10 Makanan Khas Belanda Paling Enak dan Menggoda Selera

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Hoe gaat het met je? Apa kabar? Nah, bagi yang pernah berlibur ke Belanda atau yang pernah menghabiskan waktu studi di negeri kincir angin, pasti akrab dengan sapaan tadi.

Berhubung tema yang akan Keluyuran bahas kali ini mengenai kuliner khas Belanda. Jadi, tak ada salahnya kita sedikit belajar bahasanya. Mengingat makanan khas yang akan kita sebutkan dalam daftar di bawah ini memiliki nama yang unik yang juga sulit untuk lafalkan.

Keluyuran telah merangkum makanan khas Belanda yang banyak disukai oleh masyarakat dari negara lain. Penasaran apa saja? simak daftarnya berikut ini ya!

1. Frikandel

Frikandel

Makanan khas Belanda yang juga sangat digemari di sana adalah Frikandel. Frikandel merupakan kuliner tradisional Belanda berbahan dasar daging dan jeroan yang dihaluskan kemudian dibentuk silinder. Setelah itu direbus sebelum akhirnya digoreng. Masyarakat Belanda sendiri biasa menggunakan plastik khusus untuk memasak saat proses pembentukan dan perebusan.

Kuliner ini sudah ada sejak abad ke-17 di Belanda dan mulai kembali populer setelah Perang Dunia II berakhir, yaitu pada tahun 1954. Frikandel sendiri lebih mirip seperti hot dog atau sosis. Kuliner yang satu ini menjadi makanan khas yang cukup mudah untuk dibuat di rumah. Menarik ya?

2. Stamppot

Stamppot

Bila membahas kuliner khas Belanda. Sudah pasti makanan bernama Stamppot ini termasuk ke dalam salah satunya. Selain terkenal karena kelezatannya, Stamppot juga merupakan makanan yang cukup mudah untuk di sajikan.

Makanan ini berbahan dasar kentang rebus yang dihaluskan atau lebih mirip dengan mashed potatoes yang dicampur berbagai jenis sayuran mulai dari wortel, kale atau kubis Belanda, bawang dan masih banyak lagi.

Stamppot biasanya disajikan dengan sosis atau baccoon. Makanan ini menjadi menu favorit yang sering dijajakan di berbagai resto dan cafe yang ada di Belanda. Nah, bagi kamu pencinta kuliner. Kamu pun wajib memasukkan menu yang satu ini ke dalam daftar hidangan unik bagi keluarga.

3. Pannenkoeken

Pannenkoeken

Pannenkoeken atau yang lebih populer dengan nama pancake atau kue panekuk dalam bahasa Indonesia ini merupakan kuliner khas Belanda lainnya yang juga sangat diminati oleh wisatawan asing yang berkunjung ke negara tersebut.

Pannenkoeken terbuat dari adonan terigu, telur ayam, gula, susu cair dan bahan lainnya. Selain susu cair, masyarakat Belanda juga kerap menggunakan buttermilk atau yogurt untuk membuat adonan.

Setelah adonan memiliki tekstur sedikit kental. Pannenkoeken kemudian digoreng di atas wajan yang diolesi margarin dengan api kecil. Pannenkoeken biasa disajikan dengan saus sirop, madu atau selai di atasnya.

4. Herring

Herring

Bila di Jepang ada Sushi atau Sashimi, maka di Belanda ada Herring. Herring sendiri merupakan olahan yang terbuat dari ikan Herring. Kuliner yang telah populer di negeri kincir angin sejak 6 abad lalu ini merupakan kuliner unik yang wajib untuk dicoba ketika berkunjung ke Belanda.

Kuliner yang satu ini termasuk ke dalam kuliner musim panas yang kerap mengundang rasa penasaran para wisatawan asing. Masyarakat Belanda sendiri biasanya menyajikan ikan Herring yang masih segar tanpa dimasak terlebih dahulu. Ikan ini disajikan langsung dalam irisan kecil bersama dengan potongan bawang bombay, acar timun serta perasaan jeruk lemon.

5. Keju Edam

Keju Edam

Sebagai produsen keju ternama yang ada di dunia. Belanda memiliki produk keju unggulan yang popularitasnya sampai ke mancanegara, yaitu keju Edam. Keju Edam merupakan salah satu keju yang memiliki cita rasa terbaik di dunia.

Selain memiliki kandungan lemak yang rendah serta protein yang tinggi, rasa yang ditawarkan oleh keju yang satu ini pun sedikit berbeda dengan keju yang lain.

Keju Edam merupakan kuliner legendaris yang populer sejak abad ke-12. Hingga saat ini keju Edam sering dijadikan buah tangan oleh para wisatawan luar negeri yang sedang berkunjung ke Belanda, khususnya bagi para turis yang berwisata ke kota Edam, kota dimana tempat keju tersebut berasal.

6. Beschuit met muisjes

Beschuit met muisjes 

Beschuit met muisjes merupakan kuliner khas lainnya dari negeri kincir angin yang banyak disukai oleh masyarakat. Kuliner khas tradisional ini pada awalnya di disajikan untuk menyambut kelahiran bayi di Belanda. Namun, seiring waktu kuliner ini pun kini dapat mudah ditemukan pada momen-momen lain di luar dari hal tersebut.

Beschuit met muisjes sendiri memiliki tekstur yang lembut. Kuenya terbuat dari adonan tepung yang dibentuk lingkaran kemudian dipanggang dalam oven. Setelah itu baru diolesi dengan mentega serta muisjes berwarna merah dan biru tergantung bayi yang lahir.

Muisjes sendiri adalah taburan roti yang terbuat dari adas manis. Beschuit met muisjes sendiri kini memiliki banyak variasi rasa yang berbeda dengan banyak tampilan yang menggoda selera.

7. Ontbijtkoek

Ontbijtkoek

Selanjutnya ada Ontbijtkoek kuliner khas Belanda yang memiliki arti “kue sarapan pagi”. Meskipun namanya kue sarapan pagi, namun kue khas yang satu ini tak harus dikonsumsi pada pagi hari. Masyarakat Belanda sendiri kerap menghidangkan kue yang satu ini untuk menjamu para tamu.

Ontbijtkoek adalah kuliner sederhana berbahan dasar Gandum yang diolah dengan berbagai rempah seperti kayu manis, jahe, cengkih dan bubuk pala. Ontbijtkoek sendiri merupakan kue khas yang disukai oleh masyarakat Belanda sebagai teman minum teh.

Teksturnya sangat lembut mirip seperti bolu loyang yang ada di Indonesia. Selain dinikmati dengan segelas teh, kue yang satu ini juga sering disajikan dengan olesan mentega di atasnya.

8. Waterzooi

Waterzooi

Selain Hutspot, Belanda juga mempunyai hidangan musim dingin yang sangat digemari, yaitu Waterzooi. Sebelum menggunakan ayam sebagai bahan dasar pembuatannya, kuliner yang satu ini merupakan olahan berbahan dasar ikan laut atau ikan air tawar yang berasal dari daerah Ghent.

Waterzooi merupakan kuliner khas berbentuk sup yang terdiri dari potongan prei, wortel, bawang, dan potongan ayam yang telah direbus bersama rempah-rempah. Waterzooi memiliki tekstur mirip seperti sup krim sehingga sangat cocok disajikan dengan sepotong roti atau potongan kentang rebus yang sering dilakukan masyarakat Belanda.

9. Zeeuwse bolus

Zeeuwse bolus

Zeeuwse bolus adalah kue khas Belanda yang berasal dari provinsi Zeeland. Zeeuwse bolus terbuat dari adonan tepung yang dipanggang membentuk roti. Roti ini kemudian digulung dengan menambahkan olesan gula merah, kulit lemon dan juga bubuk kayu manis. Makanan bercitarasa manis ini biasa dinikmati dengan secangkir kopi serta olesan mentega di atasnya.

Zeeuwse bolus sendiri memiliki banyak varian rasa serta bentuk seperti jeruk, kacang almond, jahe dan juga lemon. Biasanya tiap toko yang menyajikan kuliner ini memiliki resep yang berbeda. Kuliner khas dari Belanda ini sendiri biasa disantap pada pagi hari atau pada sore hari. Rasanya yang manis memang bisa membuat orang jatuh cinta.

10. Hutspot

Hutspot

Hutspot adalah kuliner khas lainnya yang menjadi primadona di negeri kincir angin. Sama seperti Stamppot, Hutspot pun banyak dijajakan di cafe dan resto yang ada di Belanda. Hutspot adalah sajian sehat yang terdiri dari sayuran yang telah dihaluskan seperti kentang, wortel, buncis, dan bawang bombay yang sebelumnya telah direbus.

Sayuran tersebut kemudian dicampur dengan blackpapper, butter dan susu cair. Menu khas musim dingin ini biasanya dihidangkan dengan potongan sosis dan baccoon yang sebelumnya telah dimasak. Masyarakat Belanda biasa menyantap menu yang satu ini dengan segelas bir untuk menghangatkan tubuh. Nah, kira-kira bagaimana rasanya, ya?

Nah, itulah 10 makanan khas Belanda yang wajib kamu coba. Semoga informasi di atas bisa menjadi rekomendasi menu harian unik yang coba kamu buat di rumah. Bila ada makanan khas lain yang kamu tahu. Coba tulis di kolom di bawah, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *