Inilah 9 Makanan Khas Kendal yang Enak dan Mesti Dicoba

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kendal merupakan salah satu kabupaten di pesisir utara Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Batang di sebelah barat, Kabupaten Semarang di sebelah timur, serta Kabupaten Temanggung di sebelah selatan. Kendal memiliki potensi wisata alam, religi, serta kuliner yang menarik untuk di-explore.

Sebagai salah satu bagian dari wilayah metropolitan Kedungsepur, Kendal memiliki beragam kuliner yang bisa dicoba. Ketika berpergian melalui jalur Pantura, tak ada salahnya mampir ke Kendal untuk menikmati makanan khasnya. Inilah 9 makanan khas Kendal yang sayang jika dilewatkan. Penasaran ada apa saja? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Momoh

Momoh

* sumber: www.idntimes.com

Makanan yang satu ini, cukup asing didengar. Momoh merupakan makanan khas Kendal yang berbahan dasar jeroan sapi. Bumbu yang digunakan untuk membuat Momoh terdiri dari rempah-rempah pilihan. Momoh memiliki dua macam, yaitu Momoh Goreng dan Momoh Kuah. Momoh Goreng cocok disandingkan dengan soto atau nasi pecel.

Makanan ini berasal dari Kaliwungu, Kabupaten Kendal. Momoh diyakini dapat menambah stamina bagi pria dewasa. Maka rempah-rempah yang dijadikan sebagai bumbu pun merupakan rempah pilihan untuk meningkatkan stamina. Meski Momoh berasal dari Kaliwungu, tetapi makanan ini cukup mudah ditemukan di berbagai daerah di Kabupaten Kendal.

2. Pecel Kembang Turi

Pecel Kembang Turi

Sama halnya dengan Kota Madiun, Kendal juga memiliki pecel khas yang memiliki perbedaan dengan pecel lainnya. Di Kendal, pecel menggunakan bunga turi yang memiliki cita rasa manis, sedikit pahit, dan juga gurih. Selain itu, Pecel Kembang Turi ditambahkan dengan daun bayam rebus dan disiram dengan sambal kacang yang kental, serta diberi taburan tauge.

Pecel Kembang Turi memiliki perpaduan rasa manis, sedikit pedas, gurih, dan juga sedikit pahit dari bunga turi. Pecel kembang Turi cocok disandingkan dengan gimbal udang atau sate kerang. Makanan khas Kendal ini mudah ditemukan di pinggiran tengah kota hingga pinggiran kota Kendal. Jika kamu suka pecel, maka wajib mencoba Pecel Kembang Turi khas Kendal.

3. Brongkos

Brongkos

Brongkos merupakan salah satu makanan khas Kendal yang sayang untuk dilewatkan. Brongkos terbuat dari bahan dasar daging sapi yang kemudian diolah dengan bumbu khas sehingga menghasilkan rasa yang berbeda dari olahan sapi lainnya. Brongkos dilengkapi dengan tahu goring, daun melinjo, serta kulit.

Brongkos merupakan makanan berkuah yang jika dilihat sekilas, mirip dengan Rawon khas Jawa Timur. Namun bedanya, Brongkos menggunakan kuah santan yang memiliki rasa gurih dan sangat unik. Bumbu khas yang digunakan untuk membuat Brongkos antara lain seperti bawang putih, bawang merah, ketumbar, cabai merah, kluwak, kunyit, hingga kemiri.

4. Sumpil

Sumpil

Sumpil merupakan kudapan khas Kaliwungu, Kabupaten Kendal. Sumpil biasa disajikan untuk memperingati Maulid Nabi atau disebut juga dengan tradisi tuwinan. Sumpil terbuat dari bahan dasar beras, mirip dengan lontong. Namun bedanya, sumpil dibungkus dengan daun bambu dan disajikan dengan sambal dari parutan kelapa.

Sumpil berbentuk segitiga yang diyakini sebagai lambang hubungan antara manusia dengan Tuhan dan dengan sesama manusia. Sehingga kudapan yang satu ini terus dibudayakan dan dilestarikan dengan budaya yang ada. Sumpil sangat cocok disantap pagi hari untuk sarapan yang lebih praktis.

5. Sate Bumbon

Sate Bumbon

Siapa suka sate? Makanan yang satu ini, banyak disukai oleh berbagai kalangan. Sate sering dijadikan sebagai makanan khas. Seperti Sate Madura, atau Sate Rembiga dari Lombok. Begitupun dengan Kabupaten Kendal. Di sini, kamu bisa mencoba Sate Bumbon yang terbuat dari bahan dasar daging sapi.

Sebelum sate dibakar, daging sapi dimasak terlebih dahulu dengan bumbu rempah yang menghasilkan cita rasa yang yang nikmat dan tekstur daging yang lembut. Maka, sesuai dengan namanya, sate ini diberi nama Sate Bumbon yang berarti sebelum dibakar, diberi bumbu rempah terlebih dahulu. Sama dengan sate lainnya, Sate Bumbon akan lebih lengkap jika disantap dengan lontong.

6. Rica-Rica Menthog

Rica-Rica Menthog

Menthog merupakan binatang sejenis bebek yang dapat dikonsumsi, seperti halnya di Kabupaten Tuban, Kendal juga menjadikan olahan menthog sebagai makanan khasnya. Jika di Tuban diolah menjadi becek menthog, maka di Kendal ada rica-rica menthog yang tak kalah lezatnya.

Daging menthog banyak disukai karena tidak terlalu berbau, dan nikmat untuk dijadikan sebagai santapan. Rica-rica menthog memiliki rasa yang pedas, gurih, dilengkapi dengan bumbu kecap yang menambah cita rasa. Makanan ini cukup mudah ditemukan di warung makan di Kabupaten Kendal.

7. Mangut Lele

Mangut Lele

Kamu suka lele? Jika suka lele, maka wajib mencoba makanan khas Kendal yang satu ini. Mangut Lele. Mangut merupakan kuah santan yang memiliki rasa asin, gurih, pedas, dan sedikit asam. Biasanya, Mangut dilengkapi dengan ikan pari namun beda dengan Mangut khas Kendal ini. Lele dijadikan sebagai bahan dasar utama.

Mangut terbuat dari bawang putih, bawang merah, kencur, lengkuas, ketumbar, daun jeruk, kemisi, dan daun salam yang ditumis serta dicampurkan ke dalam kuah santan. Jika kamu pencinta rasa pedas, sangat cocok dengan makanan khas Kendal yang satu ini. Namun, Mangut Lele cukup sulit ditemukan. Jika ingin mencobanya, kamu bisa ke Kaliwungu, Kabupaten Kendal.

8. Soto Dengkul

Soto Dengkul

Seperti halnya daerah lain, Kendal juga memiliki soto khas yaitu Soto Dengkul. Soto Dengkul terasa sangat nikmat karena tidak menggunakan gajih. Soto Dengkul terbuat dari bahan dasar daging sapi yang diberi bumbu jahe, bawang, serta kunir sebagai pelengkap, ada pula bihun, telur, dan tauge.

Soto Dengkul banyak diminati dari berbagai kalangan. Rasanya yang gurih serta kuahnya yang menyegarkan membuat Soto Dengkul ini menjadi salah satu makanan khas Kendal yang banyak dicari pendatang. Soto Dengkul dapat kamu temukan di daerah Patebon, Kabupaten Kendal.

9. Bebek Ijo

Bebek Ijo

Jika sebelumnya sudah membahas menthog sebagai salah satu bahan dasar rica-rica khas Kendal, maka ada pula makanan yang berbahan dasar Bebek. Sesuai dengan namanya, Bebek Ijo merupakan olahan daging bebek yang dibakar atau digoreng, kemudian ditumbuk bersamaan dengan sambal cabai hijau.

Sambal cabai hijau pada Bebek Ijo terbuat dari bawang merah, bawang putih, cabai hijau, garam, serta penyedap rasa. Bebek yang telah diungkep selama 30 menit, dicampurkan ke dalam sambal cabai hijau, dan terakhir dikukus sebelum akhirnya dihidangkan. Cita rasa gurih dan pedas yang berasal dari cabai hijau ini sangat menggugah selera.

Nah, itu dia 9 makanan khas Kendal yang bisa kamu coba ketika sedang berlibur atau sedang melewati jalur Pantai Utara. Sayang sekali kan, kalau lewat Kabupaten Kendal tetapi tidak mencoba makanan khas di sini? Jadi, yuk ajak keluargamu untuk coba makanan khas Kendal!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *