10 Makanan Khas Kalimantan Tengah yang Menggugah Selera

Ditulis oleh Dhiya Awlia Azzahra - Diperbaharui 14 April 2020

Kalimantan Tengah adalah provinsi terbesar di pulau Kalimantan. Provinsi yang menjadi tempat tinggal suku Dayak dan Banjar ini memiliki banyak potensi alam yang mungkin belum banyak diketahui oleh orang-orang. Walaupun berlokasi sangat jauh dari pulau yang paling banyak memiliki penduduk seperti pulau Jawa, Kalimantan Tengah memiliki daya tarik tersendiri lho!

Selain menawarkan alam yang menarik untuk dikunjungi, Kalimantan Tengah juga memiliki beragam makanan khas atau oleh-oleh khas yang dapat menggungah selera. Terbuat dari bahan yang unik, bisa membuat penasaran siapa saja yang belum pernah mencobanya. Kira-kira apa saja ya makanan khas Kalimantan Tengah? Yuk, intip informasi selengkapnya di bawah ini.

1. Juhu Kujang

Juhu Kujang (Copy)

* sumber: kulinerunikpalangkaraya.wordpress.com

Sekilas makanan yang satu ini terlihat seperti gulai. Memang benar jika kamu menggangap makanan ini seperti gulai, karena juhu kujang adalah gulainya Kalimantan Tengah. Tetapi berbeda dari gulai lainnya, karena juhu kujang terbuat dari keladi yaitu tanaman jenis terna yang berdaun lebar dan berumbi.

Makanan ini dibuat karena bahan dasarnya yang mudah ditemukan di alam liar dan biasanya digunakan sebagai obat herbal oleh masyarakat Kalimantan Tengah. Tetapi tanaman keladi harus diolah dulu sebelum dimasak, karena jika tidak, akan menimbulkan rasa gatal saat disajikan. Dalam satu porsi juhu kujang dilengkapi dengan ikan, daun nangka muda, santan dan bumbu-bumbu. Hmm.. apakah kamu penasaran dengan rasanya?

2. Juhu Umbut Rotan

Juhu Umbut Rotan (Copy)

* sumber: jlnpalangkarayacity.blogspot.com

Sesuai dengan namanya, makanan khas Kalimantan Tengah ini berbahan dasar rotan. Jika dibayangkan mungkin sedikit aneh bagi kita yang belum pernah mendengarnya. Jika biasanya rotan digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat suatu benda, kali ini rotan dibuat menjadi sayur yang bernama juhu umbut rotan.

Tentu saja yang dimasak bukan sembarang rotan, tetapi menggunakan rotan muda yang bertekstur lembut seperti rebung. Rotan muda diambil dari hutan tropis yang ada di Kalimantan Tengah. Untuk membuat makanan ini, rotan muda akan dipotong kecil-kecil dan dimasak dengan rempah-rempah khas serta santan yang akan membuat rasanya gurih.

Biasanya juhu umbut rotan disajikan dengan ikan bakar dan sambal serai, cocok banget disantap saat makan siang. Juhu umbut rotan bisa kamu temukan saat berkunjung ke Palangkaraya, Kalimantan tengah.

3. Juhu Umbut Sawit

Juhu Umbut Sawit (Copy)

*

Memiliki nama depan yang sama dengan makanan sebelumnya, juhu umbut sawit merupakan makanan dalam bentuk sayur khas Kalimantan Tengah. Juhu umbut sawit terbuat dari bongkol pohon kelapa yang diiris tipis-tipis dan dimasak dengan rempah-rempah. Makanan ini memiliki cita rasa yang gurih, sedikit pahit dan asam.

Biasanya disajikan saat acara-acara spesial seperti pernikahan, syukuran maupun saat berduka cita. Selain itu, juhu umbut sawit juga dilengkapi dengan ikan baung dan terong asam. Bahkan suku Dayak senang memakannya dalam keadaan mentah dan dicampur dengan sambal.

4. Kalumpe

Kalumpe (Copy)

*

Sekilas makanan yang satu ini terlihat seperti sayur daun singkong. Memang benar ini adalah sayur daun singkong khas Kalimantan Tengah. Bedanya dengan sayur daun singkong biasa, daun singkong yang digunakan untuk membuat kalumpe menggunakan daun singkong yang ditumbuk hingga halus.

Daun singkong yang sudah ditumbuk dimasak dengan rempah-rempah, kayu manis dan potongan cabai. Biasanya kalumpe dilengkapi dengan terong pipit, ikan asin, dan nasi hangat.

5. Tumis Kelakai

Tumis Kelakai (Copy)

* sumber: www.heplinclara.com

Jika sebelumnya membahas sayur berkuah, kali ini adalah tumisan khas Kalimantan Tengah yaitu tumis kelakai. Kelakai adalah jenis tanaman ganggang yang banyak tumbuh liar dan dijual di daerah Kalimantan Tengah. Tumis kelakai pun mudah dibuat, hanya dibutuhkan beberapa ikat kelakai dan tumis seperti biasa dengan bumbu-bumbu dan cabai untuk menambah rasa pedasnya.

Bahkan kelakai bermanfaat untuk wanita setelah melahirkan. Selain dibuat menjadi tumisan, kelakai juga bisa dibuat menjadi sayur berkuah atau sop.

6. Keripik Kelakai

Keripik Kelakai (Copy)

* sumber: desfortin.com

Selain dibuat menjadi tumisan, kelakai juga diolah menjadi keripik oleh masyarakat Kalimantan Tengah. Keripik ini terbuat dari daun kelakai muda yang dicelupkan ke dalam adonan tepung dan digoreng hingga rasanya menjadi sangat gurih.

Sama seperti keripiki dari tiap daerah, keripik kelakai juga biasanya dijual sebagai oleh-oleh khas Kalimantan Tengah. Makanan ini paling enak dinikmati ramai-ramai bersama keluarga dan teman-teman.

7. Wadi

Wadi (Copy)

* sumber: kooliner.com

Apakah kamu ingin mencoba sensasi makan ikan yang tidak biasa? Kamu harus mencoba makanan khas Kalimantan Tengah yang satu ini yaitu wadi. Wadi adalah makanan yang terbuat dari ikan yang difermentasi. Ikan yang biasa digunakan untuk membuat wadi adalah ikan gabus, ikan baung, ikan jelawat, atau ikan lainnya.

Proses fermentasi wadi dibuat dari campuran mikroorganisme seperti ragi atau jamur. Selain itu, proses pembuatannya memakan waktu sebanyak lima hingga tujuh hari karena harus melewati proses fermentasi terlebih dahulu. Proses fermentasinya dengan cara memasukkan ikan ke dalam toples yang dicampur dengan beras kecokelatan. Wadi biasanya disajikan dengan digoreng atau dimasak kuah.

8. Bangamat

Bangamat (Copy)

* sumber: backpackerjakarta.com

Bangamat adalah salah satu makanan khas Kalimantan Tengah yang cukup ekstrim. Bangamat terbuat dari daging kelelawar atau kalong yang dimasak dengan bumbu khasnya. Tapi jangan khawatir, karena proses pembuatan bangamat terbuat dari kelelawar yang sudah dibersihkan terlebih dahulu.

Kelelawar yang digunakan untuk membuat bangamat adalah kelelawar pemakan buah yang berukuran besar. Biasanya makanan ini dimasak dengan sayur jantung pisang yang dipotong-potong. Berani coba?

9. Ikan Jelawat Bakar

Ikan Jelawat Bakar (Copy)

* sumber: resepmasakannusantaraoriginal.blogspot.com

Bagi kamu pecinta ikan, wajib banget nih mencicipi ikan jelawat bakar khas Kalimantan Tengah. Salah satu ikan endemik yang hanya bisa kamu temukan di sungai Kalimantan adalah ikan jelawat. Menurut masyarakat Kalimantan Tengah, ikan jelawat adalah ikan paling enak dan biasanya diolah dengan cara dibakar.

Salah satu ikan jelawat yang spesial adalah ikan jelawat bakar bumbu madu, sudah terbayangkan bukan percampuran rasa gurih dan manisnya madu yang akan membuat selera makanmu bertambah. Makan ikan jelawat bakar paling enak disantap bersama sayur asam, sayur bening, atau lalapan.

10. Kenta

Kenta (Copy)

* sumber: bobo.grid.id

Kenta adalah makanan ringan khas Kalimantan Tengah yang terbuat dari beras ketan yang disangrai dan ditumbuk hingga pipih. Pembuatan kenta dicampur dengan air kelapa. Kenta disajikan dengan parutan kelapa atau ditambah dengan gula pasir.

Rasanya yang gurih dan manis ini sangat cocok disantap untuk sarapan atau sekedar untuk camilan. Teksturnya yang legit dan kenyal juga bisa mengganjal lapar.

Itulah beberapa makanan khas Kalimantan Tengah yang banyak menggunakan bahan alami yang diambil langsung dari daerah asalnya. Jika kamu berkunjung ke Kalimantan Tengah jangan lupa untuk mencicipi makanan-makanan di atas ya!

Selain unik dan menarik, tentunya makanan-makanan tersebut akan membuat kita penasaran dengan rasanya. Jika kamu tahu makanan khas Kalimantan Tengah lainnya, silahkan berbagi dengan kami di kolom komentar.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram