10 Variasi Makanan Khas Kroasia yang Lezat juga Unik

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 2 November 2021

Mungkin bagi pencinta kuliner, Kroasia bukan tujuan pertama yang dipertimbangkan ketika merencanakan perjalanan ke Eropa. Namun yang cukup mencengangkan adalah negara ini memiliki banyak restoran tradisional yang menawarkan pilihan makanan khas Kroasia kelas dunia.

Ketika berkunjung ke Kroasia, hal pertama yang akan kamu perhatikan adalah bahwa makanan negara ini sangat bervariasi dan beragam, baik dalam pembuatan maupun bahannya yang disesuaikan dengan daerahnya. Ini artinya tiap wilayah di Kroasia mempunyai tradisi kuliner pokoknya masing-masing yang dipengaruhi sekali oleh lokasi. Penasaran seperti apa makanan khas Kroasia? Simak ulasannya berikut ini!

Baca juga: 10 Makanan Khas Scotlandia, Negeri Para Highlander

1. Peka

Peka

Makanan khas Kroasia ini merupakan campuran sayuran, di antaranya kentang, dengan daging yang diberi taburan bumbu dan dilumuri minyak zaitun. Peka di panggang di bawah kubah yang nampak seperti lonceng selama kira-kira dua jam. Setelah satu jam pertama, kemudian daging dibalik, dan ditambahkan campuran cognac dengan rempah-rempah Mediterania serta madu.

Metode memasak unik ini berasal dari daerah Dalmatia yang berada di wilayah pesisir Kroasia. Walaupun biasanya peka sekarang dibuat memakai peralatan besi, dulu dimasak menggunakan gerabah.

Metode ini digunakan orang Kroasia untuk memasak beragam jenis daging, seperti daging ayam, sapi muda, sosis, dan bahkan gurita. Hasilnya adalah daging yang empuk dan berair dan kentangnya lembut, manis juga enak. Biasanya peka dihidangkan dengan roti yang dipanggang menggunakan cara yang sama. Proses memasak makanan khas Korea ini perlu waktu yang lama.

2. Brudet

Brudet

Brudet merupakan salah satu makanan khas Kroasia yang klasik. Hidangan ini dibuat dari beragam makanan laut, stew ini disantap di sepanjang pantai di Kroasia. Hampir tidak mungkin mendapatkan resep brudet yang unik, karena tiap daerah, kota, dan rumah mempunyai versi masakan favorit mereka masing-masing.

Berdasarkan pedoman umum, disarankan sebaiknya gunakan tiga jenis ikan yang berbeda. Ikan selalu dipotong jadi potongan yang besar. Monkfish, scorpionfish, sea bass, atau ikan berdaging putih lainnya adalah dan jenis ikan yang cocok untuk brudet.

Penambahan kerang seperti scampi, remis merupakan pelengkap yang disukai karena bahan-bahan tersebut paling berkontribusi untuk rasa. Biasanya brudet dimasak dalam jumlah yang besar dalam wajan tradisional yang bagian bawahnya berat. Ikan khususnya digoreng menggunakan minyak zaitun, bawang merah serta bawang putih, lalu direbus dalam kaldu beraroma.

Kaldu tersebut biasanya dibuat menggunakan kombinasi kaldu makanan laut, saus tomat serta wine putih atau merah. Selain itu, ditambahan sesekali dengan cabai, tomat segar dan sentuhan cuka.

Untuk membumbui masakan ini, digunakan rempah-rempah tradisional Mediterania di antaranya bayleaf, peterseli segar dan rosemary. Semua resep dan tradisi mengikuti satu aturan, yaitu hidangan tak boleh diaduk, tapi diaduk dengan cara memutar panci.

Polenta yang creamy merupakan lauk yang paling umum dihidangkan dengan brudet. Namun bisa juga disantap bersama dengan stew atau roti yang baru dipanggang. Kompetisi brudet merupakan tradisi umum di banyak kota pesisir. Ini adalah perayaan tahunan saat kelompok orang atau restoran yang berbeda melakukan pengujian keterampilan dan kreativitas dalam menyiapkan brudet.

3. Crni rizot

Crni rizot

Disebut crni rizot dalam bahasa lokal, makanan khas Kroasia ini biasanya dibuat menggunakan sotong atau cumi-cumi. Bahan ini memberikan sentuhan seafood yang ekstrem pada hidangan tradisional Italia ini. Spesialisasi dari wilayah Dalmatian ini biasanya menggunakan bahan seperti minyak zaitun, tinta cumi, wine merah, serta bawang putih.

Biasanya keju yang digunakan adalah parmesan. Sesaat sebelum masakan ini matang, diberi sedikit tinta cumi-cumi yang mengubah semuanya jadi hitam sehingga memberikan penampilan yang tidak biasa.

4. Pasticada

Pasticada

Pasticada merupakan makanan untuk acara khusus yang sering dihidangkan pada hari Natal atau pernikahan dan membutuhkan persiapan khusus. Makanan khas Dibuat dengan dari daging bagian round dan rump (tanjong). Cara memasaknya pertama-tama dagingnya ditusuk dengan pisau dan diisi dengan cengkeh, bawang putih atau bacon.

Kemudian daging direndam semalaman dalam cuka. Daging sapi yang dimarinasi diletakkan dalam wajan bersama dengan akar peterseli, bawang bombay, bacon dalam jumlah lebih banyak, plum dan pala, dan air yang cukup dan untuk sentuhan terakhir ditambahkan Prošek, yaitu anggur pencuci mulut manis dari daerah Dalmation.

Selanjutnya daging dipanggang selama kurang lebih lima jam. Sesudah daging matang, sayuran dicampurkan ke dalam saus dan dihidangkan di atas gnocchi atau pasta lainnya. Perpaduan antara cuka dengan buah plum memberikan rasa manis serta asam yang sangat pas. Jika dilakukan dengan benar, daging yang dimasak lambat, bisa dipotong dengan sendok.

5. Štrukli

Štrukli

Štrukli merupakan hidangan pulled pasta, atau pasta yang dibuat dengan cara ditarik, yang cukup sederhana. Bergantung pada jenis isiannya, masakan ini bisa gurih atau manis. Sesudah adonan ditarik, lalu diisi dan digulung, kemudian adonan dipotong jadi potongan-potongan kecil. Setelahnya adonan tadi bisa dipanggang atau digoreng.

Hidangan yang paling terkenal dari makanan khas Kroasia ini merupakan jenis makanan gurih yang berisi telur, keju segar, asam serta krim lalu dipanggang dalam oven kemudian diberi lapisan dengan mentega atau krim asam.

Štrukli yang berasal dari daerah Zagorje ini mempunyai sejarah panjang selama beberapa abad terakhir. Hidangan yang banyak versinya ini dikenal di kota Zagreb dan di seluruh Kroasia tengah.

6. Sataraš

Sataraš

Ini adalah stew sayuran yang dibuat dari campuran tomat, bawang bombay, paprika, peterseli, dan bawang putih. Bahan-bahan pembuat sataraš pertama-tama digoreng, lalu dibumbui dengan merica dan garam kemudian direbus sampai lembut.

Sataraš bisa disantap panas maupun dingin dan bisa dihidangkan sendiri ataupun dijadikan makanan pendamping sajian ikan dan daging goreng. Di Kroasia, saat sataraš dihidangkan, kepala keluarga biasanya akan meminta satu atau dua telur mata sapi untuk disimpan di atas piring, sementara anggota keluarga lainnya hanya bisa mendapatkan telur orak-arik.

7. Sarma

Sarma

Sarma, menurut istilah penduduk setempat, atau kubis isi Kroasia ini merupakan makanan musim dingin tradisional yang berasal dari Turki. Makanan khas Kroasia ini dibuat dari daun kubis asam yang ditambahkan isian dengan campuran potongan daging sapi, bawang bombay, bawang putih, dan nasi. Selanjutnya daun tadi digulung dan diselipkan di ujungnya.

Garam dan merica digunakan untuk membumbui isinya. Gulungan kubis tersebut diberi air dan direbus selama dua sampai tiga jam. Bahan lain yang bisa digunakan dalam sarma Kroasia adalah peterseli, perut babi, pala, kayu manis, bacon, kulit lemon, dan seledri.

Hidangan ini biasa disiapkan oleh penduduk setempat pada malam tahun baru dan dihidangkan dengan ikan goreng dan kentang tumbuk.

8. Buzara

Buzara

Jika ingin menghabiskan waktu liburan di tepi laut di Kroasia, wisatawan bisa mencoba beberapa ikan serta makanan laut lokal. Buzara merupakan makanan yang bisa dicoba. Jika diterjemahkan secara bebas, buzara artinya stew atau kaldu, dan ini merupakan cara memasak kerang yang sederhana, tapi efektif.

Buzara isinya bisa bermacam-macam, mulai dari hidangan yang menggunakan bahan dasar kerang yang mirip dengan moules marinieres sampai langoustine, atau kerang, udang juga scampi. Hidangan populer ini bahan dasarnya yaitu peterseli, anggur putih, dan bawang putih. Di atasnya sering diberi taburan remah roti sebagai hiasan.

9. Boskarin

Boskarin

Boskarin merupakan hidangan yang lezat yang berasal dari wilayah Istrian di Kroasia. Nama makanan ini adalah nama sapi perah yang berwarna abu-abu putih dan memiliki tanduk panjang. Menyediakan daging boskarin merupakan bisnis restoran bergengsi. Terdapat sekitar 40 restoran yang menyediakan boskarin di Istria, satu di Dubrovnik serta 10 di Zagreb.

Makanan khas Kroasia ini dihidangkan dengan saus lokal serta gnocchi atau pasta dan biasanya dagingnya dihidangkan sebagai steak atau salami merah. Boskarin dipercaya sebagai salah satu makanan dari Kroasia terbaik yang pernah ada di luar sana.

10. Čobanac

Čobanac

Čobanac atau Shepherd’s stew merupakan stew pedas yang dibuat menggunakan dua atau tiga jenis daging. Jenis daging yang digunakan di antaranya sapi, domba, daging babi, atau hewan buruan. Čobanac merupakan hidangan tradisional di daerah Slavonia yang berada di bagian timur Kroasia. Stew ini dimasak secara perlahan dalam kuali di atas api terbuka.

Bahan lainnya yang digunakan di antaranya bawang putih dalam jumlah banyak, wortel, kentang, akar peterseli, garam, bubuk paprika merah manis dan pedas dan minyak. Kadang-kadang bisa juga ditemukan jamur dan acar cabai. Stew yang dimasak lambat ini paling baik dihidangkan panas bersama dengan irisan roti.

Itulah 10 makanan khas Kroasia yang bisa kamu cicipi saat berkunjung ke salah satu negara Balkan tersebut. Jangan heran jika makanan di tiap daerah berbeda karena tiap daerah memiliki kuliner khusus yang disesuaikan dengan bahan yang ada di daerah tersebut.

Jika tertarik untuk mencoba makanan khas Kroasia, kamu bisa mendatangi restorannya atau jika tak memungkinkan kamu bisa mencoba memasaknya sendiri. Resepnya tersedia di internet. Selamat mencoba!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram