Inilah 10 Makanan Khas Belarus, Negara Pencinta Kentang

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 2 Januari 2022

Masakan khas Belarusia mempunyai sejarah yang sudah berabad-abad lamanya serta kaya rasa dan menarik. Kuliner dari negara ini memiliki banyak kesamaan dengan beberapa negara tetangganya, seperti Rusia, Ukraina juga Polandia. Mendapatkan pengaruh dari masakan Lithuania dan Latvia, makanan dari Belarus masih tetap mempertahankan karakteristiknya.

Bahan yang digunakan untuk makanan di antaranya biji-bijian, kentang, daging, sayuran juga susu. Semua bahan ini dianggap sebagai ciri khas dari kulinernya.

Kentang merupakan bahan yang sangat dicintai di negara ini dan karenanya Belarus menjadi negara dengan konsumsi kentang tertinggi di dunia. Apa saja sih makanan dari Belarus? Yuk, kita intip makanannya di daftar berikut ini!

Baca juga: 10 Macam Makanan Khas Rusia yang Menarik untuk Dicoba

1. Zur/Zurek

Zur/Zurek

Zurek merupakan sup tradisional dari negara Polandia yang memiliki ciri rasa asam yang khas. Rasa asam ini asalnya dari ragi asam atau roti dan tepung gandum hitam yang difermentasi. Sup ini juga berisi daging seperti sosis, bacon, maupun ham, serta sayuran seperti kentang juga jamur.

Walaupun sup ini terkenal sekali di seluruh Polandia, tiap daerah mempunyai versi hidangannya masing-masing, termasuk di Belarus. Terkadang sup ini dihidangkan dalam mangkuk yang bisa dimakan yang dibuat dari roti kemudian di atasnya ditambahkan sepotong telur rebus sebagai hiasan. Umumnya zurek dibuat dan dikonsumsi saat Paskah.

Versi sup zurek yang populer disebut barzcz bialy. Sup ini dibuat menggunakan tepung terigu dan bukannya tepung gandum hitam. Nama zur asalnya dari kata Jerman sur, atau sauer, yang artinya adalah asam. Ini mengacu pada rasa khas dari sup yang terkenal ini. 

2. Babka

Babka

Babka merupakan makanan khas Belarus yang berbahan dasar kentang lainnya. Makanan ini menghangatkan dan membuat perut kenyang. Babka merupakan makanan yang sangat digemari di negeri ini.

Makanan ini berupa roti kentang yang dibuat dari bermacam bahan. Umumnya, campuran lemak babi dan bawang goreng akan ditambahkan ke dalam kentang parut. Kemudian ditambahkan pula bahan-bahan lainnya, seperti bacon, yang disukai orang Belarus. Ada juga yang menambahkan daging cincang.

Babka bisa dipanggang menggunakan wajan biasa maupun wajan dari tanah liat. Kalau dipanggang menggunakan wajan dari tanah liat akan menghasilkan aroma dan rasa yang lebih khas. Makanan ini menyenangkan untuk dicicipi.

Cara penyajian babka bisa dalam bentuk irisan di atas piring, bisa juga langsung dimakan dari wajannya. Babka sangat enak untuk dinikmati dengan krim asam atau susu. Pastikan untuk mencoba makanan ini jika kamu berkunjung ke Belarus.

3. Karavai

Karavai akarnya dari budaya pagan. Penampilan roti ini berupa roti lilit yang berbentuk bulat besar dan umumnya dibuat dari tepung terigu lalu dihiasi dengan ornamen nasional.

Roti ini mempunyai makna budaya yang penting dan dipercaya sebagai sesuatu yang sangat berharga daripada hanya sepotong roti. Karavai dibuat untuk acara-acara khusus.

Roti ini merupakan tanda hormat dan kehormatan yang ditawarkan oleh tuan rumah kepada tamu yang berkunjung ke rumah. Karavai mempunyai rasa yang lezat dan teksturnya lembut yang didapatkan dari penggunaan telur dan susu yang banyak. Di negeri ini ada kebiasaan memberikan karavai kepada pengantin baru.

4. Poliŭka

Poliŭka

Di Belarus poliŭka merupakan istilah umum yang digunakan untuk menyebut sup tradisional. Kata sup dipinjam oleh para bangsawan negara ini dari bahasa Jerman pada sekitar abad ke-18. Namun sebenarnya jauh sebelum abad itu, resep lokal untuk sup ini sudah terdokumentasikan. Poliŭka klasik secara historis dibuat menggunakan ikan atau jamur dan disantap saat Prapaskah.

Bahan-bahan itu kemudian direbus dalam kaldu bersama dengan barley atau millet, jus bit, kvass (minuman gandum hitam yang difermentasi) maupun buttermilk.

Sekarang resep sup ini umumnya menggunakan beragam jenis jamur yang direbus bersama dengan kentang, wortel, bawang bombay, adas, labu maupun pure tomat. Biasanya sebelum disajikan, sup ini dihiasi dengan dill segar dan krim asam.

5. Zacirka

Makanan khas Belarus ini berupa pangsit yang sederhana dan disajikan hangat. Pada zaman dahulu zacirka adalah makanan penting yang dibuat oleh petani Belarusia. Makanan ini muncul dalam banyak cerita juga puisi Belarus.

Zacirka dibuat dari campuran bahan berupa tepung, telur serta air. Kemudian adonan digulung menjadi pangsit khas Belarus dengan ukuran kecil. Pangsit ini lalu disiram dengan susu yang diencerkan dengan menambahkan air. Zacirka merupakan hidangan sederhana yang mengenyangkan juga sangat bergizi.

Sekarang ini zacirka sudah jarang dibuat, tapi hidangan ini masih bisa ditemukan jika kamu mengunjungi desa di Belarus. Para generasi tua masih memasak zacirka. Hidangan ini merupakan makanan tradisional Belarus yang mempunyai tempat penting dalam sejarah Belarus.

6. Lakshini

LakshiniSumber: youtube.com

Hidangan Belarus yang lezat ini mencerminkan kepintaran dan kerja keras warga Belarus. Selain itu, makanan ini juga memperlihatkan kecintaan penduduknya pada kentang yang tak terbatas. Untuk membuat lakshini perlu waktu yang lama.

Pertama adalah memanggang pancake yang terbuat dari tepung kentang. Setelah matang kemudian dipotong-potong panjang. Selanjutnya, potongan tersebut dikeringkan hingga nampak seperti chips.

Mungkin dahulu nenek moyang orang Belarus menyimpan potongan kering ini dalam tas linen dan meletakkannya di dekat kompor supaya selalu kering dan hangat.

Potongan ini dibiarkan kering selama beberapa hari. Sesudah didiamkan, dituangkan susu ke atas potongan tadi dan ditambahkan garam, gula serta mentega.

Sesudah siap kemudian sup dimasak dalam oven. Lakshini dimasak selama kurang lebih 30 menit hingga sup susu menjadi lembut dan penuh aroma. Ini merupakan makanan khas Belarus yang digemari di seluruh penjuru negeri.

7. Lazanki

Hidangan pasta ini memiliki nama lazanki yang digunakan di Belarus dan Polandia. Adonan pasta ini terbuat dari tepung gandum, gandum hitam atau soba, garam, air serta minyak. Adonan pasta yang pipih dibentuk jadi kotak atau segitiga kemudian direbus. Setelah itu pasta dikombinasikan dengan lemak babi serta bawang bombay.

Pasta lazanki dibawa ke Belarus pada abad ke-16. Saat Prapaskah, pasta ini diberi tambahan dengan buah beri atau biji poppy yang dihaluskan.

Untuk meningkatkan rasa, makanan khas Belarus ini juga bisa dikombinasikan dengan kubis, daging atau krim asam. Umumnya lazanki dipanggang dalam wajan dan ditaburi keju parut sampai warnanya berubah cokelat keemasan.

8. Smazhenka

Terkadang orang Belarus menyebut smazhenka sebagai pizza Belarus. Hal ini karena tampilannya memang menyerupai pizza, tapi biasanya smazhenka dibuat dari adonan kental serta diberi beberapa bahan lain di atasnya kemudian dipanggang dalam oven.

Untuk penggemar makanan daging, mungkin akan lebih suka smazhenka yang dibuat dari ayam dan jamur atau yang dibuat dengan ham dan keju. Versi modern dari hidangan ini adalah versi vegetarian yang juga terkenal dan tak kalah populernya dari hidangan aslinya.

9. Machanka

Machanka dalam bahasa Inggris berarti ‘dunk’ atau celup. Makanan khas Belarus ini merupakan stew yang kental dan teksturnya lembut. Bahan pembuatnya berupa telur kocok, susu, tepung, krim asam serta keju cottage dalam jumlah yang banyak. Sesudah matang, sup ini di atasnya diberi hiasan daging babi goreng yang renyah serta krim asam.

Di Belarus resep hidangan ini memiliki banyak variasi. Banyak juru masak maupun koki rumahan yang memiliki resep mereka sendiri. Ada yang suka menambahkan tepung biji rami atau minyak sayur ke dalam rebusan. Sementara yang lainnya, lebih suka untuk menghiasnya dengan potongan daging, seperti daging babi atau sosis.

Sesudah sup ini masak, biasanya orang Belarus akan mencelupkan beragam makanan ke dalam stew ini, termasuk irisan roti, pancake maupun kentang rebus. Machanka merupakan salah satu makanan Belarus yang harus dicoba karena kaya rasa dan sangat mengenyangkan.

10. Kalduni

KalduniSumber: youtube.com

Kalduni adalah makanan khas Belarus yang sederhana tapi gurih. Ini adalah adonan pangsit yang tidak menggunakan ragi. Makanan ini mirip dengan ravioli dari Italia dan banyak muncul di sejumlah masakan negara tetangga Belarus. Adonan kalduni dibuat dari campuran tepung, telur, air dan garam. Sesudah diuleni, adonan ini menjadi elastis dan siap diisi dengan isian.

Hidangan dari Belarus ini bisa jadi makanan utama ataupun makanan penutup. Kalau dibuat jadi makanan utama, umumnya kalduni diisi dengan daging cincang, ikan, jamur, atau keju. Rasa yang paling populer adalah kalduni yang manis. Untuk membuatnya kalduni diberikan tambahan buah beri yang lezat dan buah-buahan kering lainnya.

Setelah dihidangkan dalam piring, kalduni yang gurih disiram dengan krim asam atau mentega cair, bergantung dari isiannya. Kalau kalduni-nya berasa manis, siramannya adalah sirup dan kayu manis.

Di wilayah Slavik, ‘kalduni’ diterjemahkan jadi 'penyihir' atau ‘ahli magis’. Walaupun asal usulnya tidak jelas, kalduni memiliki rasa yang lezat sehingga tak boleh dilewatkan.

Nah, itulah 10 makanan khas Belarus yang beragam dan rasanya lezat. Ternyata ada kuliner dari negara ini yang sudah tidak umum dibuat, seperti zacirka. Orang Belarus juga suka sekali kentang sehingga makanannya lebih banyak berbahan dasar kentang.

Karena berdampingan dengan negara lain, maka makanan khas Belarus juga hampir sama dengan negara-negara tetangganya, seperti Rusia atau Polandia. Menurutmu, hidangan mana yang paling menggugah selera?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram