10 Makanan Khas Balikpapan yang Perlu Kamu Cicipi

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Selain Samarinda, Balikpapan adalah kota di Kalimantan Timur lainnya yang patut kamu kunjungi. Apalagi jika kamu ada niatan untuk berwisata kuliner. Di sana ada banyak makanan khas yang sebaiknya kamu coba nanti.

Di artikel ini, kami akan merekomendasikan beberapa di antaranya. Sejumlah rekomendasi itu bisa kamu lihat sebagai berikut:

1. Roti Mantau

Roti Mantau (Copy)

Kalau kamu mau sarapan di Balikpapan, makanan khas ini patut dicoba. Ini adalah sajian berupa roti yang bentuknya seperti bakpau, namun warnanya kecokletan. Roti ini biasanya disantap bersama dengan daging sapi lada hitam.

Kadangkala, roti ini pun juga bisa disantap bersama dengan daging kambing. Selain untuk disantap langsung, kamu juga bisa menyantap roti ini sebagai buah tangan. Sudah banyak yang menjual olahan roti ini. salah satunya adalah Pondok Mantau yang ada di Jalan Ahmad Yani No. 28.

2. Amplang Kuku Macan

10 Makanan Khas Balikpapan yang Perlu Kamu Cicipi 1

Sumber: https://www.instagram.com/purwaningsih_erna/

Ini adalah makanan khas Balikpapan yang bentuknya serupa dengan kuku macan. Itulah mengapa nama makanan ini Amplang Kuku Macan. Makanan ini dibuat dari ikan tenggiri, tepung tapioka, telur, bawang, gula, merica dan bumbu-bumbu lainnya.

Makanan ini memiliki cita rasa yang gurih. Makanan ini bisa kamu makan langsung sebagai camilan atau dijadikan lauk untuk santap nasimu. Makanan ini pun bisa kamu jadikan buah tanganmu kelak.

3. Kepiting Saus Dandito

Kepiting Saus Dandito (Copy)

* sumber: sportourism.id

Balikpapan kaya akan sajian kepitingnya dan Kepiting Saus Dandito salah satunya. Makanan ini adalah sajian kepiting andalan Restoran Dandito, sebuah restoran seafood yang terkenal di Balikpapan. Sajian kepiting ini dibuat dari kepiting yang diguyur saus merah yang khas.

Saus merah pada kepiting ini dibuat dari bahan-bahan yang merah warnanya. Misal: jahe merah, tomat merah, cabai merah, gula merah dan bawang merah. Saus ini memiliki memiliki tekstur yang kental, dan memiliki perpaduan rasa pedas, manis, dan asam.

Sajian kepiting ini bisa kamu santap langsung atau bersama dengan roti mantau. Tertarik mencoba sajian kepiting ini? Sila datang saja ke Restoran Dandito yang ada di Jalan Marsma R. Wahyudi No. 70, Gunung Bahagia, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 76114.

4. Kepiting Lada Hitam

Kepiting Lada Hitam (Copy)

* sumber: sportourism.id

Selain Kepiting Saus Dandito, ada satu sajian kepiting khas Balikpapan lainnya yang patut dicoba. Kepiting Lada Hitam adalah sajian tersebut. Berbeda dengan Kepiting Saus Dandito, menu kepiting satu ini tidaklah berasal dari Restoran Dandito, tapi dari Restoran Kepiting Kenari.

Berbeda dengan kepiting lada hitam umumnya, Kepiting Lada Hitam satu ini tak hanya hitam bagian luarnya. Bagian dagingnya pun juga menghitam, serta memiliki cita rasa lada hitam yang pekat. Tertarik buat mencoba? Datang saja ke Restoran Kepiting Kenari yang ada di Jalan Marsma R. Wahyudi No. 4.

5. Peyek Kepiting

Peyek Kepiting (Copy)

Di Balikpapan, kepiting tak hanya bisa diolah menjadi menu restoran yang enak. Kepiting juga bisa diolah lagi menjadi makanan yang lebih ringan dan gurih: Peyek Kepiting. Di Balikpapan, Peyek Kepiting lazim dijadikan sebagai kudapan sehari-hari, serta bisa dijadikan buah tangan.

Peyek Kepiting dibuar dari daging kepiting yang dicincang. Daging kepiting itu nantinya dicampur bersama dengan tepung tapioka; tepung beras; bumbu halus; santan; air; dan irisan jeruk. Setelah itu, adonan daging kepiting itu digoreng ke wajan dengan cara memasukkannya sedikit demi sedikit.

Kalau kamu mau mencoba olahan kepiting ini, kamu datang saja ke Kampoeng Timoer yang ada di Straat 2 No. 30, Jalan Soekarono Hatta, Balikpapan.

6. Nasi Bakar Seafood

Nasi Bakar Seafood (Copy)

* sumber: blog.reddoorz.com

Tak hanya sajian kepiting, Balikpapan masih punya satu sajian seafood lainnya. Nasi Bakar Seafood adalah makanan tersebut. Ini adalah makanan laut yang tergolong baru di Balikpapan. Makanan ini baru muncul ke permukaan, terutama setelah lomba Festival Makanan Nusantara di Balikpapan usai dihelat 2015 silam.

Olahan nasi ini sendiri terbuat dari nasi yang diisi dengan beragam bahan makanan laut. Seperti kepiting, ikan dan udang. Agar makin mantap, ketiga bahan tersebut dibaluri bumbu khusus yang lezat rasanya. Selain membuat rasanya enak, tambahan bumbu tersebut membuat aroma masakan ini menjadi harum, terutama saat dibakar.

7. Mi Hijau

Mi Hijau (Copy)

*

Bagi kamu pecinta sajian mi, ada kabar baik untukmu. Di Balikpapan, ada satu sajian mi unik yang patut dicoba: Mi Hijau. Sesuai namanya, ini adalah sajian mi dengan ciri khas berupa warnanya yang kehijauan.

Hijaunya mi ini disebabkan oleh proses perebusan mi ini; bukan dari pewarna makanan. Sebelum disajikan, mi satu ini bakal direbus dulu bersama dengan sawi, hingga warnanya kehijauan. Mi Hijau lazimnya disajikan bersama suwiran daging kepiting ataupun ayam. Tak lupa, beberapa potong sawi dan pangsit pun turut disajikan pada sajian mi satu ini.

8. Bubur Gunting

Bubur Gunting (Copy)

Selain Mantau, ada satu sajian khas Balikpapan lainnya yang cocok kamu jadikan menu sarapan. Bubur Gunting adalah menu yang dimaksud. Nama bubur yang unik ini diambil dari cara mengolah bahan bubur ini yang semuanya digunting.

Adapun bahan-bahan yang digunting pada makanan ini adalah tepung ketan yang sebelumnya telah dicampur air kapur sirih, air daun suji, dan garam. Bahan itu digunting dengan pola memanjang. Seusai digunting, bahan itu lalu dimasukan ke dalam rebusan berbahan dasargula merah, santan, dan garam.

Bubur Gunting memiliki cita rasa yang manis. Untuk menyantap makanan ini, pastikan kamu menyantapnya kala masih hangat-hangatnya.

9. Pisang Gapit

Pisang Gapit (Copy)

*

Pisang gapit merupakan olahan yang berbahan dasar pisang gepok. Pada makanan ini, pisang gepok tersebut bakal dibakar terlebih dahulu di atas bara api. Pisang dibakar hingga bentuknya setengah matang.

Sesudahnya, pisang dijepit dengan alat yang terbuat dari kayu. Kemudian, dibakar kembali hingga matang dan sempurna. Kalau sudah matang, pisang yang dijepit itu diberi kuah cokelat yang manis rasanya.

Tertarik mencoba olahan pisang ini? Datang saja ke Pisang Gapit Kebun Sayur Nenek Bahari yang ada di Jalan Marga Sari, Baru Ilir, Kecamatan Balikpapan Baru, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

10. Onde-Onde Ubi Ungu

Onde-Onde Ubi Ungu (Copy)

Onde-Onde biasanya berisi kacang hijau. Namun, tidak dengan onde-onde satu ini. Onde satu ini isinya adalah ubi ungu. Jenis ubi yang kaya akan vitamin A yang bermanfaat bagi tubuh kita. Selain enak, onde-onde ini juga cukup bergizi, lantaran ada ubi ungi di dalamnya.

Onde-Onde Ubi ungu memiliki isian ubi ungu yang cukup tebal. Sehingga, kamu pun bisa meraskaan cita rasa ubi ungu yang kuat pada onde-onde ini. Selain sebagai kudapanmu kala di Balikpapan, Onde-Onde Ubi Ungu juga cocok dijadikan buah tanganmu nanti.

Itulah sejumlah makanan khas Balikpapan yang bisa kamu coba. Terutama, jika kamu hendak berwisata kuliner di sana. Selamat berwisata kuliner!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *