10 Makanan Khas Denmark untuk Para Petualang Kuliner

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 8 September 2021

Makanan khas Denmark sangat menarik dan juga mempunyai banyak kesamaan dengan makanan negara tetangganya. Itu karena negara ini mempunyai nenek moyang yang sama dengan negara Swedia, Norwegia, dan Islandia.

Makanan tradisional Denmark berkisar tentang hidangan daging serta ikan dengan kentang dan saus, contohnya stegt flæsk med persillesovs juga herring. Kalau di Indonesia ada bakso, di sana pun ada makanan yang mirip dengan bakso. Penasaran? Yuk, simak ulasan mengenai makanan khas Denmark berikut ini!

1. Tarteletter

Tarteletter

Sepertinya susah untuk menolak kulit tart puff-pastry dengan isian gurih seperti tarteletter yang menjadi makanan khas Denmark ini. Ada tarteletter sajian khusus yang disebut “tarteletter med høns I asparagus”. Kulit tart puff-pastry ini diisi dengan ayam dan asparagus ditambah dengan saus putih sederhana yang terbuat dari mentega, tepung serta susu.

Dahulu tarteletter merupakan makanan yang umum. Namun sekarang sajian ini menjadi sesuatu yang langka. Tarteletter lebih sering terlihat di menu makan siang pada acara-acara khusus. Setidaknya ada satu restoran di Kopenhagen yang biasanya menawarkan menu ini, yaitu restoran Told Og Snaps. Di sini tart-nya dilapisi lembaran kulit ayam goreng untuk menambah efek lezat.

2. Frikadeller

Frikadeller

Sepertinya di tiap negara punya versi bola-bola daging mereka masing-masing. Bola-bola daging ini bisa terbuat dari daging sapi atau ikan. Makanan khas Denmark pun mempunyai bola-bola daging yang terbuat dari daging babi. Akan tetapi terkadang, bola-bola daging mereka dibuat dari campuran antara daging sapi dan babi.

Pembuatan frikadeller cukup mudah. Bahannya terdiri dari bumbu dasar berupa bawang merah, pala, sage, bawang putih dan sedikit garam serta merica. Berbeda dari bola-bola daging umumnya, bola daging Denmark digoreng dan bentuknya pipih tidak bulat.

Biasanya masakan tradisional Denmark ini disantap bersama dengan pelengkap seperti kentang rebus, acar, atau kol merah. Bergantung pada waktu hari, porsi makanan akan bervariasi. Misalnya, porsi makan siang ukurannya akan lebih kecil dibandingkan porsi makan malam. Frikadeller biasanya diberi saus peterseli. Saus ini akan memberikan tambahan cita rasa pada daging.

Frikadeller tidak semuanya dibuat dari daging babi. Ada juga frikadeller yang dibuat dari ikan. Tidak seperti bola daging lainnya, masakan khas Denmark ini umumnya disantap dingin. Frikadeller ikan dibentuk dan dimasak dengan cara yang sama seperti frikadeller daging babi, tapi secara tradisional disajikan dengan remoulade, yaitu jenis saus atau saus Denmark.

3. Rød Pølse

Rød Pølse

Berbicara soal makanan khas Denmark, jangan lewatkan sajian yang satu ini, yaitu rød pølse. Ini merupakan kuliner kaki lima paling klasik di Denmark dan bisa ditemukan di seluruh negeri. Rød pølse dalam bahasa Denmark artinya “sosis merah” dan merupakan sosis lokal yang dimakan penduduk lokal bersama dengan roti, saus tomat, mustard, dan bawang goreng.

Biasanya rød pølse tidak dimasukkan ke dalam roti hot dog sehingga tidak disantap seperti hot dog umumnya. Sebagai gantinya, roti dan sosis dicocolkan pada saus tomat, mustard, dan bawang goreng. Ini merupakan cara paling tradisional untuk memakan sosis merah tersebut, tapi banyak dijumpai sosis ini disajikan di dalam roti.

4. Flæskesteg

Flæskesteg

Makanan khas Denmark ini selalu muncul saat Natal dan harus selalu tersedia di meja. Flæskesteg menjadi salah satu hidangan nasional utama Denmark karena Natal merupakan salah satu acara serta hari libur terbesar di negeri ini.

Flæskesteg adalah babi panggang versi Denmark yang terkenal di dunia. Di negara lain biasanya versi daging babi panggangnya disiapkan tanpa kulitnya, yaitu kulit luar daging babi yang keras. Namun babi panggang versi Denmark kulitnya tidak pernah dibuang dan kemudian dimasak menjadi garing dan asin. Kulit babi yang kering ini disebut “crackling”.

Biasanya daging babi panggang yang diiris tipis dengan tekstur yang empuk ini dihidangkan dengan kentang rebus, kol merah juga saus yang terbuat dari lemak yang meleleh dan menetes dari daging panggang. Semua makanan tersebut disatukan dalam piring sehingga menjadi makanan lengkap yang lezat. Selain itu, flæskesteg tak hanya bisa dimakan sendiri tapi juga bisa dimakan dengan sandwich.

5. Rugbrød

Rugbrød

Rugbrød adalah roti gandum hitam dari Denmark, biasanya digunakan sebagai dasar untuk jenis open sandwich Denmark yang popular. Biasanya diiris tipis, diolesi mentega, dan diberi bumbu seperti ikan asap, udang, telur rebus, pate hati, mentimun atau mayones.

Roti ini populer karena kandungan lemaknya rendah, tidak ada kandungan gula atau minyak, dan juga sangat kaya akan serat makanan dan biji-bijian. Rugbrød dijual di sebagian besar supermarket Denmark maupun dibuat di rumah.

Roti ini juga memiliki beberapa jenis yang popular, seperti roti gandum hitam dengan warna terang, roti gandum hitam dengan warna gelap, roti gandum hitam sourdough, dan roti gandum hitam kasar. Walaupun roti ini merupakan makanan pokok penduduk Denmark, tapi varian roti ini juga sangat populer di Finlandia, Islandia, Rusia, Estonia, Latvia, dan Jerman.

6. Leverpostej

Leverpostej

Pate hati atau pasta hati merupakan makanan favorit tradisional Denmark. Hidangan ini terbuat dari campuran daging babi, lemak babi serta bawang. Leverpostej diperkenalkan oleh orang Prancis yang Bernama François Louis Beauvais pada tahun 1847 saat dia mengunjungi Kopenhagen. Pasta hati ini pun jadi makanan mewah yang mahal untuk kebanyakan orang.

Namun, sekarang leverpostej berubah jadi hidangan tradisional Denmark dan umum dijumpai dengan harga yang sangat terjangkau. Pasta ini biasa dinikmati dengan open sandwich yang diberi hiasan di atasnya.

Pate hati cocok sekali dipadankan dengan roti gandum hitam Denmark jadi tak perlu ditambah garnish apapun. Namun, untuk menambah keindahan makanan tersebut, ditambahkan beberapa topping seperti jamur, irisan mentimun, dan bacon.

7. Stegt flæsk med persillesovs

Stegt flæsk med persillesovs

Stegt flæsk med persillesovs terpilih menjadi hidangan nasional Denmark pada tahun 2014 dalam kompetisi hidangan nasional. Acara ini merupakan puncak 'revolusi pangan' Menteri Pangan dan Pertanian Denmark, Dan Jørgensen. Ini merupakan upaya untuk membuat orang Denmark agar lebih memilih makan makanan lokal yang lebih sehat dan lebih banyak.

Hidangan ini terpilih dari 24 kandidat hidangan awal. Stegt flæsk med persillesovs dipilih sebagai hidangan favorit di kalangan orang Denmark. Ini merupakan daging babi dengan saus peterseli. Perut babi digoreng hingga renyah dan dihidangkan dengan kentang rebus.

Ada lelucon mengenai istilah “makan valgflæsk” (makan daging pemilu). Istilah ini merujuk pada politisi yang membuat janji kosong dalam kampanye mereka.

8. Ikan Herring

 Ikan Herring

Terkenal dengan pelaut Viking-nya, makanan Denmark pastinya menyertakan masakan berbahan ikan. Ikan herring adalah makanan khas Denmark yang popular. Dikenal sebagai “perak laut”, ikan herring menjadi sumber makanan yang membantu membangun kota-kota Skandinavia.

Seribu tahun yang lalu ikan herring diawetkan oleh orang Viking sebelum didinginkan menggunakan kombinasi garam dan cuka. Dengan berjalannya waktu, kebiasaan orang Viking kemudian jadi tradisi budaya yang banyak disyukuri. Cara ini membuat ikan bisa bertahan lama dan rasanya tetap nikmat.

Cara memasak ikan herring di Denmark bisa dengan diasinkan, diberi dressing dengan mustard, diasap, digoreng serta dilapisi tepung roti. Biasanya ketika jadi makanan utama, herring dihidangkan bersama bawang merah, roti gandum hitam, caper (kuncup bunga yang dimasak dan diasamkan), dan telur.

Herring juga bisa disantap dalam salad, tapi terutama popular sebagai tambahan dalam smørrebrød, open-faced sandwich khas Denmark. Acar herring merupakan salah satu cara memasak ikan dengan rasa terbaik untuk dihidangkan dengan sandwich.

9. Krebinetter

 Krebinetter

Makanan khas Denmark ini adalah patty daging yang tebal. Biasanya krebinetter dibuat dari bahan daging babi cincang maupun kombinasi daging babi cincang dengan daging sapi muda. Patty daging dicelupkan ke dalam telur, kemudian diberi lapisan remah roti yang sudah dibumbui. Sesudah itu patty digoreng dengan mentega cair atau minyak hingga berwarna indah dengan tekstur luar yang renyah.

Di sebagian besar daerah Denmark biasanya patty daging ini disebut krebinetter. Sementara di wilayah Jutlandia disebut karbonader. Walaupun nama-nama ini kerap digunakan secara bergantian dan banyak orang yang beranggapan keduanya adalah hidangan yang sama, beberapa lainnya percaya bahwa krebineter dan karbonader mempunyai perbedaan.

Menurut kaum puritan, patty krebinette selalu diberi lapisan dengan telur dan tepung atau remah roti, dan umumnya berbentuk lebih lonjong dibandingkan dengan karbonader yang lebih bulat. Karbonader juga terkadang dibiarkan polos tanpa diberi lapisan tepung roti sebelum digoreng.

Krebinetter biasa dimakan dengan krim grønærter stuvede (sayuran dalam saus putih), sayuran rebus seperti wortel, kentang dan kacang polong, stew kubis putih, juga rugbrød (roti gandum hitam).

10. Brændende kærlighed

Brændende kærlighed

Brændende kærlighed bisa diterjemahkan sebagai cinta yang membara. Ini merupakan hidangan Denmark sederhana yang berisi kentang tumbuk krim dengan bawang goreng beserta potongan daging asap.

Biasanya kentang tumbuk dicampur dengan mentega kemudian diberi bumbu dengan pala. Adapun keseluruhan hidangan ini terkadang diberi taburan daun bawang dan dihidangkan bersama acar atau salad segar.

Hidangan tradisional ini dipercaya asalnya dari daerah pedesaan Denmark sekitar 200 tahun yang lalu. Sekarang hidangan ini biasanya disantap sebagai makanan musim dingin yang harus selalu disajikan panas.

Nah, itulah 10 makanan khas Denmark yang unik dan menarik. Hidangan bangsa Viking ini umumnya dibuat dari daging dan ikan tapi ada juga tambahan sayuran lainnya. Selain kedua bahan itu, gandum hitam juga menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan orang Denmark.

Untuk kamu yang seorang penyuka wisata kuliner, sepertinya mencicipi makanan khas Denmark tak boleh dilewatkan. Makanan apa yang membuatmu tergoda untuk mencobanya?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram