10 Makanan Khas Jamaika Hasil Percampuran Beragam Budaya

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 13 Oktober 2021

Bagi sebagian orang, Jamaika mungkin hanya sebuah pulau, tetapi sebenarnya Jamaika merupakan sebuah negara tempat ditemukannya istilah “melting pot” yang berlaku untuk rakyatnya juga untuk makanannya. Pulau yang ada di Karibia ini terdiri dari penduduk asli, budak, penjajah, dan imigran termasuk di dalamnya negara Spanyol, Inggris, India Cina, dan Afrika.

Karena banyaknya budak hasil dari perdagangan budak transatlantik, Jamaika mendapatkan pengaruh dari kuliner Afrika yang kuat. Makanan khas Jamaika mencerminkan sejarah makanan tradisional serta kebiasaan dari negara-negara tersebut. Seperti apa makanan khas dari negaranya Bob Marley ini? Cek daftarnya berikut ini.

Baca juga: 10 Makanan Khas Spanyol

1. Chicken Jerk

Chicken Jerk

Chicken jerk merupakan makanan khas Jamaika yang paling tradisional dan kalau kamu seorang pecinta kuliner, hidangan ini merupakan salah satu sajian yang harus dicoba. Ciri khas makanan ini ditandai dengan bumbu jerk yang terkenal yang terbuat dari campuran rempah-rempah seperti cengkeh, kayu manis, jahe, bawang putih, thyme, pala dan merica.

Mungkin di Indonesia, chicken jerk itu seperti ayam bakar yang ayamnya diberi bumbu terlebih dahulu. Chicken jerk dijual oleh pedagang kaki lima juga restoran kelas menengah serta kelas atas. Selain lezat, makanan ini juga bisa jadi camilan yang enak sesudah bermain di pantai atau bahkan lebih baik lagi jadi teman minuman khas Jamaika saat sedang berada di pantai.

2. Ackee and Saltfish

Ackee and Saltfish

Ackee and saltfish merupakan hidangan nasional Jamaika gabungan antara bumbu dan buah-buahan dari darat dengan bahan makanan dari laut. Hidangan yang penuh warna ini dihidangkan kapan saja sepanjang hari dan digemari oleh penduduk setempat untuk menu sarapan. Selain itu, makanan ini juga jadi ikon budaya dan sejarah Jamaika.

Awalnya buah ackee yang hampir sama dengan leci ini dibawa dari Ghana ke Jamaika pada abad ke-18. Sesudah itu, buah tersebut langsung menjadi favorit nasional. Untuk menjadi bumbu, buah ini direbus kemudian dicampur dengan bawang bombay, tomat, cabai scotch bonnet, dan rempah-rempah seperti paprika dan merica.

Ikan salt cold ditumis dan dimasukkan ke dalam campuran untuk menghasilkan makanan khas Jamaika yang paling tradisional. Makanan ini bukan untuk semua orang. Orang bisa menyukainya atau mungkin membencinya.

Namun saat berkunjung ke Jamaika, makanan ini tidak boleh dilewatkan. Ackee and saltfish sering dihidangkan dengan nasi dan pangsit, kacang polong, atau pisang raja untuk makanan yang lebih kaya rasa.

3. Jamaican Patty

Jamaican Patty

Di banyak negara di seluruh dunia, pai yang diisi dengan daging adalah hidangan yang sangat popular. Ini adalah cara yang bagus untuk mengubah potongan daging yang murah jadi makanan yang gurih dan memastikan tak ada makanan yang terbuang. Roti daging Jamaika ini dibuat jadi lebih enak lagi dengan sentuhan India dan Afrika yang unik.

Makanan ini berasal dari hidangan favorit di Inggris, yaitu pai daging, dan pastel Spanyol. Umumnya di Jamaika hidangan ini dicintai sebagai street food yang sederhana yang juga bisa dihidangkan sebagai makanan utama. Roti Jamaika yang bentuknya pipih ini dipanggang dalam bentuk bulan sabit dan di bagian luar diberi lapisan kunyit.

Untuk bagian dalamnya diberi isian yang harum dan aromatik yang umumnya terbuat dari daging sapi yang digiling halus, remah roti serta beragam bumbu pilihan seperti bawang merah, thyme, bawang putih, cabai scotch bonnet, serta bubuk kari pedas.

Walaupun daging sapi merupakan favorit penduduk lokal, sayuran, callaloo, ikan atau daging kambing semuanya bisa menggantikannya. Ada juga roti yang diisi dengan daging, apel, dan kayu manis untuk acara-acara khusus dan perayaan tetapi ini jarang ditemui.

Tak masalah apakah itu roti manis atau gurih, rotinya tetap enak ketika dipanaskan kembali besok harinya, dan bahkan bisa digoreng jadi kering atau digoreng biasa.

4. Rice and Peas

Rice and Peas

Di hampir tiap piring makan siang serta makan malam makanan khas Jamaika ini bisa ditemui. Terkadang dijuluki sebagai simbol atau lambang negara. Hidangan ini berupa rice and and peas atau nasi dan kacang polong.

Makanan ini berisi nasi dan kacang polong atau kacang-kacangan lain yang dimasak bersama santan dan rempah-rempah. Jenis kacang yang disukai di Jamaika untuk hidangan ini adalah kacang merah. Imigran yang datang ke Jamaika juga mempengaruhi masakan lain, misalnya nasi dan kacang Kosta Rika, yang berbahan kacang merah yang dimasak menggunakan cara yang sama.

5. Oxtail with Broad Beans

Oxtail with Broad Beans

Oxtail with broad beans atau buntut dengan kacang fava merupakan stew tradisional Jamaika yang bahannya berupa buntut sapi cincang, bawang putih, bawang bombay, cabai, jahe, kacang fava, tepung jagung, air, dan bumbu seperti allspice, lada hitam, garam, dan thyme. Stew ini direbus perlahan di atas api sedang hingga mengental dan tekstur kacang berubah jadi lembut.

Banyak penduduk setempat menyukai hidangan ini karena rasanya yang gurih dan dagingnya yang empuk yang dengan mudah lepas dari tulangnya. Untuk menyajikannya disarankan dalam keadaan hangat di atas nasi biasa maupun coconut rice atau nasi kelapa.

6. Goat Curry

Goat Curry

Goat curry atau Kari kambing popular di seluruh dunia dan ini merupakan salah satu hidangan Jamaika yang sangat terkenal sekaligus menjadi ikon makanan khas Jamaika. Terkadang kambing diganti dengan daging domba, bergantung pada daging apa yang tersedia untuk dimasak oleh koki yang menyiapkan hidangan.

Kari Jamaika lebih mirip dengan stew dan dimasak dengan cara slow cooking untuk memadukan semua bumbu dan rasa agar meresap ke dalam daging. Orang Jamaika sangat menyukai hidangan kari mereka. Jadi jangan heran jika melihat panci besar menggelegak di setiap sudut serta pada tiap acara khusus.

Kari kambing Jamaika dihidangkan dengan nasi ikonik, yaitu nasi dan kacang polong, ditambah dengan kentang, wortel, dan santan yang menjadikan kari rasanya semakin luar biasa. Sesudah mencicipinya, kamu pasti ketagihan.

7. Mackerel Rundown

Mackerel RundownSumber: youtube.com

Mackerel rundown merupakan makanan khas Jamaika yang klasik Jamaika. Hidangan ini menampilkan makarel asin atau acar ditambah dengan saus kental yang terbuat dari santan yang sudah direbus dengan bermacam bumbu sampai menjadi puding. Sausnya sering diberi bumbu dengan bawang putih, cabai scotch bonnet, lada hitam, thyme, dan daun bawang.

Sering kali hidangan ini disantap sebagai menu sarapan atau makan siang jika ditemani oleh pisang hijau, bammy, festival atau sukun bakar. Dip and fall back adalah nama lain dari hidangan ini yang konon asalnya dari fakta bahwa makanan ini sering dihidangkan dalam mangkuk yang disimpan di tengah meja.

Tujuannya adalah agar tiap orang akan mencelupkan lauk ke dalamnya kemudian mundur ke belakang agar memungkinkan orang lain untuk mencelupkan lauknya.

8. Gungo Peas Soup

Di Jamaika kacang gude disebut dengan gundo peas. Sup Jamaika yang berbahan kacang gude ini merupakan makanan yang bergizi ini dibuat dengan daging sapi, kacang gude, ekor babi, ubi, bawang bombay, biji cengkeh, thyme, dan cabai scotch bonnet atau habanero. Biasanya sup diperkaya dengan ditambah pemintal (pangsit Jamaika) yang dibuat dari tepung, garam, dan air.

Semua bahan yang digunakan direbus perlahan sampai daging, kacang polong dan sayuran menjadi empuk dan sup menjadi lebih kental. Sup kacang gude adalah hidangan pokok Jamaika yang bisa dinikmati sepanjang tahun, tapi sangat populer saat liburan dan di hari Sabtu.

9. Bammy

Bammy

Bagi penduduk lokal dan turis pilihan sarapan Jamaika yang populer adalah bammy. Bammy atau bami mirip sekali dengan roti yuca atau roti casabe. Yang membedakan keduanya, yaitu bammy lebih tebal dibanding dengan roti yuca yang bahannya dari singkong parut dan garam. Kemudian adonan tadi digoreng dalam wajan.

Bammy merupakan roti pipih singkong tradisional dari Jamaika. Bahannya adalah singkong yang merupakan sayuran lokal. Sering kali adonan direndam dalam santan lalu digoreng, dikukus maupun dipanggang. Asal bammy dari Arawaks, yang adalah penduduk asli pulau ini. Biasanya roti bisa dibeli dari pedagang lokal dan dihidangkan baik untuk sarapan maupun sebagai pelengkap hidangan ikan.

10. Callaloo

Callaloo

Callaloo merupakan bagian dari makanan khas Jamaika yang berupa lauk vegetarian. Ini adalah bahan makanan yang popular dan bentuknya sangat mirip dengan bayam. Callaloo merupakan tanaman berdaun hijau tua yang di Jamaika kerap kali disantap untuk sarapan. Bisa juga dihidangkan sebagai lauk.

Di seluruh Jamaika terdapat beberapa variasi cara pembuatannya, tapi yang paling umum daun hijau lokal ini dikukus bersama paprika kukus, tomat, daun bawang, dan garam. Dalam hal rasa, daun ini rasanya mirip kale atau bayam. Untuk mendapatkan hidangan yang benar-benar tradisional, tambahkan callaloo ke dalam piring berisi chicken jerk atau ackee and saltfish.

Jamaika tidak hanya dikenal dengan musik reggae-nya saja, tapi pulau ini juga memiliki kuliner yang unik. Makanan khas Jamaika merupakan perpaduan dari berbagai budaya penduduk yang meninggali pulau tersebut, seperti Afrika, Inggris, Cina atau India.

Namun pengaruh terbesar untuk makanan khas Jamaika berasal dari Afrika karena banyaknya budak yang didatangkan ke pulau itu. Bahan makannya ada yang cukup familier di kita, seperti singkong. Tertarik untuk mencicipi makanan dari negaranya Bob Marley?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram