Keluyuran / Sulawesi Tenggara / 10 Minuman dan Makanan khas Kendari yang Wajib Dicoba

10 Minuman dan Makanan khas Kendari yang Wajib Dicoba

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Oktober 2019

Bukan cuma kota-kota di Jawa Barat, Sumatera atau bahkan Kalimantan saja yang punya beragam makanan khas yang lezat. Provinsi Sulawesi, khususnya Sulawesi Tenggara pun sama adanya. Nah, pada kesempatan kali ini, Keluyuran akan membahas mengenai makanan khas Kendari beserta minumannya yang menyegarkan.

Makanan dan minuman khas Kota Kendari apa sajakah yang wajib untuk kamu coba saat berkunjung ke sana? Simak langsung pembahasan berikut untuk mengetahuinya.

1. Sate Gogos Pokea

makanan khas kendari sate gogos pokea

* sumber: putratravel.net

Kalau kamu bosan dengan sate sapi, ayam atau kambing, kamu harus mencoba mencicipi sate gogos pokea khas Kendari. Sate gogos pokea sendiri menggunakan daging kerang air tawar  atau kerang hijau sebagai bahan utamanya.

Proses pembuatan sate pokea ini juga serupa dengan sate-sate lainnya. Hanya dagingnya saja yang berbeda. Sate pokea atau sate kerang ini sama-sama dibumbui dengan bumbu kacang dan kecap serta ditusuk dengan memakai tusuk sate seperti sate pada umumnya.

Memasak satenya pun dengan cara dibakar layaknya sate ayam atau sapi. Sate kerang ini biasa dinikmati dengan gogos atau sejenis lepat yang dibungkus dengan daun pisang. Di Kendari sendiri ada banyak sekali penjual sate gogos pokea yang lezat ini. Terutama di kawasan wisata seperti pantai yang ramai dikunjungi oleh wisatawan.

2. Kasoami

kasoami makanan khas kendari

Kasoami atau kasuami sebenarnya berasal dari Kabupaten Buton, namun makanan ini juga populer di Kota Kendari dan menjadi salah satu makanan khasnya juga. Kasoami sendiri adalah makanan berbentuk kerucut seperti tumpeng.

Makanan ini terbuat dari singkong atau ubi kayu yang diparut, dikeringkan serta dikukus, lalu dicetak dengan bentuk seperti tumpeng untuk kemudian dimasak lagi selama lima belas menit. Kasoami sendiri merupakan hidangan pengganti nasi dan biasa dinikmati dengan lauk pauk, salah satunya ikan. Makanan yang satu ini umumnya dikonsumsi warga sekitar sebagai menu sarapan.

3. Ikan Dole

ikan dole makanan khas kendari

* sumber: www.reservasiku.com

Nah, kalau yang namanya perkedel kentang atau perkedel jagung mungkin sudah sangat amat mainstream. Kita bisa menemukan perkedel-perkedel tersebut di warteg sampai restoran mahal sekali pun.

Tapi bagaimana dengan perkedel ikan? Ya, di Kendari, kamu bisa menikmati perkedel yang berbahan dasar ikan tenggiri. Namanya ikan dole. Ikan dole ini dibuat dengan cara menggiling daging ikan tenggiri.

Setelah itu, daging ikan yang sudah digiling tadi diberi campuran kelapa parut untuk kemudian dicelup ke dalam adonan kuning telur dan digoreng hingga matang serta warnanya berubah kecokelatan. Ikan dole ini bisa dinikmati secara langsung saat masih hangat atau dijadikan teman makan hidangan lain seperti sate pokea.

4. Sinonggi

sinonggi makanan khas kendari

* sumber: www.iqbalkautsar.com

Selanjutnya, ada sinonggi. Makanan yang berbentuk dan bertekstur mirip lem ini terbuat dari tepung sagu. Nah, tepung sagunya sendiri direndam dalam baskom berisi air dingin hingga semalaman suntuk sampai mengendap.

Setelahnya, adonan sinonggi dicairkan lagi dengan menggunakan air dingin sebelum akhirnya diberi air mendidih sambil diaduk sampai adonannya mengental. Sinonggi ini rasanya cenderung tawar, karenanya makanan khas yang kabarnya sudah ada sejak zaman dulu ini kerap dinikmati dengan lauk pauk yang berkuah.

Tapi, sinonggi juga tentu bisa dinikmati tanpa hidangan berkuah. Biasanya, kamu harus mengandalkan sumpit untuk menikmati makanan ini karena teksturnya yang sangat lengket. Tertarik untuk mencoba?

5. Kabuto

kabuto kendari

* sumber: ksmtour.com

Kamu yang hobi nonton kartun Jepang pasti familiar dengan nama tokoh kartun Kabuto dari serial Naruto, bukan? Eits, tapi kali ini kita tidak akan membahas tentang tokoh kartun tersebut, melainkan satu dari sekian banyak makanan khas Kendari yang juga populer.

Ya, kabuto namanya. Makanan yang satu ini terbuat dari singkong atau ubi. Ubi atau singkong itu dibiarkan mengering dan berjamur, lalu diberi tambahan parutan kelapa diatasnya. Di Sulawesi Tenggara, kabuto sering dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Umumnya, kabuto dinikmati dengan lauk seperti ikan asin goreng.

6. Olahan Kacang Mete

olahan kacang mete makanan khas kendari

* sumber: www.gotravelly.com

Di Kota Kendari, kacang mete diolah dan dijadikan campuran beragam makanan. Di antaranya adalah brownies mete yang dikenal juga dengan nama brownte, bolu kukus mete sampai cokelat mete. Selain itu, ada juga kacang mete dengan berbagai pilihan varian rasa seperti rasa cokelat.

Nah, bukan hanya itu saja. Kamu juga bisa mencicipi olahan mete lainnya seperti keripik mete sampai mete goreng yang renyah. Olahan kacang mete ini biasanya dijadikan oleh-oleh alias buah tangan oleh para wisatawan yang berkunjung ke Kota Kendari. Kalau berkunjung ke Kendari, jangan lupa beli aneka olahan kacang mete yang enak ini, ya!

7. Lapa-lapa

lapa lapa makanan khas kendari

* sumber: www.cendananews.com

Next, ada lapa-lapa. Lapa-lapa sendiri juga bisa dibilang merupakan makanan pengganti nasi. Lapa-lapa menggunakan beras sebagai bahan utamanya. Nah, beras yang digunakan untuk memasak lapa-lapa telah diolah dengan menggunakan santan kelapa.

Jika sudah setengah matang, adonan lapa-lapa kemudian ditiriskan, lalu dibungkus dengan menggunakan janur kelapa dan diikat dengan tali. Sesudahnya, lapa-lapa kembali dimasak selama kurang lebih enam puluh menit hingga matang. Biasanya, warga Kendari dan Sulawesi Tenggara mengonsumsi lapa-lapa dengan macam-macam lauk seperti sate pokea.

8. Karasi

karasi makanan khas kendari

* sumber: putratravel.net

Jika tadi kita membahas makanan pengganti nasi hingga olahan kacang mete khas Kendari, sekarang saatnya kita membahas camilan ringan berupa kue yang tidak kalah populer di sana. Adalah karasi, makanan ringan bercita rasa manis yang menjadi favorit warga Kendari.

Bentuk karasi ini mungkin mengingatkan kita pada kue jala atau pun kue rambut. Tekstur kue tradisional ini sangat lembut. Sayangnya, proses pembuatan karasi tidaklah mudah. Di kendari, karasi sendiri biasa dinikmati sebagai camilan ringan saat menikmati secangkir kopi atau teh. Kamu yang tinggal di luar Kota Kendari bisa menjadikan penganan yang satu ini sebagai oleh-oleh.

9. Pisang Epe

pisang epe kendari

* sumber: phinemo.com

Selain karasi, ada lagi kudapan manis yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Kendari. Yup, pisang epe namanya. Pisang epe ini terbuat dari pisang kepok yang dibakar hingga matang. Setelah dibakar, pisangnya dijepit sampai berbentuk pipih.

Lalu, pisang tersebut dibakar lagi hingga benar-benar matang untuk kemudian diberikan siraman gula merah yang manis dan diberi beragam topping. Sekilas, makanan yang satu ini sangat mirip dengan penganan manis khas Sunda, colenak yang memakai tape atau peuyeum sebagai bahan utamanya. Tidak sulit mencari kudapan lezat  yang satu ini karena pisang epe sendiri mudah ditemukan di pinggiran jalan Kota Kendari.

10. Jus Patikala

jus patikala

* sumber: www.reservasiku.com

Setelah membahas makanan sampai aneka kudapan manis, kita juga akan mengulas mengenai salah satu minuman khas Kendari, yakni jus patikala. Jus patikala ini terbuat dari buah patikala yang rasanya cenderung pekat.

Tapi, setelah diolah sedemikian rupa sampai menjadi jus, rasa kecut khas buah patikala ini nyaris tidak terasa. Rasanya malah menjadi sangat enak. Kabarnya, jus patikala ini juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Jus patikala sebenarnya berasal dari Kabupaten Kolaka, namun minuman segar ini juga terbilang populer di Kota Kendari.

Nah, itulah pembahasan dari Keluyuran mengenai minuman dan makanan khas Kendari yang enak dan wajib untuk dicoba. Kalau kamu memiliki rekomendasi atau informasi lain seputar makanan atau pun minuman khas Kendari, silakan sampaikan secara langsung melalui kolom komentar yang tersedia.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar