10 Makanan Khas Kanada yang Klasik dan Ikonik

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 7 Oktober 2021

Negara yang bertetangga dengan Amerika Serikat ini terkenal sebagai negara dengan alam yang indah, sirup maple dan keramahannya. Namun selain itu, negara yang berbagi Niagara Falls dengan Amerika serikat ini memiliki kuliner yang menarik untuk dicoba. Makanan khas Kanada terdiri dari makanan tradisional dan makanan internasional.

Beberapa makanan tradisional Kanada dicintai oleh banyak orang sehingga membuat makanan khas Kanada jadi sorotan. Mungkin bukan kuliner yang membawa wisatawan Kanada untuk berkunjung, tetapi kemungkinan besar itulah yang membawa mereka kembali ke negara ini. Inilah makanan khas dari Kanada yang menarik untuk dicoba, simak daftarnya berikut ini ya!

Baca juga: Street Food Khas Amerika Serikat

1. Butter Tart

Kue tart adalah jenis kue yang banyak disukai. Bahkan camilan manis ini akan terasa lebih enak bila dipanggang dengan sempurna serta karena akan mempunyai bagian atas yang renyah. Makanan khas Kanada ini berbentuk tart yang terbuat dari kulit pastry yang berlapis-lapis. Bagian tengah kue ini diisi dengan krim yang terbuat dari gula, mentega, telur dan sirup.

Kue butter tart Ontario ini asalnya dari akhir abad ke-19 saat resep paling awal dipublikasikan dalam buku masak wanita. Penduduk lokal cenderung membandingkan kue ini dengan pai gula atau pecan tapi tanpa rasa kacang. Mau jalan-jalan di kota besar atau kecil, kamu akan selalu bisa menjumpai kue butter tart di tempat makan seperti restoran, atau grosir dan supermarket.

2. Paté Chinois

Pâté chinois merupakan kuliner dari Quebec yang populer. Makanan ini dibuat dari lapisan daging giling, lapisan jagung utuh atau krim serta di atasnya diberi lapisan kentang tumbuk. Makanan pokok yang comforting ini bisa ditemukan di kebanyakan kafetaria di Quebec, yang umumnya dihidangkan dengan didampingi saus tomat.

Arti dari nama hidangan ini adalah pai Cina dan dipercaya ditemukan saat pembangunan jalur kereta api Kanada oleh juru masak Cina di abad ke-19. Dia mengadaptasinya pai ini dari pai gembala yang terkenal.

3. Kraft Dinner

Kraft Dinner

Kraft Dinner merupakan bahan makanan paling populer di negara ini dan ini merupakan hidangan nasional Kanada. Makanan ini berupa macaroni and cheese dalam kotak makaroni berwarna biru-kuning murah ini mulai popular di tahun 1937 saat terjadi Depresi Besar. Janji dari makanan ini yaitu memberi makan keluarga yang terdiri empat orang hanya dengan 19 sen per kotak.

Makanan ini ditemukan oleh salesman yang menambahkan keju parut ke kotak pasta. Pada tahun pertama delapan juta kotak terjual. Di dalam kotak tersebut berisi mie instan berbentuk tabung seukuran gigitan serta saus keju asin yang warnanya oranye dengan rasa manis dan asam.

Dikenal juga dengan KD, Kraft Dinner yang di Amerika disebut Mac and Cheese adalah makanan murah, cepat, dan mudah disiapkan. Mungkin itulah yang menyebabkan mengapa makanan ini bisa bertahan hingga sekarang.

4. Timbit

Timbit

Timbit merupakan produk camilan berupa donat. Donat ini popular di negara Kanada. Bentuk donat Kanada ini tidak berlubangnya di tengahnya. Timbit memiliki beragam rasa yang berbeda dan makanan kecil ini selalu ada di tiap acara, seperti pesta ulang tahun, pertemuan ataupun perjalanan. Camilan ini biasa dijual dalam kotak berisi, 10, 20 dan 40 donat.

Timbit bisa jadi teman untuk kopi atau cokelat panas agar bisa menikmati rasanya secara penuh. Makanan manis ini bisa ditemukan di kedai kopi popular di Kanada seperti Tim Hortons atau Dunkin’ Donuts. Pilihan rasa yang sangat umum yaitu chocolate glazed, honey crullers, strawberry filling, sour cream glazed dan apple fritter.

5. Poutine

Poutine

Walaupun asal namanya dari kata Prancis “boudin”, yakni sebuah kata yang umumnya merujuk pada isian sosis semisal puding, snack yang asalnya dari Provinsi Quebec ini adalah kentang goreng yang disiram oleh saus cokelat kental kemudian diberi hiasan gumpalan dadih keju yang berwarna pucat, bertekstur lembut dan semi-krim.

Ukuran kentang goreng ini lebih besar dibandingkan kentang goreng umumnya dan terkadang bahkan digoreng dua kali. Hasilnya adalah kentang goreng yang garing di bagian kulit luar dan bagian dalamnya tetap lembut. Sementara itu keju tidak meleleh tapi hanya melunak, menambahkan rasa khas pada hidangan ini. Sementara sausnya dibuat dari kaldu ayam atau sapi dan ditambah cuka.

Dari tahun 1950-an hingga sekarang, makanan ini sudah jadi bintang. Poutine sudah menyebar hingga ke seluruh Kanada dan jadi terkenal beberapa bagian wilayah Amerika Serikat dan sering dianggap sebagai camilan larut malam yang terbaik.

Banyak orang Kanada yang beranggapan kalau poutine adalah hidangan nasional Kanada yang sesungguhnya. Makanan ini bisa ditemukan di mana saja mulai dari food truck sampai restoran mewah, bahkan di McDonald’s Kanada juga ada.

6. Bagel Gaya Montréal

 Bagel Gaya Montréal

Bagi para pecinta makanan khas Kanada, kota Montréal merupakan kota tujuan mereka. Kota ini terkenal sekali dengan bagelnya yang rasanya lezat. Berdasarkan cerita penduduk lokal, makanan manis ini dibawa oleh para imigran Yahudi dari Eropa Timur. Sesudahnya, pada tahun 1919, munculah toko roti bagel pertama.

Berbeda dengan bagel New York, bagel gaya Montréal mempunyai tekstur yang padat serta rasanya lebih manis. Selain itu bagel-nya juga tidak terlalu tebal. Perbedaan rasanya ini dikarenakan bagel Kanada direbus dalam air madu serta dipanggang di dalam oven yang menggunakan bahan bakar kayu.

Bagel ini bisa dinikmati polos atau dengan olesan. Selain itu bisa juga bagel ini diberi topping mulai dari kismis sampai biji poppy.

7. Bannock Tradisional

Ini adalah representasi penting dari budaya asli di Kanada. Flatbread yang luar biasa disebut bannocks dan muncul lebih awal di abad ke-18. Makanan ini menjadi populer karena mudah didapatkan dan cukup mengenyangkan.

Bahan utama untuk kelezatan ini yaitu tepung gandum utuh, gula, baking powder, air dan susu. Makanan tradisional yang mudah ini merupakan hidangan yang mudah diberi rasa. Buah-buahan kering, rempah-rempah maupun bahan penyedap akan menghasilkan bannock yang bervariasi.

8. Bouilli

Bouilli merupakan hidangan Quebec klasik yang hampir sama dengan pot-au-feu dari Prancis yang terkenal. Makanan khas Kanada ini dibuat dari potongan daging sapi serta sayuran yang murah semisal lobak, wortel, kentang dan kubis. Campuran semua bahan tersebut direbus dengan api kecil dalam kuah kaldu rasa rempah-rempah sampai daging jadi empuk dan kuahnya kaya rasa.

Secara harfiah arti nama hidangan ini adalah direbus. Walaupun tak ada resep pasti untuk hidangan ini, dan tiap keluarga memiliki resep sendiri, kebanyakan orang biasanya menambahkan potongan roti dengan mustard di bagian bawah mangkuk saji. Ini bisa menambah sedikit keasaman pada makanan yang hangat ini.

9. Beaver Tail

Beaver Tail

Semenjak tahun 1978 makanan khas Kanada yang klasik ini merupakan dessert yang paling lezat. Walaupun makanan ini asalnya dari Beaver Tails Pastry, beberapa pengecer sepertinya senang menawarkan sentuhan mereka sendiri pada beaver tail tradisional ini. Adonan ini bentuknya memanjang mirip dengan ekor berang-berang dan diberi topping dengan semua bahan diinginkan.

Beaver tail tradisional digoreng hingga warnanya sempurna dan diberi sedikit kayu manis. Agar lebih enak lagi, makanan ini bisa ditutupi dengan topping yang diinginkan, mulai dari Nutella, ice cream, Smarties, hingga potongan Reese. Makanan penutup yang unik ini adalah kombinasi kelezatan yang tiada tara.

10. Bar Nanaimo

Bar Nanaimo merupakan dessert klasik khas Kanada. Bar ini tidak diproses dengan cara dipanggang. Namanya sama dengan nama sebuah kota di daerah British Columbia, Nanaimo. Semua bahan merupakan percampuran antara lapisan kulit kelapa, icing custard kuning serta di atasnya diberi ganache cokelat.

Makanan ini dibuat untuk siapa saja yang merupakan penyuka makanan manis. Bar yang tidak dipanggang ini mudah dibuat dan bisa dijumpai di sebagian besar kafe serta toko roti di seluruh Kanada. Salah satu tempat yang paling direkomendasikan oleh penduduk lokal yaitu Hearthstone Artisan Bakery.

Toko ini menawarkan bar Nanaimo versi klasik terlezat dan beberapa spin-off orisinal untuk mereka yang mempunyai selera yang lebih berani.

Selain berjalan-jalan melihat keindahan Niaga Falls atau menikmati aurora borealis, saat berkunjung ke Kanada, kamu bisa menikmati kulinernya yang unik. Beberapa kuliner tradisionalnya bahkan jadi makanan kebanggaan nasional, seperti poutine.

Kalau kamu berkesempatan berkunjung ke kota-kota di Kanada, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Kanada yang unik dan menarik tersebut.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram