Inilah 8 Makanan Khas Depok yang Enak dan Wajib Dicoba

Ditulis oleh Jihan Fauziah - Diperbaharui 1 Mei 2020

Kota Depok yang terkenal sebagai kota dimana buah belimbing dengan rasa yang lezat tumbuh, ternyata memiliki aneka ragam makanan yang lezat dan menggugah selera. Ya, di Kota Depok, bukan hanya ada tempat makan atau restoran milik para selebritis saja, melainkan ada banyak tempat makan yang menawarkan makanan khas Depok yang legendaris dan tentu saja memiliki rasa yang tak tertandingi.

Menjamurnya restoran atau tempat makan milik para seleb terkenal di Kota Depok mungkin saja membuat Anda bosan dan bertanya-tanya, soal makanan apa lagi yang harus Anda coba. Nah, Keluyuran telah menyusun daftar delapan makanan khas Depok yang tentu saja dapat Anda pilih dan cicipi di sana.

Jika Anda merupakan warga asli Depok, mungkin Anda sudah mengetahui semua makanan yang ada dalam daftar. Tapi, mungkin juga sebagian dari Anda belum mengetahuinya, Nah, untuk itu, silakan simak pembahasan mengenai delapan makanan khas Depok dari Keluyuran ini, agar wawasan Anda mengenai dunia kuliner, khususnya yang ada di Kota Depok, semakin bertambah.

Buat Anda yang ingin mengetahui ragam kuliner khas Sunda lainnya, Anda dapat menyimak artikel yang membahas mengenai 10 Makanan Khas Jawa Barat dari Keluyuran ini.

8 Makanan Khas Depok

1. Dodol Belimbing

dodol belimbing

* sumber: mamikos.com

Depok yang dijuluki Kota Belimbing tentu saja memiliki makanan khas yang berbahan dasar buah satu ini. Adalah dodol belimbing yang memiliki rasa manis dan ada rasa asam khas buah belimbing.

Buah belimbing memiliki banyak kandungan air, sehingga harus dilakukan uji coba untuk resepnya selama beberapa kali untuk mendapatkan rasa nikmat sesuai dengan yang diinginkan. Oh ya, dodol ini masih diproduksi di industri rumahan, Rasa dari dodol belimbing ini tidak kalah enak dengan dodol-dodol lainnya. Anda mau mencobanya?

2. Bakso Comberan

bakso comberan

* sumber: travelingyuk.com

Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar kata "comberan?" Mungkin saja Anda langsung membayangkan air comberan yang menjijikan. Namun, ada kedai bakso di Depok yang menamakan menu andalan mereka dengan nama bakso comberan atau dikenal juga dengan bakso hitam.

Kedai yang menjual bakso hitam atau bakso comberan ini berada di kedai bakso Pak Bewok yang telah beroperasi sejak tahun 1995 silam. Namun, bakso hitam atau bakso comberannya baru muncul di tahun 2000-an.

Anda pasti penasaran bukan, bagaimana kuah bakso ini bisa berwarna hitam? Yup, warna hitam dari kuah bakso di kedai Pak Bewok ini berasal dari keluak. Keluak  sendiri memang banyak digunakan sebagai bumbu masakan di Nusantara. Sajian yang menggunakan keluak atau kluwek ini di antaranya adalah rawon, gabus pucung hingga sop konro.

Satu porsi bakso comberan terdiri dari ceker, tulang dan beberapa bahan lainnya. Tak lupa, ada taburan bawang goreng  juga seledri yang menjadi pelengkap hidangan ini.

3. Es Pocong

makanan khas depok es pocong

* sumber: www.depokterkini.com

Jika Kabupaten Purwakarta punya es ciming, Depok juga punya sajian segar yang dinamakan es pocong. Namanya terdengar menyeramkan, bukan? Namun tenang, es pocong ini bukan es yang dibuat oleh hantu pocong, kok.

Satu mangkuk es pocong ini terdiri dari potongan buah pisang, mochi dan bubur sum-sum. Semua bahan tadi lalu ditambahkan dengan sirup dan juga susu soda. Es pocong ini memiliki kesegaran yang luar biasa. Banyak warga yang berdatangan untuk membeli sajian satu ini.

Selain es pocong, kedai ini juga menyediakan beberapa sajian lain dengan nama yang tidak kalah unik. Misalnya kolor ijo, kuntilanak hingga nasi uduk tuyul dan lontong setan. Anda tertarik untuk mencoba?

4. Mie Ayam Berkat

Mie Ayam Berkat

* sumber: www.depokterkini.com

Depok juga punya makanan khas yang dikabarkan telah ada sejak dulu. Nama kedainya adalah kedai Mie Ayam Berkat. Kedai mie ayam ini punya menu andalan, yakni mie ayam hijau.

Menurut Pipit Widya, mie ayam hijau ini menggunakan kaldu dengan cita rasa yang kuat. Pipit juga menyebutkan, mie yang digunakan dalam menu ini lembut dan kenyal. Nah, kalau mampir ke Kota Belimbing dan Anda ngidam mie ayam, jangan lupa kunjungi kedai Mie Ayam Berkat ini, ya.

5. Perkedel Bakar

perkedel bakar

* sumber: travel.kompas.com

Makanan khas Depok selanjutnya adalah perkedel bakar. Perkedel bakar ini resepnya diwariskan secara turun temurun kepada anggota Komunitas Belanda Depok. Perkedel bakar ini menggunakan bahan utama kentang seperti perkedel pada umumnya.

Selain kentang, perkedel bakar ini juga menggunakan susu, daging sapi yang dicincang, lada, susu, cengkeh hingga telur. Perkedel ini juga tidak dibentuk bulat seperti biasanya, tetapi ditaruh di atas loyang dan dipanggang dengan menggunakan oven. Unik sekali, bukan? Anda tertarik untuk mencicipi perkedel bakar ini?

6. Peyek Gale

peyek gale

* sumber: tasmerah35.wordpress.com

Selanjutnya, Depok punya peyek gale. Peyek atau rempeyek sendiri terbuat dari tepung beras yang dicampur air dan diberi bumbu seperti bawang putih juga garam. Peyek juga biasanya memiliki isian seperti kacang hingga ikan asin teri.

Nah, sementara peyek gale khas depok ini berbeda. Peyek gale memiliki bentuk unik, yakni berupa kembang goyang. Peyek gale juga tersedia dalam berbagai varian rasa, yakni peyek rebon, peyek bayam, peyek kacang hingga peyek wijen. Peyek ini juga telah mengantongi sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia.

7. Dodol Depok

dodol depok

* sumber: www.bukalapak.com

Bukan cuma Garut saja yang punya dodol. Depok juga punya olahan manis ini, lho. Ya, selain dodol belimbing, Depok juga punya dodol Depok. Dodol depok terbuat dari beras ketan, gula merah, santan kelapa dan juga daun pandan.

Dodol khas depok ini berbeda dari dodol khas Garut yang menggunakan susu sebagai salah satu bahannya. Dodol Depok memiliki rasa dan tekstur yang hampir mirip dengan kue keranjang. Dodol depok kabarnya telah ada sejak zaman pendudukan Belanda, lho. Meski popularitasnya sempat meredup, dodol khas Depok kini masih tetap digemari oleh masyarakat.

8. Buah Belimbing

belimbing dewa

* sumber: miner8.com

Terakhir, ada belimbing yang menjadi salah satu makanan khas sekaligus ikon Kota Depok. Belimbing Dewa namanya. Belimbng Dewa ini memiliki rasa manis dan warna kuning keemasan yang cantik. Belimbing Depok ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Penyakit-penyakit tersebut di antaranya hipertensi, diabetes hingga nyeri lambung. Nah, kalau Anda berkunjung ke Kota Depok, jangan lupa untuk mencicipi lezatnya buah belimbing ini. By the way, belimbing Depok juga banyak diolah menjadi dodol belimbing sampai sirup dan jus belimbing yang segar.

Itulah kedelapan makanan khas Kota Depok yang wajib Anda cicipi. Bagaimana, Anda tertarik untuk mencicipi salah satu di antara delapan makanan yang ada dalam daftar di atas?

Oh ya, kalau Anda berkunjung ke Kota Belimbing dan mencari tempat makan yang  makanannya enak dan menawarkan harga terjangkau, Keluyuran punya rekomendasinya untuk Anda. Nah, Anda penasaran? Simak langsung saja pembahasan mengenai tempat makan hits di Depok dalam artikel 9 Tempat Makan di Depok .

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram