Inilah 12 Makanan Khas Belgia yang Rasanya Sangat Lezat

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 9 Juli 2021

Berisi saus yang kaya rasa, makanan laut yang lezat, dan tekstur yang lembut, makanan Belgia menghadirkan begitu banyak tekstur dan rasa. Dikenal secara internasional dengan cokelatnya yang menggugah selera dan birnya yang nikmat, Belgia masih memiliki lebih banyak lagi masakan yang disukai selain produk terkenalnya, cokelat.

Ada berbagai pengaruh luar biasa dalam makanan Belgia, menciptakan masakan yang menawarkan cita rasa mewah, lembut, dan hidangan sehat yang sehat. Yuk kita jelajahi beragam makanan khas Belgia yang kaya akan rasa dan terhidang dalam berbagai bentuk.

1. Moules Frites

Moules-frites yang dalam bahasa Prancis, Mosselen-Friet, dalam bahasa Flemish (bahasa Belanda-Belgia), atau kerang dan kentang goreng merupakan hidangan klasik Belgia. Makanan khas Belgia ini bisa ditemukan di hampir semua kafe atau brasserie di Brussel.

Hidangan ini adalah salah satu makanan untuk dimakan saat berkunjung ke Belgia. Penyajian kerang yang sangat umum di Belgia yaitu dikukus memakai anggur putih dalam pot yang hitam dan besar. Bahan lain dalam makanan ini adalah peterseli, bawang merah, dan mentega.

Metode memasak lainnya termasuk menambahkan krim, bir, atau bahkan saus mustard. Kerang sendiri bisa dihidangkan sebagai sajian pembuka, khususnya dibagikan di antara teman-teman atau kamu bisa menikmatinya bersama kentang goreng sebagai hidangan utama.

2. Gaufre

Apa yang spesial dari wafel Belgia? Mereka memiliki galur yang lebih dalam dibandingkan wafel Amerika sehingga bisa menampung lebih banyak topping. Wafel Belgia juga cenderung lebih besar tetapi tidak terlalu lunak dan juga lebih renyah.

Kios-kios di seluruh negeri ini menawarkan topping yang banyak, tetapi yang klasik cenderung berupa Nutella, krim kocok atau buah segar.

Di Liège, makanan khas Belgia ini sering disajikan tanpa rasa. Keluarga kerajaan Belgia dikenal sangat menyukai wafel Liège, khususnya dari toko kue Patisserie Eggenols.

3. Cokelat Truffle Belgia

Keterlaluan jika tidak memasukan produk ekspor utama Belgia ini dalam menu makanan Khas Belgia. Cokelat sekarang ini merupakan bagian penting dari masakan Belgia dan perekonomian Belgia. Makanan ini telah diproduksi di Belgia sejak abad ke-19.

Cokelat adalah bahan utama di sebagian besar makanan penutup Belgia. Beberapa cokelat Belgia yang paling populer adalah cokelat truffle bulat.

Permen yang menyenangkan ini memiliki bagian tengah yang berisi ganache dan krim serta kulit cokelat, kakao, kelapa, dan hazelnut, dan merupakan makanan yang harus dicoba di Belgia.

Kamu juga harus mencoba makanan Belgia yang paling disukai lainnya, yaitu cokelat praline. Praline memiliki isian yang lembut dan cair dan lapisan cokelat yang manis.

Mau mencoba beberapa merek cokelat terkenal seperti Neuhaus, Godiva, dan Leonidas atau memilih salah satu dari ribuan merek pembuat cokelat lokal, kamu akan mendapatkan suguhan yang kaya rasa dan memanjakan, apa pun merek cokelatnya.

4. Frites

Kentang goreng atau frites dalam bahasa Prancis dan frieten dalam bahasa Flemish pada dasarnya adalah hidangan nasional tidak resmi Belgia.

Rahasia Belgia untuk kentang goreng yang sempurna adalah proses 2 langkah. Pertama-tama menemukan kentang yang tepat. Kemudian kentang yang baru dipotong ini digoreng dua kali.

Untuk mendapatkan keseimbangan sempurna antara kerenyahan luar dan kelembutan bagian dalam, kentang lunak digoreng terlebih dahulu pada suhu yang lebih rendah untuk memasak bagian dalamnya hingga menjadi lembut.

Tahap kedua, yaitu goreng kentang sebentar pada suhu yang lebih tinggi untuk membuat bagian luar yang renyah. Penduduk setempat biasanya mencelupkan kentang goreng mereka ke dalam mayones dibandingkan saus tomat dan rasanya lumayan enak.

Makanan khas Belgia ini harus dicoba dan dapat dengan mudah ditemukan di restoran, kafe, bar, atau truk makanan jalanan (friterie) di Belgia.

Namun ingat untuk tidak menyebut mereka 'French Fries', karena ada banyak kontroversi antara orang Belgia dan Perancis tentang siapa yang menemukan kentang goreng!

5. Filet Américain / Steak Tartare

Steak Tartare secara lokal disebut sebagai Filet Américain, yang secara harfiah diterjemahkan menjadi filet daging sapi Amerika.

Filet américain atau steak tartare terdiri dari daging sapi tanpa lemak yang dicincang halus, dihancurkan atau dicacah, dicampur dengan bawang dan rempah-rempah, dan diberi kuning telur.

Di Belgia, steak tartare merupakan bagian besar dari sandwich 'Martino' yang disukai. Sandwich sehat ini dibuat dengan saus Martino (yang umumnya terdiri dari mustard, tabasco, mayo, dan saus tomat), acar, bawang bombay, dan salad.

Seperti hidangan lain dalam masakan Belgia, steak tartare biasanya disantap dengan seporsi kentang goreng dan dinikmati dengan satu pint bir.

Awalnya makanan khas Belgia ini merupakan hidangan Prancis. Steak tartare kemudian dibuat ulang dengan cara khusus oleh Joseph Niels pada tahun 1926, pemilik restoran keluarga, yang mewariskan resep tersebut kepada cucunya sebelum menjadi hidangan ikonik Belgia.

6. Waterzooi

Berasal dari kota Ghent, waterzooi merupakan sup ayam atau ikan, bawang, wortel, akar seledri, kentang, daun bawang, dan rempah-rempah yang nikmat.

Bahan-bahannya direbus dengan krim dan kaldu sayur kental, dan diberi kuning telur. Awalnya waterzooi dibuat dari ikan, tapi saat ini sering dibuat dengan ayam. Rebusan berbahan dasar air yang hangat dan lembut ini adalah obat yang ideal untuk hari musim dingin.

Baca juga: 10 Cheesecake Terkenal di Tokyo dengan Rasanya yang Lezat

7. Stoofvlees

Dalam bahasa Prancis disebut Carbonnade à la flamande atau Stoofvlees dalam bahasa Flemish. Secara harfiah rebusan Flemish ini diterjemahkan jadi "daging rebus.” Terjemahan ini merupakan deskripsi yang tepat.

Makanan khas Belgia ini berbahan dasar daging sapi yang direbus perlahan dalam bir Belgia sampai meleleh di mulut. Sausnya dikentalkan dengan beberapa lempengan roti yang diolesi mustard, sedikit bawang dan sedikit bumbu.

Di antara beberapa bahan lain yang ditambahkan ke dalam makanan ini oleh beberapa koki, yaitu jamur atau bawang putih. Namun resep tradisionalnya tetap fokus pada bir serta daging sapi Belgia.

Sup Flemish yang baik lebih dari sekadar gabungan bagian-bagiannya yang sederhana. Di tangan yang ahli, makanan ini bisa kaya rasa dan terasa sedikit asam yang berasal dari bir.

Ini adalah makanan rumahan yang sempurna di hari musim dingin, khususnya karena selalu disajikan dengan kentang goreng atau kentang tumbuk.

8. Croquettes

Makanan ini merupakan starter yang selalu ada di hampir tiap menu Belgia. Croquettes atau kroket Belgia ini menghidangkan lapisan remah roti dengan tekstur yang renyah. Tengahnya berisi bubur kentang yang lembut yang diberi tambahan rasa keju atau makanan laut.

Coba nikmati kroket udang abu-abu yang lezat saat bepergian di salah satu dari tiga cabang kota La Mer du Nord. Di tempat ini peti makanan laut dibalik dan difungsikan sebagai meja dan di kota ini juga kroket terbaik, kerang pisau cukur dan sup ikan disantap dengan segelas anggur putih dingin.

9. Anguilles au Vert

Inilah 12 Makanan Khas Belgia yang Rasanya Sangat Lezat 9Sumber: solo.be

Anguilles au Vert dalam bahasa Inggris diterjemahkan menjadi 'belut di sayuran hijau. Hidangan seafood Belgia yang mempesona ini adalah salah satu hidangan paling lezat di negara ini.

Belut merupakan ikan yang sangat gurih dengan tekstur yang mirip dengan ayam. Hidangannya terdiri dari belut rebus dimasak dengan saus hijau kental.

Saus mendapatkan warnanya dari herba hijau seperti peterseli, selada air, dan kemangi yang ditambahkan selama proses memasak. Makanan khas Belgia ini sering disajikan dengan kentang goreng.

Hidangan ini mempunyai sejarah sederhana yang dimulai ketika nelayan lokal di Antwerp biasa menangkap belut di Sungai Schelde kemudian memasaknya dalam ramuan apa pun yang mereka miliki.

Namun, hari ini makanan unik ini merupakan salah satu kelezatan Belgia yang dapat ditemukan di beberapa restoran terbaik di Belgia.

10. Stoemp

Hidangan favorit di Flanders, wilayah utara Belgia, stoemp adalah hidangan yang terdiri dari kentang tumbuk krim yang dicampur dengan sayuran akar tanah seperti wortel, kecambah, daun bawang, bawang bombay, bawang merah, dan seledri yang dimasak dengan krim atau susu.

Campuran kentang tumbuk ini juga diberi mentega dan telur, memberikan tekstur yang kental dan mengenyangkan. Makanan ini sering disajikan dengan bacon goreng, daging sapi cincang, sosis, atau telur goreng. Stoemp bisa menemani steak yang juicy atau potongan tenderloin.

Namun, jenis yang paling umum dari hidangan ini adalah wortelstoemp. Ini merupakan versi stoemp yang sederhana yang hanya menambahkan wortel pada kentang tumbuk.

11. Liège dan Brussels Wafle

Bila orang biasa menyebut wafel Belgia, sebenarnya tidak ada yang namanya 'Wafel Belgia' di Belgia. Sebaliknya, ada dua jenis wafel, yaitu wafel Liège dan wafel Brussels.

Wafel Liège lebih kental, lebih kaya rasa, lebih kenyal, dan lebih manis. Biasanya wafel ini dipanggang tanpa diberi rasa atau diberi rasa kayu manis dengan kristal gula.

Wafel Brussel lebih besar, lebih ringan, lebih flakier, dan lebih renyah. Wafel persegi panjang ini tidak semanis wafel Liège.

Kedua wafel biasanya diberi gula manis, krim kocok, cokelat, es krim, dan berbagai buah-buahan. Wafel di Belgia benar-benar kelezatan surgawi dan tak tertandingi di mana pun di dunia.

12. Mitraillette

Mitraillette merupakan sandwich Belgia yang diyakini berasal dari Brussel atau Wallonia, yaitu bagian negara yang berbahasa Prancis di dekat perbatasan Prancis. Sandwich ini terdiri dari baguette panjang yang diisi dengan kentang goreng, daging goreng, dan semacam saus.

Di Belgia, hampir setiap friterie memiliki versinya sendiri. Dagingnya bervariasi dari bola daging dan steak hingga roti hamburger dan frikandel. Sementara sausnya termasuk mayones, béarnaise, saus tomat, dan saus bawang putih.

Beberapa friteries suka menambahkan wortel, kubis, bawang karamel, selada, dan tomat, sementara yang lain menyajikannya dalam versi sederhana.

Bagaimana menurutmu menu makanan khas Belgia yang dibahas di atas? Beragam dan terlihat menggiurkan, bukan? Mungkin kamu sudah sering mencoba wafel Belgia dan cokelatnya, tapi bagaimana dengan menu lainnya?

Apakah ada makanan lain selain wafel dan cokelat yang ingin kamu coba cicipi? Coba sebutkan di kolom komentar di bawah ini, ya.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram