10 Makanan Khas Italia Dengan Cita Rasa yang Lezat

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pernah menonton film Eat, Pray, Love? Di salah satu scene tersebut diceritakan bahwa sang pemeran utama, Julia Roberts mendapatkan kenikmatan dan cita rasa terbaik dari sebuah makanan saat ia mengunjungi Italia. Kenyataannya, Italia memang dikenal memiliki berbagai kuliner khas dengan cita rasanya yang lezat dan menggiurkan.

Berbagai makanan ala Italia saat ini juga sudah menjadi sangat populer di dunia dan banyak ditemukan di berbagai negara. Dari beragam kuliner khas ala Italia, berikut 10 kuliner khas paling lezat dan populer di seluruh dunia. Simak ulasannya yuk!

1. Pizza

Pizza

Makanan khas Italia yang satu ini sudah sangat populer di seluruh dunia. Istilah pizza mulanya berasal dari alfabet fonetik internasional di Italia yang berarti pai, kue, atau tart. Makanan ini sudah dikenal oleh masyarakat Italia sejak tahun 1600. Saat itu pizza belum menggunakan saus tomat dan keju mozzarella seperti sekarang ini.

Pizza memiliki rasa yang gurih dan berbentuk roti bundar yang pipih. Pizza dimasak dengan dipanggang dalam oven dan dilumuri saus tomat serta keju mozzarella. Bahan lain yang juga sering digunakan dalam pizza antara lain daging, salami atau pepperoni. Pizza juga sering ditambah sayuran seperti paprika atau buah-buahan seperti nanas dan zaitun.

2. Lasagna

Lasagna

Banyak orang mulai mengenai Lasagna ketika makanan ini menjadi makanan kesukaan karakter kucing Garfield. Lasagna adalah sejenis pasta yang merupakan makanan tradisional dari Italia. Makanan ini dimasak dengan cara dipanggang dalam oven. Lasagna memiliki arti berisikan daging.

Seperti namanya, lasagna berisikan daging, ayam, makanan laut, keju, sosis, sayur-sayuran, dan tambahan lain yang bisa ditambahkan sesuai selera. Sementara kulit lasagna terbuat dari adonan tepung terigu. Lasagna kemudian akan disajikan dengan saus yang memiliki cita rasa khas yang membuatnya semakin lezat.

3. Risotto

Risotto

Jika kamu ingin mencoba makanan khas Italia yang menggunakan nasi, kamu bisa mencoba risotto. Hidangan berupa nasi campur ini tepatnya berasal dari Italia bagian utara. Beras pada risotto dimasak dengan kaldu sehingga membuat teksturnya menjadi lengket seperti krim. Di Italia, risotto biasa disajikan sebagai makanan pembuka.

Kaldu yang digunakan untuk memasak risotto bisa berasal dari daging, ikan, atau sayuran. Selain kaldu, bahan tambahan lain yang dimasukkan pada risotto adalah mentega, anggur, keju, atau bawang. Di Italia sendiri, ada tujuh jenis variasi risotto dengan varian isi berbeda dan memiliki cita rasa khasnya masing-masing.

4. Spaghetti

Spaghetti

Di kehidupan tradisional  Italia, spaghetti merupakan salah satu makanan pokok. Spaghetti adalah bentuk jamak dari bahasa Italia spaghetto dan berasal dari kata spagho yang memiliki arti tali tipis atau benang. Menurut sejarah, spaghetti sudah dikenal sejak abad ke 5 masehi. Bahan utama untuk membuat spaghetti adalah tepung gandum dan air.

Jenis pasta yang satu ini berbentuk panjang, tipis, padat, dan menyerupai mie sehingga banyak yang menyebutnya mie Italia. Ada banyak variasi menu spaghetti seperti spaghetti saus tomat, spaghetti Bolognese, atau spaghetti aglio o olio. Spaghetti juga bisa dibuat dalam bentuk kering dan disimpan dalam kemasan seperti yang bisa kamu temui di supermarket.

5. Ravioli

Ravioli

Ravioli adalah makanan tradisional Italia yang mulai berkembang dan populer sejak zaman romawi. Menurut catatan sejarah, nama ravioli pertama kali disebut pada surat-surat pribadi seorang pedagang prato pada abad ke-14. Ravioli terdiri dari isian yang dilapisi dengan pasta tipis.

Ravioli cocok bagi kamu yang vegetarian atau tidak terlalu menyukai daging karena makanan ini terbuat dari bahan bayam dan ricotta. Ravioli biasa disajikan dalam kaldu atau saus. Ravioli dibentuk dengan model bujur sangkar atau setengah lingkaran dan disajikan dalam porsi kecil sehingga kamu bisa memakan 2 hingga 3 porsi ravioli sekaligus.

6. Tiramisu

Tiramisu

Kue yang satu ini sudah sangat populer di Indonesia. Tiramisu adalah kue keju yang berasal dari Italia yang disajikan dengan taburan bubuk kakao di atasnya. Menurut sejarah, tiramisu diciptakan di kota Treviso pada tahun 1971. Di Italia, kue tiramisu sering dijadikan sebagai makanan penutup dan cara makannya yaitu menggunakan sendok atau istilahnya al cucchiaio.

Bahan dasar dari tiramisu adalah biskuit yang direndam dalam larutan kopi dan keju mascarpone. Biskuit tersebut kemudian disusun dan dilapisi krim kocok kemudian disimpan dalam lemari pendingin. Ciri khas tiramisu adalah tekstur kuenya yang lembut serta rasa keju dan kopinya yang kuat.

7. Fettucini

Fettucini

Dalam bahasa Italia, fettucinini berarti pita kecil. Fettucini adalah pasta dari  Italia yang populer dalam makanan ala Romana dan Toskana. Makanan ini sudah dibuat sejak tahun 1920-an oleh seorang koki bernama Alfredo. Fettucini berbentuk seperti mie dengan bentuk yang pipih dan terbuat dari campuran telur serta tepung terigu.

Fettucini memiliki bentuk dengan ukuran yang lebih besar dibanding pasta lain. Makanan ini biasanya disajikan dengan saus krim sehingga membuat tampilannya dominan dengan warna putih. Ada dua macam varian fettucini yang paling populer, yaitu fettucini alfredo dan fettucini carbonara. Selain dibuat secara tradisional, fettucini kini juga dibuat dalam bentuk kering dan disimpan dalam kemasan.

8. Panna Cotta

Panna Cotta

Panna Cotta merupakan makanan penutup ala Italia. Nama makanan ini berasal dari kata panna yang berarti krim dan cotta yang berarti masak. Maka panna cotta berarti krim yang dimasak. Sesuai dengan namanya, panna cotta terbuat dari campuran krim dan gula yang direbus dan ditambah gelatin.

Panna cotta biasa disajikan dalam keadaan dingin dalam gelas-gelas berukuran kecil. Makanan ini biasanya juga disajikan dengan tambahan karamel atau buah-buahan. Panna cotta berwarna putih susu dan memiliki tekstur yang sangat lembut. Rasanya juga sangat manis dan memiliki banyak manfaat untuk pencernaan.

9. Bruschetta

Bruschetta

Bruschetta merupakan sejenis makanan pembuka ala Italia yang terbuat dari bahan utama roti yang dipanggang dengan menggunakan pemanggang brustolina. Roti ini terbuat dari adonan tepung terigu yang diberi mentega dan bawang putih. Makanan ini sudah dikenal masyarakat Italia sejak abad ke-15.

Cara pembuatan bruschetta juga cukup mudah. Kamu bisa membuatnya dengan memanggang roti bersama bawang putih hingga teksturnya terasa crispy. Kemudian tambahkan potongan tomat, bawang bombai, lada, serta minyak zaitun di atasnya.

10. Gelato

Gelato

Gelato merupakan es krim ala Italia yang sudah terkenal ke seluruh dunia. Di Italia sendiri, gelato adalah sebutan orang-orang untuk menyebut es krim. Namun sebenarnya gelato memiliki berbeda dengan es krim. Gelato memiliki tekstur yang lebih padat, lemak yang lebih rendah, dan rasa susu yang lebih kuat dibandingkan es krim biasa.

Di Italia, gelato sudah populer sejak tahun 1920-an. Gelato berasal dari bahasa Italia yang berarti beku. Bahan utama untuk membuat gelato adalah susu, krim, dan gula. Makanan penutup ini memiliki banyak varian rasa mulai dari buah-buahan hingga kacang-kacangan.

Itulah 10 makanan khas Italia dengan cita rasanya yang lezat. Manakah diantara kuliner tersebut yang pernah kamu cicipi dan menjadi hidangan Italia favoritmu? Bagikan tanggapanmu di kolom komentar ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *