10 Makanan Khas Karawang yang Pastinya Bikin Nagih!

Ditulis oleh Jihan Fauziah - Diperbaharui 14 April 2020

Bicara soal makanan, terutama makanan khas suatu daerah memang tiada akhirnya. Setelah kemarin Keluyuran membahas mengenai 10 Makanan Khas Jawa Barat, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai daftar 10 makanan khas Karawang yang wajib untuk dicicipi dan pastinya bikin nagih. Bagaimana, Anda penasaran, bukan? Daripada menunggu lama, mari simak langsung saja pembahasannya di bawah ini, ya.

1. Soto Gempol

makanan khas karawang Soto Gempol

* sumber: www.wisatakuliner.com

Makanan khas Karawang yang ada di urutan pertama adalah soto gempol. Kabarnya, soto gempol ini sudah ada sejak tahun 80-an silam. Soto gempol memiliki tampilan yang hampir serupa dengan soto betawi, namun pegimakan menyampaikan bahwa warna kuah dari soto gempol ini cenderung lebih kuning ketimbang soto betawi.

Untuk menikmati satu porsi soto gempol ini, Anda dapat memilih macam-macam isian seperti ayam, babat, dan usus. Anda dapat memilih atau mencampur semua isian tadi dalam satu mangkok, lho.

Oh ya, soto gempol biasanya dibubuhi daun bawang dan ditambah emping sebagai bahan pelengkapnya. Kalau Anda berkunjung ke Karawang, soto ini wajib untuk Anda coba.

2. Kue Gonjing

Kue Gonjing

* sumber: bhinnekashuttle.com

Mungkin kalau di Kota Bandung atau Sukabumi, kue ini disebut dengan nama kue bandros. Sementara di Karawang, namanya kue gonjing. Kue gonjing terbuat dari buah kelapa serta tepung terigu. Biasanya kue gonjing khas Karawang disajikan dengan taburan gula putih. Buat Anda penggemar makanan manis, Anda wajib mencoba kue gonjing ini. Hayo, sudah pernah coba makanan yang satu ini belum?

3. Tahu Bumbu

tahu bumbu

* sumber: resepnusantara.id

Selanjutnya, ada tahu bumbu khas Karawang yang juga sudah ada sejak tahun 80-an silam. Satu porsi tahu bumbu yang punya penampilan serupa dengan kupat tahu ini terdiri dari tahu goreng dan lontong yang disiram bumbu kacang yang kental. Selain itu, tahu bumbu khas Karawang ini juga dibubuhi kecap manis agar rasanya semakin lezat.

Biasanya, tahu bumbu juga ditaburi bawang goreng dan disantap dengan kerupuk. Jika Anda sedang berkunjung ke Karawang, tidak ada salahnya untuk mencoba kuliner legendaris satu ini. Anda tertarik?

4. Pepes Jambal

pepes jambal

* sumber: www.thehungrydoctor.net

Pepes jambal adalah salah satu makanan khas Karawang yang populer dan banyak dicari masyarakat karena kelezatannya. Di Karawang sendiri, cukup banyak rumah makan yang menawarkan menu satu ini. Serupa dengan pepes lainnya, seperti pepes ayam maupun pepes ikan, pepes jambal juga dibungkus dengan menggunakan daun pisang, dan diberi bumbu rempah sehingga rasa dan wanginya sangat enak.

Dari pengalaman saya ketika mencoba pepes jambal di sebuah festival makanan yang diadakan oleh sebuah brand minuman kemasan di Kota Bandung, pepes jambal yang saya beli disajikan dengan nasi bakar berwarna hijau. Rasa asin dari jambalnya juga tidak terlalu kentara.

Kalau Anda bosan dengan pepes ayam atau ikan biasa, Anda bisa mencoba pepes jambal ini. Pepes jambal paling nikmat bila dinikmati dengan nasi bakar atau nasi hangat. Gimana, apakah Anda tertarik untuk mencoba makanan ini?

5. Kerupuk Bontot

kerupuk bontot

* sumber: www.bersekanews.co.id

Selain semua makanan di atas, tak ketinggalan, ada kerupuk bontot khas Karawang yang masuk kedalam daftar 10 makanan khas Karawang ini. Kerupuk bontot sebenarnya merupakan limbah adonan dari kerupuk ikan yang dibuat di Karawang.

Sisa adonan yang gagal menjadi kerupuk ikan digoreng kembali dan disantap menggunakan saus. Kerupuk bontot ini tersedia dalam pilihan rasa yang unik dan kekinian, lho. Yakni kerupuk bontot lada hitam. Hmmm, kira-kira rasanya seperti apa, ya, Si Kerupuk bontot khas Karawang ini?

6. Ali Agrem

ali agrem

* sumber: dishub.karawangkab.go.id

Ali agrem atau disebut juga kue ali juga adalah makanan khas Karawang yang terbuat dari campuran tepung beras dan gula merah. Kue ali ini kemudian digoreng hingga matang. Kue ali punya cita rasa manis yang bisa bikin Anda yang mengonsumsinya menjadi ketagihan. Kue ali agrem memiliki bentuk yang mirip dengan donat atau cincin, sehingga disebut sebagai kue ali agrem oleh orang Sunda.

Kue berbentuk bulat dengan bolong di bagian tengahnya ini masih tetap eksis sampai sekarang. Tak lengkap rasanya kalau ke Karawang tapi belum mencicipi penganan manis ini dengan bentuk unik ini. Jadi, jangan lupa untuk menyempatkan pergi ke toko oleh-oleh buat beli kue Ali.

 7. Gegeplak

gegeplak

* sumber: www.indonesiakaya.com

Kue gegeplak adalah salah satu dari sekian banyak makanan khas Karawang yang ada. Gegeplak khas Karawang ini memang serupa dengan kue geplak dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Namun, gegeplak khas Karawang dikabarkan punya resep yang berbeda dari geplak khas Kota Yogya.

Bahan-bahan yang digunakan untuk gegeplak khas Karawang adalah tepung terigu, air, gula pasir dan juga garam. Jika Anda tertarik untuk menikmati sajian khas ini, Anda bisa langsung melancong ke Kabupaten Karawang sekarang juga, biar nggak penasaran dengan rasanya.

8. Jojongkong

jojongkong

* sumber: deskgram.net

Jojongkong adalah salah satu kuliner khas Kabupaten Karawang yang terbuat dari tepung beras, tepung ketan, tepung tapioka atau tepung kanji. Jojongkong berisi daging kelapa muda dan gula merah. Makanan ini lalu dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang.

Nah, Jika Anda penggemar makanan manis, maka Anda dapat memilih makanan yang satu ini. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencicipi penganan satu ini?

9. Semprong Karawang

semprong karawang

* sumber: www.masakandapurku.com

Selanjutnya, ada semprong khas dari Karawang. Semprong Karawang terbuat dari telur, tepung beras, gula pasir hingga santan. Kue ini memiliki bentuk bulat memanjang yang mirip seperti pipa. Rasa dari kue semprong ini cenderung manis.

Kue semprong yang dimasak menggunakan cetakan semprong dan dimasak di atas bara api ini cocok untuk dijadikan camilan untuk menonton TV. bareng keluarga. Oh ya, ngomong-ngomong, kue semprong ini punya tekstur yang renyah, lho. Mau mencoba?

10. Dodong Hideung

dodong hideung

* sumber: gpswisataindonesia.info

Terakhir, ada dodong hideung yang juga merupakan salah satu makanan khas Karawang yang cukup populer di mata masyarakat luas. Terlebih, makanan yang punya rasa manis nan legit ini sudah mendunia.

Dodong hideung yang terbuat dari beras ketan ini telah dipilih sebagai salah satu warisan budaya UNESCO. Hebat sekali, bukan? Nah, itu artinya, Anda harus mencoba dodong hideung khas Karawang ini. Mau?

Itulah kesepuluh makanan khas Kabupaten Karawang. Bagaimana, semua makanan di atas terlihat sangat lezat dan pastinya bikin ngiler, kan? Dari kesepuluh makanan di atas, makanan khas Karawang mana yang paling Anda suka? Sampaikan komentar Anda di kolom komentar yang ada di bawah, ya.

Nggak cuma punya makanan khas yang menggugah selera, Karawang juga punya deretan tempat wisata yang unik dan menarik.  Salah satunya adalah wisata curug atau air terjun. Nah, Anda penasaran, tempat wisata apa saja yang wajib dikunjungi di Karawang ini? Untuk informasi selengkapnya, simak dalam artikel 10 Tempat Wisata di Karawang dari Keluyuran.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram