Untuk Pencinta Kuliner, Coba 9 Makanan Khas Boyolali Ini Yuk!

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Boyolali merupakan kabupaten tempat dimana terdapat dua gunung tinggi, yaitu Merbabu dan Merapi. Kabupaten ini terletak di Provinsi Jawa Tengah yang berbatasan dengan Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Semarang, Kota Salatiga, Kabupaten Karanganyar, dan Kabupaten Sleman di Yogyakarta. Boyolali masuk ke dalam wilayah Kasunanan Surakarta.

Kabupaten Boyolali merupakan jalur yang menghubungkan Kota Semarang dan Kota Solo. Jika kamu berangkat dari arah Semarang menuju Solo ataupun sebaliknya, maka akan melewati kabupaten ini. Boyolali selain dikenal dengan wisata Gunung Merbabu dan Merapi, juga dikenal dengan wisata kuliner.

Suka wisata kuliner? Berikut ini 9 makanan khas Boyolali yang bisa kamu coba. Simak ulasannya di bawah ini ya.

1. Soto Seger

Soto Seger

* sumber: travel.kompas.com

Soto sering kali menjadi makanan khas daerah setempat, salah satunya di kabupaten yang satu ini. Soto Seger khas Boyolali merupakan olahan soto dengan kuah bening yang dilengkapi dengan tauge, bihun, daging sapi atau daging ayam, potongan bawang goreng, dan seledri. Soto Seger Boyolali dihidangkan dengan mangkuk kecil yang ekonomis.

Berbeda dengan sate pada umumnya yang memisahkan antara nasi dan kuah soto, Soto Seger khas Boyolali menyatukan nasi dan soto dalam satu mangkuk kecil. Makanan khas Boyolali yang satu ini cocok untuk berbagai kalangan karena kuah beningnya yang menyegarkan. Tak jarang Soto Seger disajikan dengan pelengkap seperti satai, bakwan, sosis kukus, serta tahu bakso.

2. Marning

Marning

Marning merupakan salah satu camilan khas Boyolali yang terbuat dari bahan dasar jagung. Jagung diolah dengan cara direbus selama dua jam, kemudian dicuci dan direndam air bumbu selama sehari, kemudian jagung yang sudah diberi bumbu, digoreng hingga kering. Marning memiliki cita rasa gurih dan sedikit asin.

Marning saat ini sudah dikembangkan varian rasanya seperti pedas, dan manis. Camilan khas Boyolali ini banyak disukai masyarakat dari dalam dan luar Kabupaten Boyolali. Marning bisa dijadikan sebagai oleh-oleh karena cemilan ini tahan sampai satu bulan meski dibuat tanpa pengawet.

3. Tahu Susu

Tahu Susu

* sumber: www.inibaru.id

Tidak hanya di Lembang, Kabupaten Bandung saja, di Boyolali juga ada tahu yang terbuat dari susu. Susu merupakan kuliner khas dari Kabupaten Boyolali, hingga akhirnya kabupaten ini disebut sebagai Kota Susu. Tahu susu merupakan tahu yang dibuat dari susu sapi pertama yang baru melahirkan.

Sapi yang baru melahirkan biasanya air susunya tidak laku dijual, tetapi memiliki kandungan gizi yang sangat baik. Akhirnya susu tersebut diolah menjadi cemilan yang bergizi. Tahu susu dengan citarasa gurih, dengan aroma susu yang sangat melekat. Tekstur tahu susu lebih lembut jika dibandingkan dengan tahu yang terbuat dari kedelai.

4. Sego Tumpang

Sego Tumpang

* sumber: www.inibaru.id

Sego Tumpang atau Nasi Tumpang merupakan salah satu makanan khas Boyolali yang biasa dinikmati untuk sarapan pagi. Sego Tumpang terdiri dari nasi yang dicampurkan dengan tempe fermentasi dan dimasak dengan bumbu sambal tumpang. Sego Tumpang memiliki cita rasa yang pedas, gurih, dan aroma tempe yang lezat.

Sego Tumpang biasa disajikan dengan makanan lain seperti pecel, gudangan, dan sayuran lain, serta tak lupa dengan aneka gorengan seperti mendoan, bakwan dan peyek sebagai pelengkap. Sego Tumpang mudah ditemukan di Kabupaten Boyolali terutama pada pagi hari.

5. Petis Sapi

Petis Sapi

* sumber: www.inibaru.id

Jika biasanya petis dikenal terbuat dari ikan, maka berbeda dengan petis khas Boyolali ini. Petis Sapi khas Boyolali terbuat dari bahan dasar daging sapi. Cita rasanya mirip seperti abon sapi dengan tekstur yang lebih menyerupai selai. Biasanya, petis yang terbuat dari ikan berbau amis, tetapi berbeda dengan Petis Sapi yang satu ini.

Petis Sapi berwarna cokelat kehitaman dan rasanya enak. Petis Sapi biasa dijadikan sebagai oleh-oleh khas Boyolali yang mudah ditemukan di toko oleh-oleh. Namun Petis Sapi memiliki ketahanan yang singkat karena dibuat tanpa bahan pengawet. Jika ingin lebih awet, kamu bisa menyimpannya di lemari pendingin sesampainya di kota asal.

6. Abon Lele

Abon Lele

* sumber: perpus.jatengprov.go.id

Nah, kalau makanan yang satu ini biasanya dibuat dari daging sapi, tetapi berbeda dengan Boyolali. Meski dikenal dengan banyak olahan sapi, abon khas Boyolali justru terbuat dari ikan lele yang berasal dari Kampung Lele di Desa Tegalrejo, Kabupaten Boyolali. Pembibitan lele di sini sudah dilakukan sejak tahun 1993 dan terus berkembang sampai saat ini.

Lele diolah menjadi berbagai olahan makanan. Salah satunya adalah Abon Lele yang menjadi salah satu makanan khas Boyolali. Abon Lele memiliki rasa yang gurih dan khas. Abon ini biasanya dijual di sentra oleh-oleh Kampung Lele dan dilakukan pemasaran sekitar Boyolali seperti Solo, Yogyakarta, dan Semarang.

7. Jenang Pecel

Jenang Pecel

Jika biasanya pecel sayuran dipadukan dengan nasi putih, lain halnya dengan makanan khas Boyolali yang satu ini. Jenang Pecel menjadi makanan khas Boyolali yang unik dan lezat. Jenang merupakan makanan yang terbuat dari tepung beras dan biasa menjadi bubur sumsum. Olahan pecel tidak jauh berbeda dengan pecel lainnya seperti di Madiun.

Jenang Pecel memiliki tekstur lembut yang berasal dari jenang, dan berbagai sayuran yang diguyur dengan sambal kacang terasa sangat nikmat. Jenang Pecel disajikan di atas daun pincuk atau kerupuk gendar sebagai pelengkap.

8. Dodol Susu

Dodol Susu

Satu lagi olahan susu khas Boyolali. Dodol Susu menjadi salah satu kudapan favorit dari Kabupaten Boyolali. Dodol Susu terbuat dari susu sapi murni yang dicampurkan dengan ketan, dan gula. Proses pembuatan Dodol Susu dimulai dari merebus susu murni sampai mengental, kemudian dicampurkan dengan gula yang sudah dimasak juga hingga teksturnya seperti karamel.

Adonan susu dan gula yang sudah tercampur, ditambahkan beras ketan serta tepung terigu, dan diaduk sampai kenyal. Dodol yang sudah jadi memiliki cita rasa manis, gurih, teksturnya kenyal dan lembut. Dodol Susu biasa dijadikan sebagai oleh-oleh khas Boyolali dan sudah banyak dikenal sampai ke luar Jawa.

9. Bebek Goreng

Bebek Goreng

Tak hanya Madura di Jawa Timur saja yang dikenal dengan kuliner bebek gorengnya. Di Boyolali juga kamu bisa menemukan Bebek Goreng yang menjadi makanan khas Kota Susu. Bebek Goreng khas Boyolali memiliki tekstur daging yang lembut, lebih tebal, empuk, dan diolah menggunakan bumbu yang khas.

Bumbu Bebek Goreng khas Boyolali terdiri dari jahe, kunyir, laos, dan sereh. Proses pembuatannya diperhatikan secara teliti sampai bumbu meresap ke serat-serat daging sampai ke tulang. Bebek Goreng khas Boyolali memiliki aroma yang kuat, dengan rasa yang gurih dan nikmat.

Bebek Goreng khas Boyolali biasanya dilengkapi dengan sambal bawang atau sambal terasi. Perpaduan dari cabai, bawang, dan garam yang sangat pas dengan rasa gurih dari bebek goreng yang khas membuat makanan ini menjadi salah satu makanan favorit di Boyolali.

Demikianlah informasi makanan khas Boyolali yang bisa kamu coba ketika liburan ke Boyolali atau sekadar melintasi kabupaten ini. Wisata kuliner di Boyolali terbilang lengkap karena tak hanya Soto Seger yang sudah terkenal sejak lama, ada dodol dari susu sapi yang bisa kamu coba. Yuk, wisata kuliner di Boyolali!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *