Inilah 10 Makanan Khas Kediri yang Menggoyang Lidah

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kediri merupakan kota yang terkenal dengan julukan Kota Tahu. Saat kamu berkunjung ke kota Kediri kamu dapat mencoba salah satu kuliner khasnya yang menggunakan tahu sebagai bahan dasarnya. Tetapi tak hanya tahu yang dapat kamu coba dari Kediri, kamu juga bisa menikamti kuliner lainnya yang unik.

Kalau kamu tertarik wisata kuliner di Kediri, berikut ini adalah daftar makanan khas Kediri yang dapat kamu coba termasuk makanan dari olahan tahu.

1. Sate Bekicot

Sate Bekicot

Siapa yang tidak kenal dengan bekicot, yang mungkin bagi sebagian orang akan membuat geli saat melihatnya. Tetapi di Kediri binatang ini dapat dijadikan makanan yang baik untuk tubuh. Bahkan di Prancis bekicot menjadi satu menu masakan favorit yang cukup terkenal.

Olahan makanan berupa daging bekicot yang di sate dapat kamu temukan di Kediri tepatnya di daerah Dusun Djengkol. Tetapi selain sate bekicot, kamu dapat menemukan banyak lagi olahan bekicot di desa tersebut. Ada tumis bekicot, keripik bekicot, oseng-oseng bekicot, dan juga krengsengan bekicot.

Jika kamu tertarik untuk mencicipi semua olahan bekicot, kamu bisa datang ke Dusun Djengkol. Tempatnya berada sekitar 10 km dari Kawan Monumen Simpang. 50 tusuk sate yang sudah di bungkus dengan daun pisang dihargai sekitar 20 ribu rupiah, sedangkan 10 tusuk sate dihargai 4 ribu rupiah.

2. Tahu Takwa

Tahu Takwa

Kota kediri merupakan sebuah kota yang terkenal sebagai kota tahu. Tahu takwa dari Kendiri ini  merupakan tahu yang berasal dari Tiongkok. Tahu ini dibawa oleh pendatang dari Tiongkok sejak ratusan tahun yang lalu. Tahu ini pertama kali dibuat oleh para imigran yang datang dari Tiongkok.

Apa bedanya tahu takwa dari Kediri dengan tahu yang lain? Tahu takwa ini memiliki testur tahu yang lebih kenyal dan padat, dan setelah digoreng akan terasa lembut. Warna kuning pada tahu takwa berasal dari bahan alami yaitu dari kunyit. Bahan alami yang digunakan menjadikan tahu ini lebih sehat.

Satu hal lagi yang unik dari tahu takwa adalah penggunaan besek sebagai wadah pembungkus dari tahunya. Kamu harus mencoba tahu takwa kediri ini karena rasanya tidak sama dengan tahu kebanyakan.

3. Soto Kediri

Soto Kediri

Soto tentunya makanan yang sudah tidak asing lagi, santapan yang hampir ada di seluruh pulau Jawa. Kediri pun memiliki kuliner soto sebagi satu makanan khasnya. Soto Kediri memiliki kuah yang berwarna kuning dari santan. Rasanya tentu tidak kalah nikmat dan gurihnya dari soto yang lain.

Pada hidangan soto ini, ayam yang digunakan adalah ayam kampung yang memberikan rasa gurih yang khas. Bahan pelengkap dari soto ini adalah kentang, soun, dan juga telur. Sebagai sentuhan terakhir baisanya akan ditaburi dengan seledri dan juga bawang goreng sebelum di hidangkan.

Perasan jeruk nipis, akan membuat soto semakin terasa segar, dan akan lebih mantap jika memakannya didampingi dengan emping melinjo. Jika kamu ingin mencoba kenikmatan soto kediri kamu bisa membelinya dengan harga di kisaran 20 ribu rupiah per porsinya.

4. Nasi Goreng Arang

Nasi Goreng Arang

Makanan nasi goreng merupakan makanan yang cukup populer yang dapat kamu temukan dimana saja. Tetapi nasi goreng dari Kediri ini memiliki kekhasan dari cara memasaknya. Nasi goreng Kediri ini menggunakan tungku arang  dalam memasaknya, dan tanpa menggunakan bahan penyedap.

Nasi goreng arang ini menggunakan racikan bumbu  dari rempah-rempah untuk menggantikan bahan penyedap yang biasa digunakan. Nasi goreng Kediri ini juga menggunakan ayam kampung sebagai bahan pelengkapnya, sehingga membuat hidangan nasi gorengnya terasa semakin nikmat.

Kamu yang senang dengan kuliner nasi goreng bisa mencoba nasi goreng yang cukup terkenal di Kediri yaitu warung nasi Goreng Mbah Man & Bu Pur. Warungnya berada di jalan Stasiun no. 16. Harga satu porsi nasi goreng arang ini cukup ramah di dompet. 

5. Sate Emprit

Sate Emprit

Apa itu Emprit? Emprit merupakan  satu jenis burung yang sering memakan padi di sawah. Kamu mungkin pernah melihat mereka yang terbang bergerombol di sawah. Burung ini dikategorikan menjadi hama bagi para petani yang menanam padi. Tetapi kini ada cara untuk mengatasi hama ini.

Burung emprit di Kediri yang menjadi hama ini diolah menjadi makanan yang nikmat untuk kamu cicipi. Burung emprit diolah menjadi makanan berupa sate emprit. Seperti layaknya kuliner sate yang lainnya, sate emprit ini juga diberi bumbu berupa saus kacang tanah dan diberi taburan bawang goreng.

Kenikmatan sate emprit ini membuat banyak wisatwan datang berkunjung ke Kota Kediri. Satu warung terkenal yang menyajikan sate emprit adalah warung sate emprit Mbah Darmo.

6. Pecel Tumpang

Pecel Tumpang

Pecel merupakan makanan khas Jawa Timur yang hampir dikenal oleh semua orang. Pecel sendiri merupakan makanan yang terdiri dari sayuran yang direbus dan diberi siraman sambal kacang. Tetapi berbeda dengan pecel dari Kediri ini yang menggunakan siraman sambal tumpang.

Sambal tumpang merupakan sambal yang terbuat dari tempe yang sudah sudah busuk. Tempe yang sudah busuk dipercaya masyarakat Kediri dapat meningkatkan nafsu makan. Bumbu yang digunakan untuk membuat sambel tumpang sendiri terdiri dari bawang merah dan putih, cabai, dan yang lainnya.

Pecel ini disajikan dengan nasi putih dan juga ditemani oleh rempeyek, sate jeroan ayam, dan telur dadar. Selain itu biasanya pecel disajikan dengan menggunakan daun pisang. Jika kamu ingin mencoba pecel tumpang ini kamu bisa membelinya dengan harga sekitar 4 -12 ribu rupiah.

7. Gethuk Pisang

Gethuk Pisang

Gethuk merupakan penganan yang biasanya terbuat dari singkong, tetapi gethuk dari Kediri ini menggunakan bahan dasar pisang. Gethuk pisang ini merupakan camilan yang dikemas mirip dengan lontong. Tekstur dari gethuk pisang ini lebih padat, berwarna coklat, dengan rasa yang legit dan asam.

Kamu dapat menemukan camilan ini di Dusun Jatisari, Desa Kenceng, Kecamatan Kepung. Di daerah ini terdapat banyak industri rumahan yang memproduksi gethuk pisang. Camilan ini dapat kamu peroleh dengan harga yang cukup terjangkau sekitar 2 – 10 ribu rupiah, bergantung ukurannya.

8. Stik Tahu

Stik Tahu

Satu lagi camilan khas Kediri yang musti kamu coba, yaitu stik tahu. Stik merupakan camilan yang sering kamu jumpai di mana saja, tetapi di Kediri ini stik tahu menjadi penganan yang merupakan inovasi terbaru dari cemilan berbahan tahu. Stik ini memiliki rasa gurih dan teksturnya yang renyah.

Sebagai kota yang terkenal dengan penganan tahunya, tentunya stik tahu menjadi oleh-oleh yang wajib kamu beli saat datang ke Kota Kediri. Camilan stik tahu ini biasanya dijual dengan harga mulai dari 10 – 20 ribu rupiah. Kamu bisa menemukan camilan ini di sekitar jalan Pattimura dan Yos Sudarso.

9. Es Buto Ijo

Es Buto Ijo

Saat berjalan-jalan di Kota kediri dan ingin merasakan camilan yang menyegarkan, maka kamu musti coba es buto ijo. Camilan yang dapat kamu nikmati untuk melepaskan dahaga di kala cuaca sangat panas. Es buto ijo merupakan nama yang disematkan karena minumannya berwarna dominan hijau.

Isian dari camilan untuk melepas dahaga ini terdiri dari kelapa muda, biji selasih, kolang kaling, nata de coco, dan juga kacang hijau. Jika ingin mencoba minuman ini kamu kamu bisa mendatangi kedai es di daerah Setono Pande dan membelinya dengan harga mulai dari 5 – 7 ribu rupiah per porsinya.

10. Kerupuk Upil

Kerupuk Upil

Walau memiliki nama kerupuk upil, tetapi tentu saja kerupuk ini bukan berasal dari upil. Nama ini diberikan pada kerupuk ini karena ukurannya yang kecil. Kerupuk ini merupakan kerupuk dengan bahan dasar tepung tapioka yang diolah seperti kerupuk pada umumnya.

Kerupuk upil dikenal juga dengan nama kerupuk pasir, biasanya disantap dengan sambal pecel atau juga sambal tumpang. Kerupuk upil sering dijadikan oleh oleh saat bertandang ke Kota Kediri. Kerupuk ini biasanya dijual dengan harga sekitar 5 ribu rupiah untuk berat 200 gram.

Kediri menyajikan kuliner yang tidak bisa dan juga unik, seperti bekicot dan juga emprit. Makanan unik ini tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Kediri. Selain itu kamu juga dapat merasakan kekhasan tahu dari Kota kediri yang menjadikan kota ini menyandang julukan sebagai Kota Tahu.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *