianeggs.org.au

Burger adalah makanan yang sangat dikenal di Indonesia. Kamu bisa membeli burger di sejumlah restoran cepat saji yang sudah membuka gerainya di Indonesia. Akan tetapi, ketika berkunjung ke Australia kamu wajib membeli burger The Lot karena ini merupakan satu dari sekian banyak makanan yang sangat disukai para turis.

Walaupun tampilannya sama dengan burger pada umumnya, tetapi kabarnya The Lot menggunakan resep khusus sehingga cita rasanya tidak bisa kamu temukan pada burger serupa lainnya. Di dalam burger The Lot ini nggak hanya terdapat daging, selada, tomat, dan keju saja, tapi juga ada beetrot atau akar bit, buah nanas, dan telur setengah matang.

4. Meat Pie

Meat Pie

* sumber: www.thespruceeats.com

Selain burger, meat pie juga termasuk makanan yang bisa dijumpai di negara lain. Akan tetapi, ketika kamu berlibur di Australia, kamu harus banget mencoba meat pie yang dibuat oleh masyarakat negeri kanguru!

Meat pie ini berisi potongan daging sapi yang sudah dimasak terlebih dahulu. Kemudian, adonan berisi potongan daging akan dipanggang di dalam oven sampai matang. Mengingat ukurannya yang cukup besar, makan satu buah meat pie saja bisa membuatmu kenyang, lho.

5. Biskuit Anzac

Biskuit Anzac

* sumber: www.kingarthurflour.com

Australia termasuk dalam negara yang masyarakatnya tidak mengonsumsi nasi putih. Jadi, hampir semua makanan di sini memang tidak cocok disantap bersama dengan nasi putih. Salah satu contohnya adalah Biskuit Anzac. Biskuit yang teksturnya sedikit keras ini menjadi idola di kalangan para wisatawan.

Biskuit Anzac terbuat dari tepung, mentega, oat, gula, baking soda, kelapa, golden syrup, dan air panas. Berbeda dari biskuit lainnya yang biasa dibuat dengan tambahan telur, Biskuit Anzac ini tidak menggunakan telur sebagai bahannya agar biskuitnya lebih tahan lama.

Biskuit Anzac bisa dijadikan sebagai kudapan untuk minum secangkir teh atau kopi. Kamu juga bisa membawa biskuit ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga di tanah air.

6. Lamington

Lamington

* sumber: epicureandculture.com

Jika kamu bertanya-tanya mengenai makanan khas Australia yang paling populer, jawabannya adalah lamington. Kue yang tampilannya mirip brownies ini disebut sebagai kue nasional Australia. Bahkan, pemerintah Queensland menyebutkan bahwa lamington adalah makanan paling favorit di seluruh Australia.

Lamington adalah kue lembut yang teksturnya menyerupai spons. Kue ini sudah dilapisi dengan icing cokelat dan di bagian atasnya ditaburi oleh parutan kelapa. Ada juga versi lain dari kue lamington ini, di mana bagian tengahnya juga dioles dengan krim putih.

7. Sausage Sangers

Sausage Sangers

* sumber: www.taste.com.au

Tak dapat dipungkiri bahwa Australia adalah negara yang sebagian besar masyarakatnya suka menyantap barbecue. Mereka akan selalu berusaha untuk menyematkan daging panggang di setiap menu yang disantap.

Sausage sangers adalah sandwich khas Australia yang terkenal dengan kelezatannya. Roti sandwich ini berisi sosis yang padat dan lezat. Bahkan, sosis yang dipakai sebagai isian makanan ini sebelumnya sudah dipanggang sampai teksturnya sedikit garing dan nagih banget!

8. Pie Floater

Pie Floater

* sumber: yesofcorsa.com

Di Adelaide, Australia, pie floater termasuk hidangan yang sangat populer. Ketika melihat tampilannya, mungkin kamu tidak memiliki nafsu makan untuk menyantapnya. Maklum saja, tampilan pie floater memang terkesan biasa-biasa aja, bahkan cenderung asal-asalan.

Akan tetapi, kalau kamu sudah mencobanya, kamu pasti ketagihan. Pie floater sendiri merupakan pie daging yang disiram dengan sup kacang polong. Usut punya usut, makanan khas yang satu ini dikonsumsi oleh orang-orang Australia setelah malamnya mereka mendapatkan hangover karena minum minuman beralkohol.

9. Daging Kanguru dan Emu

Daging Kanguru dan Emu

* sumber: dr-hato.blogspot.com

Kanguru dan emu adalah dua hewan khas Australia. Namun, mengingat populasi kedua spesies hewan tersebut sangat berlimpah, maka hewan-hewan tersebut bisa diolah menjadi makanan yang boleh dikonsumsi oleh siapapun.

Emu sendiri adalah burung terbesar di Australia yang tidak dapat terbang layaknya burung-burung lain. Baik emu maupun kanguru biasa diolah menjadi sosis, burger, atau steak. Para wisatawan dapat menemukan tempatnya di restoran Australia atau membeli makanan beku yang terbuat dari daging emu atau kanguru di supermarket yang ada di negara tersebut.

10. Barramundi

Barramundi

* sumber: www.bestrecipes.com.au

Barramundi bukan nama makanan, melainkan nama jenis ikan yang sebenarnya juga bisa ditemukan di Indonesia. Ikan ini masuk dalam daftar makanan khas Australia karena masyarakat di sana mahir dalam mengolah ikan barramundi menjadi hidangan yang lezat.

Di Australia, mereka memasak ikan barramundi ini tidak dengan menggunakan bumbu atau rempah yang banyak. Biasanya ikan ini dipanggang atau dibakar dengan bumbu air lemon, garam, dan merica. Kamu pun dapat menemukan olahan steak ikan barramundi ini di sejumlah restoran yang ada di Australia, lho.

Inilah sejumlah makanan khas Australia yang bisa kamu cicipi ketika berkunjung ke sana. Sejumlah makanan ini sejatinya halal, tetapi kamu bisa memastikan kembali pada penjual makanan di sana. Masih ada makanan khas Australia lainnya yang belum dibahas di artikel ini? Silakan tambahkan makanan khas Australia lainnya di kolom komentar di bawah ini, ya!

Kunjungi juga artikel tempat wisata di Australia ini untuk memperoleh referensi wisata yang lebih banyak lagi.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram