10 Makanan Khas Brebes untuk Para Pencinta Kuliner

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Brebes merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini terkenal sebagai penghasil bawang merah. Tak hanya bawang, oleh-oleh telur asin dari Brebes juga banyak diminati oleh wisatawan yang datang ke kota tersebut.

Selain telur asin, apa sih makanan khas Brebes lain yang menarik? Jika kamu penggemar kuliner, simak ulasan tentang makanan dari Brebes berikut ini,

1. Nasi Lengko

Nasi Lengko

Makanan khas Brebes ini namanya nasi lengko. Kuliner ini asalnya dari Pantai Utara (Indramayu, Cirebon, Tegal, Brebes, dan sekitarnya). Meskipun hidangan ini disebut makanan yang sederhana juga untuk masyarakat biasa, makanan ini adalah makanan yang sehat dan bebas kolesterol.

Kuliner ini lezat dan harganya murah sehingga banyak diminati oleh banyak orang. Meskipun demikian nasi lengko ini menjadi salah satu pilihan yang disukai.  Menu yang satu ini pun pas untuk mereka yang tak makan daging-dagingan alias vegetarian karena tak ada daging sama sekali.

Makanan ini juga sarat protein dan rendah kandungan kalorinya sehingga tidak akan membuat tubuhmu jadi gemuk. Nasi lengko menurut sejarah adalah makanan yang dibuat ketika situasi ekonomi sedang dalam keadaan kekurangan.

Di Brebes ada salah satu warung yang menjajakan nasi lengko dan sangat terkenal juga laris karena rasanya lezat. Nasi Lengko yang dijual di Pasar Batang Brebes ini sangat ramai dikunjungi pembeli. Biasanya tempat ini banyak dikunjungi anak muda yang nongkrong sambil makan kuliner tersebut.

Tak hanya enak rasanya nasi lengko Pasarbatang Brebes juga jadi primadona karena harga yang dipatok untuk kuliner ini cukup murah. Harga ini cocok di kantong anak kost-an juga mahasiswa dan sekolah. Bahkan karyawan kantor pun banyak yang bersantap di sini.

2. Ketan Pecok

Ketan Pecok

Ada lagi makanan khas Brebes yang menarik untuk dicoba. Rasanya nikmat jadi sayang kalau dilewatkan. Makanan yang satu ini adalah jajanan yang dibuat dari ketan.  Nama kuliner ini adalah ketatan pecok. Jajanan ini muncul dengan konsep tradisional yang memiliki rasa yang lezat.

Makanan ini menariknya sudah ada dari semenja tahun 1960. Meskipun sudah lama ada, rasa ketan ini tetap terjaga sehingga cita rasanya tidak berbeda. Salah satu penjual ketan pecok yang terkenal di Brebes adalah ketan Ibu Bariyah.

Pembuatan makanan yang dibuat dari ketan berwarna putih pucat ini adalah dengan cara memukul-mukul ketan sampai jadi persegi panjang. Ketan ini lalu ditaburi kelapa parut yang diberi gula jawa. Saat kedua bahan ini disatukan, rasa lezat dan nikmat yang akan terasa begitu kamu menikmatinya.

3. Telur Asin

Telur Asin

Kalau berbicara tentang kota Brebes, orang pasti akan langsung teringat dengan oleh-oleh yang menjadi ikon kota tersebut. Apalagi kalau bukan telur asin. Tentu telur asin selalu ada dalam daftar oleh-oleh yang yang harus dibeli oleh para pelancong yang datang ke kota ini.

Oleh-oleh ini sebenarnya bisa dengan mudah ditemui di sepanjang jalur Pantura, khususnya di pusat oleh-oleh seperti di Jalan Pemuda, daerah Kecamatan Wanasari, Jalan Diponegoro juga di Jalan Jenderal Sudirman yang berada di Kecamatan Brebes.

Kalau kamu bingung memilih telur asin yang enak untuk dibeli sebagai oleh-oleh. Cobalah cicipi Telor Asin Tjoa. Toko yang menujual telur asin ini sudah ada sejak tahun 1960-an. Terdapat beberapa jenis telur asin yang dijajakan toko ini, seperti telur rebus asin super atau telur rebus asin angon.

Ada juga telur asin panggang dan telur asin bakar. Telur asin rebus super adalah jenis telur asin yang asalnya dari telur bebek yang diberi pakan khusus seperti udang yang membuat telurnya jadi berwarna kemerahan. Sementara telur asin angon, asalnya dari telur bebek liar yang tengahnya berwarna kuning.

4. Kerupuk Tulang Bandeng

Kerupuk Tulang Bandeng

Selain telur asin, Brebes juga mempunyai camilan yang rasanya asin yang bisa kamu bawa pulang untuk dijadikan oleh-oleh dan bisa juga dicicipi. Bentuk camilan ini bulat kecil dan warnanya putih. Kerupuk tulang bandengn yang jadi makanan khas Brebes ini bisa dinikmati sebagai camilan juga pelengkap nasi.

Berbahan dasar untuk pembuatan kerupuk ini adalah tulang ikan bandeng yang dagingnya sudah difillet dagingnya. Kerupuk ini akan tercium aroma ikannya. Tak hanya itu, rasa ikan di kerupuknya juga akan terasa. Campuran lainnya adalah tepung tapioka dan tepung terigu.

Sementara bumbu yang digunakan antara lain bawang putih, merica, dan garam yang membuat cita rasa kerupuk ini jadi gurih dan renyah. Sebagai informasi, tulang ikan bandeng mempunyai kandungan kalsium yang tinggi. Jadi kalau kamu menyantap kerupuk ini, kamu masih dapat manfaatnya.

5. Kupat Glabed

Kupat Glabed

Kupat sepertinya bisa dengan mudah ditemui di kota-kota di daerah Jawa. Di Jawa Barat ada kupat tahu yang terkenal sebagai salah satu makanan favorit. Nah, di kota Brebes ada juga makanan khas dari kupat yang bernama kupat glabed. Makanan ini populer di daerah Brebes dan Tegal.

Sesuai dengan  namanya, kuliner dari Brebes ini bahan dibuat dari ketupat yang diberi kuah kuning ‘glabed’. Nama glabed memiliki cerita yang unik. Jadi kata tersebut adalah sebuah kata yang digunakan oleh orang Brebes atau Tegal untuk mendeskripsikan tekstur makanan yang kental saat masuk mulut.

Akhirnya nama ini berubah jadi nama makanan yang isinya potongan ketupat dengan kuah kuning gurih dan tekstur kental. Jika dilihat sekilas, penampilan makanan ini mirip dengan opor ayam.  Bedanya, kupat glabed tekstur kuahnya jauh lebih kental mirip sup krim karena tambahan tepung maizena.

Untuk menambah kelezatannya, kupat glabed juga dihidangkan dengan tambahan suwiran halus daging ayam. Tak jarang makanan ini juga ditambahkan bonus tulang ayam yang rasanya gurih oleh para pedangan kupat glabed.

6. Soto Brebes

Soto Brebes

Satu lagi jenis soto yang ada di nusantara yang juga menjadi makanan khas Brebes. Nama makanan ini adalah soto Brebes. Soto ini rasanya lezat menggoda. Rasa soto ini benar-benar gurih, terasa segar saat disantap. Sangat sayang jika kamu melewatkan hidangan ini.

Soto brebes merupakan soto yang bahan utamanya adalah daging sapi dan babat sapi dengan tekstur yang kenyal dan rasanya gurih. Bahan lain yang ditambahkan adalah taoge dan tomat sehingga membuat soto brebes jadi terasa semakin enak dan segar.

7. Kepiting Soka

Kepiting Soka

Brebes adalah salah satu wilayah populer karena memiliki ikan yang berlimbah termasuk juga kepiting soka. Kepiting ini merupakan salah satu jenis kepiting yang enak sekali untuk dikonsumsi kapan pun. Olahan kepiting ini juga bermacam-macam, ada rica-rica, asam manis, dan bumbu khas lainnya.

Kebanyakan orang mengatakan kalau kepiting soka punya cangkang yang empuk juga sangat lunak. Kuliner ini bisa kamu nikmati di warung-warung yang ada di Brebes. Untuk para penggemar kepiting jangan lewatkan sajian ini. Harganya masih terjangkau, di bawah 50 ribu rupiah.

8. Sate Blengong

Sate Blengong

Sebagai salah satu makanan khas Indonesia yang terkenal, sate memiliki beragam jenis. Yang umum dan banyak dijual adalah sate kambing, ayam, dan sapi. Selain ketiga sate itu ada juga sate unik lainnya yang perlu kamu coba cicipi. Namanya sate blengong.

Jenis sate ini sangat terkenal dan banyak dijual di daerah Brebes dan sekitaranya. Bahan sate ini tidak umum karena dibuat dari blengong yang adalah persilangan antara entog dan itik. Hasil dari persilangan ini adalah daging yang lebih lembut jika dibandingkan dengan daging bebek biasa.

Karena keunikannya ini, maka sate blegong selalu diburu para penikmat sate. Proses pembuatan sate ini juga beda dengan sate lain. Sate ini tidak dibakar tetapi diungkep untuk waktu yang lama bersama dengan kuah bumbu berwarna merah sekali.

Jika kamu penasaran dengan sate yang satu ini, kamu bisa mencari para penjual kaki lima yang mangkal di daerah alun-alun atau juga taman kota di daerah Brebes. Sate blengong yang memiliki kuah kuning yang kental ditambahkan kupat atau lontong dan tambahan taburan kerupuk kuning.

9. Crispy Ikan Serinding

Crispy Ikan Serinding

Makanan khas Brebes lainnya yang berbentuk keripik adalah crispy ikan serinding. Bahan utama kripik ini adalah ikan serinding. Camilan ini tak hanya terkenal di Brebes tapi konon kabarnya populer juga di Sumatera dan Kalimantan.

Ikan serinding memang banyak ditemui di sekitar pesisir Kabupaten Brebes. Bentuk ikan ini kecil dan hewan ini sangat lincah bergerak ke sana – kemari.  Pembuatan keripik ikan ini cukup mudah. Ikan terlebih dahulu diberi bumbu kemudian baru digoreng sampai kering dan bertekstur krispi.

10. Rujak Belut

Rujak Belut

Ikan belut banyak dibudidayakan di Indonesia dan banyak diolah menjadi panganan yang beragam. Belut ada yang diolah dengan cara dipanggang, disup, digoreng, disate, juga dibuat rendang. Brebes juga punya makanan khas yang terbuat dari belut. Di Brebes belut diolah menjadi rujak.

Rujak belut seperti apa ya? Sebenernya mirip dengan gado-gado dan pecil sih. Untuk membuat rujak belut, bahan utamanya, yaitu belut, diberi bumbu yang terdiri dari kemiri, bawang putih, laos, jahe, kunyit dan bawang merah sebelum digoreng sampai sangat kering.

Untuk bumbu kacangnya, dibuat dari kacang tanah yang ditumbuk kemudian, diberi beberapa jenis bumbu seperti asem jawa, gula dan penyedap rasa serta jahe agar terasa hangat. Kalau kamu penggemar belut, jangan lupa cicipi rujak belut dari Brebes.

Brebes selain terkenal karena telur asin dan bawang merahnya, kota ini juga memiliki kuliner yang menarik untuk dicoba. Kalau jalan-jalan ke kota ini, jangan lupa cicipi makanan khasnya. Adakah makanan yang sudah kamu tandai untuk dicoba?

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *