10 Makanan Khas Jerman yang Enak dan Mesti Dicoba

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Selain cuaca, makanan menjadi pertimbangan tersendiri saat piknik ke luar negeri. Apalagi, jika kita hendak piknik ke negara seperti Jerman. Beruntungnya, Jerman punya banyak makanan khas yang enak dan cocok dilidah kita.

Jadi, kamu tak perlu terlalu gusar soal makanan apa yang cocok untuk disantap nanti. Lalu, apa saja makanan khas Jerman yang enak dan cocok dilidah kita? Yuk simak saja daftarnya di bawah ini:

1. Bratwurst

Bratwurst (Copy)

Bratwurst merupakan sosis khas Jerman yang memiliki ciri khas berupa warnanya yang putih (walaupun ada pula yang warnanya agak kemerahan). Sosis ini biasanya dibuat daging sapi muda atau juga daging babi. Sosis khas Jerman ini berasal dari salah satu kota di negara bagian Bayern, Numberg.

Bratwurst biasanya diolah dengan cara dipanggang. Lalu, disajikan bersama dengan Kartoffelsalat alias salad khas Jerman. Kadangkala, Bratwurst juga sering disajikan bersama roti, saus, atau bahkan dengan taburan keju.

2. Gulaschuppe

Gulaschuppe (Copy)

Bisa dibilang kalau ini adalah sup dagingnya Negeri Panser, Jerman. Gulaschuppe sendiri dibuat dari daging sapi atau babi yang dicincang menjadi potongan agak besar. setelah itu, daging cincang itu dicampur bersama bahan lain, seperti tomat, kentang, dan sejumlah rempah-rempah.

Sup daging khas Jerman ini biasanya disajikan sebagai menu makan malam atau juga biasa disajikan sebagai santapan di kala musim dingin tiba. Gulaschuppe sangat cocok disantap dengan sepotong roti gandum.

3. Falscher Hase

Falscher Hase (Copy)

Falscher adalah olahan daging lainnya yang ada di Jerman. Pada olahan ini, daging sapi atau babi akan dicincang sedemikian rupa. Daging yang dicincang itu nantinya dicampur dengan tepung, bawang, dan telur, dan kemudian dipanggang.

Ketika sudah matang dari pemanggangan, daging tersebut lalu diiris tipis dan disajikan bersama kentang goreng dan saus. Menurut sejarah, makanan ini sudah ada sejak Perang Dunia ke II. Saait itu, makanan ini disajikan sebagai menu istimewa yang disantap bersama keluarga tercinta.

4. Kartoffelsalat

Kartoffelsalat (Copy)

Seperti yang dijelaskan pada daftar nomor 1, kalau Kartoffelsalat merupakan makanan yang menjadi teman santap dari Bratwurst. Kartoffelsalat sendiri merupakan salad khas Jerman yang dibuat dari bahan dasar berupa potongan kentang rebus.

Potongan kentang rebus itu nantinya bakal dicampur dengan bahan lain. Seperti: telur, daging sapi, mayonnaise, bawang Bombay, susu, cuka, dan tomat. Selain sebagai pendamping Bratwust, salad khas Jerman ini juga lazim dipakai sebagai lauk pendamping Schintzel. Atau, bisa juga dijadikan pendamping barbeku (barbeque).

Ada sejarah menarik dibalik lahirnya makanan khas Jerman satu ini. Salad khas Jerman ini, rupanya muncul seiring maraknya budidaya kentang di Eropa (termasuk Jerman) yang terjadi sejak 1565 silam. Saat itu, Kartoffelsalat masih dibuat dengan cara mencampur kentang dengan sayur-sayuran, minyak, garam, dan cuka.

5. Sauerkraut

Sauerkraut (Copy)

Seperti Kartoffelsalat, makanan khas Jerman ini juga lazim dijadikan sebagai menu pendamping. Biasanya, makanan ini disajikan sebagai teman santap Bratqurst dan Eisbein. Saurkraut sendiri dibuat dari kubis yang diiris halus, lalu difermentasikan dengan bakteri asam laktat.

Sauerkraut memiliki cita rasa yang asam, namun menyegarkan. Sauerkraut juga kaya akan vitamin C yang baik bagi tubuh. Makanan khas ini sangat cocok dikonsumsi di kala cuaca Jerman sedang dingin-dinginnya.

Menurut sejarah, pembuatan makanan ini sudah dilakukan sejak 1550 silam. Pada 1770-an, Kapten James Cook memakai Sauerkraut sebagai pencegah penyakit skorbut yang diidap para pelaut Inggris saat itu. Apa yang dilakukan James Cook tersebut membuat dirinya mendapatkan penghargaan Medali Copley.

6. Wiener Schnitzel

Wiener Schnitzel (Copy)

Kalau kamu suka sajian ayam, makanan khas Jerman ini pasti bakal cocok untukmu. Sajian ini merupakan olahan terbuat dari daging ayam yang di-fillet dan dipotong tipis. Daging ayam tersebut lalu dicampur tepung panir dan digoreng hingga matang.

Selain di Jerman, makanan satu ini juga bisa kamu temukan di Austria. Wiener Schnitzel di Austria sendiri tak jauh beda dengan yang ada di Jerman. Hanya saja, pada masa yang lampau, Wiener schnitzel di Austria pernah dibuat dengan bahan dasar daging sapi.

7. Apfelstrudel

Apfelstrudel (Copy)

Jerman punya beberapa makanan ringan nan manis yang bisa kamu santap. Apfestrudel adalah salah satunya. Kue ini dibuat dari bahan dasar apel sebagai isiannya. Buah apel itu lalu bakal dikombinasikan dengan sejumlah bahan, dan dibungkus dalam adonan tepung berbentuk bulat.

Makanan ini biasa disajikan bersama dengan krim dan secangkir espreso. Seperti halnya Sauerkraut, makanan satu ini juga bisa kamu temui di Austria. Bahkan, menjadi salah satu kue khas negara beribu kota Wina tersebut.

8. Bienenstich

Bienenstich (Copy)

Bienenstich merupakan kue yang lazim dijadikan dessert oleh warga Jerman. Nama kue ini sendiri memiliki makna “sengatan lebah”. Ada sejarah tersendiri di balik nama tersebut. Nama itu diilhami dari kisah seorang pembuat roti di kota Andernach.

Saat itu, si pembuat roti sedang mengumpulkan madu. Saat asyuk mengumpulkan madu, sekumpulan pasukan Linz datang menyerang ke kota Andernach. Melihat pasukan Linz tersebut, sang pembuat roti langsung melempar sarang lebah ke arah mereka.

Para pasukan Linz pun pergi dari Andernach. Kepergian pasukan Linz itu lalu dirayakan oleh si pembuat roti beserta teman-temannya dengan cara memanggang Bienenstich. Bienenstich sendiri memiliki ciri khas berupa krim vanilla yang ada di bagian tengahnya. Bagian atas kue ini lantas diberi lapisan berupa almond dan cairan madu.

9. Lebkuchen

Lebkuchen (Copy)

Orang-orang sering menyebut kue ini sebagai roti jahenya Jerman. Sesuai dengan sebutannya, kue ini dibuat dari jahe yang dicampur sejumlah bahan, seperti madu, telur, tepung, kacang hazelnut, adas manis, kacang badan, manisan jeruk, lemon, marzipan, ketumbar, kapulaga, dan pimento.

Di Jerman, kue ini biasa disajikan di kala momen tiba. Kue ini lazimnya dibuat dalam bentuk hati, dan diberi hiasan gula di bagian gulanya. Walau begitu, ada pula Lebkuchen yang bentuknya bulat. Lebkuchen itu biasanya dinamai dengan sebutan Elisenlebkuchen.

Kue Lebkuchen bisa kamu temukan di Nuremberg. Sebuah kota yang dikenal sebagai produsen terbesar dari Lebkuchen. Pemerintah Jerman sendiri sudah meresmikan Nuremberg sebagai pusat pembuatan Lebkuchen tradisional. Dan, menjadikan Lebkuchen sebagai warisan budaya Jerman.

10. Bretzel

Bretzel (Copy)

Makanan satu ini sebetulnya bisa kamu temukan di Jakarta. Namun, tak ada salahnya kan untuk mencoba makanan ini langsung dari negara asalnya? Bretzel sendiri merupakan kue khas Jerman yang berbentuk pita hati berwarna cokelat.

Bahan dasar Bretzel adalah tepung gandum. Bahan dasar itu lalu dicampur bersama sejumlah bahan lainnya, serta dibentuk menjadi adonan kue. Setelah dibentuk menjadi adonan, kue lantas diberi taburan wijen dan garam kasar, lantas dipanggang. Kue ini bisa kamu temukan saat acara Oktoberfest dihelat di Jerman.

Jerman rupanya punya makanan khas yang enak dan sepertinya bakal cocok di lidah orang Indonesia. Dan beberapa di antaranya sudah kami sebutkan di atas. Jadi, kamu tak usah khawatir lagi bila nanti hendak mencari makanan khas Jerman yang cocok dilidahmu. Semoga artikel ini bermanfaat buatmu, ya. Danke schon.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *