Nikmatnya 10 Makanan Khas Banten yang Paling Terkenal Ini

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 29 Juli 2020

Apa rencana Anda akhir pekan ini? Jika masih belum ada rencana, ajak saja keluarga atau sahabat untuk berlibur ke Banten. Di Banten ada beberapa objek wisata yang sangat terkenal di kalangan wisatawan, seperti Sawarna dan Anyer. Bahkan, penginapan di sekitar Anyer pun sudah cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan wisatawan. Usai mendapatkan penginapan, jangan lupa kuliner mencicipi makanan khas Banten yang enak-enak.

Keluyuran akan memberikan informasi 10 makanan khas Banten yang paling terkenal. Semua makanan yang kami rekomendasikan ini adalah makanan yang paling banyak dicari oleh wisatawan yang berkunjung ke Banten.

1. Rabeg Banten

Rabeg Banten Makanan Khas Banten

* sumber: www.bantennews.co.id

Makanan khas Banten yang pertama ini terbuat dari campuran daging dan jeroan kambing. Orang yang memasak Rabeg Banten ini harus pandai menghilangkan bau prengus kambing agar tidak merusak selera makan. Daging dan jeroan kambing dimasak dengan berbagai rempah-rempah, seperti pala, kayu manis, cengkeh, daun jeruk, dan serai.

Makanan ini berkuah warna coklat sehingga jika dilihat sekilas tampilannya menyerupai rawon atau semur. Kenikmatan rasa dan aroma dari Rabeg Banten ini membuat banyak wisatawan yang tertarik mencoba makanan ini. Rabeg Banten bisa ditemui dengan mudah di Serang dan sekitarnya.

2. Nasi Sumsum

Nasi Sumsum

* sumber: www.indonesiakaya.com

Berbicara mengenai kuliner khas Banten memang tidak akan ada habisnya. Boleh dibilang masyarakat Banten sangat pandai menciptakan hidangan unik yang tidak pernah dijumpai di daerah lain. Salah satu yang terunik adalah Nasi Sumsum.

Makanan yang satu ini terbuat dari sumsum kerbau atau sapi. Kemudian, sumsum tersebut dibalut dengan nasi yang sudah dibumbui dengan rempah-rempah. Setelah mencampur nasi dan sumsum, bungkus dengan daun pisang dan bakar sampai matang. Nasi bakar sumsum ini memiliki rasa yang sangat lezat. Hingga saat ini, nasi sumsum selalu menjadi kuliner wajib bagi wisatawan yang datang dari luar Banten.

3. Sate Bandeng

Sate Bandeng

* sumber: merahputih.com

Kalau dilihat sepintas saja, sate bandeng ini mirip banget dengan sate lilit khas Bali atau otak-otak ikan. Seperti yang sudah bisa Anda duga sebelumnya, makanan ini berbahan dasar ikan bandeng. Pemilihan ikan bandeng pun tidak sembarangan karena hanya ikan bandeng segar dan terbaik yang bisa dipakai sebagai bahan membuat sate yang enak.

Daging ikan bandeng akan dihaluskan dan dicampur dengan rempah-rempah pilihan. Selanjutnya, ikan bandeng yang sudah dibumbui akan dibungkus dengan daun pisang dan dibakar. Hasilnya, sate bandeng yang sangat sedap ini siap dinikmati dengan sepiring nasi putih.

4. Pecak Bandeng

Pecak Bandeng

* sumber: www.makanajib.com

Satu lagi makanan khas Banten yang terbuat dari ikan bandeng, yakni pecak bandeng. Berbeda dengan sate bandeng yang mengharuskan kita untuk menghaluskan daging ikan bandeng terlebih dahulu, pecak bandeng ini hanya bisa menggunakan satu ekor ikan utuh.

Ikan bandeng akan dibakar sampai matang tapi tidak sampai terlalu kering atau gosong. Kemudian, di atas ikan bandeng akan diletakkan sambal khusus dan sedikit perasan air jeruk limau. Soal rasa tak perlu ditanya karena pecak bandeng ini menawarkan rasa yang gurih, sedap, dan sedikit pedas.

5. Kue Pasung Merah

Kue Pasung Merah

* sumber: food.idntimes.com

Cari kue basah khas Banten untuk cemilan saat perjalanan? Ada kue pasung merah yang merupakan kue basah paling favorit di Banten. Kue ini mungkin bisa Anda temukan di pedagang-pedagang kue basah yang ada di pasar tradisional. Bahan utama pembuatan kue ini adalah tepung beras, gula merah, tepung sagu, dan santan.

Semua bahan tersebut akan dibungkus dengan daun pisang hingga bentuknya mirip cone  es krim. Kemudian, adonan kue yang sudah digulung dengan daun akan dikukus sampai benar-benar matang. Kue pasung merah sangat cocok dimakan sebagai cemilan atau penggajal perut darurat di saat Anda sedang lapar tapi tidak ada makanan berat di sekitar Anda.

6. Sate Bebek Cibeber

Sate Bebek Cibeber

* sumber: www.masakandapurku.com

Sate ayam dan sate kambing mungkin sudah biasa bagi Anda. Bagaimana jika kali ini Keluyuran mengajak Anda mencicipi sate bebek cibeber khas Banten? Sesuai dengan namanya, sate ini terbuat dari daging bebek. Tentu saja tekstur dan rasa sate bebek sangat berbeda dengan sate ayam walaupun keduanya sama-sama berasal dari unggas.

Sate bebek disajikan dengan bumbu yang terbuat dari gula merah dan beberapa jenis rempah-rempah. Rasanya sudah pasti berbeda dan enak! Anda harus mencoba hidangan ini jika sedang berkunjung ke Banten.

7. Balok Manes

Balok Manes

* sumber: albadilabuan.blogspot.co.id

Banten memang memiliki beragam kuliner unik dengan citarasanya yang super lezat. Seperti Balok Menes ini yang merupakan makanan dengan bahan utama singkong. Cara mengolah balok menes hampir sama dengan cara pembuatan gethuk. Singkong pilihan akan dicampur dengan minyak kelapa.

Agar rasanya semakin lezat biasanya penjual akan menambahkan serundeng yang ditaburkan di atas singkong ini. Beberapa penjual turut menambahkan bawang goreng di atas balok menes ini agar rasanya semakin gurih dan sedap.

8. Angeun Lada

Angeun Lada

* sumber: indonesiatripnews.com

Angeun Lada memiliki tampilan seperti garang asem. Namun, percayalah bahwa rasa angeun lada sangat berbeda dengan garang asem. Makanan khas Banten ini bisa ditemukan dengan mudah di Banten Selatan, Pandeglang, dan Lebak.

Bahan utama hidangan ini antara lain adalah daging sapi, sayuran (labu siam, wortel, terong, dan daun walang), serta beberapa rempah-rempah lain untuk menyedapkan rasa makanan. Walaupun sudah jarang ditemukan, makanan yang satu ini tetap menjadi favorit bagi para wisatawan yang memang ingin berburu kuliner unik khas Banten.

9. Laksa Tangerang

Laksa Tangerang

* sumber: moeslema.com

Walaupun diberi nama Laksa Tangerang, tetapi makanan yang satu ini berasal dari Banten, lho. Laksa Tangerang terbuat dari mie atau bihun yang disiram dengan kuah berwarna kuning seperti kuah kari. Bahkan, sebagai pelengkap biasanya kuah tersebut berisi kentang.

Sebelum disiram dengan kuah, mie atau bihun akan ditambahkan dengan potongan daging ayam, telur rebus dan tauge. Setelah itu, kuah kari laksa ini disiramkan ke mie. Tambahkan potongan daun bawang di atas Laksa Tangerang agar rasanya semakin mantap.

10. Kue Cucur

Kue Cucur

Kue Cucur adalah kue yang cukup terkenal. Sayangnya, banyak masyarakat yang tidak mengetahui bahwa kue cucur ini sebenarnya adalah kue khas Banten. Bahan pembuatan kue cucur sebenarnya sangat sederhana, yakni hanya tepung beras dan gula merah. Kemudian, adonan kue cucur akan digoreng dengan bentuk seperti telur dadar.

Bukan hanya terkenal di Banten saja, kue cucur juga terkenal sebagai kue dari Betawi dan Thailand. Agar rasanya semakin nikmat, sebaiknya makanlah kue cucur ini dalam keadaan hangat.

Wah, 10 makanan khas Banten ini membuat perut menjadi lapar dan ingin segera mencicipinya, ya! Jika Anda memiliki rekomendasi kuliner khas Banten lainnya, silakan tulis rekomendasi Anda di kolom komentar. Jadi, Anda sudah turut berkontribusi memberikan referensi kuliner khas Banten lebih banyak kepada kami dan para pembaca lainnya.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram