25 Makanan Khas Jawa Barat (Sunda) yang Paling Enak

Ditulis oleh Linda

Apakah Anda memiliki makanan favorit dari daerah tertentu? Setiap orang tentu memiliki makanan khas favorit dari daerahnya masing-masing.

Bila Anda dari Pontianak, mungkin Anda menyukai makanan khas Pontianak seperti Pengkang atau Sotong Pangkong. Atau mungkin Anda yang berdomisili di Batam menyukai Mi Lendir. Apapun makanan favorit Anda, setiap daerah pasti memiliki makanan khas tersendiri yang lezatnya tiada tara.

Nah, kali ini Keluyuran ingin mengajak Anda untuk mengenal 10 makanan khas Jawa Barat yang paling terkenal. Anda pasti tahu cemilan yang namanya cireng, bukan? Nah, cemilan enak itu juga berasal dari Jawa Barat, lho. Selain cireng, provinsi ini juga memiliki sejumlah makanan khas lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan.

1. Nasi Tutug Oncom

resep nasi tutug oncom tasikmalaya

Nasi tutug oncom merupakan salah satu makanan khas Sunda yang sudah tersohor hingga ke seluruh Nusantara. Nasi tutug oncom ini adalah menu makanan berat yang terdiri dari nasi dan oncom yang ditumbuk bersamaan. Nasi tutug oncom biasa disajikan dalam keadaan hangat, sehingga lezatnya lebih terasa.

Nasi tutug oncom ini memiliki perpaduan rasa yang unik, yakni asin dan gurih dari oncom serta pulen dan manisnya nasi menambah nikmatnya sajian khas Tatar Sunda ini. Nasi tutug oncom ini asalnya dari Tasikmalaya, namun hidangan ini dapat ditemukan di hampir seluruh wilayah di Jawa Barat. Anda sudah pernah mencobanya?

2. Empal Gentong

Empal gentong juga merupakan makanan khas Jawa Barat yang bisa Anda coba. Makanan ini berasal dari daerah Cirebon. Empal gentong ini bisa dibilang hampir mirip dengan gulai. Umumnya, empal gentong dimasak di dalam gentong.

Ada beberapa bahan yang digunakan dalam masakan ini. Bahan utamanya biasanya berupa daging sapi. Empal gentong biasa dinikmati dengan nasi atau lontong.

3. Surabi

surabi jabar
*

Surabi adalah salah satu kue tradisional khas Jawa Barat yang terkenal akan kelezatannya. Surabi dibagi menjadi dua varian, yakni manis dan asin. Surabi asin tersedia dalam berbagai pilihan rasa. Ada surabi rasa oncom hingga telur. Namun kini, para pemilik kedai atau warung surabi telah berinovasi dengan menambahkan berbagai macam topping pada sajian tradisional ini. Mulai dari menambahkan sosis sampai keju. Ada juga yang menggunakan keju mozarella.

Sementara untuk surabi manis, biasanya disiram dengan gula merah yang telah dicairkan. Namun kini, terdapat surabi manis dengan berbagai pilihan rasa dan topping. Mulai dari surabi durian, surabi cokelat susu hingga surabi dengan meises dan juga keju. Adakah di antara Anda yang belum pernah mencoba surabi?

4. Manisan Pala

manisan pala
*

Manisan juga adalah salah satu makanan khas Jawa Barat yang menjadi primadona. Salah satunya adalah manisan buah pala. Manisan buah pala biasanya terdiri dari manisan kering dan basah.

Manisan pala dibuat dengan cara mengupas buah terlebih dulu, kemudian buah pala dipotong sesuai selera, lalu dimasak dengan cara direbus dan kemudian disiram dengan menggunakan air garam.


Daging buah pala yang telah direbus dan disiram air garam kemudian direndam dengan air kapur agar teksturnya tetap terjaga.

Nah, untuk membuat manisan pala basah, pala yang sudah direndam air kapur tadi dicampur dengan larutan gula pasir mendidih. Lalu kemudian ditiriskan. Sementara untuk membuat manisan buah pala kering, menurut tempo caranya hanya dengan menjemur pala basah tadi di bawah sinar matahari sampai mengering sempurna.

Manisan buah pala yang memiliki cita rasa manis dan asam namun tetap segar ini bisa ditemui di Kabupaten Cianjur, Kota Bogor, dan beberapa daerah lainnya di Jawa Barat.

5. Mochi

mochi
*

Selanjutnya, ada kue mochi yang merupakan kudapan asal Jepang, namun menjadi salah satu makanan khas di Jawa Barat juga. Khususnya kawasan Sukabumi dan Cianjur. Menurut Wikipedia, mochi adalah makanan manis berbentuk bulat yang terbuat dari beras ketan yang ditumbuk, sampai adonan menjadi lengket.

Di Indonesia, khususnya Jawa Barat, kudapan ini dikemas dengan menggunakan keranjang bambu dan banyak dijual oleh pedagang asongan maupun toko oleh-oleh. Mochi di sini biasanya berisi kacang dan diberi taburan tepung sagu. Rasanya? Sudah pasti lezat dan bikin nagih. Hayo, jangan ngiler, ya!

6. Lotek

Lotek Makanan khas Jawa Barat

Apakah Anda pernah menyantap gado-gado? Nah, lotek ini adalah makanan khas Jawa Barat yang tampilannya sangat mirip dengan gado-gado. Makanan ini berisi beberapa jenis sayuran yang direbus dan disiram dengan bumbu kacang.

Bedanya, bumbu kacang untuk lotek ini kadang-kadang menggunakan terasi, sedangkan gado-gado tidak memakai terasi. Kadang-kadang penjual lotek juga menambahkan bakwan, ketupat, telur, dan juga kerupuk. Tingkat kepedasan lotek juga bisa disesuaikan dengan selera kita, lho.

7. Karedok

Karedok

Satu lagi makanan dari Jawa Barat yang mirip dengan pecel, yakni karedok. Bedanya dengan lotek, sayur-sayuran yang dipakai untuk membuat karedok tidak direbus alias mentah. Jadi, karedok ini lebih pantas disebut sebagai salad tradisional. Sayuran pelengkap karedok antara lain adalah tauge, mentimun, kacang panjang, kol, terong, dan daun kemangi.

Bumbu kacang yang melengkapi karedok ini lebih mirip dengan bumbu pecel karena bahan-bahanya menggunakan cabe merah, bawang putih, kencur, air asam, gula merah, garam, kacang tanah, dan terasi. Anda bisa menyantap karedok secara langsung atau dengan sepiring nasi putih hangat

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram