10 Makanan Khas Klaten yang Enak dan Mengenyangkan

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 5 Juli 2021

Saat datang ke sebuah kota tentunya kamu tertarik untuk menemukan makanan yang menjadi ciri khas dari kota tersebut. Seperti halnya saat kamu singgah di Kota Klaten, kamu tentunya ingin mencoba makanan yang menjadi ciri khas dari kota ini. Serta tempat yang populer untuk mencoba hidangannya.

Makanan apa saja yang dapat kamu cicipi di Kota Klaten ini? Berikut ini adalah makanan yang menjadi ciri khas dari Kota Klaten yang wajib kamu coba saat singgah di kota ini. Ada begitu banyak makanan khas Klaten yang  menunggu untuk kamu cicipi yang tidak akan kamu lupakan kenikmatannya.

1. Sego Wiwit

Sego wiwit merupakan makanan berat yang berisikan nasi dengan beragam lauk-pauk. Makanan ini merupakan jenis makanan yang digunakan oleh petani dalam acara sedekah bumi. Makanan yang memiliki fungsi sebagai bentuk rasa syukur dari petani akan hasil panen padi yang mereka peroleh.

Isi dari sego wiwit biasanya terdiri dari nasi putih, lalu lauk-pauknya berupa ayam, urap, ikan asin, serta sayur-sayuran yang digunakan sebagai lalapan. Tetapi saat ini sego wiwit tak hanya ada pada saat upacara sedekah bumi saja, kamu dapat menyantapnya di warung-warung di Klaten.

Nah jika kamu berminat untuk mencobanya, kamu dapat mencarinya di rumah makan atau juga di pasar-pasar. Banyak yang menjajakan kuliner khas Klaten ini, selain itu harganya juga cukup terjangkau sekitar 10 ribu rupiah per porsinya, jadi jangan sampai terlewat untuk mencobanya.

2. Sego Gudangan

10 Makanan Khas Klaten yang Enak dan Mengenyangkan 2Sumber: perpus.jatengprov.go.id

Kuliner yang satu ini juga masih tergolong makanan berat, makanan utamanya nasi, dan temannya adalah urap atau disebut juga gudangan. Penganan yang satu ini biasanya dapat kamu temui di pagi hari. Urap yang jadi teman nasi ini biasanya terdiri dari bayam, wortel, kacang panjang, dan tauge.

Urapnya dibuat menggunakan parutan kelapa sehingga rasanya terasa gurih dan juga bumbu kacang. Selain dari sayuran, lauknya bisa kamu pilih, dari tahu, atau tempe. Harganya juga cukup terjangkau jadi tidak perlu khawatir kantong bolong dengan mencicipi penganan khas dari Klaten ini.

3. Nasi Trancam

10 Makanan Khas Klaten yang Enak dan Mengenyangkan 3Sumber: pegipegi.com

Masih kuliner dengan menu utamanya adalah nasi, yang satu ini merupakan makanan berat  yang ditemani dengan sayuran yang masih mentah. Sayuran yang biasa digunakan untuk hidangan ini adalah mentimun kacang panjang, kol, petai cina, dan daun kemangi serta parutan kelapa.

Selain dengan sayuran mentah nasi trancam juga disajikan dengan ayam goreng, dan juga dengan jeroan yang terdiri dari jeroan ayam atau juga sapi. Selain itu kamu bisa tambahi dengan tahu atau juga tempe goreng. Kamu juga bisa saja makan hanya sayuran mentah tanpa lauk pauk yang lain.

Harga dari nasi trancam juga terbilang cukup terjangkau, harga yang ditawarkan untuk satu porsi nasi terancam sekitar Rp18.000. Satu tempat makan yang cukup terkenal dengan nasi terancamnya di Klaten adalah Rumah Makan Bu Mayar, hidangan nasi terancam merupakan hidangan legendaris.

4. Nasi Tumpang Lethok

10 Makanan Khas Klaten yang Enak dan Mengenyangkan 4

Masih membahas makanan berat, hidangan yang satu ini juga masih menyajikan nasi sebagai menu utamanya. Makanan nasi tumpang lethok merupakan makanan yang hanya dapat kamu temukan di pagi hari. Penganan yang satu ini juga masih mengandalkan sayuran sebagai teman nasinya.

Sayuran yang bisa digunakan urap daun pepaya, nangka muda, daun jeruk, bacem, telur rebus. Lalu di atas sayuran tersebut disiram dengan kuah sambal tumpang yang bahannya terdiri dari santan, tempe, dan juga rempah-rempah. Kamu juga bisa menambahkan suwiran daging sapi.

Sarapan pagi ini harganya juga cukup terjangkau, dan tempat makan nasi tumpang lethok yang paling banyak dikenal adalah tempat makan yang terdapat di Jalan Mayor Kusmanto hingga daerah Perlimaan Bramen. Selain harganya yang murah, rasanya makanannya membuat kamu ketagihan.

5. Bakmi Miroso

Makanan berat selanjutnya adalah makanan yang menggunakan mie sebagai sajian utamanya. Bagi kamu yang senang dengan hidangan yang menggunakan mie, maka kamu harus mencoba mie yang satu ini. Makanan khas Klaten ini memiliki mie yang kenyal dan kental dengan cita rasa Tiongkok.

Sajian legendaris dari Klaten ini dapat kamu temukan di sebuah restoran yang cukup terkenal yaitu Bakmi Miroso. Lokasinya terdapat di dekat alun-alun, tepatnya di jalan Pemuda No. 125. kamu bisa dapatkan penganan ini dengan harga cukup terjangkau sekitar 15-20 ribu rupiah per porsi.

Baca juga: Oleh-Oleh Khas Klaten yang Wajib Dibawa Pulang

6. Swike Kodok

Makanan yang satu ini memiliki bahan utama yang cukup unik, yaitu menggunakan kodok swike. Kamu hanya dapat menemukan hidangan ini di Kota Klaten. Swike ini dimasak dengan beragam cara dari yang digoreng dan diberi tepung, atau juga dioseng atau bahkan dibuat menjadi sup.

Makanan ini dihidangkan tanpa kepala dan juga kulitnya, sehingga kamu tak perlu ragu untuk memakannya. Rasa dari swike ini juga hampir mirip dengan daging ayam dengan tekstur dagingnya yang lembut. Bu Reso adalah rumah makan yang cukup terkenal dengan hidangan swikenya.

7. Sop Ayam Pecok

10 Makanan Khas Klaten yang Enak dan Mengenyangkan 7Sumber: zomato.com

Makanan yang satu ini termasuk hidangan yang cukup populer di Klaten, namanya sop ayam pecok. Hidangan ini diberi nama demikian karena cara penyajian ayam yang dipotong dengan cara acak atau pecok. Walaupun begitu, soal rasa tidak perlu diragukan lagi, kamu pasti akan tertarik untuk mencoba.

Pada hidangan ini kamu bebas memilih bagian ayam mana yang kamu suka, dan mereka akan memotongkankan langsung untuk kamu santap. Kuliner ini juga memiliki harga yang cukup terjangkau, sekitar 8 - 16 ribu rupiah. Rumah makan Sop Ayam Pecok Pak Min adalah  yang banyak dikenal.

8. Soto Bebek dan Bebek Bacem

10 Makanan Khas Klaten yang Enak dan Mengenyangkan 8Sumber: uzone.id

Kalau hidangan yang satu ini adalah makanan berbahan dasar bebek yang disajikan dengan dua cara, yaitu di soto dan di bacem. Soto bebek di Klaten disajikan dengan kuah yang bening. Sebagai tambahannya biasa digunakan sayuran berupa kol, taoge, dan irisan seledri dengan bawang goreng.

Sedangkan untuk hidangan bebek bacem, kuliner ini memiliki cita rasa manis. Bebek dimasak dengan direbus menggunakan air dari gula jawa, hingga airnya hilang. Setelah airnya hilang kamu dapat menggoreng bebeknya hingga tampak kecokelatan dan juga kering.

Rasa dari dua hidangan bebek ini sudah tidak diragukan lagi kenikmatannya. Satu rumah makan yang terkenal dengan hidangan bebek adalah rumah makan Bu Siswo. Walaupun harganya sedikit lumayan tinggi yaitu sekitar 30 ribu, tapi kamu tidak akan menyesal setelah mencicipinya.

9. Kepel Klaten

Nah, penganan yang satu ini bisa dikatakan sebagai jajanan tradisional dari Kota Klaten. Makanannya memiliki bahan dasar tepung gandung, lalu terdapat bumbu berupa bawang merah, bawang putih, merica dan juga garam. Untuk menyantapnya dapat kamu tambahkan saus atau ditemani teh tawar.

Harga dari makanannya juga sangat terjangkau, dengan harga 2 ribu rupiah kamu sudah mendapatkan kepel Klaten. Jajanan itu dapat kamu temukan dengan melimpah di daerah alun-alun Kota Klaten. Tepatnya disajikan hampir  seluruh jalan utama yang terdapat di  Kecamatan Pedan pada sore hari.

10. Keripik Cakar, Belut dan Paru

Makanan yang satu ini juga dapat dikategorikan sebagai camilan, bahan untuk hidangan yang satu untuk di antaranya adalah keripik yang terbuat dari ceker  ayam,  dan juga paru. Makanan ini dapat kamu jadikan oleh-oleh saat kamu berkunjung ke daerah Klaten.

Camilan ini memiliki tekstur yang renyah, dan juga dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Kamu bisa menemukan camilan ini di sentra oleh-oleh di Klaten. Satu tempat yang cukup dikenal adalah Toko Mangun yang lokasinya berada di Jalan Rajawali, Gg latar putih 15.

Nah itulah beberapa jenis makanan khas dari kota Klaten. Hidangan dari kuliner kota Klaten ini wajib kamu cicipi saat singgah di sana. Beberapa makanan berat juga dapat kamu cicipi dengan harga yang cukup terjangkau. Tak perlu ragu untuk berkunjung ke Kota Klaten dan mencicipi hidangannya.

Menu sarapan pagi dan juga makan malam dapat kamu temukan dengan mudah di kota ini. Rasanya yang lezat akan membuat kamu ketagihan untuk datang kembali ke Kota Klaten. Makanannya juga sangat sehat karena mengandung banyak unsur sayur-sayuran.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram