10 Jajanan dan Makanan Khas Kalimantan Selatan yang Lezat

Ditulis oleh Anggie Warsito - Diperbaharui 2 Juni 2021

Selain terkenal akan tempat wisatanya yang kaya akan pantai yang indah nan eksotis, Kalimantan Selatan (Kalsel) juga dikenal kaya akan kulinernya. Mulai dari makanan ringan hingga berat, bisa kamu temui di provinsi yang beribu kota Banjarmasin ini.

Selain enak, sejumlah makanan di Kalsel juga punya cita rasa yang khas. Dan menjadi sebuah keharusan bagimu, untuk mencicipi makanan khas di provinsi satu ini. Di artikel ini, Keluyuran akan memberikan beberapa list makanan khas Kalsel.

1. Manday

Manday

* sumber: cookpad.com

Manday adalah makanan khas Kalsel yang berbahan dasar kulit cempedak atau tiwadak dalam bahasa Kalsel. Cempedak yang dipakai pada makanan diawetkan dengan cara mencampurkannya dengan garam, lalu didiamkan di tempat tertutup sekian lama.

Setelah diawetkan, makanan ini kemudian digoreng, atau bahkan digulai. Akan ada sensasi asam dan gurih saat kamu menyantap masakan ini. Kamu bisa memakan makanan dengan cara digadoin, atau dijadikan lauk untuk makan siangmu.

2. Bingka

Bingka

* sumber: banjarmasin.tribunnews.com

Kalau makanan Kalsel ini adalah Bika Ambon-nya Kalimantan Selatan. Bagaimana tidak, tampilannya begitu mirip dengan Bika Ambon dari Sumatera Utara. Di Kalsel sana, makanan ini lazimnya disantap sebagai takjil atau kudapan di acara pernikahan.

Walaupun tampilannya seperti Bika Ambon, tapi makanan ini justru menjadi inspirator Bika Ambon, loh. Jadi, menurut M Muhtar Omtatok yang dikutip dari Wikipedia, Bingka merupakan salah satu kue yang mengilhami lahirnya Bika Ambon di Medan (Sumatera Utara).

Adapun yang membedakan kedua makanan ini adalah penggunaan nira pada Bika Ambon, yang tentu saja tak dipakai pada Bingka Kalsel. Saat ini, Bingka tersaji dalam pelbagai rasa, labu, tapai, dan pandan.

3. Dodol Kandangan

Dodol Kandangan

* sumber: www.indonesiakaya.com

Kalau Jawa Barat punya Garut yang terkenal akan dodolnya, maka Kalsel juga punya daerah khusus yang terkenal akan dodolnya. Daerah tersebut adalah Kandangan yang ngetop lewat Dodol Kandangan gubahan daerah ini.

Dodol Kandangan sendiri punya cita rasa khas yang membuatnya banyak diminati. Dodol ini punya bentuk yang cukup lebar dibanding dodol-dodol pada umumnya. Saat pertama kali menggigit dodol ini, kamu akan merasakan rasa manis dan lembut secara bersamaan. Kalau mau mencicipi dan membeli dodol ini, silakan datang saja ke Kota Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan.

4. Ketupat Kandangan

Ketupat Kandangan

* sumber: banjarmasin.tribunnews.com

Selain dodol, Kandangan juga punya satu makanan khas lainnya, yakni Ketupat Kandangan. Berbeda dengan ketupat lainnya, Ketupat Kandangan dibuat dengan ketupat yang teksturnya agak keras. Kendati keras, justru ketupat itulah yang menjadi salah satu kuncian cita rasa dari makanan khas Kalsel ini.

Selain ketupatnya, kuah ketupat ini juga tak kalah menarik. Bagaimana tidak, kuah pada ketupat ini tidaklah kekuningan, melainkan putih pucat dan terbuat dari santan. Di Kalsel sana, ketupat satu ini biasanya disantap bersama potongan ikan atau telur rebus.

Sudah banyak tempat makan di Kalsel yang menyajikan makanan ini, salah satunya adalah Ketupat Kandangan simpang 3 Angsau yang ada di Angsau, Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

5. Amparan Tatak Pisang

Amparan Tatak Pisang

* sumber: jelajahsamboja.com

Selain Bingka, masih ada satu camilan khas Kalsel lainnya yang patut dicoba, Amparan Tatak Pisang. Makanan ini punya cita rasa yang gurih, manis, dan kental akan rasa pisangnya. Ada sejarah menarik di balik makanan ini. Jadi, di zaman dulu, makanan ini adalah makanan khusus untuk kalangan ningrat di kerajaan Banjar dan Daha. Seiring waktu, makanan ini pun kian merakyat dan menjadi makanan khas Kalimantan Selatan.

Makanan ini banyak dijual di sejumlah toko kue di Kalsel. Selain sebagai camilan sehari-hari, kue ini seringkali dipakai sebagai takjil di bulan Ramadan.

6. Gangan Asam Banjar

Gangan Asam Banjar

* sumber: sumber.com

Kalsel punya banyak sajian sayur yang enak, Gangan Asam Banjar adalah salah satunya. Sayur ini punya kuah kuning dengan cita rasa asam, gurih, dan segar yang bercampur menjadi satu. Sayur ini sendiri berbahan dasar timun dan sayur lainnya, yang kemudian dikombinasikan dengan ikan gabus atau ikan haruan.

Makanan ini sangat cocok disantap untuk santap siangmu saat di Kalsel nanti. Dan, supaya lebih afdal, kamu mesti menyantapnya dengan sepiring nasi putih hangat.

7. Sayur Kambang Tigarun

Sayur Kambang Tigarun

* sumber: www.tribunnews.com

Ini adalah menu sayur lainnya dari tanah Kalimantan Selatan. Secara tampilan dan cara makannya, sayur ini sangatlah mirip dengan lalapan dari Tanah Pasundan. Adapun cara menyantap sayur ini adalah dicocol ke sambal acan khas Kalsel, lalu dimakan bersama sepiring nasi hangat.

Sayangnya, sayur ini terbilang cukup langka saat ini. Adapun bila ingin menyantap sayur kambang tigarun, kamu bisa coba datang ke Pasar Terapung Siring Banjarmasin di Jalan Kapten Tendean No. 20, Gadang, Banjarmasin Tengah, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

8. Mi Bancir

10 Jajanan dan Makanan Khas Kalimantan Selatan yang Lezat 1

* sumber: cookpad.com

Tak hanya Aceh, Kalimantan Selatan pun punya menu mi yang khas lagi ikonik. Mi tersebut tak lain adalah Mi Bancir. Secara tampilan, mi ini sama seperti mi kebanyakan di Indonesia ataupun Aceh. Bedanya, mi asal Kalsel ini diberi sentuhan kuahnya yang begitu minimalis. Di bagian atasnya, ditaburi dengan irisan telur ayam/bebek, suwiran daging ayam, limau, dan taburan bawang goreng.

Banyak sekali tempat makan yang menyajikan mi satu ini. Salah satunya adalah warung Mie Bancir Agus Sasirangan yang ada di Jalan Panglima Batur, Loktabat Utara, Banjarbaru Utara, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan.

9. Patin Baubar

Patin Baubar

* sumber: www.gotravelly.com

Selain sayur, makanan Kalsel juga kaya akan olahan ikannya. Patin Baubar adalah salah satu contohnya. Sesuai namanya, olahan satu ini dibuat dengan ikan patin sebagai bahan utamanya. Ikan patin pada makanan ini dipepes dan dibumbui dengan sejumlah rempah khusus. Syahdan, ikan patin tersebut dibakar di atas tungku dan bara api hingga matang, dan rempah-rempahnya meresap ke dalam ikan.

Makanan satu ini sangat cocok untuk menu santap siang atau malammu. Agar semakin nikmat, santaplah menu ini bersama sepiring nasi hangat.

10. Soto Banjar

Soto Banjar

* sumber: www.muslimah.co.id

Ini adalah makanan khas Kalimantan Selatan yang paling populer di Indonesia. Secara tampilan, soto ini tak beda jauh dengan soto pada umumnya. Bedanya, soto ini kuahnya jauh lebih keruh dibanding kuah soto lainnya.

Isian soto ini tergolong banyak. Dalam semangkok Soto Banjar, kamu akan menemukan bihun, suwiran ayam, telur rebus, dan taburan bawang goreng. Tak jarang, soto ini juga biasa diberi isian berupa perkedel kentang.

Bila ingin menyantap soto ini, kamu bisa menyantapnya bersama nasi putih atau ketupat. Dan, supaya makin lezat lagi, kamu bisa menambahkan satai untuk menemanimu menyantap soto satu ini.

Kamu tak akan repot mencari makanan khas Kalsel ini. Di Kalsel sana, sudah banyak tempat makan yang menjual makanan satu ini. Bahkan, di sejumlah daerah di luar Kalsel pun sudah ada tempat makan yang menjual soto asli Kalimantan Selatan ini.

Itulah beberapa list makanan khas Kalimantan Selatan yang patut kamu coba. Bagaimana, tertarik untuk mencoba semua makanan tersebut? Atau ingin mencicipi makanan khas Kalimantan Timur? Kalau iya, bisa langsung kunjungi artikel 10 Makanan Khas Kalimantan Timur ini.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram