10 Makanan Khas Irlandia yang Sederhana tapi Mengenyangkan

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 8 Oktober 2021

Makanan khas Irlandia sepertinya kurang begitu terdengar gaungnya di negara kita. Makanan tradisional dari negara ini berkisar dari roti cokelat Guinness sampai stew khas Irlandia, roti soda, dan boxty. Kebanyakan makanan Irlandia menggunakan kentang di dalamnya. Kuliner Irlandia berhubungan dengan masakan keluarga yang sederhana juga hangat yang sesuai dengan musim.

Namun kini kuliner Irlandia sudah sangat berkembang. Sekarang di negara ini pengunjung akan mendapati beragam kuliner, mulai dari kuliner restoran berbintang Michelin sampai makanan tradisional khas Irlandia. Untuk mengenal makanan khas Irlandia, yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Full Irish Breakfast

Full Irish Breakfast

Irlandia memiliki menu sarapan yang terkenal mengenyangkan sekali. Menu sarapan seperti ini sempurna untuk mereka yang mempunyai hari yang sibuk atau mereka yang masih bekerja hingga larut malam.  

Sarapan lengkap ala Irlandia yang dikenal sebagai 'sarapan digoreng’ akan menjadi tantangan bagi mereka pecinta kuliner. Sebelum mulai melahap makanan, buka ikat pinggang terlebih dulu karena hidangan ini terdiri dari beragam makanan, seperti sosis, bacon, kacang-kacangan, jamur, telur, tomat panggang, puding hitam dan atau putih, dan sisa kentang yang dibuat jadi hash.

Tambahkan lainnya, yaitu mentega lembut, beberapa roti soda Irlandia, selai jeruk dan teh atau kopi dan itulah asupan kalori yang akan didapatkan di hari itu dalam satu kali makan. Kalau terburu-buru, bisa memilih menu sarapan berupa menu breakfast roll atau breakfast bap (seperti hotdog dan sandwich).

2. Irish Apple Cake

Awalnya Irish apple cake atau kue apel Irlandia ini dibuat dari crabapple atau crab apple. Hal ini karena buah apel adalah buah orang kaya dan di tanah berbatu pohon ini tidak tumbuh dengan baik sehingga orang Irlandia tidak menanam pohon apel.

Kue ini dibuat menggunakan wajan besi cor dan dipanggang di atas api dan disebut juga sebagai Kerry apple cake atau Irish apple crumble cake karena memiliki topping yang manis serta renyah. Di Irlandia kue ini dibuat dengan banyak cara yang berbeda, bisa mencapai ratusan.  Beberapa varian kuenya padat dan moist.

Yang lain kuenya ada yang lembut ringan dan dikelilingi oleh potongan apel yang banyak dengan bagian atasnya yang renyah. Hasil yang beragam itu bergantung pada metode memanggangnya dan pembuatnya karena sebenarnya resep kue apel Irlandia yang otentik itu tidak ada.

3. Champ

Pada acara Samhain atau Haloween di Irlandia, hidangan kentang tumbuk yang merupakan makanan khas Irlandia ini adalah menu yang harus ada pada perayaan malam hari. Champ mirip sekali dengan colcannon. Yang membedakan adalah champ dibuat dengan menambahkan bawang daun cincang bukannya kale atau kol.

Di kebanyakan daerah di Irlandia, champ akan dipersembahkan pada peri dan roh di saat acara Samhain. Hidangan ini disajikan dengan sendok dan disimpan di bawah semak untuk menenangkan mereka. Bisa juga disimpan di rumah untuk leluhur yang sudah meninggal. Champ populer sekali di Provinsi Ulster, sedangkan colcannon lebih banyak ditemui di tiga provinsi lainnya.

Makanan ini merupakan lauk enak yang bisa dihidangkan seperti apa adanya atau diperlakukan seperti bubble and squeak (makanan khas Inggris yang terbuat dari kentang dan kol) dan di atasnya ditambah dengan telur goreng setengah matang. Hidangkan champ dengan sosis atau bacon, daging sapi panggang atau sayuran lain seperti kol. Untuk sentuhan yang bagus bisa ditambah sedikit saus.

4. Soda Bread

Soda Bread

Untuk mentega Irlandia yang lezat diperlukan sesuatu yang enak yang bisa dioleskan. Soda bread atau roti soda Irlandia merupakan makanan khas Irlandia yang sudah mendunia. Roti ini di Irlandia jadi populer karena selama masa kemiskinan serta kelaparan yang hebat sangat dibutuhkan.

Roti ini bahannya hanya sedikit dan untuk raginya menggunakan soda kue agar menghasilkan roti yang konsisten. Sekarang ini, roti soda Irlandia kerap kali disantap dengan menu sarapan atau teh. Soda bread ada yang polos tanpa tambahan ataupun dengan tambahan buah kering juga dengan rempah-rempah.

Beberapa orang menganggap pembuatan roti ini dengan sangat serius. Mereka sampai menciptakan masyarakat untuk pelestarian roti soda.

5. Colcannon

Colcannon merupakan makanan tradisional Irlandia yang mirip dengan champ. Bahannya adalah kentang yang ditumbuk dan dimasak sebelumnya dengan kale atau kol. Tekstur creamy-nya didapatkan dari menambahkan susu dan mentega, ataupun krim.

Bumbu yang ditambahkan hanya garam dan merica. Sering kali colcannon berisi tambahan bawang bombay, daun bawang, bawang prei dan daun bawang. Namun banyak juga yang senang memberikan tambahan bacon untuk rasa dan teksturnya.

Umumnya makanan tradisional ini dibuat untuk perayaan Halloween dan juga dipakai dalam beberapa tradisi meramal khas Irlandia. Asal nama makanan ini dari kata Gaelik cál ceannann, yang artinya kol berkepala putih. Hidangan ini biasanya dihidangkan sebagai makanan individu tapi bisa juga sebagai pelengkap daging. Makanan ini kerap kali diberi potongan kecil mentega di tengahnya.

6. Stobhach/ Irish Stew

Stobhach

Stew Irlandia merupakan stew tradisional yang muncul pertama kali di awal abad ke-19. Makanan khas Irlandia ini dibuat karena kebutuhan untuk membuat makanan yang bahannya berasal dari bahan sisa yang ada. Stew ini di awal dibuat hanya dengan menggunakan daging kambing, bawang bombay, kentang, dan kadang-kadang jelai.

Untuk penambahan daging domba dan sayuran akar lainnya seperti lobak, wortel, dan parsnip dilakukan kemudian. Dikatakan di masa lalu daging kambing juga digunakan, tapi selain daging kambing dan domba, tambahan yang umum untuk resep sekarang ini adalah daging sapi.

Karena dalam masakan ini daging yang digunakan bertekstur kenyal dan keras, biasanya dimasukkan dengan tulangnya, stew dimasak lama dengan api kecil selama beberapa jam sampai daging jadi empuk dan melepaskan lemak ke dalam stew. Ini akan meningkatkan rasa seluruh makanan ini.

Stew yang dibuat dengan menambahkan bir Guinness stout menjadi popular di seluruh Irlandia karena bir mengintensifkan rasa dan menjadikan kaldu berwarna cokelat. Umumnya stew ini disantap pada Hari St. Patrick dan Samhain, tapi juga menu ini bisa juga dijumpai di restoran-restoran di Irlandia.

7. Coddle

Coddle

Coddle Dublin merupakan makanan khas Irlandia yang digemari dengan stew-nya yang kaya rasa. Namanya berasal dari kata kerja bahasa Prancis "caudle," yang berarti direbus dengan lembut. Awalnya resep ini dibuat sebagai cara yang cerdik untuk bisa memberi makan banyak orang saat terjadi kelangkaan makanan.

Makanan yang dikenal sekarang ini mempunyai kandungan daging yang banyak. Ini berbeda jauh dengan versi sebelumnya yang hanya berisi sayuran, kentang, dan potongan daging babi. Coddle memiliki banyak versi karena tiap juru masak bisa memberikan sisa makanan apa pun yang dipunyai.

Namun, pada umumnya yang menjadi dasar dari pembuatan makanan yang lezat ini adalah kentang dan sayuran akar lainnya, sosis, bacon serta bawang bombay. Biasanya hidangan ini disajikan dengan roti. Coddle begitu mengenyangkan hingga tak perlu ditemani oleh makanan lain, cukup irisan roti soda segar yang dapat menyerap kuahnya.

8. Boxty

Boxty

Nama makanan ini mungkin terdengar aneh di telinga. Boxty adalah makanan khas Irlandia yang berupa kue kentang. Hidangan ini seperti persilangan antara pancake dengan roti pipih yang dihidangkan dengan apa saja mulai dari makanan yang digoreng sampai buah.

Dalam bahasa Irlandia, kue kentang ini dikenal sebagai bacstaí. Asalnya dari kata bácús, yang artinya roti, atau arán bocht tí, atau roti rumah miskin. Boxty populer di daerah barat laut negara itu. Di sana makanan tersebut bisa memiliki banyak bentuk, dari pancake panggang sampai potongan roti panggang.

Bahan utamanya adalah kentang yang diparut halus kemudian dicampur dengan buttermilk, telur dan tepung terigu dan seluruh bahan tersebut lalu dimasak seperti pancake biasa. Dahulu boxty biasa disantap tanpa yang lain, tetapi sekarang dihidangkan seperti tortilla, diberi isian dengan beragam daging dan sayuran.

9. Beef and Guinness Pie

Pada dasarnya beef and guiness pie atau pai daging sapi dan Guinness adalah daging sapi dan stew bir Guinness yang diletakkan pada pastry base dan di atasnya ditutup dengan adonan pastry. Pai tersebut kemudian dipanggang hingga warnanya cokelat keemasan. Makanan ini dikenal sebagai makanan yang pas untuk hari-hari di musim gugur yang dingin.

Biasanya isinya berupa potongan daging sapi, minyak, bubuk mustard, bawang bombay, wortel, seledri, Guinness, kaldu sapi, bayleaf, peterseli, jeli redcurrant, dan thyme. Makanan ini dimasak dengan api kecil agar daginnya menjadi empuk.

Rasa Guinness yang ditambahkan meresap ke dalam daging sapi, sementara sayuran menghasilkan kuah yang kental. Bila ada sisa kuah sesudah pai dipanggang, umumnya sisa kuah tersebut dituangkan ke dalam wadah dan dihidangkan bersama dengan pai.

10. Barmbrack

Terkdadang disebut brack atau roti buah Irlandia, barmbrack dikatakan hampir sama dengan panettone, roti khas Italia. Roti ini diisi dengan buah kering, seperti sultana, kismis, currant, dan sejenisnya. Makanan khas Irlandia ini juga mempunyai sejarah magis.

Barmbrack adalah sebuah suguhan populer di saat Halloween yang digunakan untuk meramal. Caranya dengan memasukkan jimat kecil ke dalam roti. Berbagai benda tersebut di antaranya tongkat, kacang polong, koin, cincin dan selembar kain, yang semuanya mempunyai arti khusus. Semua benda itu akan dipanggang jadi roti yang kemudian dipakai dalam meramal.

Tiap orang yang menerima sepotong roti yang berisi benda-benda ini akan mengetahui keberuntungan mereka di tahun yang akan datang. Roti ini dipotong jadi irisan genap. Menurut tradisi Celtic kuno, jimat ini memperlihatkan status masa depan tiap orang. Contohnya, cincin artinya pernikahan dan koin artinya kekayaan.

Makanan khas Irlandia, seperti halnya makanan khas Wales, juga banyak menggunakan kentang sebagai bahan utamanya. Seperti halnya juga Wales dengan tanah yang kurang begitu subur, tak heran jika makanan yang dihasilkan cukup sederhana tapi bisa mengenyangkan banyak orang.

Beberapa makanan khas Irlandia ini cocok untuk jadi alternatif menu sarapan, seperti champ atau colcannon. Negara ini juga memiliki stew yang dimasak dengan bir khas negaranya, yaitu Guinness stout. Tertarik untuk ganti menu sarapanmu dengan makanan dari Irlandia?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram