10 Makanan Khas Ceko yang Terkenal Akan Kelezatannya

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 23 Agustus 2021

Jika kamu ingin mencoba kuliner Eropa Timur, mungkin kamu bisa mengunjungi Republik Ceko. Di sini kamu bisa mencicipi beberapa makanan Ceko yang lezat. Terdapat dua elemen yang sangat khas dari makanan khas Ceko, yaitu sup yang kental dan berbagai jenis saus kental dan creamy yang dihidangkan dengan daging atau makanan lainnya.

Bahan utama dalam makanan khas Ceko yaitu kentang, daging dan sayuran akar juga krim asam, yang banyak digunakan dalam banyak hidangan. Untuk kamu pencinta hidangan daging yang lezat, saus yang kaya rasa atau ingin mencoba sesuatu yang manis, jangan lewatkan info berikut mengenai 10 makanan khas Ceko berikut ini ya!

1. Bread Knedliky

Bread Knedliky

Knedliky merupakan makanan khas Ceko yang paling sederhana di negara ini. Ini adalah hidangan berupa dumpling sehat ini sangat ideal untuk menyerap semua jus dan saus yang lezat dalam masakan Ceko. Roti knedliky rasanya bisa manis maupun gurih. Makanan ini dihidangkan sebagai side dish atau makanan pendamping untuk hampir semua hidangan berbasis saus.

Peraturan makan roti knedliky menurut orang Ceko yaitu tidak mengoleskan mentega pada knedliky tapi menyantapnya dengan jus dan saus. Untuk versi tradisional, knedliky dibuat dari roti yang sedikit basi, tapi versi modernnya dibuat dari bahan yang segar.

Biasanya dumpling roti ini dihidangkan sebagai lauk untuk gulash, svíčková, dan berbagai hidangan daging serta sayuran. Roti ini sangat bagus untuk menyerap beragam jenis saus tersebut. Roti ini tak pernah dimakan dalam keadaan kering. Knedliky sudah menjadi lauk tepercaya dalam masakan Ceko selama berabad-abad. Tak ada sup, stew maupun saus yang tak bisa dimakan dengan roti ini.

2. Svíčková Na Smetaně

Svíčková Na Smetaně

Makanan khas Ceko ini lezat rasanya dan sangat memuaskan, tapi susah sekali untuk mengucapkan namanya. Svíčková merupakan makanan klasik di antara hidangan khas Ceko dan ini merupakan makanan wajib di Kota Praha. Hidangan ini berupa daging sapi sirloin yang dimasak dengan cara slow cooking atau perlahan yang sebelumnya sudah diasinkan dan direbus.

Setelah matang, hidangan ini disiram dengan saus krim yang asalnya dari sayuran akar dan dihidangkan dengan dumpling roti. Di atasnya diberi compote (olahan buah-buahan yang dimasak dengan rempah-rempah dan gula) cranberry, sebuah kombinasi antara manis, gurih, lembut serta asin yang menyenangkan.

3. Chlebíčky

Chlebíčky

Chlebíčky yang berupa open sandwich seukuran satu gigitan ini merupakan makanan pokok makanan khas Ceko. Mudah dimakan dan cepat dibuat menjadikan chlebíčky camilan yang ideal ketika bepergian. Sandwich ini sering disantap untuk sarapan maupun makan siang. Chlebíčky merupakan makanan ringan yang umum di tiap pertemuan maupun perayaan Ceko.

Camilan seperti tapa dari Spanyol yang ukurannya mungil terdiri dari berbagai topping di atas sepotong roti segar. Topping sandwich ini bisa ham dan salad kentang sampai makarel asap. Untuk sentuhan modern pada chlebíčky tradisional, kamu bisa mendapatkannya di Sisters Bistro yang berada di kota Praha. 

Di sini kamu bisa melihat topping yang kreatif dengan memasangkan acar herring dengan topping yang tidak biasa seperti wasabi mayo.

4. Palačinky

Kalau kamu sudah pernah makan crepes khas Prancis, makanan khas Ceko akan begitu familier untukmu. Palačinky merupakan pancake Ceko tipis yang mirip dengan crepes Prancis. Makanan ini umumnya dihidangkan sebagai makanan penutup yang manis dan diberi beragam isian seperti selai, kacang, es krim, krim kocok, keju manis, dan buah-buahan.

Selain versi pancake manis, ada juga versi gurih yang berisi bayam, daging maupun keju. Hidangan ini banyak disajikan di kafe maupun pedagang keliling yang berada di Old Town Square. Penduduk Ceko akan memberitahukan cara makan yang benar untuk makan pancake Ceko ini, yaitu dengan digulung dalam bentuk cerutu.

5. Řízek

Řízek

Jika Austria punya Wiener schnitzel yang terkenal, maka Ceko punya Řízek. Makanan ini dibuat dari potongan daging tipis juga empuk yang diberikan lapisan kombinasi tepung, remah roti, dan telur. Daging yang sudah dilumuri tepung tadi kemudian digoreng dengan minyak atau mentega. Versi Austria eksklusif dibuat dari bahan berupa daging sapi muda.

Versi Ceko juga terkadang dibuat dari daging sapi muda, tapi lebih sering dibuat dengan daging babi atau irisan daging babi. Adapun versi yang lebih ringan dari hidangan klasik ini dibuat dengan dada ayam atau kalkun. Řízek banyak dijumpai di restoran di Republik Ceko dan sering dihidangkan sebagai makanan keluarga.

6. Kuřecí Kapsa

Kuřecí Kapsa

Kuřecí kapsa merupakan hidangan dada ayam isi khas Ceko yang nikmat. Hidangan ini mendapat pengaruh kuat dari kuliner Jerman ditambah dengan beberapa sentuhan Ceko untuk membuatnya sajian yang sangat unik dan memiliki aroma yang nikmat.

Dada ayam dipanggang dengan ham dan keju Jerman. Sebagai isiannya ditambahkan jamur dan peterseli. Hidangan ini benar-benar menghasilkan rasa yang luar biasa. Tekstur ayam panggang dengan ham yang beraroma serta keju krim yang terdapat di dalamnya merupakan kombinasi yang lezat membuat hidangan Ceko ini yang benar-benar beraroma.

7. Kulajda

Kulajda

Kulajda merupakan sup krim jamur dan kentang dengan penampilan yang cantik. Rasa manis dan gurih pada hidangan dihasilkan oleh tambahan kombinasi jamur dan krim asam. Dalam sup Kulajda juga dimasukkan kentang potong dadu dan dill yang banyak. Ditambahkan juga telur puyuh rebus di atas sup sebelum disajikan.

Hidangan ini sering disajikan dengan diberikan percikan minyak bunga matahari, yang membantu menambah kekayaan sup ini. Walaupun makanan khas Ceko ini bisa dimakan sebagai makanan pembuka, sup ini ternyata sudah cukup mengenyangkan. Oleh karena itu, lebih cocok untuk memesan makanan ini sebagai makanan utama.

8. Smažený sýr

Smažený sýr

Pernah coba makanan khas Ceko berupa keju goreng? Nah, kalau kamu berkunjung ke Republik Ceko, cobalah Smažený sýr. Ini adalah street food yang umum di negara ini. Makanan ini berupa irisan keju, umumnya keju Edam, Gouda maupun Muenster, yang dilapisi tepung roti sebelum digoreng dengan sedikit minyak atau deep fried dengan minyak banyak.

Smažený sýr dihidangkan dengan kentang goreng, salad, roti gulung dan saus tartar versi Ceko, yaitu tatarská omáčka. Variasi dari hidangan ini menggunakan Hermelín (keju camembert dari Ceko) atau Niva (blue cheese dari Ceko). Kalau ingin coba makanan yang lebih ringan, tak melulu berupa daging, cobalah makanan yang satu ini. Coba Smažený sýr yang dijual di stand makanan kaki lima.

9. Fazolová

Fazolová

Fazolová merupakan sup kacang tradisional Ceko. Walaupun muncul dengan berbagai varian, bahan umumnya adalah kacang putih dengan ukuran besar yang dimasak dalam kaldu beraroma bersama sayuran akar, kentang juga daging asap. Terkadang resepnya bisa diubah dengan menambahkan krim asam atau dikentalkan dengan tepung.

Di negara ini, hidangan pedesaan ini merupakan salah satu jenis sup yang paling umum dan bisa ditemukan di banyak restoran tradisional. Smažený sýr selalu dihidangkan panas dan khususnya dinikmati sebagai hidangan pembuka yang hangat.

10. Nudle s mákem

Nudle s mákem

Hidangan yang sederhana dan bergizi, nudle s mákem adalah hidangan pasta gandum tipis dan lebar yang disiram mentega cair yang banyak. Di atasnya ditaburi dengan biji poppy dan gula.

Dahulu hidangan ini dianggap sebagai makanan yang kaya rasa dan lezat. Namun sekarang makanan ini mewakili jenis makanan sederhana, tapi tetap jadi hidangan favorit yang dinikmati sebagai hidangan utama yang manis maupun hidangan penutup yang mengenyangkan.

Walaupun umumnya dihubungkan dengan Republik Ceko, hidangan asal pastinya masih belum diketahui. Namun varian serupa dijumpai di banyak negara Eropa Tengah dan Timur dengan berbagai nama. Hidangan serupa ini di Austria dikenal dengan sebutan mohnnudeln yang dibuat dengan mie kentang tebal dan pendek.

Nah itulah 10 makanan khas Ceko yang bervariasi dari pasta sampai keju goreng yang menjadi makanan street food popular di Ceko. Makanan khas negara ini pun memiliki kesamaan dengan beberapa negara lain di Eropa, misalnya Austria yang punya menu mie serupa dengan yang ada di Ceko.

Negara ini tak hanya terkenal dengan arsitektur bangunan-bangunannya yang indah tapi juga memiliki makanan yang menarik untuk dicicipi. Ngomong-ngomong, makanan khas Ceko mana yang menurutmu menarik untuk dicoba?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram