10 Makanan Khas Hongaria dari yang Manis Hingga Pedas

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 22 Agustus 2021

Apakah kamu tahu kalau makanan khas Hongaria tak lepas dari paprika pedasnya? Ya, mereka menyukai jenis paprika Hongaria yang pedas. Selain itu, orang Hongaria juga suka mengkonsumsi banyak keju dan daging serta sup dan stew. Makanan khas negara ini lekat dengan keragaman karena tiap wilayah memiliki resep yang berbeda.

Hidangan tradisional Hongaria menjadi bagian dari warisan budaya negara ini yang membanggakan dan jumlahnya banyak. Yuk, simak daftar makanan khas Hongaria yang terkenal dengan kelezatannya berikut ini!

1. Kifli

Kifli

Kifli merupakan roti gulung yang bentuknya bulan sabit yang bisa disantap secara polos, diberikan taburan biji poppy, wijen maupun jintan, atau diberi selai buah atau madu. Walaupun tak banyak yang diketahui mengenai asal usul kifli, ada yang menyebutkan kalau kifli ditemukan ketika orang-orang Kristen membela Buda, ibu kota kuno Kerajaan Hongaria, dari Kerajaan Ottoman.

Sebagai tanda perayaannya, para pembuat roti di kota mulai menjual roti gulung segar yang berbentuk bulan sabit. Sekarang ini di Hongaria kifli biasa dibuat untuk perayaan Natal. Walaupun ada banyak jenis kifli di seluruh wilayah Eropa, seperti vanilias kifli atau makos kifli, tak ada yang sama seperti roti gulung berbentuk bulan sabit yang asli.

2. Goulash

Goulash

Mungkin goulash menjadi hal pertama yang terlintas di benak kebanyakan orang saat ditanya tentang makanan khas Hongaria yang terkenal. Itu memang benar adanya karena makanan ini memang popular sekali. Di Hongaria, goulash dikenal dengan nama gulyás yang merupakan sebutan untuk gembala yang berasal dari negara ini yang suka membuat makanan ini di abad ke-9.

Makanan ini disiapkan dalam ketel di atas api terbuka. Di beberapa tempat yang aslinya, metode tradisional ini masih dipakai. Goulash merupakan sup hangat yang dibuat secara tradisional dari bahan daging sapi, tapi terkadang juga daging babi, sapi muda, bahkan juga ayam. Paprika Hongaria menjadi bahan utama makanan ini bersama dengan sayuran serta rempah-rempah lainnya.

Terdapat banyak versi dari goulash di negeri ini. Ada yang lebih mirip dengan sup dibandingkan stew, tapi ada juga yang berisi sayuran sehat. Selain itu ada versi yang disajikan dengan mie telur kecil yang disebut “csipetke”.

3. Lángos

Lángos

Ini adalah hidangan klasik yang bisa dibawa ketika bepergian. Lángos merupakan roti pipih goreng yang digoreng dan dimakan hangat serta diolesi dengan krim asam juga keju parut. Bisa juga diberi mentega berbau bawang putih. Makanan khas Hongaria ini tersedia sepanjang tahun dan menjadi camilan yang gurih dengan harga yang terjangkau.

Lángos diperkenalkan oleh orang Turki ketika masa kependudukan mereka berabad-abad yang lalu dan saat ini makanan ini bisa ditemukan di sebagian besar pekan raya di semua perbatasan negara-negara Eropa Timur saat perayaan lokal. Roti ini secara tradisional dipanggang di depan oven batu bata yang dekat dengan api. 

Namu karena sekarang orang tidak memiliki oven batu bata dan penduduk Hongaria juga tidak banyak yang membuat roti ini di rumah, lángos pun digoreng dengan minyak dan dijual sebagai hidangan cepat saji yang lezat. Lángos yang sempurna harus memiliki tekstur renyah di luar dan lembut dan bagian tengahnya harus menggembung.

Terkadang dibuat dengan kentang yang disebut krumplis lángos dan kadang-kadang dihidangkan dengan sosis, yang disebut dengan kolbász, di atasnya. Kalau ke Budapest, cobalah lángos dari Retro Bufe yang memiliki cabang di beberapa tempat dan buka mulai pukul enam pagi.

4. Halászlé

Halászlé atau sup nelayan mempunyai tempat tersendiri di antara makanan khas Hongaria, seperti goulash. Seperti goulash, halászlé juga dimasak dalam ketel di atas api terbuka. Sup ini bahannya adalah campuran ikan sungai, seperti ikan karper, lele, sampai pike, dan dengan sebagian besar paprika pedas yang memberikan warna merah cerah yang khas pada sup ini.

Sup ini mempunyai banyak varian, seperti ala Baja yang dibuat dengan pasta kental dan khususnya ikan karper atau ikan yang paling terkenal, Szeged, yang dibuat dengan empat jenis. Sup ini sering dimakan sebagai makanan untuk Natal Hongaria. Umumnya dihidangkan pada malam Natal dengan anggur putih. Makanan ini bisa menghangatkan musim dingin.

5. Főzelék

Diyakini bahwa főzelék sudah dibuat oleh penduduk Hongaria semenjak abad ke-16. Sekarang ini makanan khas Hongaria ini biasanya dihidangkan sendiri pada hari kerja juga sebagai pelengkap daging pada hari raya.

Főzelék merupakan hidangan Hongaria yang unik karenanya makanan ini tak bisa diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Ketika pertama kali melihatnya, hidangan ini hanya terlihat seperti sup saja. Namun sebenarnya ini lebih dari sup. Kata yang tepat untuk menyebutnya mungkin sup sayuran kental. Főzelék merupakan salah satu dari sedikit pilihan sehat dalam daftar hidangan nasional Hongaria.

Makanan ini praktis dan mudah dibuat sehingga főzelék menjadi hidangan khas rumahan. Terdapat bar főzelék khusus yang tersebar di seluruh kota. Makanan ini bisa jadi pilihan ideal untuk pengalaman makan yang cepat, sehat, dan sangat merepresentasikan Hongaria sekali.

Terdapat banyak variasi főzelék termasuk kentang, buncis, kacang polong, lentil serta wortel. Semuanya dibuat dengan cara direbus kemudian dikentalkan dengan tepung yang dicampur dengan krim asam.

6. Töltött kaposzta

Hidangan ini adalah makanan khas Hongaria lainnya yang terpengaruh oleh kuliner Ottoman. Töltött kaposzta yang lezat merupakan kubis isi. Makanan ini bisa menjadi hidangan pembuka atau lauk yang enak.

Kubis isi Hongaria dibuat dari daun kubis segar atau asam yang kemudian direbus dan diisi dengan campuran daging babi cincang, nasi, bawang bombay, dan bumbu yang beraroma. Gulungan rapi ini dilapisi dengan asinan kubis yang diiris kemudian dimasak perlahan. Umumnya töltött kaposzta dimasak di dalam oven dan di atasnya diberi saus tomat dan sedikit gula untuk rasa manisnya.

Saat sudah matang, ketika disajikan, hidangan ini diberi satu sendok krim asam yang diletakkan di atasnya. Gulungan kubis ini umumnya sering dikentalkan dengan roux (campuran lemak (khususnya mentega) dan tepung yang dipakai dalam pembuatan saus) yang dibumbui paprika ini disajikan dengan krim asam. Ini adalah sajian waktu Natal serta acara-acara perayaan serta khusus lainnya.

7. Túrós csusza

Túrós csusza adalah pasta dengan keju cottage. Mungkin mendengar namanya, orang tak begitu yakin dengan makanan khas Hongaria ini, tapi sesudah mencobanya pasti tak akan bisa lupa. Ini merupakan hidangan tradisional Hongaria yang dibuat dari pasta khusus (csusza) bersama dengan keju cottage (sangat berbeda dari keju cottage lainnya yang ada di Eropa) dan daging renyah.

Bahan-bahan tadi lalu dicampur dalam mangkuk yang sebelumnya telah dipanaskan dahulu. Ini adalah hidangan utama yang mudah dimasak, murah serta mengenyangkan. Jika ingin rasa yang lebih manis, terdapat versi lain, yaitu túrós tészta. Varian ini tidak menggunakan bacon dan sebagai gantinya menambahkan gula bubuk yang banyak ke dalam campuran cottage dan krim tejföl.

Túrós tészta juga umum dan ini adalah jalan pembuka untuk mengenal semua spesialisasi pasta khas Hongaria lainnya, seperti pasta biji poppy, pasta kenari atau kubis, yang sangat digemari oleh penduduk lokal tapi tidak begitu familier di kalangan pengunjung.

8. Paprikás csirke

Paprikás csirke atau paprika ayam khas Hongaria ini dibuat dari stew gaya pedesaan yang dimasak dalam kuali besar di atas api terbuka. Umumnya hidangan ini dibuat menggunakan paha dan kaki ayam yang direbus bersama dengan bawang bombay dan dimasak dalam kaldu kental rasa paprika.

Walaupun hidangan ini mirip dengan stew pörkölt klasik, stew paprika ayam ini diberikan tambahan krim asam dan terkadang tepung, yang selalu ditambahkan terakhir untuk membuat saus yang lembut dan creamy.

Paprikás merupakan menu umum di restoran serta makanan rumahan yang lezat yang dihidangkan secara tradisional lengkap dengan dumpling galuska atau csipetke, kentang rebus, pasta, maupun polenta.

9. Gyümölcsleves

Ini adalah makanan khas Hoongaria yang popular yang berupa sup buah. Sup buah ini bisa dibuat dari buah apa saja yang dikenal dengan nama gyümölcsleves. Namun sejauh ini varian yang paling umum adalah sup ceri asam yang disebut sebagai meggleves.

Supnya ini dibuat dari ceri asam segar utuh yang lengkap dengan bijinya kemudian ditambah gula, dan krim asam serta disajikan dingin. Hidangan ini paling populer di saat musim panas sebagai menu pembuka yang menyegarkan. Namun ada juga jenis sup ini yang dibuat untuk musim dingin yang bahannya kebanyakan menggunakan buah-buahan musim dingin.

Gyümölcsleves mempunyai banyak varian bergantung pada buah musiman dan dimasak dengan krim atau susu murni, kayu manis, cengkeh, dan gula. Umumnya sup ini disajikan sebagai hidangan makan malam.

Namun gyümölcsleves bisa juga diubah jadi makanan penutup atau hidangan pembuka. Caranya yaitu dengan menambahkan sedikit anggur putih atau merah manis dengan crème fraiche pada gyümölcsleves sebelum disajikan.

10. Kolbász

KolbászSumber: palcso.hu

Di seluruh dunia Hongaria terkenal karena sosisnya dan sosis sudah menjadi makanan yang selalu ada di sebagian besar dapur penduduk Hongaria selama ratusan tahun. Terdapat banyak jenis sosis matang yang dikenal sebagai kolbász. Jenis sosis bergantung pada jenis daging, bahan-bahan, apakah diasap atau tidak, maupun jenis bumbu yang ditambahkan.

Sosis matang ini bisa dimakan sebagai cold meat, dimasukan dalam salad maupun dimasak dalam stew. Kebanyakan jenis sosis ini berasal dari berbagai daerah. Misalnya saja, Gyulai (dari kota Gyula) yang berupa sosis babi asap yang dimasak dengan teknik slow cooking atau dimasak dengan cara lambat dengan kayu beech. Untuk versi yang lebih pedas dinamakan Csabai.

Sementara Csemege kolbász adalah sosis asap yang lebih ringan. Ada juga Cserkész kolbász yang sering dibuat dengan daging sapi dan masih banyak lagi.

Hongaria ternyata mempunyai beragam jenis makanan yang menarik. Beberapa makanan mendapatkan pengaruh dari Kerajaan Ottoman yang dulu pernah menguasai daerah tersebut. Bagi penyuka pedas mungkin cocok dengan makanan khas Hongaria ini.

Kalau kamu tertarik untuk mencicipinya, kamu bisa membuatnya di rumah. Untuk resepnya bisa dengan mudah kamu dapatkan dari internet. Selamat mencoba!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram