Yuk, Cicipi 10 Makanan Khas Garut yang Enak dan Unik Banget!

Ditulis oleh Jihan Fauziah - Diperbaharui 14 April 2020

Tidak hanya memiliki destinasi wisata yang cocok untuk dijadikan tempat berlibur, Kabupaten Garut juga punya aneka ragam kuliner khas yang rasanya bisa diadu dengan kuliner dari daerah lain di Indonesia. Keluyuran punya daftar 10 makanan khas Garut yang wajib untuk Anda cicipi.

Anda penasaran, makanan khas Garut apa saja yang masuk ke dalam daftar? Yuk, simak langsung saja pembahasan  dari Keluyuran mengenai makanan-makanan khas Garut di bawah ini.

1. Dodol Garut

makanan khas garut dodol garut

* sumber: id.wikipedia.org

Dodol Garut adalah salah satu makanan khas Kabupaten Garut yang sudah terkenal ke seantero Nusantara. Dodol garut ini punya cita rasa manis dan legit. Dodol khas garut sendiri punya banyak varian rasa, di antaranya rasa nanas, rasa durian, rasa strawberry hingga wijen.

Sekarang untuk mendapatkan makanan khas Garut ini sangatlah mudah, Anda tak perlu pergi jauh-jauh ke Kabupaten Garut, di Kota Bandung juga banyak yang menjual dodol Garut ini, lho. Anda sudah mencobanya?

2. Dorokdok

dorokdok

* sumber: www.apasih.web.id

Selanjutnya, ada dorokdok. Dorokdok terbuat dari kulit sapi yang diberi racikan rempah-rempah dan bumbu, seperti bawang putih, ketumbar, kunir, dan bahan-bahan lainnya.

Dorokdok dan kerupuk kulit sekilas memang seperti tampak tak jauh berbeda. Namun, sebenarnya keduanya tidaklah sama karena bahan yang digunakan untuk pembuatannya juga berbeda. Jika dorokdok menggunakan kulit sapi, kerupuk kulit menggunakan kulit kerbau sebagai bahan utamanya. Anda tertarik untuk mencoba?

3. Burayot

burayot

* sumber: www.kompasiana.com

Makanan khas Garut selanjutnya adalah Burayot. Burayot adalah penganan manis yang terbuat dari campuran tepung beras, santan dan gula. Menurut detiktravel, kue tradisional khas yang berasal dari daerah Cangkuang, Garut ini punya rasa manis dan teksturnya agak renyah.

Makanan ini diberi nama burayot karena proses pembuatannya. Masih menurut detiktravel, burayot dibuat dengan cara digoreng.

Saat digoreng, adonannya diangkat dengan batang bambu, sehingga adonan kue tertarik ke bagian atas sementara adonan gulanya berada di bawah dengan posisi menggantung. Dalam bahasa Sunda, istilah lain dari menggantung ini disebut dengan ngaburayut, sehingga kue ini diberi nama burayot. Kalau Anda berkunjung ke Garut, jangan lupa cicipi makanan satu ini, ya.

4. Ladu Malangbong

ladu

* sumber: cookpad.com

Selanjutnya, ada ladu khas Malangbong. Ladu khas Malangbong ini sudah eksis sejak tahun 1930 silam. Kabarnya, yang membuat penganan ini adalah seorang ibu rumah tangga asal Malangbong, Garut. Ladu Malangbong ini terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan gula aren, gula putih juga kelapa. Rasanya? Sudah tentu manis dan bikin nagih.

Kalau Anda berkunjung ke Garut dan ingin mencari alternatif lain dari dodol Garut, Anda bisa mencoba ladu Malangbong yang teksturnya mirip dengan dodol ini. Bagaimana, Anda tertarik untuk mencoba?

5. Pindang Ikan

PindangIkanGarut

* sumber: budaya-indonesia.org

Garut juga punya ikan pindang yang terkenal lezat, lho. Ikan pindang khas Garut ini tampilannya tak jauh berbeda dengan ikan pindang lainnya. Letak perbedaannya terdapat pada cara pengolahannya.

Ikan pindang khas Garut ini diolah dengan cara digoreng, kemudian ditumis dengan bumbu halus seperti serai hingga daun salam. Setelahnya, ikan direbus dengan batang serai menjadi alasnya di dalam panci. Tahapan terakhir dari proses pengolahannya adalah, ikan diberi dengan kecap agar warnanya semakin gelap. Unik bukan? Oh ya, pindang ikan khas Garut biasanya disajikan dalam acara keluarga dan dinikmati bersama-sama.

6. Chocodot

chocodot

* sumber: www.tokopedia.com

Chocodot juga adalah salah satu dari sekian banyak makanan khas Garut yang wajib Anda coba. Chocodot adalah cokelat khas Garut yang tampil dengan kemasan unik, nama cokelatnya juga menggelitik. Ada cokelat rasa mint yang diberi nama cokelat obat stress, atau cokelat dengan tiga pilihan varian yakni gabungan dark, milk dan soft chocolate.

Ada kisah unik di balik terciptanya Chocodot. Sang pemilik dari Chocodot menemukan ide membuat cokelat unik ini saat dirinya secara tidak sengaja menjatuhkan dodol ke dalam adonan cokelat. Ternyata, ketika ia mengambil dodol yang terendam cokelat tadi dan mencicipinya, ternyata dodol tersebut rasanya menjadi semakin lezat.

Berkat peristiwa jatuhnya dodol ke dalam adonan cokelat itulah, akhirnya kita dapat menikmati cokelat unik yang berbahan dasar dodol.

7. Sambal Cibiuk

sambal cibiuk

* sumber: uniek88.wordpress.com

Sambal Cibiuk juga merupakan makanan khas Garut yang wajib untuk dicoba. Sambal yang punya cita rasa khas ini terdiri dari dua varian, yakni sambal merah dan sambal hijau. Sambal merah terbuat dari tomat merah, bawang merah, bawang putih dan beberapa bahan lainnya. Untuk sambal hijaunya, bahan yang digunakan juga serupa. Bedanya, sambal Cibiuk hijau menggunakan tomat hijau, bukan tomat merah.

Nama Cibiuk sendiri diambil dari nama Kecamatan Cibiuk yang berada di Garut. Nah, kalau Anda berkunjung ke Garut, jangan lupa untuk mencicipi sambal Cibiuk ini, ya. Anda penasaran, bukan?

8. Moring

moring garut

* sumber: tentangkaosdistro.blogspot.com

Moring yang merupakan singkatan dari cimol kering adalah salah satu makanan khas Garut yang banyak digemari. Moring ini bisa dibilang adalah variasi lain dari cimol yang juga populer dan banyak disukai masyarakat, bukan hanya dari Jawa Barat, tapi juga hampir di seluruh Nusantara.

Moring sendiri terbuat dari olahan cimol yang dikeringkan, kemudian dipotong sedemikian rupa hingga menjadi tipis lalu digoreng dengan minyak panas.

Moring sendiri tersedia dalam varian rasa yang beragam, namun, umumnya tersedia dalam varian rasa original yang asin dan pedas. Tekstur dari makanan ini sangat renyah. Oh ya, moring cocok dijadikan camilan untuk nonton Netflix bareng keluarga atau orang tersayang Anda di rumah.

9. Baso Aci

baso aci garut

* sumber: brilicious.brilio.net

Ada satu lagi makanan khas Garut yang sedang populer saat ini. Yup, baso aci! Baso adalah makanan khas Garut yang semakin populer karena banyaknya penggemar makanan satu ini yang membicarakannya di sosial media. Jika biasanya baso terbuat dari daging sapi, baso aci ini terbuat dari tepung tapioka atau aci.

Eits, jangan salah, meski pakai aci, basonya tetap enak, kok! Nggak kalah sama baso yang terbuat dari daging sapi. Baso aci ini biasanya dihidangkan dengan aneka ragam topping dan nikmat disantap saat cuaca dingin. Gimana, Anda sudah mencobanya?

10. Ceprus

ceprus

* sumber: www.kabariku.com

Terakhir, ada ceprus. Makanan khas Garut satu ini sudah jarang ditemui, lho. Ceprus sendiri terbuat dari singkong yang dibakar, kemudian diberi kinca atau gula merah yang telah dipanaskan sehingga bentuknya menjadi cair. Rasa dari penganan satu ini tentu saja manis. Sayangnya, ceprus sudah kurang populer saat ini.

Itulah sepuluh makanan khas Garut yang unik dan tentu saja punya cita rasa yang lezat. Kalau Anda berkunjung ke Garut, pastikan untuk mencicipi makanan-makanan yang ada dalam daftar. Dan semoga, artikel ini bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan informasi mengenai makanan khas Kabupaten Garut.

Oh ya, selain makanan khas Garut, Keluyuran juga memiliki rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Garut yang wajib untuk Anda kunjungi ketika bertandang ke sana. Anda penasaran, tempat wisata apa saja di Garut yang keren dan cocok untuk dijadikan tempat berlibur? Selengkapnya, simak dalam artikel 10 Tempat Wisata di Garut ini.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak mengenai kuliner khas Sunda, Anda dapat menyimak artikel yang berjudul 10 Makanan Khas Jawa Barat dari Keluyuran ini.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram